Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Minggu, 20 Desember 2020, 10:00 WIB

Mudah Banget! Begini Cara Merawat Burung Kutilang Agar Gacor dan Ngekek Panjang

Mudah Banget! Begini Cara Merawat Burung Kutilang Agar Gacor dan Ngekek Panjang

cara merawat burung kutilang - zoo chat

Asal merawat burung kutilang dengan baik dan benar, kamu bisa memiliki burung yang gacor dan rajin bunyi. Penasaran bagaimana caranya? Cek ulasan berikut!

"Di pucuk pohon cempaka, burung kutilang berbunyi..."

Pasti Sobat Pintar pernah mendengar atau menyanyikan penggalan lagu anak-anak berjudul Burung Kutilang ciptaan Ibu Sud di atas, kan?

Burung kutilang dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang umum dimiliki. Walau kutilang jarang diikutsertakan dalam kontes, karena dinilai kicauannya masih kalah dibanding jenis burung lain.

Walaupun begitu untuk sekadar hewan peliharaan di rumah, kamu bisa melatih burung kutilang agar dapat menghasilkan suara yang gacor dan ngekek panjang, lho.

Asalkan tentu dengan penanganan dan perawatan yang tepat pastinya. Penasaran bagaimana cara merawat burung kutilang agar suaranya gacor dan kualitasnya maksimal?

Nah, selengkapnya Sobat Pintar bisa simak pada ulasan yang sudah dirangkum lengkap di bawah ini, ya!

Kumpulan Cara Merawat Burung Kutilang Agar Suaranya Makin Gacor

Merawat Burung Kutilang Biar Gacor
Cara merawat burung kutilang - pinterest

Burung kutilang adalah salah satu jenis burung kicau yang termasuk ke dalam suku Pycnonotidae. Kutilang memiliki ukuran kecil dengan bobot 23-42 gram dan panjang 18-19,5 cm.

Secara umum memelihara burung kutilang bisa dilakukan dengan murah dan mudah. Namun untuk hasil yang maksimal, misal suaranya cantik dan gacor, tentu kamu perlu penanganan khusus.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan cara merawat burung kutilang yang perlu diperhatikan agar menghasilkan burung kicau yang suaranya gacor.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jinakkan Kutilang Liar

Bila memiliki dana terbatas, memiliki burung kutilang liar menjadi salah satu opsi yang biasa dipilih. Harga burung kutilang ombyokan sangat murah, bisa berkisar Rp10-25 ribuan.

Sayangnya mereka masih memiliki perilaku liar dan sering berusaha menerobos keluar kandang dan membutuhkan waktu untuk menjinakkannya.

Cara menjinakkan kutilang liar dapat kamu lakukan dengan membiarkannya berontak di dalam kandang dan tunggu hingga kelelahan.

Selanjutnya baru berikan mereka makanan dan minuman agar tercipta ketergantungan antara burung kutilang dengan kamu sebagai pemiliknya.

Pilihlah lokasi penempatan kandang yang sunyi dan jarang didatangi orang untuk membuatnya mudah beradaptasi.

Jika burung kutilang sudah sedikit jinak, kamu bisa mencoba mengubah posisi kandang hingga lama-kelamaan menjadi tenang dan tidak berontak lagi.

2. Pilih Merawat Burung Kutilang Anakan

Dibanding memelihara burung kutilang liar dewasa, kebanyakan pemilik lebih memilih merawat burung kutilang anakan. Bahkan kalau bisa yang baru menetas dari telurnya, lho.

Cara merawat kutilang sedari kecil dilakukan guna menghindari burung menirukan suara induknya. Terlebih apabila induk kutilang dianggap memiliki suara kurang cantik.

Anak burung kutilang yang dipisahkan dari induknya tentu membutuhkan perhatian lebih serius, terutama soal makanan yang belum mereka dapatkan secara mandiri.

Untuk makanan burung kutilang anakan, kamu bisa memberikan bubur berupa campuran voer dan air. Pemberian makanan dilakukan dengan mengolesi pur tadi pada batang lidi atau sedotan kecil.

Lakukan hal ini setidaknya sampai anakan burung berusia 25-30 hari, di mana dia sudah mampu mengonsumsi pakan kering dan mengambil sendiri tanpa perlu bantuanmu.

3. Jauhkan dari Burung Kutilang Liar

Sama halnya dengan menjauhkan anak burung kutilang dari induknya, hal ini juga sebaiknya dilakukan agar suara yang dihasilkan kelak cantik dan sesuai dengan keinginanmu.

Sebaiknya juga memelihara burung kutilang di tempat yang sunyi dan jauh dari keramaian. Berikan perhatian saat memberinya makan, agar burung kutilang jinak dan mematuhi pemiliknya.

4. Berikan Asupan Makanan Tambahan

Makanan burung kutilang liar umumnya berupa biji-bijian, buah-buahan, atau serangga, karena jenis burung ini sering berkeliaran di sekitar area persawahan.

Selain voer yang sudah diformulasi dengan kandungan vitamin dan mineral, Sobat Pintar juga bisa memberikan asupan makanan tambahan layaknya saat mereka di alam bebas.

Untuk buah-buahan, kamu bisa memberikannya pepaya atau pisang yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna oleh burung.

Sementara untuk jenis serangga, kamu bisa memberikannya ulat hong kong, jangkrik, atau kroto segar yang bisa diberikan secukupnya beberapa hari sekali.

5. Mengganti Air Minum Secara Rutin

Sobat Pintar juga harus menyediakan air minum pada tempat yang sudah disediakan untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaganya tetap terhidrasi dengan baik.

Jangan lupa juga untuk rutin mengganti air minum sehari sekali. Hal ini untuk tetap menjaga kebersihannya, karena tak jarang burung kutilang juga menggunakan air ini sebagai tempat mandi, lho.

6. Dengarkan Suara Burung Kutilang Master

Hal terpenting lain dalam merawat burung kutilang, terlebih jika kamu ingin menghasilkan burung kicau yang gacor dan ngekek panjang adalah melatihnya dengan burung kutilang master.

Burung kutilang master adalah jenis kutilang yang memiliki suara bagus dan cantik. Yang mana diharapkan anakan kutilang yang kamu pelihara akan berusaha untuk menirunya.

Jika kesulitan dalam menemukan kutilang master, sebagai alternatif  kamu bisa memperdengarkan suara kicauan kutilang dengan menggunakan rekaman melalui smartphone atau alat pemutar musik.

Lakukan secara rutin di pagi dan sore hari setelah memberinya makan. Kamu juga bisa beri stimulus berupa jentikan jari atau siulan untuk mengajak burung kutilang berkicau.

7. Mandikan Burung Kutilang

Menjaga kebersihan tubuh dan bulu burung kutilang penting untuk menghindarkannya dari berbagai macam masalah kesehatan, seperti penyakit kulit hingga kutuan.

Salah satu langkahnya adalah dengan memandikan burung kutilang. Untuk melakukannya, kamu tidak perlu menggunakan shampo atau memegangnya seperti cara memandikan kucing atau anjing.

Kamu cukup siapkan air bersih dan semprotan air khusus burung yang lembut, untuk membasahi tubuh secara menyeluruh dan menghilangkan kotorannya.

8. Selalu Jaga Kebersihan Kandang

Burung kutilang cenderung jenis burung yang sangat mudah menghasilkan kotoran, sehingga akan mudah membuatnya menumpuk karena jarang diperhatikan.

Kotoran burung yang menumpuk tentu menjadi sarana berkembangnya bakteri yang berbahaya bagi kesehatan burung.

Penting untuk rutin membuang kotoran sekaligus membersihkan kandang burung secara rutin, misal 2 hari sekali untuk tetap menjaga higienitas tempat tinggalnya tersebut.

Jenis-Jenis Burung Kutilang dan Harganya

Cara Merawat Burung Kutilang
Berikan asupan tambahan - pinterest

Melansir laman eBird.org, burung kutilang dengan nama Latin Pycnonotus aurigaster ini punya habitat cukup luas, yang tersebar di kawasan Indonesia, Semenanjung Malaya, hingga Tiongkok.

Selain itu burung kutilang pun memiliki beberapa jenis yang umum dijadikan sebagai peliharaan. Berikut beberapa jenis burung kutilang dan harganya di pasaran.

  • Burung kutilang biasa; Jenis kutilang yang umum ditemui dengan tubuh berwarna keabuan gelap dan makin cerah pada bagian bawah. Kepalanya didominasi oleh warna hitam. Harga burung kutilang biasa berkisar Rp40-100 ribuan dan jadi yang paling terjangkau.
  • Burung kutilang emas; Sesuai namanya, bulu pada jenis kutilang ini didominasi oleh warna kuning dengan bagian kepala berwarna hitam dan corak jingga di bawah paruhnya. Jenis kutilang ini paling dicari dengan harga Rp100-200 ribuan atau lebih mahal tergantung kicauannya.
  • Burung kutilang sutra; Bulu pada burung ini didominasi warna hijau kekuningan dan sebagian corak hitam pada sayap dan ekor. Ciri khas lain terdapat pada bagian kepala yang berwarna biru gelap. Harga kutilang sutra sekitar Rp70-250 ribuan di pasaran.
  • Burung kutilang trucukan; Sekilas mirip kutilang biasa, namun trucukan memiliki perbedaan corak pada kepalanya. Kutilang trucukan memiliki wajah dengan warna putih pada bagian sisi, dengan bagian atas berwarna coklat dan hitam di sekitar area mata. Harganya berkisar Rp100-150 ribuan.
  • Burung kutilang wilis; Jenis kutilang ini memiliki tubuh dengan paduan warna hijau gelap dan hitam, dengan bagian bawah berwarna putih. Di bagian paruh dan atas matanya terdapat corak kecil berwarna jingga. Karena semakin jarang ditemui, harga burung kutilang wilis jadi yang tergolong mahal berkisar Rp200-400 ribuan.

Mitos Memelihara Burung Kutilang

Mitos Memelihara Burung Kutilang
mitos memelihara burung kutilang - pinterest

Dari berbagai jenis burung kutilang yang umum dipelihara, nama burung kutilang emas (Pycnonotus melanicterus) jadi yang paling populer sekaligus harganya tinggi di pasaran.

Ada pula beberapa mitos memelihara burung kutilang emas, seperti dapat mendatangkan rezeki berlimpah dan pembawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Selain itu burung kutilang emas juga dipercaya sebagai hewan pelindung dari hal-hal buruk. Termasuk agar pemiliknya selalu diberikan kesehatan dan dijauhkan dari segala penyakit.

Namun tentunya, mitos memelihara burung kutilang di atas boleh Sobat Pintar percayai maupun tidak, ya!

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips dan cara merawat burung kutilang agar suaranya gacor yang bisa Sobat Pintar praktikkan sendiri. Cukup mudah sekali, kan?

Apabila kamu melakukannya dengan baik dan benar, dijamin burung kutilang akan sehat dan lincah. Terlebih kutilang juga dikenal mudah beradaptasi dan tahan stres, lho. Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Kamis, 24 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Minggu, 20 Desember 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://datazone.birdlife.org/species/factsheet/sooty-headed-bulbul-pycnonotus-aurigaster
  • https://ebird.org/species/sohbul1
  • https://rightpet.com/breed-species/birds/sooty-headed-bulbul
  • https://tanipedia.co.id/mitos-memelihara-burung-kutilang-emas/
  • https://wikicau.com/cara-menjinakkan-kutilang/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar