Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Senin, 01 Februari 2021, 17:00 WIB

Ini Dia 8 Makanan Burung Beo Biar Cepat Bicara, Mudah Ditemukan!

Ini Dia 8 Makanan Burung Beo Biar Cepat Bicara, Mudah Ditemukan!

makanan burung beo - birdencountersofabalconykind

Burung yang sehat adalah burung yang mendapatkan makanan terbaik. Nah, berikut ini adalah daftar makanan burung beo yang bernutrisi tinggi

Burung beo merupakan salah satu burung yang mudah bosan dengan makanan mereka. Oleh karena itu, makanan burung beo yang diberikan harus sangat diperhatikan.

Kita tidak bisa sembarangan memberikan makanan pada burung beo yang dipelihara. Ada beberapa jenis makanan yang bernutrisi, ada pula yang bisa berpotensi meracuni burung tersebut.

Namun sayangnya, seringkali pemilik burung beo beranggapan bahwa mereka telah memberikan makanan yang sesuai dan tepat untuk burung peliharaan mereka.

Seperti manusia, burung beo membutuhkan asupan makanan yang seimbang. Dengan asupan makanan yang baik, burung beo akan tetap sehat dan aktif berbicara.

Daftar Makanan Burung Beo Yang Tepat untuk Diberikan

Makanan Burung Beo
makanan burung beo - burungnya

Menjadi salah satu burung eksotis yang banyak dipelihara di rumah-rumah di Indonesia, burung beo tergolong burung yang cerdas.

Burung beo dikenal dengan kemampuan uniknya meniru perkataan manusia. Bahkan mereka bisa mengucapkan satu kalimat dengan lancar lho, Sobat PetPi!

Banyak pemelihara burung beo yang memastikan peliharaannya mendapatkan nutrisi yang tepat. Sehingga menentukan makanan burung beo adalah hal yang sangat penting.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pelet

Pelet bagi burung beo sudah tersedia banyak dijual di tempat pakan hewan peliharaan.

Namun meskipun makanan terbaik, bernutrisi, dan mudah dikonsumsi, pelet bukan hanya satu-satunya makanan yang tepat untuk burung beo.

Sebab ada kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa menyebabkan burung beo keracunan atau mengalami hemokromatosis.

Dan tentunya perlu berhati-hati dalam memilih merek pelet yang baik, karena merek pelet yang murah umumnya mengandung banyak bahan kimia tambahan yang berbahaya.

Di sisi lain, tekstur pelet yang kering juga membantu agar kotoran burung beo tidak berantakan dan cair. Sehingga akan sangat mudah untuk membersihkannya.

2. Buah-buahan

Salah satu makanan burung beo biar cepat bicara adalah dengan buah-buahan. Ada banyak buah-buahan segar yang bisa dikonsumsi oleh burung eksotis satu ini.

Buah memberikan asupan vitamin bagi burung beo. Buah bisa diberikan di siang hari dengan jenis yang bervariasi.

Umumnya, pemilik burung beo memberikan buah seperti pisang dan pepaya. Dua buah ini selain kaya vitamin juga mudah ditemukan di mana-mana.

Selain itu, kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa membantu pencernaan agar lebih sehat dan tidak membuat burung beo rentan kegemukan.

Buah lainnya juga bisa diberikan agar tidak cepat bosan, seperti apel, kelengkeng, tomat, atau pir. Sebaiknya cuci dengan bersih dan potong-potong kecil terlebih dahulu agar aman dimakan.

3. Serangga

Selain vitamin, burung beo juga memerlukan protein untuk tetap sehat. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, makanan burung beo apa yang bisa memenuhi kebutuhan protein?

Burung beo tidak hanya mengonsumsi buah-buahan, namun juga bisa memakan berbagai macam serangga kecil, seperti jangkrik, belalang, dan ulat Hongkong.

Untuk makanan jenis ini, bisa diberikan seminggu sekali agar menu makannya bervariasi dan tidak cepat bosan. Kemudian juga memberi burung beo nafsu makan yang baik.

Makanan populer lainnya yang juga bisa memenuhi nutrisi protein adalah telur dan larva kroto. Kandungan nutrisinya bahkan cukup tinggi untuk membuat burung beo tetap bugar dan aktif berbicara.

4. Kacang-kacangan

Burung Beo Sedang Mencari Makan
burung beo sedang mencari makan - hewanesia

Pemenuhan protein lainnya bisa didapat dari memberikan burung beo makanan dalam bentuk kacang-kacangan.

Karena bukan menu makanan burung beo yang utama, sebaiknya memberikan kacang-kacangan tidak terlalu sering.

Sebab burung beo yang dipelihara beda dengan yang liar karena tidak membutuhkan energi yang terlalu besar. Kamu bisa memberikan kacang-kacangan seperti kedelai hitam, kacang polong, atau kacang hijau.

Pastikan kacang-kacangan ini disimpan di tempat yang kering agar tidak memicu tumbuhnya jamur yang bisa menyebabkan racun dan berbahaya bagi kesehatan burung beo.

5. Sayuran

Burung beo juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran segar, terutama yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Seperti timun, sawi putih, jagung muda, dan wortel.

Agar burung beo lebih mudah saat memakannya, sebaiknya sayuran dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Kira-kira sesuai dalam satu gigitan.

Kemudian pemberian sayuran ini tidak perlu sesering buah, kamu bisa membuat menu selang-seling dengan serangga atau kacang-kacangan.

Sebelum memberikannya, cuci bersih terlebih dahulu. Kemudian pastikan kamu memberikan makanan sayuran yang baru apabila sudah disajikan selama satu hari,

6. Air segar

Satu hal yang tidak bisa dilupakan dari pemberian makanan burung beo adalah air segar untuk minum. Air ini harus tersedia setiap waktu dan diisi serta diganti wadahnya secara berkala.

Air minum bisa diganti dua kali dalam sehari, atau saat wadah air tersebut sudah kotor dan dipenuhi oleh sisa-sisa makanan.

Wadah tersebut juga sebaiknya dicuci bersih dengan menggunakan sabun cuci dan air. Jangan membiarkan wadah tersebut kotor selama berhari-hari.

7.Biji-bijian

Meskipun biji-bijian bukanlah makanan pokok bagi burung beo, namun biji-bijian sejatinya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi hewan ini. Seperti halnya pelet, banyak sekali formula biji-bijian yang bisa Sobat berikan kepada burung beo.

Di toko yang biasa menjual pakan burung, biasanya sudah disediakan campuran biji-bijian. Namun kamu juga bisa membeli beberapa biji-bijian dengan mencampurnya sendiri untuk memberikan racikan yang lebih sesuai.

Memberikan biji-bijian ke burung beo seperti halnya memberikan manusia sebuah permen. Biji-bijian hanyalah sebagai camilan yang enak untuk dimakan burung beo.

Tapi ingat, hanya boleh diberikan sesekali saja. Kamu boleh memberikan beberapa biji-bijian sebagai hadiah untuknya apabila ia menuruti perintah darimu saat dilatih.

8. Vitamin Tambahan

Meskipun banyak makanan di atas yang sudah mempunyai nutrisi yang tinggi, burung beo tetap membutuhkan yang namanya vitamin. Sebagai tambahannya, kamu bisa membeli vitamin dan juga beberapa mineral dari toko yang biasa menjual perlengkapan burung. 

Pemberian vitamin juga bisa dilakukan dengan cara memberikannya langsung ke dalam mulut beo.

Selain itu, kamu juga bisa mencampuri vitamin yang sudah kamu beli tadi dengan makanan atau minumannya. Pemberian vitamin pada burung beo tidak perlu dilakukan setiap hari, namun cukup dengan 1-3 kali dalam seminggu.

Aturan Memberi Makanan Burung Beo yang Baik

Cara Memberi Makan Burung Beo
cara memberi makan burung beo - arena hewan

Selain beberapa makanan burung beo di atas, ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena berpotensi merusak kesehatan atau menimbulkan racun.

Misalnya seperti alpukat, makanan cepat saji, cokelat, makanan mengandung kafein dan juga alkohol.

Usahakan memberi makan pada burung beo dua kali sehari. Buanglah pakan yang tersisa di pagi dan malam hari karena sudah tidak layak konsumsi.

Kemudian, beri makan pada burung beo dengan aturan sebagai berikut:

  • Memberi pakan biji atau kacang-kacangan tidak lebih dari 1 hingga 2 sendok teh per hari
  • Berikan pelet hanya di pagi hari setelah biji-bijian dan makanan segar. Karena burung beo memakannya sedikit demi sedikit, tidak perlu dibuang jika tidak dihabiskan
  • Berikan porsi sebanyak ¼ cangkir pelet setiap harinya untuk beo kecil, atau ½ cangkir pelet untuk beo besar
  • Berikan buah-buahan dan sayuran sebanyak 1 sendok makan, dan 1,5 sendok makan untuk takaran makanan proteinnya.

Itu dia penjelasan tentang makanan burung beo yang tentunya bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan burung beo peliharaanmu.

Dengan mendapatkan informasi tersebut, diharapkan burung beo yang kamu pelihara akan semakin sehat dan suaranya kencang ya!

Selain itu, dengan menjaga kesehatannya, burung beo juga bisa dapat aktif berbicara sehingga menambah keunikan dalam memeliharanya. Jangan sampai salah memberikan makan ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 23 November 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 01 Februari 2021, 17:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://moondoggiesmusic.com/burung-beo/
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/mynah-birds-feeding
  • https://www.exoticdirect.co.uk/news/parrot-food-what-your-parrot-can-eat-diet-and-food-ideas

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar