Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Senin, 22 Maret 2021, 20:30 WIB

Agar Cepat Bertelur! Ini Jenis Makanan Burung Parkit Terbaik yang Wajib Diberikan

Agar Cepat Bertelur! Ini Jenis Makanan Burung Parkit Terbaik yang Wajib Diberikan

makanan burung parkit - pinterest

Banyak pilihan makanan burung parkit agar cepat bertelur dan kondisinya sehat. Penasaran apa saja jenis makanan kesukaan parkit itu? Yuk, cari tahu di sini!

Jika kamu menginginkan burung peliharaan yang bisa diajak berinteraksi, jenis burung parkit bisa jadi pilihan yang patut untuk Sobat Pintar pertimbangkan.

Parkit yang termasuk famili Psittacidae ini juga termasuk salah satu jenis burung paling pintar di dunia yang mampu memahami bahasa manusia, setara dengan bayi umur 7 bulan, lho.

Pada dasarnya, cara merawat burung parkit terbilang mudah dan mirip seperti lovebird. Pilihan makanannya pun hampir serupa, yakni berupa biji-bijian.

Selain biji-bijian, makanan burung parkit liar juga dapat berupa buah-buahan, sayuran, dan berbagai tumbuhan lain seperti dilansir melalui laman VCA Hospitals.

Nah, kira-kira makanan apa saja yang cocok sebagai makanan burung parkit peliharaan? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan yang sudah PetPi rangkum di bawah ini, ya.

Rekomendasi Makanan Burung Parkit Alami Agar Sehat dan Cepat Bertelur

Makanan Burung Parkit
makanan burung parkit - embora pets

Walau terdapat berbagai jenis burung parkit, tapi makanan burung parkit Australia, burung parkit Holland, dan burung parkit lokal tidak memiliki perbedaan signifikan.

Namun pada kasus tertentu mungkin Sobat Pintar perlu pakan tambahan, seperti makanan parkit agar cepat bertelur yang bisa merangsang birahi dan menambah asupan kalsium ke tubuhnya.

Dan jangan pula ketinggalan makanan burung parkit harian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar seperti berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Jewawut

Di beberapa daerah di Indonesia, jewawut memiliki nama lain seperti otek atau lelawut. Jewawut sangat mudah ditemui di toko perlengkapan hewan atau pakan burung.

Jenis makanan kesukaan burung parkit ini merupakan pakan harian untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkannya.

Jewawut yang diberikan dapat berupa biji saja atau juga masih bersama malainya. Dapat diberikan bersama tangkainya, agar parkit merasakan makanan seperti di habitat aslinya.

2. Milet

Terdapat dua jenis milet yang dapat ditemukan di pasaran, yakni milet merah dan milet putih. Kebanyakan burung parkit menyukai milet putih sebagai makanan hariannya.

Sekilas bentuk milet mirip seperti biji jewawut. Perbedaan antara jewawut dan biji milet adalah milet cenderung memiliki butiran lebih besar, licin, dan permukaan mengkilap.

Sama halnya seperti jewawut, biji milet juga mudah ditemui di toko perlengkapan hewan. Hal ini dikarenakan milet juga jadi pilihan makanan burung lain, seperti perkutut, lovebird, dan sejenisnya.

3. Pelet

Selain pilihan makanan burung parkit alami, Sobat Pintar juga bisa memilih pelet kemasan yang sudah diformulasi khusus dengan asam amino, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan.

Melansir laman PetHelpful, pelet juga memiliki komposisi berupa kombinasi biji-bijian, mulai dari jewawut, milet, gandum, kenari, jagung, dan sebagainya.

Sayangnya tidak semua parkit akan langsung terima saat diberikan pelet sebagai pakan harian. Untuk membiasakan pelet sebagai makanan burung parkit harian, Sobat Pintar perlu penanganan khusus.

Kamu bisa menambahkan pelet secara berkala pada pakan harian mereka. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu, hingga parkit terbiasa dengan asupan makanannya.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan burung parkit untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Bukan hanya untuk manusia saja, namun untuk kesehatan seekor burung, buah-buahan juga sangat diperlukan bagi tubuhnya.

Salah satunya juga untuk menambah energi agar burung tidak terlihat lesu.

Dikarenakan kandungan gula yang tinggi, sebaiknya buah-buahan diberikan 2-3 kali seminggu saja. Hindari memberikan alpukat yang memiliki senyawa persin dan berbahaya bagi parkit.

Adapun beberapa jenis buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai makanan burung parkit, seperti:

  • Pisang, kaya potasium;
  • Anggur, kaya vitamin A;
  • Mangga, kaya vitamin A;
  • Jeruk, kaya vitamin C;
  • Blueberry, kaya antioksidan;
  • Pepaya, kaya vitamin A;
  • Melon, kaya vitamin A; dan
  • Stroberi, kaya antioksidan.

5. Sayuran

Makanan Burung Parkit
Sayuran kesukaan burung parkit - alexanp

Sayuran yang banyak diberikan sebagai pakan parkit adalah jenis sayuran berdaun hijau. Sayuran juga bisa diberikan setiap hari dan dipadukan dengan pakan harian parkit, berupa biji-bijian atau pelet.

Pemberian sayuran pada makanan parkit, mungkin akan membuat kotoran mereka sedikit berair. Namun tak perlu khawatir selama burung tidak menunjukkan gejala masalah kesehatan lain, ya!

Beberapa jenis sayuran yang mudah ditemukan dan bisa dijadikan sebagai makanan parkit, di antaranya:

  • Tomat, kaya vitamin A;
  • Wortel, kaya vitamin A;
  • Bayam atau kangkung, kaya antioksidan;
  • Brokoli, kaya potasium; dan
  • Selada hijau, kaya kandungan air.

6. Kacang-Kacangan

Burung parkit juga menyukai kacang-kacangan, namun konsumsinya perlu dibatasi. Hal ini karena sebagian besar jenis makanan ini mengandung lemak tinggi.

Memberikan kacang-kacangan 2-3 kali seminggu sudah menjadi takaran pas bagi makanan burung parkit tambahan yang satu ini.

Hindari kacang-kacangan yang sudah diolah atau dibumbui. Belilah kacang-kacangan mentah atau khusus hewan peliharaan, seperti:

  • Kacang almond, hindari varian yang sudah dipanggang;
  • Kacang mete, pilih varian mentah dan belum diolah; dan
  • Kacang tanah, kupas dan pisahkan dengan kulitnya.

7. Taoge

Taoge atau kecambah memiliki banyak kandungan penting bagi tubuh burung parkit, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan mineral lainnya.

Jenis makanan ini juga dipercaya memiliki pengaruh besar pada kesuburan parkit. Sehingga beberapa kalangan merekomendasikannya sebagai makanan parkit agar cepat bertelur.

Selain itu taoge juga berguna untuk meningkatkan birahi dan fertilitas telur, sehingga diharapkan dapat menghasilkan anakan parkit yang sehat dan berkualitas.

8. Tulang Sotong

Burung parkit betina yang hendak bertelur umumnya akan mengalami kekurangan kalsium dalam tubuh yang berpengaruh pada kualitas anakan parkit ke depannya.

Sobat Pintar bisa memberikan tulang sotong yang merupakan sumber kalsium alami bagi burung parkit. Untuk pemberiannya, kamu bisa menghaluskan tulang sotong dan campurkan dengan pakan harian.

Melansir laman PetHelpful, kamu juga bisa memberikan tulang sotong utuh yang berfungsi untuk mengasah paruh burung parkit.

Selain berbagai jenis makanan burung parkit di atas, tak ketinggalan kamu juga perlu menyediakan air minum bersih sepanjang waktu dalam wadah yang tersedia di dalam kandang.

Pada kondisi tertentu, Sobat Pintar juga bisa memberikan suplemen vitamin burung tambahan. Jaga kondisi kandang dan rawat dengan baik agar parkit terus sehat dan terhindar dari penyakit.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Jumat, 18 Desember 2020, 10:00 WIB
Update pada: Senin, 22 Maret 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/birds/Essential-Parakeet-Diet-What-To-Feed-A-Budgerigar
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/budgies-feeding
  • https://www.britannica.com/animal/parakeet

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar