Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Rabu, 17 Maret 2021, 20:30 WIB

Ini Alasan Kenapa Burung Hantu Bisa Menjadi Peliharaan Terbaik, Masa Sih?

Ini Alasan Kenapa Burung Hantu Bisa Menjadi Peliharaan Terbaik, Masa Sih?

alasan kenapa burung hantu jadi hewan peliharaan terbaik - pet helpful

Banyak yang mengaitkan burung hantu dengan kejadian horror, padahal nyatanya tidak. Inilah 5 alasan kenapa burung hantu menajadi hewan peliharaan terbaik

Pada umumnya banyak pecinta burung menyukai jenis burung yang mudah berkicau dengan alasan membuat suasana rumah menjadi tenang. Hal itu bisa dibuktikan berdasarkan fakta yang ada bahwa jenis burung lovebird banyak diminati di seluruh Indonesia.

Namun, ada beberapa pecinta hewan eksotik yang justru memelihara burung hantu sebagai peliharaannya di rumah. Bukan karena suaranya, namun memiliki burung hantu membuat kharisma seseorang menjadi meningkat.

Nah, disini PetPi akan kasih tau kamu, alasan kenapa burung hantu bisa menjadi peliharaan terbaik yang bisa kamu coba. Penasaran apa saja alasannya? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Alasan Kenapa Burung Hantu Jadi Hewan Peliharaan Terbaik

Alasan Kenapa Burung Hantu Peliharaan Terbaik
alasan kenapa burung hantu peliharaan terbaik - the spruce pets

Definisi terbaik pastinya adalah pandangan dari perspektif masing-masing. Banyak juga yang menganggap burung hantu ini menjadi sosok yang menakutkan karena sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Namun bagi pecintanya, burung hantu bisa menjadi “burung terbaik” yang bisa kamu pelihara. Berikut ini adalah alasannya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Memiliki Pola Makan Sederhana

Beberapa informasi menyebutkan bahwa burung hantu sangat sulit untuk diberi makan. Padahal hal ini adalah kesalahan dari sang pemilik yang mungkin lupa makanan burung hantu terbaik yang bisa ia berikan.

Banyak dari mereka yang memberikan makanan yang tidak fresh sehingga burung hantu tidak mau menyantap makanan tersebut. 

Selain itu, dibandingkan dengan burung beo, pola makan burung hantu sangat sederhana. Dalam kebanyakan kasus, mereka hanya diberi makan sekali sehari pada malam hari atau sore harinya.

Tidak disarankan untuk memberi makan satu jenis makanan kepada burung pemangsa ini karena pastinya kebutuhan nutrisinya sangat berbeda dengan burung beo.

Hewan Nokturnal (Aktif di Malam Hari)

Meskipun ini terlihat seperti kekurangan pada burung hantu, beberapa pemilik burung hantu merasakan bahwa ini adalah keuntungannya. Jika burung beo aktif di siang hari, maka bisa berbenturan dengan pekerjaan dan aktivitas sang pemilik.

Sedangkan burung hantu memiliki sifat nokturnal yang lebih cocok untuk orang yang suka berinteraksi dengan peliharaannya saat hari mulai malam.

Selain itu, hewan nokturnal sering kali menyesuaikan diri dengan jadwal pemiliknya dan mungkin akan bangun di siang hari walaupun mereka jauh lebih tenang.

Sebagian besar spesies burung hantu akan aktif di saat senja dan fajar, jadi sangat cocok untuk kamu yang sibuk pada siang hari dan baru bisa berinteraksi dengan peliharaannya pada malam harinya.

Burung Hantu Mempunyai Sifat Soliter

Burung eksotis ini dipelihara sebagai hewan peliharaan yang bisa mendampingi majikannya.

Sebagai contoh, burung beo dan beberapa burung paruh bengkok lainnya akan menuntut perhatian terus menerus dari pemiliknya, karena kebiasaan burung-burung ini yang membentuk hubungan dekat dengan sang pasangan di alam liar sana.

Sedangkan burung hantu terkadang benar-benar menyendiri di luar musim kawinnya dan tidak bergantung dengan kasih sayang manusia.

Ini merupakan keuntungan yang luar biasa bagi beberapa pemilik burung hantu yang tidak biasa setiap saat selalu memberikan kasih sayang kepadanya.

Burung Hantu Hewan yang Menetap

Dianggap tidak banyak bergerak dibandingkan dengan burung pemangsa lainnya. Banyak spesies burung hantu dengan senang hati duduk bertengger di penangkarannya tanpa banyak memiliki aktivitas seperti yang dibutuhkan burung beo. 

Bahkan di alam liarnya, selama jam ia beraktivitas burung hantu lebih suka mengeluarkan sedikit energi seperti memakan mangsanya dengan cepat lalu mencari tempat persinggahan kembali.

Hal ini dianggap sebagai keuntungan karena burung hantu jarang bergerak dari tempat yang satu ke tempat lainnya.

Hal ini menjadi keuntungan bagimu yang memelihara burung hantu, kamu tidak perlu repot membawa dan menaruhnya di kandang yang cukup besar.

Cukup gantung mereka di tiang singgah saat memeliharanya di dalam rumah.

Burung Hantu Memiliki Sifat Unik

Sebuah fakta menunjukan bahwa burung hantu mampu memutar kepalanya sekitar 270 derajat. Ini adalah salah satu keunikan yang tidak bisa kamu temukan di hewan manapun.

Banyak sekali informasi yang menekankan bahwa burung hantu dan burung pemangsa lainnya adalah burung yang tidak ramah. Padahal nyatanya tidak, karena beberapa jenis burung hantu sangat unik untuk dipelihara di rumah.

Memiliki kesempatan untuk merawat dan memegang burung hantu dari dekat adalah pengalaman yang cukup menyenangkan. Untuk hewan pemangsa seperti ini, faktanya burung hantu tidak menunjukan bahwa ia adalah hewan yang jahat seperti orang-orang kebanyakan bilang.

Itulah dia beberapa alasan kenapa burung hantu menjadi burung peliharaan terbaik yang bisa kamu pelihara di rumah.

Walaupun itu menurut perspektif PetPi, namun ini bisa menjadi catatan bagi kamu untuk mempertimbangkan burung hantu sebagai hewan peliharaan. Semoga informasi ini berguna untuk mu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 22 November 2020, 16:00 WIB
Update pada: Rabu, 17 Maret 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pethelpful.com/exotic-pets/pet-owls-good-pets-legal
  • https://thefurrycompanion.com/what-you-need-to-know-about-owning-a-pet-owl/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar