Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Kamis, 08 April 2021, 20:30 WIB

Lakukan 8 Cara Menjinakan Kacer Berikut Ini. Dijamin Efektif!

Lakukan 8 Cara Menjinakan Kacer Berikut Ini. Dijamin Efektif!

cara menjinakkan kacer - petpintar

Burung kacer hasil tangkapan hutan, semi, giras, pikatan dan takut orang bisa kamu luluhkan dengan 8 cara menjinakan kacer berikut ini.

Postur gagah dan kicauannya yang sangat kuat menjadi alasan kenapa banyak orang Indonesia yang tertarik mencari tahu cara menjinakan kacer.

Burung yang dikenal sebagai burung mahal yang harganya berkisar jutaan rupiah.

Jika kamu adalah salah satu pemiliknya, maka kamu wajib tahu tentang tips yang satu ini agar burung kacer milikmu lebih jinak, tidak penakut, dan suaranya gacor cocok untuk menemani pagi/sore hari bahkan untuk kompetisi sekalipun.

8 Cara Menjinakkan Kacer Giras Cepat dan Mudah

Cara Menjinakkan Kacer
cara menjinakkan kacer - petpintar

Banyak kicau mania di Indonesia yang merasa kesulitan untuk menemukan cara menjinakan kacer, entah itu kacer pot maupun kacer hitam.

Penyebabnya bisa karena cara perawatannya yang kurang baik atau kurangnya kasih sayang yang mereka dapatkan.

Berikut ini beberapa tips yang akan PetPintar bagikan untuk mengetahui cara menjinakan burung kacer dengan baik dan cepat.

Ikuti langkah-langkah berikut ini dari pertama hingga akhir, atau loncati bagian yang sekiranya kamu sudah lakukan dengan baik sebelumnya.

8 tips berikut ini terbukti mampu menjinakan kacer tangkapan hutan, semi, takut orang, giras dan pikatan.

1. Beri Kandang yang Cukup Sempit

Kacer adalah salah satu jenis burung yang sangat aktif terbang kesana kemari. Dengan memberikannya kandang yang cukup sempit membuat kamu lebih mudah melakukan langkah-langkah apapun agar mereka mudah jinak.

Langkah ini bisa kamu lakukan ketika kacer peliharaan kamu baru saja dipelihara selama beberapa hari dan belum menunjukan sikap yang baik sebagai hewan yang jinak.

Perlu diingat, pemberian kandang yang sempit ini pun tidak baik kamu lakukan untuk selama-lamanya. Artinya, ketika mereka sudah jinak, segera pindahkanlah ke dalam kandang yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

2. Berikan Siulan Sesering Mungkin kepada Burung Kacer

Percaya atau tidak, burung kacer terkenal dengan siulannya yang sangat gacor dan menarik perhatian banyak orang yang mendengarnya. Namun, siulan ini tidak bisa kamu dapatkan jika kamu tidak pernah melatih mereka dengan baik.

Salah satu latihan terbaik untuk membuat burung kacer mengeluarkan suara yang gacor adalah dengan memberikan siulan sesering mungkin.

Siulan ini bisa kamu lakukan sendiri atau dengan menggunakan suara yang bersumber dari handphone.

Biasanya di internet banyak sekali yang menyediakan suara burung kacer untuk dijadikan masteran suara. Hal ini berfungsi agar burung kacer yang kita miliki terpancing untuk mengeluarkan suaranya juga.

3. Mandikan Burung Kacer Sampai Basah Kuyup

Semua jenis makhluk hidup yang ada di dunia bisa membangun hubungan batin yang erat dengan siapapun, salah satunya adalah burung kacer.

Oleh sebab itu, bangun lah hubungan batin yang lebih erat dengan mereka melalui perlakuan kamu terhadap mereka.

Perlakuan tersebut bisa melalui cara memandikan sampai basah kuyup, layaknya cara menjinakan burung jenis lainnya, seperti lovebird dan burung hantu.

Bagaimana bisa mandi bisa membuat burung kacer lebih mudah jinak?

Tentu bisa. Karena, burung kacer yang sering dimandikan oleh pemiliknya akan merasakan bahwa kedatanganmu tidak lagi menjadi ancaman karena selama ini mereka terbantu untuk merawat kacer tetap cantik dan terhindar dari segala macam penyakit.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Bawa Burung Kacer yang Ada di Dalam Kandang ke Tempat yang Ramai

Pada dasarnya, tempat hidup seekor burung adalah hutan yang jauh dari keramaian terkecuali keramaian oleh hewan lainnya.

Mereka akan mudah stres dan takut jika berhadapan langsung dengan manusia dan mendengar kebisingan yang sering terjadi di sekitarnya.

Nyatanya, dengan lebih seringnya mereka melihat manusia dan mendengar suara bising dari luar dapat membuat mereka lebih terbiasa dengan suasana ini. Kicau mania pasti sudah paham dengan trik yang satu ini.

Agar kamu bisa melakukannya, masukkanlah burung kacer peliharaan kamu ke dalam suatu kandang yang tidak mudah dibuka, kemudian gantungkan di sekitar tempat ramai tapi sulit dijangkau oleh orang lain.

Biarkan hal ini terjadi selama beberapa hari dengan jangka waktu sekitar 3 jam sehari.

5. Suap Burung Kacer dengan Tanganmu

Selain proses mandi, nyatanya menyuap makanan kepada burung kacer menggunakan tangan kamu sendiri dapat membuat mereka jauh lebih mudah untuk dijinakkan. Lakukanlah hal ini seperti kamu melakukan kepada bayi manusia.

Untuk pertama kalinya mungkin mereka akan menolak karena belum terbiasa dengan aroma yang muncul dari tanganmu.

Oleh sebab itu, gunakanlah sapu lidi untuk menusukkan makananan mereka. Kemudian suapkan secara perlahan hingga ke makanan yang paling dekat dengan tanganmu.

Semakin sering mereka mencium aroma tangan kamu, semakin mudah untuk menjinakkan mereka. Jadi, harap bersabarlah untuk melakukan tips yang satu ini.

6. Jangan Pernah Melukai Burung Kacer

Cara Mudah Menjinakkan Kacer
Jangan melukai burung kacer - id lif

Selain pemberian kasih sayang, pelatihan bersiul, dan membiasakan burung kacer dengan bau aroma tangan kamu, ada satu yang perlu kamu ketahui.

Jangan pernah sesekali melukai burung kacer dengan kekerasan fisik untuk menyiksa mereka.

Apapun tujuanmu menyiksa mereka, hal itu tidak bisa dibenarkan sama sekali. Karena, kaget yang mereka rasakan akan membuat burung kacer tidak ingin bersiul sama sekali meskipun kamu sudah berusaha sekuat tenaga untuk meminta maaf dengan mereka.

7. Beri Makanan Burung Kacer dengan Tepat

Ada beberapa pilihan makanan burung kacer yang biasa digunakan agar burung kacer milik mereka mudah gacor suaranya. Beberapa diantaranya adalah belalang hijau, kroto, buah segar, dan cacing tanah.

Kamu bisa memberikan salah satu dari pilihan makanan di atas secara rutin kepada burung kacer.

Ingat, ya! Usahakan untuk memberi mereka makanan minimal 3x sehari lengkap dengan air minumnya. Karena, burung kacer ternyata adalah burung yang cukup lemah untuk menahan lapar seharian.

8. Sabar dan Lakukanlah secara Ruting

Tidak mudah memang untuk menjinakan burung kacer, setidaknya 7 cara menjinakan kacer di atas efektif dan terbukti hasilnya. Asalkan kamu melakukannya secara rutin dan bersabar. Tidak ada yang instan di dalam hidup ini, gengs.

Semua perlu waktu dan dedikasi tinggi dalam mencapai suatu hasil yang menyenangkan. Percayalah, setelah kamu melakukan 7 langkah di atas, kamu bisa mendapati burung kacer yang jinak dan gacor.

Sampai disini 8 tutorial dan cara menjinakan kacer. Harapannya, kamu bisa melakukan semua langkah di atas dengan tuntas dan benar. Selamat bersenang-senang dengan kacer peliharaan kamu.

Jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media kamu, barangkali ada teman kamu di luar sana yang ingin menjadi kicau mania juga.

Terbit: Jumat, 16 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Kamis, 08 April 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://sites.google.com/site/hendrysute/my-post/kacer-bird/knowinghowtotakecarekacerbird
  • https://smpnbungkal.blogspot.com/2019/03/how-to-take-care-of-kacer-birds-for.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar