Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Jumat, 01 Januari 2021, 21:30 WIB

Belum Tahu Macam-macam Lovebird? 10 Jenis ini Paling Populer, Loh!

Belum Tahu Macam-macam Lovebird? 10 Jenis ini Paling Populer, Loh!

macam-macam lovebird - petpintar

Berminat untuk pelihara Burung Lovebird? Jangan khawatir, di artikel ini kamu bisa temukan 10 macam-macam lovebird yang bisa bikin kamu betah di rumah

Tahukah kamu, ada macam-macam lovebird yang hidup di dunia. Mereka memiliki ciri khas masing-masing yang terkadang sulit untuk dibedakan, mulai dari corak warna hingga cara mereka ngekek (bersiul).

Perbedaan spesies dan jenis ini berdampak pada harga jual dan beli burung lovebird itu sendiri. Semakin langka jenis lovebird yang kamu temukan, semakin mahal harga burung lovebird tersebut.

Penasaran apa saja macam-macam lovebird yang hidup di dunia dan paling favorit untuk dipelihara oleh orang-orang di Indonesia? Simak lebih lengkap artikel berikut ini.

Macam-macam Lovebird Terpopuler, dari yang Paling Murah Sampai yang Termahal

Meskipun ada beberapa jenis lovebird di dunia, tidak semuanya dipelihara sebagai burung peliharaan. Setidaknya, ada 3 macam burung lovebird yang paling populer dipelihara dan dapat menjadi hewan peliharaan yang sangat bersahabat.

Namun, pada artikel kali ini PintarPet akan membagikan 8 macam lovebird untuk kamu yang penasaran dan bingung mau pelihara yang mana.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Lovebird Fischer

Macam Macam Lovebird Terindah
Lovebird fischer - PintarPet

Tubuh burung lovebird fischer (Agapornis fischeri) berwarna hijau di bagian bawah dan secara bertahap memudar menjadi kuning pekat saat naik. Dahi, pipi dan tenggorokan berwarna oranye-merah dan sisa kepala berwarna hijau zaitun buram, sedangkan paruhnya berwarna merah cerah.

Di Indonesia, burung lovebird fischer kerap disebut sebagai lovebird sable atau lovebird kepala elang. Hal ini dikarenakan bentuk dan warna kepalanya yang menyerupai elang.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, harga satu induk lovebird jenis fischer biasanya dijual dengan harga Rp1 juta - Rp2 juta.

2. Lovebird Biola Green

Macam-macam Lovebird
Lovebird biola green - ini burungku

Jenis lovebird kedua ada lovebird biola green yang saat ini menduduki peringkat kedua di hati para penggemar burung di Indonesia. Seperti namanya, lovebird biola green memiliki corak tubuh berwarna hijau dengan kepala berwarna merah.

Kecantikan ini sepadan dengan siulannya yang kerap dijadikan sebagai lovebird kompetisi terbaik dibandingkan jenis lovebird lainnya.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, harga satu induk lovebird jenis biola green biasanya dijual dengan harga Rp8 juta. Namun, tidak menutup kemungkinan harganya bisa melonjak naik jika suara siulan yang dihasilkan sangat bagus.

3. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem
lovebird muka salem - hewany

Lovebird muka salem adalah jenis burung lovebird hasil dari perkawinan silang antara berbagai jenis lovebird yang lainnya hingga menghasilkan lovebird dengan warna yang kalem dan lembut.

Corak warna tubuh lovebird salem menjadi daya tarik yang hingga kini peminatnya cukup besar. Corak tersebut berupa warna hijau, kuning, dan warna merah sedikit abu-abu yang mempesona serta warna pink pada bagian pipi, leher, dan juga dada.

Lovebird cantik untuk peliharaan di rumah ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 500.000,- untuk indukannya. Harga yang cukup murah untuk jenis lovebird yang cantik, bukan?

4. Lovebird Kacamata Topeng

Macam Macam Lovebird Paling Bagus
Lovebird kacamata topeng - the exotic birds

Melihat namanya sekilas, kamu pasti akan kagum dengan jenis lovebird yang satu ini. Memang muka jenis lovebird ini menyerupai topeng berwarna hitam sehingga menghasilkan kesan lovebird yang sangar tapi tetap cantik.

Selain terdapat warna hitam pada pipi, dan ubun-ubun. Ciri khas lain dari lovebird kacamata topeng terletak pada warna orange kemerahan di kerongkongan, warna kuning di dada dan leher, warna hijau di ekor, serta warna putih pada bagian lingkar sekeliling mata.

5. Lovebird Kacamata Nyasa

Jenis Lovebird
Lovebird kacamata nyasa - gemar burung

Setelah kamu membaca ada lovebird kacamata topeng, kini kamu membaca ada lovebird jenis kacamata nyasa. Masih disebut sebagai burung kacamata karena matanya yang menyerupai sebuah kacamata dengan lingkar warna putih di sekeliling matanya.

Keistimewaan dari lovebird kacamata nyasa terletak pada kemudahannya dalam cara merawat lovebird kacamata nyasa. Sekalipun kamu adalah seorang pemula yang sebelumnya belum pernah sama sekali mencoba salah satu jenis burung lovebird untuk dipelihara.

6. Lovebird Muka Merah

Lovebird Paling Bagus
Lovebird muka merah - hewanesia

Daftar jenis lovebird lainnya yang kerap kali dijadikan sebagai hewan peliharaan bahkan budidaya adalah lovebird muka merah. Tampak sekilas namanya tidak terlalu istimewa. Tapi, kamu harus percaya bahwa lovebird ini sangat digemari bagi para peternak lovebird di Indonesia.

Warna bulunya didominasi dengan warna hijau dengan muka berwarna merah, seperti namanya, lengkap dengan paruhnya yang berwarna merah sedikit kecoklatan dan ditandai dengan 2 bercak hitam pada bagian atas paruh.

7. Lovebird Sayap Hitam

Lovebird Paling Gacor
Lovebird sayap hitam - petpintar

Setelah topeng hitam, muka merah, sekarang ada lovebird sayap hitam. Lovebird yang memang memiliki garis warna hitam memanjang pada bagian sayapnya, mulai dari pangkal hingga ke ujungnya.

Mungkin sebelumnya kamu kesulitan mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina. Uniknya, jenis lovebird yang satu ini mudah sekali dibedakan jenis kelaminnya.

Pada lovebird sayap hitam betina dewasa, seluruh bulunya berwarna hijau. Sedangkan, untuk lovebird saya hitam, terdapat warna merah di bagian dahi dan lorus serta lingkar matanya.

8. Lovebird Pale Fallow

Jenis Lovebird Gacor
Lovebird pale fellow

Lovebird pale fallow adalah jenis burung lovebird yang memiliki mata warna mata merah cerah hingga merah anggur disertai warna bulunya yang cerah.

Banyak sekali peminat yang ingin memelihara jenis lovebird yang satu ini. Hal ini mengingat keunikan matanya serta jumlah spesiesnya yang sekarang sedang mulai menurun.

Bahkan, seperti yang dikutip dari burungnews.com, pada tahun 2019, seorang bernama Yuli Sriyanto mengunggah fotonya di Facebook yang menunjukkan bahwa dirinya telah berhasil menjual seekor pale fallow jenis spangle dengan harga Rp75 juta lengkap dengan bukti transfernya.

Sesuatu hal yang sangat unik. Seekor burung mampu dibeli dengan harga yang fantastis. Tapi, hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk diraih. Kamu harus tahu bagaimana cara beternak lovebird dan cara merawat lovebird menjadi burung cantik, bersahabat, dan mahal dijual.

9. Lovebird Lutino

Jenis Lovebird Mahal
Lovbeird lutino - jalak suren

Selanjutnya ada lovebird Lutino.Lovebird yang satu ini adalah jenis lovebird yang terbilang mahal dan sangat aktif bila dijadikan peliharaan. Ia merupakan jenis lovebird yang bermutasi genetik dari indukan lovebird muka salem.

Jenis ini memiliki panjang mulai dari 16 cm hingga 18 cm dengan tampilan yang cukup berbeda dari ras aslinya.

Ada 3 warna yang terdapat pada tubuh lovebird Lutino yaitu, warna merah pada paruhnya, warna orange pada kepala dan lehernya sedangkan dari leher ke bawah lovebird ini memiliki warna kuning terang pada bulunya.

Sedangkan pada bagian matanya, ada sedikit variasi hitam dan ada juga yang kemerahan. Lovebird ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 700.000.

10. Lovebird Blorok

Lovebird Langka
Lovebird blorok - jalak suren

Jenis burung lovebird yang terakhir yang bakal kita bahas ini adalah jenis lovebird blorok. Jenis burung lovebird blorok ini adalah hasil rekayasa genetika sehingga memiliki bulu yang degradasi lebih dari satu warna.

Degradasinya pun cukup unik yang tidak tersusun secara rata. Ini lah salah satu ciri khas dari lovebird Blorok yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia.

Karena warnanya yang unik dengan campuran warna putih, jenis burung lovebird blorok ini sangatlah langka dan cukup mahal harganya.

Selain warna blorok yang seperti pada gambar di atas, jenis lovebird blorok ini memiliki keturunan dengan warna yang bisa berbeda-beda seperti, Lovebird blorok hijau, lovebird blorok merah, lovebird blorok parblu.

Sampai disini pembahasan kita artikel ini mengenai macam-macam lovebird populer untuk dipelihara dan diternakan di Indonesia. Kira-kira, kamu ingin beli yang mana nih? Semua daftar di atas sangat menarik, kan?

Apapun jenis burung lovebird yang akan kamu beli, harapannya artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan yang terbaik. Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-teman kamu di sosial media.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 08 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Jumat, 01 Januari 2021, 21:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.ferplast.com/en/lovebirds-the-main-species-of-inseparable-parrots/
  • https://kicaumania.net/jenis-jenis-lovebird/
  • https://thegorbalsla.com/jenis-lovebird/
  • https://www.beautyofbirds.com/lovebirdspecies.html
  • https://www.thesprucepets.com/lovebirds-1236921

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar