Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Kamis, 22 April 2021, 16:00 WIB

Suaranya Mantap! Inilah Jenis-Jenis Burung Kecil yang Bagus untuk Dipelihara

Suaranya Mantap! Inilah Jenis-Jenis Burung Kecil yang Bagus untuk Dipelihara

jenis burung kecil - pinimg

Jangan salah sangka! Banyak jenis-jenis burung kecil yang punya suara bagus & gacor, sehingga cocok kamu jadikan burung peliharaan. Penasaran ada apa saja?

Berbicara mengenai berbagai jenis burung peliharaan, terdapat banyak sekali ragam yang bisa kamu temukan di sekitar lingkungan tempat tinggalmu.

Untuk membedakan jenis-jenis burung peliharaan, salah satunya dilihat dari ukurannya. Misalnya saja jenis-jenis burung kecil yang banyak dipelihara karena rajin bunyi dan bagus penampilannya.

Keuntungan lain yang bisa dirasakan Sobat Pintar saat memelihara jenis burung ini antara lain adalah cara perawatannya yang mudah dan tidak memakan banyak biaya.

Hal ini dikarenakan jumlah pakan yang cenderung lebih sedikit dan ukuran kandangnya yang tidak terlalu besar, sehingga tidak menguras banyak uang dan ruangan dalam rumah.

Nah, pada ulasan kali ini PetPi akan membahas sejumlah jenis-jenis burung kecil yang rajin bunyi dan bagus untuk kamu pelihara. Penasaran ada apa saja jenisnya?

Kumpulan Jenis-Jenis Burung Kecil yang Bagus untuk Dipelihara di Rumah

Walaupun ukuran badannya terbilang kecil, namun jangan ragukan akan kualitas suara dan penampilan burung-burung yang akan PetPi ulas pada poin-poin di bawah ini, lho!

Pasalnya beberapa di antaranya juga termasuk jenis burung yang rajin bunyi, sehingga tak jarang ikut diperlombakan dalam kontes.

Untuk Sobat Pintar yang hendak menikmati keindahannya, jenis burung kecil di bawah ini juga memiliki penampilan dengan corak bulu yang memanjakan mata.

Daripada makin penasaran, yuk cari tahu daftar burung kecil pilihan PetPi selengkapnya berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Burung Kenari

Jenis Burung Kecil
Burung kenari - flickr

Siapa yang tidak mengenali burung kenari? Jenis burung kecil ini banyak dipelihara di rumah karena memiliki corak warna beragam dan harganya relatif terjangkau untuk pemula.

Burung kenari (Serinus canaria) pada awalnya merupakan hewan endemik Kepulauan Canary, Spanyol.

Namun burung kecil ini menyebar hampir ke seluruh dunia yang dibawa oleh para penjelajah sebagai hewan peliharaan. Termasuk saat bangsa Belanda datang ke Indonesia.

Secara fisik burung kenari memiliki ukuran tubuh berkisar antara 10-12 cm dari ujung paruh hingga ekor dengan bobot hanya sekitar 15 gram saja.

2. Burung Pleci

Burung Kecil Terbaik
Burung pleci - alchetron

Kemudian ada burung pleci yang termasuk ke dalam famili Zosteropidae dan menyebar di berbagai kawasan, seperti Afrika, Asia, hingga Australia.

Burung pleci juga biasa disebut sebagai burung kacamata dikarenakan corak putih melingkar di sekitar area mata yang mirip seperti sedang memakai kacamata, lho.

Walaupun memiliki ukuran badan kecil berkisar 15 cm, burung pleci dikenal gacor dan memiliki suara dengan karakteristik yang lantang.

Ada sejumlah jenis burung pleci yang umum dipelihara di Indonesia, seperti burung pleci dada kuning, burung pleci papua, dan burung pleci bustomi.

3. Burung Parkit

Jenis Burung Kecil Yang Bisa Berkicau
burung parkit - pixabay

Jenis burung peliharaan lain yang juga memiliki tubuh berukuran kecil adalah burung parkit (Melopsittacus undulatus) atau yang juga dikenal dengan sebutan budgie.

Karakteristik burung parkit memiliki panjang tubuh sekitar 18 cm dan bobot 30-40 gram. Burung pemakan biji-bijian ini hidup di kawasan kering Australia, sebelum akhirnya masuk ke Indonesia.

Burung parkit termasuk ke dalam jenis burung paling pintar di dunia, dikarenakan keluarga burung beo ini ternyata memiliki kemampuan otak yang cukup cerdas, lho.

Selain itu juga burung parkit dikenal juga dapat menirukan suara pemilik atau hewan di sekitarnya. Biaya perawatannya pun cukup mudah dan murah untuk para pemula.

4. Burung Kacer

Jenis Burung Kecil Terindah
Burung kacer - ams birds cornell

Burung kacer (Copsychus saularis) merupakan salah satu jenis burung yang rajin bunyi dan dikenal sangat mudah dilatih, sehingga Sobat Pintar dapat memeliharanya dengan mudah.

Secara umum, burung kacer memiliki corak bulu perpaduan hitam-putih. Burung kacer menyebar dari kawasan India hingga Asia Tenggara.

Untuk ukuran tubuhnya, burung kacer memiliki panjang tubuh hingga 19 cm. Hal ini pun sudah termasuk bagian ekor burung kacer yang relatif cukup panjang.

Harga burung kacer tergolong relatif murah hingga mahal, tergantung dari umur, kondisi, suara, dan prestasinya dalam lomba kontes burung kicau, lho.

5. Lovebird

Burung Kecil Termahal
Burung lovebird - ams birds cornell

Siapa yang tidak mengenal lovebird? Punya nama lain burung cinta, jenis burung bagus untuk dipelihara ini memang menarik dijadikan pajangan atau didengar suaranya yang merdu.

Lovebird merupakan spesies burung yang berasal dari genus Agapornis yang berukuran kecil, yakni panjang rata-rata 13-17 cm dan bobot berkisar 40-60 gram.

Lovebird memiliki habitat asli di kawasan Afrika dan Madagaskar. Burung kicau terbaik ini pun sering diikutsertakan dalam kontes, baik itu dinilai kicauan atau penampilannya.

Harga burung lovebird bervariasi tergantung dari jenisnya, seperti lovebird muka merah, lovebird kacamata fischer, lovebird muka salem, dan banyak jenis lainnya.

6. Burung Prenjak

Burung Terbaik
burung prenjak - ams birds cornell

Burung prenjak (Prinia familiaris) atau di daerah Jawa dikenal juga dengan sebutan ciblek ini menjadi jenis burung kecil lainnya yang bisa Sobat Pintar pelihara di rumah.

Uniknya, burung prenjak merupakan hewan endemik Indonesia, yakni di kawasan Sumatera, Jawa, hingga Bali yang membuatnya sangat mudah untuk ditemui.

Dibanding burung lain, prenjak memiliki ukuran relatif kecil yakni panjang tubuh hingga ekor 13 cm dan berat hanya 8-10 gram saja, lho.

Walaupun ukurannya relatif kecil, burung prenjak dikenal memiliki suara yang lantang dan keras. Ditambah suaranya tidak monoton, sehingga tidak membuat Sobat Pintar cepat bosan.

7. Burung Cabai

Burung Kecil Yang Indah
burung cabai - cairnstocape

Sesuai dengan namanya, burung cabai memiliki corak berwarna merah pada sebagian atau hampir seluruh tubuhnya, seperti leher, kepala, hingga punggung.

Burung cabai termasuk spesies burung berukuran sangat kecil, sekitar 8 cm yang termasuk dalam keluarga Dicaeidae dan genus Dicaeum.

Secara umum, burung cabai juga tergolong ke dalam jenis burung pemakan buah, biji, dan serangga kecil. Habitatnya sendiri beragam, mulai dari kawasan hutan, mangrove, hingga di sekitar permukiman.

Ada sejumlah jenis burung cabai yang bisa dipelihara, seperti burung cabai jawa (Dicaeum trochileum), burung cabai benalu (Dicaeum hirundinaceum), dan burung cabai bunga api (Dicaeum trigonostigma).

8. Burung Kutilang

Jenis Burung Kecil Yang Bisa Dipleihara
burung kutilang - pbase

Sedari kecil, mungkin Sobat Pintar sudah akrab dengan salah satu jenis burung kicau ini? Apalagi kalau bukan burung kutilang (Pycnonotus aurigaster).

Burung kutilang tergolong sangat mudah ditemui, harganya relatif murah, dan perawatannya tidak sulit.

Walau terbilang jarang diikutsertakan dalam kontes, dengan cara melatih burung kutilang yang tepat kamu juga bisa mendapatkan suara yang gacor dan ngekek panjang.

9. Burung Kolibri

Jenis Burung Kecil
burung kolibri - pinimg

Burung kolibri termasuk ke dalam famili Nectariniidae dan genus Nectarinia. Karakteristik dari burung kecil ini adalah paruhnya yang panjang dan tipis yang berfungsi untuk mengonsumsi nektar.

Rata-rata burung kolibri hanya memiliki panjang tubuh sekitar 9-10 cm dengan bobot mulai 5-7,5 gram.

Salah satu jenis burung kolibri yang umum dipelihara adalah burung kolibri ninja (Leptocoma sperata) atau yang juga memiliki sebutan burung madu pengantin.

Burung kolibri ninja memiliki habitat alami di kawasan hutan tropis dan subtropis yang terdapat di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

10. Burung Tledekan

Jenis Burung Yang Gampang Berkicau
Burung tledekan - pinimg

Tledekan juga bisa dijadikan pilihan burung kicau terbaik dengan karakteristik suara sulingan yang khas.

Selain suaranya yang khas, burung tledekan juga memiliki bulu yang indah sehingga sangat cocok untuk dipelihara di rumah.

Setidaknya ada tiga jenis burung tledekan yang banyak dipelihara, seperti tledekan gunung (Cyornis banyumas), tledekan bakau (Cyornis rufigastra), dan tledekan laut (Cyanoptila cyanomelana).

Rata-rata burung tledekan memiliki ukuran 14-15 cm dengan bobot berkisar antara 12,5-18 gram, lho.

11. Burung Pipit

Spesies Burung Terkecil
burung pipit - kompas

Buat kamu yang tinggal di pedesaan, pastinya sudah tidak asing dengan burung yang satu ini. Burung pipit atau biasa yang disebut dengan burung emprit ini adalah teman dari masyarakat pedesaan disaat pagi dan siang hari.

Burung yang satu ini sangat terkenal dengan suaranya yang merdu, membuat suasana di pagi hari menjadi tenang. Biasanya, burung pipit ini hidup berkoloni untuk mencari makan.

Ia berpindah dari tempat yang lain bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Makanan utamanya adalah biji-bijian, terutama padi. Maka dari itu banyak penduduk desa yang tidak suka dengan keberadaan burung pipit yang dianggap hama bagi petani padi.

Bahkan yang lebih menjengkelkan lagi, mereka suka datang ke sawah disaat padi sudah menguning, artinya ia sangat menyukai padi-padi yang sebentar lagi panen.

Apalagi ia datang dengan koloninya yang cukup banyak, pastinya akan membuat para petani kesal dibuatnya.

12. Burung Decu

Jenis Burung Kecil Suara Gacor
burung decu - hobi burung

Namanya memang agak terdengar asing bagi kita semua. Namun para pecinta burung pasti sudah mengenali jenis burung kecil yang satu ini. Burung decu adalah salah satu burung kicau unik yang bisa kalian miliki.

Keunikannya adalah saat ia berkicau, ekornya akan naik ke atas seperti memberikan sinyal bahwa burung ini sedang mencari perhatian.

Makanan dari burung ini biasanya adalah serangga kecil yang bisa kamu temukan dengan mudah. Di alam liar, ia sering membuat sarang pada gundukan-gundukan tanah yang berumput.

Bentuk telur dari burung ini juga sangat mirip dengan burung puyuh, maka dari itu telur burung ini dianggap kembar dengan telur burung puyuh.

Nah, itulah dia jenis-jenis burung kecil yang rajin bunyi dan bagus untuk dipelihara yang bisa kamu pertimbangkan untuk dimiliki di rumah.

Pada umumnya perawatan burung-burung di atas cukuplah mudah. Namun, jika Sobat Pintar hendak mengikutsertakan dalam kontes, tentu perlu penanganan khusus, ya!

VIDEO: Jenis Burung Kecil Bersuara Merdu Yang Bisa Memperindah Suasana Rumahmu

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Jumat, 06 November 2020, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 22 April 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://avibase.bsc-eoc.org/avibase.jsp?lang=EN
  • https://petcentral.chewy.com/top-5-small-pet-birds/
  • https://www.alihamdan.id/jenis-jenis-burung/
  • https://www.thesprucepets.com/popular-small-bird-species-390926
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar