Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 01 Juli 2021, 08:00 WIB

Jenis Makanan Untuk Burung Kakatua Agar Sehat dan Bugar

Jenis Makanan Untuk Burung Kakatua Agar Sehat dan Bugar

makanan burung kakatua - omlet

Makanan burung kakatua porsinya harus menyesuaikan ukuran tubuhnya, dari beberapa makanan pilihlah jenis makanan yang memang cocok berikut ini

Buat Sobat Pintar dimanapun kalian berada, kalian tentu mengenal burung kakak tua, kan? Jenis burung dengan jambul cantik yang satu ini merupakan salah satu burung pintar yang bisa berbicara dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. 

Oleh sebab itu, banyak dari para pecinta burung di Indonesia memelihara serta melatih jenis burung ini dikarenakan keunikan dan kepintarannya. 

Sobat Pintar, pada pembahasan kali ini PetPi akan menjelaskan tentang makanan burung kakak tua serta bagaimana cara merawat burung unik tersebut. 

Nah, untuk lebih lengkapnya Sobat Pintar bisa menyimak penjelasan terkait dengan jenis-jenis makanan burung kakatua dibawah ini.

Jenis – Jenis Makanan Untuk Kakak Tua

Makanan Untuk Burung Kakatua
makanan untuk burung kakatua - broome

Jika Sobat Pintar Memiliki seekor burung kakak tua tentu hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan yang tepat. Sebab dengan pemberian makanan yang tepat burung kakak tua bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, memiliki bulu yang tebal dan warna yang tajam.

Berikut adalah jenis makanan yang dibutuhkan burung kakak tua, antara lain :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Buah-Buahan

Burung kakak tua sangat menyukai buah-buahan, dimana buah juga merupakan makanan alami burung kakak tua di alam liar.

Selain itu, buah-buahan juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh mereka, seperti berguna untuk menstabilkan tubuh, menyegarkan tubuh, dan memperindah bulu burung kakak tua.

Buah memang jenis makanan yang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B+, vitamin C dan lain-lain.

Sobat Pintar bisa memberi buah apel, beri, pisang, pepaya untuk burung kakak tua, dan jangan memberi mereka buah alpukat, sebab buah alpukat dipercaya tidak baik untuk perkembangan mereka.

2. Biji-Bijian

Bisa dikatakan biji-bijian bukanlah makanan utama dari burung kakak tua, apalagi untuk burung yang memiliki ukuran besar, biji-bijian hanya menjadi makanan selingan.

Tapi untuk burung kakak tua yang dari kecil secara alami memang sering memakan biji-bijian, dan disarankan untuk tetap memberinya jenis makanan tersebut.

Jenis biji-bijian yang bisa Sobat Pintar berikan berupa biji bunga matahari, biji kuaci serta kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tanah dan lainnya.

Karena biji-bijian kebanyakan tidak mengandung air, kamu wajib untuk memperhatikan air minumnya selalu terisi penuh agar ia tidak kehausan.

3. Sayur-Sayuran

Jenis makanan segar wajib disediakan setiap harinya, sebab asupan tersebut merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh burung kakak tua. Faktanya tidak ada jenis makanan lain yang dapat menjamin  keseimbangan kandung nutrisi seperti yang ada pada sayuran segar.

Jenis sayuran yang paling cocok untuk kamu berikan ke burung kakak tua seperti brokoli, kangkung, lobak, kentang, ubi jalar, wortel dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mencampurnya dengan buah-buahan jika kekurangan sayuran yang hendak diberikan.

4. Pelet

Pakan burung kakatua yang terakhir bisa kamu berikan kepadanya adalah pelet khusus burung kakatua yang bisa kamu beli di pasar hewan maupun toko online terpercaya.

Jenis pakan alternatif ini terbilang lebih praktis, harganya terjangkau dan juga sudah dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh si burung.

Namun, alangkah baiknya jika pemberian pelet tersebut juga ditambah dengan pakan alami yang sudah disebutkan sebelumnya agar kesehatan dan pertumbuhannya lebih optimal. 

Kemudian agar ia tidak bosan dengan makanan hariannya, kamu bisa berikan beberapa jenis pakan di atas secara bergantian seperti buah segar dan pelet pada hari ini, lalu pada esok harinya berupa campuran biji-bijian dengan sayuran segar dan begitu seterusnya.

Jenis Makanan yang Wajib Dihindari

Makanan Yang Dilarang Untuk Burung Kakatua
makanan yang dilarang untuk burung kakatua - best bird photos

Terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh burung kakak tua yang perlu Sobat Pintar ketahui, selain menjelaskan tentang jenis makanan yang paling dianjurkan.

Nah, kali ini PetPi juga akan menjelaskan tentang jenis makanan yang harus dihindari bagi burung kakak tua dengan berbagai alasan tertentu. Berikut ulasannya.

1. Bawang

Bawang menjadi salah satu jenis pakan yang harus dihindari untuk burung kakak tua, Bawang bisa berupa bawang putih, bawang merah hingga daunnya. Karena diketahui ada kejadian burung kakak tua langsung mati saat pemiliknya memberi makan bawang putih.

2. Biji Buah Apel

Jika berbicara buahnya tentu sangat dianjurkan untuk burung kakak tua, namun Sobat Pintar harus mengetahui bahwa biji dari buah apel mengandung racun sianida dan glikosida sianogen yang dapat membuat burung mati.

3. Alpukat

Beda halnya jika dikonsumsi manusia. Buah alpukat sangat berbahaya jika dimakan oleh burung kakak tua. Karena zat yang terkandung dapat membuat burung tersebut mati.

Buah alpukat dapat membuat burung kakak tua tidak nafsu makan dan berujung sakit lalu mati. Selain itu buah alpukat bisa membuat jantungnya berdetak lebih cepat dan nafas yang terengah-engah.

4. Minyak Goreng

Belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun sudah banyak kasus burung kakak tua mati setelah mengkonsumsi minyak goreng atau makanan yang mengandung minyak yang tinggi. Maka dari itu, hindari jenis makanan yang memiliki kadar minyak goreng.

Cara Merawat Burung Kakak Tua

Cara Merawat Burung Kakatua
cara merawat burung kakatua - the tarpan

Sesudah Sobat Pintar mengetahui jenis makanan burung kakak tua, terdapat hal yang jauh lebih mendasar ketika memelihara burung kakak tua, yakni cara merawat burung kakak tua yang paling tepat dan benar.

Petpi akan memberikan beberapa tips bagi Sobat Pintar semuanya mengenai cara tepat merawat burung kakak tua berikut ini

1. Memandikan Setiap Pagi

Pemilihan waktu paling tepat ketika akan ingin memandikan burung tersebut yakni di pagi hari, karena akan sangat lebih baik apabila sambil terpapar sinar matahari.

Dengan begitu bulu yang basah menjadi lebih cepat mengering serta paparan sinar matahari bisa mencegah pertumbuhan kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh burung kakak tua tersebut

2. Memberi Vitamin

Pemberian vitamin tentu sangat dibutuhkan burung kakak tua agar bisa mendukung perkembangan dan pertumbuhan ketika dipelihara.

Sobat Pintar dapat menemukan vitamin tersebut yang dijual dipasar hewan. Memberi vitamin pada burung kakak tua berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan pada bulunya.

3. Mengasah Cakar dan Paru

Sobat Pintar bisa melakukan perawatan pada cakar dan paruh. Tindakan tersebut gunanya untuk mencegah burung mengalami berbagai kerusakan yang tidak diinginkan.

Cara merawatnya, Sobat Pintar dapat mengasah dua bagian ini 2 kali sehari.

4. Pemberian Makanan yang Tepat

Berilah jenis makanan yang paling tepat untuk pertumbuhan burung kakak tua. Sobat Pintar bisa memberi makanan berjenis biji-bijian dan buah sekitar 3 kali dalam sehari serta beri porsi sesuai ukuran tubuh burung tersebut.

5. Menyesuaikan Ukuran Kandang

Ketika akan memelihara burung kakak tua, sebaiknya Sobat Pintar harus menyediakan kandang yang tidak terlalu sempit agar burung tidak merasa stres, atau Sobat Pintar juga dapat membuat sebuah gantungan dengan tali yang diikat pada kakinya tanpa memerlukan kandang.

Biasanya burung kakak tua lebih senang dengan kondisi tersebut.

Sobat Pintar perlu mencatat apa yang sudah PetPi jelaskan diatas, mulai dari jenis makanan yang perlu dihindari, hingga cara merawat dan jenis makanan burung kakatua yang paling tepat.

Semua itu perlu diketahui agar ketika Sobat Pintar memelihara salah satu jenis burung kakak tua setidaknya sudah memiliki pengetahuan seputar burung yang ikonik satu ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hargaburung.id/makanan-burung-kakak-tua/
  • https://rahasiabelajar.com/jenis-burung-kakak-tua/
  • https://www.dictio.id/t/apa-saja-makanan-yang-harus-di-hindari-burung-kakatua/51515

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar