Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Kamis, 29 Oktober 2020, 10:00 WIB

Langganan Jawara! Ini Rahasia Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Langganan Jawara! Ini Rahasia Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

cara melatih burung lovebird - steemitimages

Banyak hal yang perlu Sobat PetPi perhatikan dalam cara melatih lovebird supaya memiliki kualitas suara bagus atau ngekek panjang. Penasaran ada apa saja?

Apakah kamu berniat memiliki burung lovebird yang langganan kontes? Lovebird memang dikenal sebagai jenis burung kicau yang diperlombakan berkat kemampuan ngekek panjang.

Salah satu yang terkenal adalah lovebird Kusumo yang dimiliki oleh H. Sigit WMP yang jadi patokan burung lovebird kualitas terbaik di kalangan kicau mania.

Hal ini dikarenakan lovebird Kusumo tercatat memenangkan lebih dari 300 kejuaraan nasional. Selain itu burung ini juga mencatat rekor sebagai burung lovebird dengan ngekek terlama hingga 4 menit.

Lalu bagaimanakah cara mendapatkan lovebird dengan kualitas terbaik seperti tersebut? Berikut PetPi ulas cara melatih burung lovebird, mulai dari pemilihan anakan hingga perawatan khususnya.

Kumpulan Cara Melatih Burung Lovebird Agar Jinak dan Ngekek Panjang

Cara Melatih Lovebird
cara melatih lovebird agar gacor - pet central

Melatih lovebird untuk kontes tentu berbeda apabila dibandingkan dengan cara merawat burung lovebird pada umumnya, khususnya apabila diikutsertakan dalam kontes kicau.

Ada beberapa kriteria yang jadi poin penilaian kontes lovebird, seperti durasi ngekek, power, ketenangan, dan kestabilan suara.

Kemampuan burung lovebird dalam menirukan suara dari jenis burung lain juga jadi poin penilaian tambahan. Lalu apa saja tahapan cara melatih burung lovebird yang perlu Sobat PetPi lakukan?

1. Pilih Burung Lovebird Anakan

Hal pertama yang perlu Sobat PetPi perhatikan adalah sebaiknya pilih calon burung lovebird yang akan dilatih berasal dari anakan atau lovebird baby.

Memilihnya sejak dini juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih lovebird agar jinak dan memiliki kedekatan dengan pemiliknya.

Adapun beberapa karakter dan kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih lovebird baby, seperti:

  • Pilih anakan lovebird dengan usia di bawah 5 bulan, misal lovebird umur 1,5-2 bulanan.
  • Anakan lovebird harus memiliki ciri fisik, seperti bulu mulus, sayap mengapit rapat, bulu ekor tampak bersih, mata tajam dan jernih, serta hidung kering dan tidak berair.
  • Tingkah laku anakan lovebird bergerak lincah dan aktif. Jika terdapat banyak anakan dalam satu kandang, usahakan cari yang mendominasi kawanan karena memiliki mental bagus.
  • Jika anakan lovebird sudah berbunyi, pilih yang sudah ngekek pendek pada tahapan awal.
  • Pastikan anakan lovebird tidak memiliki cacat fisik pada anggota tubuhnya.

Baca Juga: Panduan Cara Menjodohkan Lovebird yang Baru Kenal & Beda Warna, Agar Cocok dan Cepat Bertelur!

2. Rutin Latihan di Kandang

Cara melatih burung lovebird dalam kandang bisa kamu lakukan dalam dua metode, yakni menggunakan kandang biasa dan kandang umbaran.

Pada kandang biasa, kamu bisa melatih lovebird untuk belajar berbunyi di lokasi yang ramai dan cukup berisik untuk melatih ketenangan dan mentalnya.

Biasakan juga untuk sering mengganti lokasi dalam menggantang kandang lovebird agar mereka dapat mudah beradaptasi dan mau berbunyi di tempat baru.

Lalu melatih lovebird dalam kandang umbaran dilakukan untuk melatih fisik dan pernapasannya. Hal ini bisa dilakukan dalam kandang umbaran berukuran 1x3 meter.

Kamu bisa mengajak burung lovebird terbang ke sana kemari dengan memberikan helaian tangan. Sebaiknya melatih lovebird dalam kandang umbaran dilakukan pada pagi hari.

3. Pengembunan di Pagi Hari

Agar lovebird mendapatkan udara dengan kualitas baik, Sobat PetPi juga bisa rutin melakukan pengembunan. Hal ini bisa dilakukan setiap pagi antara pukul 05:00-06:00.

Pengembunan bertujuan lovebird mendapat udara segar dan melatih organ pernapasan. Sistem pernapasan yang bagus, akan membuat lovebird punya durasi suara yang panjang dan stabil.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Lakukan Terapi Air

Terapi air yang rutin dilakukan sekaligus untuk membersihkan tubuh lovebird. Untuk caranya, kamu bisa menggunakan sprayer atau percikan air ringan yang dipancurkan dari atas ke bawah, seperti air hujan.

Jika ada hujan ringan, beberapa pemilik juga akan menggantang kandang lovebird di luar dan membiarkan hujan-hujanan selama 10-20 menit. Tapi hal ini tentu tidak bisa dilakukan setiap hari, kan?

Setelah hujan-hujanan, segera bilas tubuh burung lovebird dengan air bersih dan biarkan sampai bulunya benar-benar mengering sambil menjemurnya di luar ruangan.

5. Berikan Asupan Makanan dan Vitamin Burung

Cara Melatih Lovebird Agar Ngekek Panjang
Berikan asupan dan vitamin yang tepat - the exotic birds

Memilih jenis makanan burung lovebird terbaik menjadi salah satu cara melatih burung lovebird ngekek panjang dan gacor paling efektif yang perlu diperhatikan.

Banyak pemilik lovebird merekomendasikan pakan berupa milet putih atau miltih yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan dipercaya membuat burung lovebird semakin gacor.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan extra fooding (EF) berupa jagung, kangkung, atau timun untuk meredam birahi berlebihan yang bisa mengganggu kicauan lovebird.

Pertimbangkan juga untuk memberikan vitamin lovebird yang bisa merangsang mereka untuk rajin bunyi. Pemberian vitamin juga bisa rutin dilakukan menjelang dan pascakontes.

Baca Juga: Pasti Gacor dan Jinak! Gunakan 7 Cara Merawat Lovebird Berikut

6. Pemasteran

Bagian terpenting dalam cara melatih lovebird untuk kontes kicau adalah rutin melakukan pemasteran. Lovebird juga tergolong ke dalam burung yang pintar dan bisa meniru suara burung lain.

Rutin mendengarkan rekaman suara burung kicau lain selama pagi hari sambil melakukan penjemuran, dapat membuat mereka terbiasa dan terlatih untuk menirukannya.

Semakin lama didengar, semakin mahir lovebird berkicau. Adapun suara masteran untuk lovebird, antara lain burung cililin, burung kenari, burung tengkek, burung cucak jenggot, dan belalang kecek.

Pasalnya bagi lovebird yang bisa menirukan suara-suara tersebut akan mendapatkan poin tambahan selama mengikuti kontes.

Demikian beberapa cara melatih burung lovebird yang bisa jadi panduan untuk Sobat PetPi yang hendak mengikuti kontes burung kicau.

Untuk mendapatkan burung lovebird gacor dan ngekek panjang, tentu kamu harus melakukan hal-hal di atas secara rutin hingga menemui hasil yang diinginkan. Selamat mencoba dan pantang menyerah!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://mediaronggolawe.id/cara-memilih-dan-melatih-love-bird-baby-jadi-juara/
  • https://mediaronggolawe.id/tips-membuat-lovebird-ngekek-panjang/
  • https://www.youtube.com/watch?v=3ux9yQk2Jqc

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar