Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Selasa, 13 April 2021, 20:30 WIB

Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu!

Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu!

cara mengatasi lovebird cabut bulu - wikipedia

Merasa resah karena lovebirdmu terus mencabuti bulunya? Tenang, ini penyebab dan cara mengatasi lovebird cabut bulu yang harus kamu ketahui.

Lovebirdmu tiba-tiba mencabuti bulunya? Bingung kenapa lovebirdmu melakukan itu? Mau tahu bagaimana cara mengatasinya?

Cabut bulu (sebagian orang menyingkatnya cabul) merupakan salah satu kondisi yang kerap terjadi pada spesies burung, termasuk lovebird.

Hal ini tentu akan meresahkan pemilik karena keindahan lovebird akan berkurang karena ada bagian tubuh yang tampak gundul. Selain itu, mencabuti bulu secara berlebihan juga bisa memberikan dampak yang buruk untuk si burung.

Oleh karena itu, kali ini PetPi akan kasih tahu apa aja penyebab dan cara mengatasi lovebird cabut bulu leher, dada, sayap, hingga ekor!

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu
cara mengatasi lovebird cabut bulu - mascostarios

Di antara jenis burung lainnya, lovebird memang kerap mencabuti bulunya dengan berbagai alasan. Beberapa pemilik sampai merasa kewalahan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Untuk bisa mengatasi lovebird yang cabut bulu, kamu harus tahu dulu apa penyebabnya. Setelah itu, baru kamu mencari cara mengatasi lovebird cabut bulu dada, leher, dan lain sebagainya!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Over Birahi atau Akan Bertelur

Salah satu penyebab utama mengapa lovebird mencabuti bulunya adalah over birahi. Lovebird yang birahinya sedang tinggi kerap sulit dikendalikan dan kerap memiliki perilaku yang berlebihan.

Kondisi birahi yang tinggi ini biasanya terjadi pada lovebird yang berusia enam bulan ke atas. Kalau lovebirdmu masih anakan, kecil kemungkinan ia mencabuti bulunya karena birahi.

Selain itu, lovebird yang akan bertelur akan mencabuti bulunya jika ia kekurangan bahan untuk membuat sarang.

Cara Mengatasi: Untuk mengatasi birahinya, sudah artikel tersendiri yang membahasnya secara rinci. Ada cara yang dianggap paling efektif, yaitu memberinya rebusan daun kemangi.

Kamu juga bisa mengawinkannya dengan lovebird yang beda jenis. Siapa tahu kamu berencana untuk beternak lovebird, sehingga mengawinkannya bisa menjadi solusi yang tepat.

Untuk lovebird yang akan bertelur, pastikan kamu menyiapkan beberapa bahan yang sering digunakan lovebird untuk membuat sarang.

2. Kekurangan atau Kelebihan Gizi

Faktor lainnya yang menyebabkan lovebird mencabuti bulunya adalah karena sedang kekurangan gizi. Ia sedang merasa tidak enak dengan kondisi tubuhnya sehingga ia mencabuti bulunya.

Tidak hanya kekurangan, kelebihan gizi pun bisa memicu lovebird mencabuti bulunya. Pemberian extra fooding berlebih, racikan pakan yang kadarnya terlalu tinggi, hingga kelebihan protein bisa menyebabkan lovebird mencabuti bulunya.

Cara Mengatasi: Kamu harus bisa memenuhi kebutuhan gizi lovebird dengan cara memberikan biji-bijian yang cukup lengkap. Sebagai variasi, kamu bisa memberikan kombinasi sayur dan buah. Agar lebih lengkap, kamu bisa memberikan multivitamin.

Kamu harus bisa menakar dengan pas makanan untuk lovebirdmu, jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan.

3. Merasa Kepanasan 

Jika lingkungannya terasa panas dan gerah, bukan tidak mungkin lovebird akan mulai mencabuti bulunya agar merasa lebih adem

Racikan pakan yang salah juga bisa menyebabkan lovebird merasa kepanasan.

Cara Mengatasi: Letakkan kandang lovebird di tempat yang teduh dan tidak terkena jangkauan sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan jemur lovebird untuk sementara waktu.

Jika lovebird mencabuti bulu karena salah racikan pakannya, kamu harus menggantinya dengan racikan lain.

4. Merasa Gatal atau Iritasi Bulu 

Merasa Gatal Dan Iritasi
merasa gatal dan iritasi pada bulu - complementos paaraves

Bisa jadi lovebird mencabuti bulunya karena merasa gatal. Ia kerap menggaruk kulitnya dengan paruh. Hanya saja, karena terlalu keras sehingga bulunya banyak yang ikut rontok.

Gatal bisa terjadi karena adanya kuman, jamur, atau kutu. Selain itu, gatal yang dialami oleh lovebird juga bisa berasal dari iritasi pada bulu atau kulitnya. Iritasi pada lovebird juga bisa disebabkan oleh asap rokok.

Cara Mengatasi: Kebanyakan kasus gatal disebabkan oleh kutu. Oleh karena itu, mandikan lovebird dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang bisa kamu dapatkan di toko hewan terdekat.

Untuk jangka panjang, kamu harus selalu menjaga kebersihan lovebird agar ia tidak mengalami gatal-gatal maupun iritasi.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan rebusan daun sirih. Jika lovebird mengalami iritasi karena asap rokok, untuk sementara waktu jangan merokok di dekatnya.

5. Stres dan Penyakit

Penyebab terakhir kenapa burung lovebird mencabuti bulunya adalah karena merasa stres. Biasanya, stres ini dipicu oleh cara perawatan yang kurang tepat atau kandang yang terlalu sempit karena dikandangkan dengan beberapa lovebird lain.

Contoh mudahnya adalah ketika kamu memandikannya dengan air yang terlalu banyak. Lovebird merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya yang basah sehingga ia mulai mencabuti bulunya.

Stres juga bisa disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan hormonal. Terkadang, lovebird yang merasa bosan juga akan mencabuti bulunya.

Seperti manusia saja, jika lovebird terkurung di kondisi yang tidak nyaman, maka dia akan merasakan frustasi di dalam kandang. Maka dari itu sebaiknya buatlah lingkungan kandang yang nyaman sesuai dengan habitatnya.

Cara Mengatasi: Jangan memandikan lovebird dengan air yang terlalu banyak. Untuk sementara waktu, berikan ceruk berisikan air agar lovebird bisa mandi sendiri. Selama lovebird masih mencabuti bulunya, jangan memaksanya untuk mandi.

Mengatasi stres pada lovebird juga bisa dengan meletakkannya di kandang umbaran. Bisa jadi ia merasa stres dengan kondisi kandangnya yang terlalu sempit. Beri pula berbagai aksesoris sebagai alat bermain agar lovebird tidak merasa bosan.

Gangguan hormonal biasanya dapat diatasi dengan memberinya vitamin. Jika aktivitas mencabut bulu dikarenakan suatu penyakit, sebaiknya Sobat Pintar segera membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird yang cabut bulu. Sobat Pintar harus tahu biar bulu burungnya enggak pada gundul dan mengurangi keindahannya.

Jika kamu merasa kewalahan untuk menghentikan aktivitas lovebird mencabuti bulunya, kamu bisa menggunakan alat sederhana seperti cone collar untuk menutupi bagian leher dan dada lovebird.

Untuk menumbuhkan kembali bulu yang sudah terlanjur dicabut, Sobat Pintar bisa mengoleskan lidah buaya ke bagian yang gundul. Bisa juga menggunakan bawang putih.

Meskipun kasus cabut bulu bukan perkara yang serius, kamu harus bisa melakukan pencegahan dan cara mengatasinya jika sudah terlanjur kejadian.

Ada permasalahan burung lain yang ingin Sobat Pintar ketahui? Langsung aja tulis di kolom komentar!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Minggu, 24 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Selasa, 13 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungnya.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-lovebird-mencabuti-bulu/
  • https://jenisburung.co/penyebab-dan-cara-mengatasi-lovebird-cabut-bulu/
  • https://www.jalaksuren.net/cara-paling-ampuh-mengatasi-lovebird-cabut-bulu-dada/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar