Hari ini: Sabtu, 27 Februari 2021
Kamis, 19 November 2020, 19:30 WIB

Mudah Diatasi! Ini 7 Penyebab Bulu Lovebird Rontok Terus

Mudah Diatasi! Ini 7 Penyebab Bulu Lovebird Rontok Terus

penyebab bulu lovebird rontok - bird snow

Penyebab bulu lovebird rontok ternyata berasal dari hal-hal yang bisa dengan sangat mudah diatasi. Apa saja faktornya? Yuk simak artikel berikut ini

Lovebird memang dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki bulu yang sangat indah. Namun terkadang beberapa pemilik tak tahu apa yang jadi penyebab bulu lovebird rontok.

Bisa jadi Sobat Pintar juga mengalami hal tersebut. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa memang lovebird merupakan jenis burung yang memiliki bulu yang cukup sensitif.

Sehingga beberapa hal bisa menjadi penyebab bulu lovebird rontok terus. Tentunya hal ini tak ingin kamu abaikan apabila tetap ingin memelihara lovebird dalam keadaan sehat.

Ragam Penyebab Bulu Lovebird Rontok dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bulu Lovebird Rontok
penyebab bulu lovebird rontok - pavithrakannan

Rontoknya bulu lovebird bisa menjadi tanda bahwa burung kamu mengalami stres atau bahkan mengalami sakit keras yang serius.

Di sisi lain, bulu lovebird yang rontok memang merupakan suatu kejadian alami yang memang dihadapi oleh hewan jenis burung dalam suatu waktu.

Sekarang kita akan membahas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lovebird bulunya rontok sekaligus cara mengatasinya.

Akan tetapi apabila kamu tetap tidak yakin, kamu bisa mencari bantuan dan perawatan dari dokter hewan terpercaya.

1. Proses Mabung

Proses mabung atau yang lebih dikenal dengan istilah molting adalah sebuah proses alami yang dilalui semua burung. Mabung merupakan masa di mana semua bulu burung akan rontok dengan sendirinya.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, setelah proses ini selesai maka bulu-bulu tersebut akan bisa tumbuh kembali seperti semula. Hampir sama seperti proses berganti kulitnya ular.

Apabila burung lovebird kamu mengalami rontok karena sedang melalui proses ini, sebaiknya kamu memberikan nutrisi yang baik dan cukup.

Pasalnya, nutrisi dalam bentuk protein sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kembali bulu tersebut.

Selain itu, setelah proses mabung selesai, desain ulang sangkar burung agar tidak kedinginan atau gunakan kain untuk membuat tubuh burung tetap hangat.

Baca Juga: Belum Tahu Macam-macam Lovebird? 10 Jenis ini Paling Populer, Loh!

2. Terserang penyakit

Salah satu penyebab kerontokan bulu pada lovebird yakni apabila burung tersebut terserang penyakit. Seperti manusia, penyakit tersebut bisa membuat bulu-bulu indahnya rontok.

Misalnya adalah infeksi kulit bakteri dan jamur, seperti streptococci dan cacing pita. Kulit yang nampak setelah bulu rontok bisa terlihat merah, bengkak, atau iritasi.

Untuk penyakit ini maka bisa diatasi dengan cara menentukan penyebab penyakitnya. Bawa ke dokter hewan untuk bisa melakukannya dan memberikan perawatan yang tepat.

Penyakit lainnya adalah circovirus atau penyakit bulu dan paruh. Walau tidak umum, penyakit ini bisa menyebabkan bulu rontok.

Kemudian masalah pada hati dan ginjal, tumor dan penyakit parah seperti pneumonia juga bisa menyebabkan bulu rontok.

Bahan-bahan asing misalnya losion atau minyak dari tanganmu juga bisa memicu keinginan burung untuk mencabuti bulunya hingga rontok.

3. Terjangkit kutu

Kutu juga bisa membuat bulu burung lovebird rontok. Hal ini disebabkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh kutu akan membuat lovebird menggaruk bulu mereka.

Alhasil bulu-bulu tersebut jadi rontok. Nah, untuk penyebab satu ini bisa diatasi dengan mudah, Sobat Pintar!

Kamu Cuma perlu memandikan burung kamu secara rutin tiap hari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat anti kutu yang dijual di beberapa toko burung.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Birahi berlebihan

Penyebab Utama Bulu Lovebird Rontok
Birahi berlebihan menyebabkan bulunya rontok - idntimes

Lovebird yang sudah menginjak usia 7 bulan umumnya sudah mulai mengalami birahi. Apabila kamu tidak memiliki pasangannya, maka kamu harus menurunkan masa birahi tersebut.

Namun, masa birahi ini tidak bisa diabaikan. Kamu harus tetap mencarikan pasangannya dan rutin memandikannya.

Sebab apabila ia birahi berlebihan dan tidak dijodohkan ia akan menggesek tubuhnya pada tangkringan atau dikenal dengan istilah gestang.

Selain itu, lovebird juga akan mulai mencabuti bulu di sekitar dadanya. Memandikannya secara rutin tetap menjadi salah satu cara mengatasi yang baik di luar mencarikan pasangan.

5. Perubahan musim

Selain molting atau mabung yang terjadi dalam periode normal dua kali tiap tahunnya. Perubahan suhu dan musim menjadi salah satu faktor penyebab bulu lovebird rontok.

Akan tetapi seperti sudah dijelaskan di atas, bulu yang rontok akan segera digantikan dengan bulu yang lebih lebat dan indah.

Jadi untuk memastikan apakah memang burung lovebird kamu sedang mengalami masa mabung, perhatikan perubahan cuaca atau musim yang terjadi.

Baca Juga: Pasti Gacor dan Jinak! Gunakan 7 Cara Merawat Lovebird Berikut

6. Stres atau bosan

Seekor burung lovebird bisa mencabuti bulunya sendiri saat ia merasa bosan, stres, frustasi atau tidak nyaman.

Sikap mencabuti bulu ini biasanya terjadi dengan tanda pencabutan yang tidak teratur dan berujung kulit terlihat.

Untuk mengatasinya, tentunya kamu bisa mulai memberikan perhatian lebih pada butung kamu. Misalnya dengan memberikan mainan atau hiburan, atau memastikan ia tidak mengalami stres akibat hewan atau aktivitas lain di rumah kamu.

Pasangan lovebird yang berada dalam satu sangkar terkadang suka mencabuti bulunya masing-masing. Kondisi ini disebut barbering dan sering disebabkan karena bosan atau stres.

7. Kurang nutrisi

Semua hewan yang mengalami kekurangan nutrisi pasti akan terlihat perbedaan di fisiknya. Lovebird menunjukkan hal tersebut dengan cara bulu yang mudah rontok.

Apabila nutrisi yang ia dapatkan kurang, bulunya akan rontok di sembarang tempat dan bulu yang tersisa akan terlihat kusam, keriting, dan lemah.

Berikan makanan lovebird dan asupan bernutrisi secara rutin, misalnya seperti memperbanyak pelet, biji-bijian, buah-buahan dan bahkan sayuran.

Nah, sudah tahu kan apa saja penyebab bulu lovebird rontok? Ternyata penyebabnya bisa diatasi dengan mudah dan tidak perlu khawatir.

Untuk menjaganya agar tetap sehat, rutinlah memberikan vitamin dan beberapa bahan alami yang memiliki khasiat penting dalam kesehatan burung lovebird.

Misalnya, madu, gula aren dan rempah-rempah pilihan. Selain itu, sebaiknya sebelum semua hal ini terjadi, lakukan tindakan pencegahan dengan rutin merawat kebersihan burung dan sangkarnya.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.com/lovebirds-losing-feathers-10286.html
  • https://pethelpful.com/birds/Lovebird-Molting-Symptoms-And-Care

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar