Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Rabu, 30 Desember 2020, 19:30 WIB

Pasti Gacor dan Cantik! Gunakan 13 Cara Memandikan Lovebird Berikut

Pasti Gacor dan Cantik! Gunakan 13 Cara Memandikan Lovebird Berikut

cara memandikan lovebird - pet deal outlet

Mengajak lovebird mandi adalah kegiatan yang bisa membuat mereka gacor dalam mengekek. Tapi, ketahui dahulu 13 cara memandikan lovebird berikut ini

Hampir semua jenis burung yang ada di dunia suka bermain air dan mandi. Karena, kegiatan ini sangat berguna bagi mereka untuk membersihkan badan dan bulunya dari debu yang menempel. Tanpa pembersihan yang rutin, bulu tersebut beresiko membuat burung terserang penyakit.

Sama seperti halnya burung lovebird. Mereka adalah salah satu jenis burung yang sangat suka bermain air. Banyak orang beranggapan karena burung lovebird memiliki bulu cantik sehingga mereka sangat suka mandi.

Sayangnya, tidak semua burung lovebird bisa mandi dengan mudah. Beberapa diantaranya sangat sulit untuk diajak mandi. Terutama bila diajak oleh orang yang masih pemula.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu dengan jelas bagaimana cara memandikan lovebird dengan baik dan benar agar mereka tetap cantik dan sehat.

13 Cara Memandikan Lovebird dengan Bersih dan Sehat

Cara Memandikan Lovebird
Cara memandikan lovebird hingga bersih - yasss

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang memerlukan mandi rutin. Setidaknya, lovebird bisa menghabiskan waktu sekitar 20 menit untuk mandi, 1x seminggu saat musim hujan, dan 2x sehari saat musim kemarau.

Bila kamu belum pernah mengajak lovebird mandi, simak lebih lengkap artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara memandikan lovebird dengan baik agar mereka tidak mudah stres dan tetap cantik.

1. Biarkan Lovebird Terkena Angin Terlebih Dahulu

Lovebird yang sebelumnya dikurung dan dikrodongkan di dalam kandang saat pemiliknya tidur, perlu setidaknya 20 menit untuk mendapatkan angin segar dari luar sebelum mandi.

Hal ini bertujuan agar lovebird kesayangan kamu tidak kaget dan stres tiba-tiba terkena air yang bagi mereka cukup dingin untuk tubuh yang mungil.

Namun, jika sebelumnya kamu tidak mengkrodongkan lovebird di dalam kandang, maka angin-anginan ini tidak perlu kamu lakukan. Karena, angin malam dan pagi hari saat kamu tidur sudah cukup bagi lovebird.

2. Gunakan Mangkuk untuk Lovebird Mandi

Saat lovebird sudah dianggap cukup jinak, mereka akan lebih mudah untuk diajak mandi. Kamu cukup perlu menyiapkan satu mangkuk air bersih di dalam kandang mereka. Saat itu juga mereka akan mandi dengan sendirinya.

Namun, kamu harus memastikan mangkuk yang kamu gunakan sudah dibersihkan terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada sisa kotoran di dalamnya yang bisa beresiko membuat bulu lovebird kotor dan rontok.

3. Masukkan Sayuran Segar di dalam Mangkuk

Beberapa jenis lovebird yang belum jinak takut untuk loncat ke dalam mangkuk berisi air yang sebelumnya sudah kamu siapkan untuk mereka mandi.

Hal ini cukup wajar bagi lovebird yang belum jinak. Oleh sebab itu, cari tahulah lebih lanjut bagaimana cara menjinakkan lovebird di dalam website PetPintar ini.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa gunakan satu siung daun bayam atau ketumbar di dalam air agar mereka tidak merasa terintimidasi dengan banyaknya air yang ada di dalam mangkuk.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Gunakan Mangkuk yang Berbeda Sesekali Waktu

Uniknya, lovebird adalah salah satu jenis burung yang mudah bosan dengan sesuatu yang sangat monoton. Hal ini berlaku untuk alat-alat mandi mereka.

Sakina Nasir, seorang pecinta burung lovebird sempat bercerita di dalam PetHelpFul bahwa lovebird miliknya tiba-tiba susah diajak mandi.

Ketika dia memberikan mangkuk mandi yang baru, tiba-tiba lovebird miliknya loncat dan mandi saat itu juga. Unik, bukan? Sudah cantik, merdu, ternyata lovebird mudah bosan juga.

5. Gunakan Semprotan

Jika sebelumnya lovebird kesayangan kamu belum jinak, dan susah diajak mandi. Kamu bisa mengganti metode mandinya dengan menggunakan semprotan air.

Pastikan terlebih dahulu semprotan yang kamu gunakan memiliki pengaturan kecepatan. Lalu, gunakanlah pengaturan embun atau yang paling lambat agar mereka tetap merasa nyaman saat waktu mandi tiba.

6. Jangan Semprot Wajah Lovebird

Cara Mandikan Burung Lovebird
Jangan semrot wajah loevbird saat memandikan - petpintar

Meski semprotan bisa sebagai alternatif untuk mereka mandi. Kamu harus menjaga sebaik mungkin agar wajah mereka tidak terkena semprotan yang kamu gunakan, terutama bagian mata dan hidung.

Semprotan pada wajah lovebird bisa membuat mereka stres dan demam yang sulit untuk disembuhkan.

7. Jangan Pernah Gunakan Sabun

Tidak seperti hewan peliharaan lain yang pernah PetPintar bagikan artikelnya, misalkan cara memandikan anjing dan kucing. Lovebird tidak memerlukan sabun apapun sebagai alat untuk membersihkan bulu dan badannya.

Justru, bila ada sabun dalam kandungan air yang kamu gunakan bisa membuat bulu cantik dan indah mereka mudah rontok dan botak. Hal ini dikarenakan sabun yang kamu gunakan akan menghilangkan minyak alami atau esensial dari bulu lovebird.

8. Jangan Terlalu Sering Mengajak Lovebird Mandi

Seperti yang telah disebutkan di atas, lovebird hanya perlu waktu mandi 1x seminggu saat musim hujan, dan 2x sehari saat musim kemarau.

Mengajak lovebird mandi terlalu sering bisa membuat mereka kedinginan dan demam. Kemudian jatuh sakit yang mengakibatkan mereka mudah mati.

9. Mandikan Lovebird di Pagi Hari

Layaknya seorang manusia, waktu yang tepat untuk lovebird jantan dan betina mandi adalah di pagi hari. Menurut beberapa pecinta burung, hal ini dilakukan karena mereka tidur di dalam hari dan perlu pembersihan diri di pagi hari, sekitar jam 10 pagi.

Oleh sebab itu, kamu harus meluangkan waktu lebih banyak di pagi hari untuk merawat burung lovebird.

Jika tidak bisa meluangkan waktu, sebaiknya pikir ulang niat kamu memelihara mereka, atau mintalah bantuan keluarga kamu untuk memandikan mereka.

10. Mandikan Lovebird Birahi di Malam Hari

Berbeda dengan lovebird jantan dan betina yang sedang tidak dalam masa apapun, waktu mandi lovebird yang sedang birahi adalah di malam hari, sekitar jam 7 - 8 malam.

Tidak ada alasan tepat kenapa lovebird birahi harus mandi di malam hari. Namun, menurut beberapa komunitas pecinta burung, memandikan lovebird birahi di malam hari bisa digunakan untuk membiarkan mereka bersenang-senang di pagi dan siang hari tanpa ada gangguan mandi oleh pemiliknya.

11. Biarkan Lovebird di Dalam Kandang Sebelum Dijemur

Sama halnya seperti hewan lainnya. Setelah lovebird mandi, mereka butuh penjemuran untuk mengeringkan bulu dan badannya yang cantik.

Akan tetapi, penjemuran ini tidak bisa kamu lakukan sesaat setelah mandi selesai. Kamu perlu menunggu sekitar 10 menit untuk memastikan air yang ada di badannya sudah cukup banyak yang menetes.

Bila tips ini tidak kamu lakukan, dan kamu langsur menjemur lovebird kesayangan kamu yang baru mandi. Kamu akan merusak bulu mereka menjadi lebih kusam dan mudah rontok.

12. Jemur Lovebird di Bawah Sinar Matahari

Ketika proses pengeringan badan lovebird di dalam kandang sudah cukup, dan air yang ada di badannya sudah menetes badannya. Kamu baru bisa menjemur mereka di bawah panasnya terik sinar matahari secara langsung.

Waktu sinar matahari yang tepat untuk menjemur lovebird sekitar jam 9 sampai 10 pagi. Lebih dari itu, sinar matahari sudah terlalu panas bagi lovebird.

13. Kerodongkan Burung dan Setel Suara Burung dengan HP

Setelah proses penjemuran selesai, kini saatnya kamu membawa lovebird kesayangan kamu ke dalam tempat yang mudah kamu kerodongkan di kandang.

Kemudian, berikan suara kicauan burung dengan menggunakan mp3 player atau HP cadangan kamu. Hal ini dilakukan karena burung yang baru saja mandi dan dikerodongkan akan lebih mudah untuk bersiul dengan panjang dan indah layaknya lovebird kompetisi.

Apakah Lovebird Saya Boleh Dimandikan Malam Hari?

Apakah Lovebird Boleh Mandi Malam?
apakah lovebird boleh mandi malam? - burungnya

Jika pertanyaan ini mengacu pada tata cara memandikan lovebird di atas sebaiknya jangan dilakukan setiap hari. Namun memandikan lovebird pada malam hari bisa kamu lakukan jika kamu ingin melakukan terapi mandi air es untuk lovebird kesayangan kamu.

Banyak dari pecinta lovebird melakukan terapi ini pada malam harinya. Lantas, apakah manfaat terapi air es untuk lovebird ini? Yuk ikutin terus informasinya.

Manfaat Terapi Air Es untuk Burung Lovebird

Ternyata tujuan melakukan terapi ini untuk menstabilkan birahi lovebird, menurunkan birahi lovebird yang memuncak dan memperkuat stamina dari lovebird itu sendiri.

Perlu diketahui, melakukan terapi air es ini harus dilakukan saat burung lovebird peliharaanmu dalam keadaan yang benar-benar sehat.

Jika kamu lakukan dalam keadaan burung lovebird yang sedang sakit, pastinya kondisi lovebird akan semakin menurun. Kamu benar-benar harus mengetahui burung ini dalam kondisi yang sehat baru bisa melakukan terapi ini.

Banyak yang menyangka terapi air es ini sama dengan terapi mandi malam yang dilakukan lovebird, namun faktanya berbeda. Terapi air es kamu benar-benar menggunakan es batu sebagai pendingin air yang kamu gunakan, sedangkan terapi mandi malam hanya menggunakan air biasa.

Kapan Waktu Terapi Air Es yang Tepat?

Pertanyaan ini akan sering muncul pada pecinta lovebird. Padahal terapi ini bisa kamu lakukan kapan saja menjelang malam tiba. Namun alangkah baiknya, kamu bisa melakukan terapi ini di atas jam 7 malam.

Alasannya adalah udara pada jam-jam segitu masih belum terlalu dingin sehingga masih aman untuk burung lovebird.

Jangan sesekali melakukan terapi tengah malam, karena udara tengah malam sudah cukup dingin bagi lovebird lagipula tengah malam waktunya burung lovebird tidur.

Nah, itu dia tadi 13 cara memandikan lovebird dengan benar agar mereka sehat dan memiliki kicauan merdu layaknya sang juara di dalam kompetisi. Cukup mudah untuk kamu lakukan, hanya perlu sedikit kesabaran dan waktu luang untuk mengajak mereka mandi.

Selamat memandikan lovebird kesayangan kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu di sosial media, ya!

Terbit: Jumat, 02 Oktober 2020, 10:00 WIB
Update pada: Rabu, 30 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungnya.com/cara-aman-terapi-mandi-air-es-untuk-lovebird/
  • https://pethelpful.com/birds/Bathing-Tips-For-Lovebirds
  • https://www.hartz.com/how-to-bathe-your-bird/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar