Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Minggu, 14 Februari 2021, 12:30 WIB

Jangan Dikasih, Ini 6 Makanan yang Berbahaya Bagi Burung Pada Umumnya

Jangan Dikasih, Ini 6 Makanan yang Berbahaya Bagi Burung Pada Umumnya

makanan yang berbahaya untuk burung - birds advice

Jangan sembarangan memberikan makanan manusia kepada burung anda, berikut ini daftar makanan yang berbahaya bagi burung pada umumnya!

Burung merupakan salah satu hewan yang sering dianggap spesial karena mempunyai beberapa kemampuan.

Merupakan kelas Aves yang dapat dibedakan kedalam beberapa spesies berdasarkan perbedaan anatomi dan fisiologi, burung juga biasanya akan menimbulkan reaksi yang berbeda terhadap beberapa jenis makanan.

Berdasarkan penelitian, ada beberapa makanan yang dianggap berbahaya untuk diberikan kepada burung.

Makanan ini dinilai berbahaya apabila setelah burung mengkonsumsinya berakibat fatal kepada tubuh burung.

Ada beberapa makanan yang tidak berbahaya saat diberikan dalam jumlah yang kecil, namun jika diberikan dalam jumlah yang banyak bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada burung.

Nah, kira-kira jenis makanan apa ya yang berbahaya untuk burung pada umumnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Daftar Makanan yang Berbahaya untuk Burung

Makanan Yang Dilarang Untuk Burung
makanan yang dilarang untuk burung - pet central

Seperti yang kita ketahui, di dunia ini ada berbagai macam spesies burung yang berbeda-beda habitatnya. Di setiap burung pun, pastinya mempunyai pantangan makanan tersendiri yang tidak boleh dimakan.

Nah, kali ini PetPi akan membagikan secara umum makanan yang dilarang untuk burung dari beragam spesies. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Kafein

Manusia zaman sekarang mana yang tidak menyukai kafein? Banyak produk-produk kafein yang disukai oleh manusia. Salah satunya yang paling terkenal adalah kopi.

Fungsi kafein untuk manusia sebenarnya untuk merangsang kerja jantung dan membangunkan kita untuk semangat kembali berkegiatan.

Terkadang kita suka mencoba untuk memberikan makanan-makanan manusia yang sebenarnya tidak cocok untuk burung. Salah satunya kafein ini. Burung yang mengkonsumsi kafein akan berakibat fatal seperti kematian.

Denyut jantung burung akan semakin tinggi, burung akan menjadi hiperaktif dan bahkan bisa berhenti mendadak. Hindari produk-produk minuman yang mengandung kafein ini ya!

Baca Juga: Suaranya Mantap! Inilah Jenis-Jenis Burung Kecil yang Bagus untuk Dipelihara

2. Cokelat

Selanjutnya makanan berbahaya untuk burung adalah coklat. Coklat memang makanan yang baik dikonsumsi manusia dan rasanya lezat.

Namun pada kenyataannya, coklat masuk ke dalam salah satu makanan yang dilarang untuk burung. Bukan hanya burung saja, namun hewan mamalia seperti anjing dan kucing tidak boleh mengkonsumsi coklat.

Coklat akan berbahaya jika diberikan kepada burung karena mengandung theobromine dan kafein sehingga akan menyebabkan burung menjadi muntah dan diare.

Bahkan dalam konsumsi yang banyak, coklat dapat menyebabkan burung menjadi tremor dan kejang.

3. Biji Apel

Yap, kamu tidak salah dengar. Biji apel termasuk makanan yang berbahaya bagi burung kesayanganmu.

Walaupun sebagian besar buah sangat aman dikonsumsi burung, namun buah yang berbiji seperti apel, pir, dan ceri ini tidak boleh diberikan tanpa dibuang bijinya.

Biji yang terdapat pada buah-buah yang kamu makan mengandung senyawa sianida dalam jumlah yang kecil. Pada manusia, biji-biji tersebut tidak mempunyai efek yang parah.

Namun pada burung, zat sianida pada biji apel tersebut akan menjadi racun bagi jantung. Maka dari itu, setelah burung peliharaan mengkonsumsinya, akan ada masalah fatal yang mungkin tidak bisa disembuhkan.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Garam

Makanan Yang Berbahaya Untuk Burung
garam merupakan makanan yang dilarang untuk burung - insider

Manusia sudah pasti membutuhkan garam sebagai bumbu penyedap disaat kita makan.

Bahkan banyak bumbu-bumbu yang mengandung garam yang bisa kita berikan pada makanan kesayangan kita seperti keripik, kentang, popcorn dan masih banyak lagi.

Makanan yang mengandung garam yang berlebih akan berpotensi meracuni tubuh burung ini. Bahkan jika makanan kamu berikan kepadanya yang mengandung garam yang tinggi, akan membuang keseimbangan antara elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Akibatnya, burung kecil ini akan menyebabkan rasa haus sepanjang hari, dehidrasi, gagal ginjal dan kematian.

5. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang sebaiknya tidak diberikan kepada burung kesayanganmu.

Walaupun kulit dan bijinya terkenal, namun buah alpukat diketahui menyebabkan gangguan jantung dan akhirnya menjadi gagal jantung pada spesies burung tertentu.

Walaupun hal ini masih jadi perdebatan, daripada kamu yang kehilangan burung kesayangan lebih baik tidak memberikan buah alpukat untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih baik aman daripada menyesal pernah memberikan makanan yang berbahaya bagi burung.

Baca Juga: Fantastis! 10 Burung Kicau Termahal di Dunia yang Harganya Hingga Miliaran

6. Bawang

Bawang merupakan bahan makanan yang difungsikan sebagai penyedap sebuah makanan yang disajikan.

Penggunaan bubuk bawang merah ataupun putih dalam jumlah yang terbatas dianggap tidak berbahaya bagi burung.

Namun, saat kamu memberikan bawang utuh atau pun penyedap yang mengandung bawang berlebihan, burungmu akan mengalami masalah pencernaan seperti muntah ataupun diare.

Bahkan penggunaan yang terlalu lama akan berakibat fatal seperti penurunan sel merah yang diikuti dengan gangguan pernapasan.

Itulah dia beberapa makanan berbahaya untuk burung pada umumnya yang tidak boleh kamu berikan.

Jika sudah terlanjur dikonsumsi burung, kamu bisa memberikan banyak minum agar makanan tersebut cepat larut dalam tubuhnya dan berharap efeknya tidak terlalu parah.

Jaga burung kesayanganmu dengan memberikan makanan terbaik untuk burung yang bergizi tinggi.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://life.trubus.id/baca/31748/jangan-sembarangan-kasih-makan-ini-dia-jenis-yang-beracun-untuk-burung
  • https://www.rajapetshop.com/en/news/Makanan-Yang-Berbahaya-Untuk-Burung
  • https://www.thesprucepets.com/common-foods-that-can-poison-bird-390628
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar