Hari ini: Kamis, 08 Desember 2022
Sabtu, 30 Juli 2022, 10:00 WIB

Hati-hati! Inilah 8 Burung Paling Berbahaya di Dunia yang Ganas dan Mematikan

Hati-hati! Inilah 8 Burung Paling Berbahaya di Dunia yang Ganas dan Mematikan

burung paling berbahaya - unsplash

Jangan lihat dari penampilannya, beberapa burung ini ternyata spesies yang berbahaya bagi manusia lho. Berikut adalah jenis burung paling berbahaya di dunia

Sobat Pintar, saat ini terdapat banyak sekali jenis burung yang ada di dunia, tetapi apakah kamu tahu bahwa ada beberapa jenis burung paling berbahaya di dunia? Walaupun mayoritas dari mereka terlihat lucu, nyatanya ada sebagian burung yang berbahaya, lho!

Karena sangat berbahaya, burung ini dianggap menjadi burung ganas yang paling mematikan. Bahkan, burung-burung ini mampu membunuh manusia melalui sifat agresifnya, kekuatan, ataupun kadar toksisitasnya.

Tentu saja kamu menjadi penasaran apa saja burung berbahaya yang dimaksud, bukan? Maka dari itu, yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Deretan Jenis Burung Paling Mematikan Di Dunia

Ilustrasi Burung Paling Berbahaya Di Dunia
Ilustrasi burung paling berbahaya di dunia - unsplash

Banyak orang yang senang menjadikan burung sebagai hewan peliharaan karena bulunya yang cantik serta suaranya yang merdu untuk didengar.

Tetapi siapa sangka, ternyata di alam liar ada juga burung yang paling berbahaya dan sebaiknya dihindari ketika berpergian seperti berikut ini.

Burung Unta

Burung Unta Berbahaya Bagi Manusia
Burung Unta - Pixabay

Menjadi salah satu burung terbesar di dunia, ternyata burung unta (Struthio camelus) ini dikenal menjadi predator yang paling kuat untuk membunuh, bahkan ia juga mampu melawan singa, lho.

Burung unta (Common ostrich) juga terkenal sebagai burung paling berbahaya di dunia karena mempunyai kaki yang kuat dan mematikan. Ketika menyerang seseorang, biasanya ia akan menggunakan kakinya untuk menendang.

Selain dapat menendang, kakinya juga memiliki cakar yang sangat tajam sehingga bisa membunuh seseorang hanya dengan satu kali pukul saja, lho.

Burung Elang ekor-merah

Elang Paling Berbahaya
Elang ekor-merah - Pixabay

Elang merah (Buteo jamaicensis) merupakan salah satu jenis elang terbesar yang ada di Amerika Utara. Tetapi, di Amerika Serikat, elang ini juga disebut sebagai Chicken hawk.

Makanan kesukaan elang ini adalah reptil, ayam, kalkun, hingga burung pemangsa (raptor) lainnya seperti burung hantu atau falcon.

Karena paruh dan cakarnya yang sangat mematikan, burung paling ganas ini tentu saja akan sangat mampu untuk memangsa hewan yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dirinya dengan cepat.

Terdapat kasus pada tahun 2014, elang ini membunuh seekor anjing keluarga. Burung yang satu ini memiliki nama inggris yaitu Red-Tailed Hawk, dimana ia memang sudah terkenal berbahaya dan mempunyai kuku tajam untuk memangsa para korbannya.

Burung Elang Mahkota

Elang Paling Mematikan
Elang Mahkota - Cornell Labs

Salah satu jenis elang paling berbahaya ini memiliki nama ilmiah Stephanoaetus coronatus. Ia ditemukan di Afrika Selatan dan sub-Sahara Afrika. Burung mematikan yang satu ini juga merupakan salah satu elang terbesar yang ada di dunia.

Tidak hanya itu, ia juga menjadi elang paling kuat dibandingkan dengan elang yang lainnya. burung African crowned eagle ini akan membunuh mangsanya dengan sangat ganas.

Sejak dahulu, elang mahkota ini sudah terkenal sering membunuh monyet dan anak sapi. Ia membunuh dengan cara menerkam secara kuat, sampai mangsanya mati lemas hingga tidak berdaya yang baru kemudian mereka santap.

Burung Elang Harpy

Burung Yang Berbahaya
Elang Harpy - Pixabay

Persis dengan elang Afrika sebelumnya, Harpy eagle juga menjadi salah satu jenis elang yang paling ganas di dunia. Paruh yang ia miliki ini menjadi senjatanya yang paling mematikan daripada jenis elang lainnya ketika memangsa hewan lainnya.

Lalu, untuk nama ilmiah dari burung paling berbahaya ini adalah Harpia harpyja. Ia juga kadang-kadang dikenal sebagai elang harpy Amerika sebab memang kamu bisa menemukannya dengan mudah di benua Amerika.

Seramnya, kekuatan besar yang ia miliki tersebut bahkan bisa membunuh mamalia kecil, monyet, hingga jaguar dengan cepat dan mudah, lho. Sangat berbahaya sekali, bukan?

Burung Magpie (Kacer) Australia

Burung Kecil Paling Berbahaya
Magpie (Kacer) Australia - Pixabay

Nama ilmiah dari burung Magpie adalah Gymnorhina tibicen. Burung asal Australia ini dikenal sangat berbahaya bagi manusia karena sangat menyukai bau daging, makanya ia sangat senang menyerang para pesepeda yang sedang melintas.

Tidak hanya itu saja, banyak laporan berita mengatakan jika Australian magpie ini pernah membunuh hewan peliharaan dan bahkan yang lebih parah lagi, anak kecil pun ikut diserang olehnya.

Sungguh tidak disangka-sangka, bukan? Karena bila melihat dari ukuran tubuhnya yang kecil, pasti kamu akan menyangka jika burung kecil ini tidaklah berbahaya.

Oleh karena itu, jika kamu sedang berlibur ke Australia dan melihat burung ini, ada baiknya kamu langsung pergi menjauh. Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Burung Angsa

Angsa Berbahaya Bagi Manusia
Angsa - Unsplash

Tentu saja kamu pasti kaget jika tahu bahwa unggas ini bisa sangat berbahaya, karena bila dilihat sekilas seekor Angsa (Cygnus cygnus) adalah burung air yang sangat anggun. Namun, ternyata angsa sangat agresif dan berbahaya apalagi jika kamu mencoba untuk mendekati sarangnya yang ada di sungai.

Angsa dikenal sangat menjaga sarangnya, sehingga biasanya sang induk akan sangat marah dan mengibaskan sayapnya lalu mengejar siapa pun yang mendekati sarangnya. Bahkan, ia tidak segan-segan untuk menghajar musuhnya secara membabi buta dengan menggunakan paruhnya, lho!

Terdapat sejumlah kejadian tragis mengenai orang tua dan anak-anak yang tulangnya patah dalam sekejap karena diserang oleh Angsa (Swans) ini. Paruh yang dimiliki Angsa memang sangat kuat dan dapat menggigit dengan mudah serta cepat ketika ia merasa dalam situasi yang terancam.

Burung Hooded Pitohui

Burung Beracun Paling Berbahaya Di Dunia
Hooded Pitohui - The Animal Facts

Hooded pitohui (Pitohui dichrous) merupakan endemik asli dari Papua Nugini. Kulit dan bulunya dikatakan mengandung alkaloid neurotoxic yang kuat dari jenis batrachotoxin, dimana kemungkinan toksin pitohui ini berasal dari kumbang Choresine yang kerap dikonsumsinya.

Jenis burung pitohui ini dianggap menjadi burung paling berbahaya sebab memiliki mekanisme pertahanan dirinya yang mengeluarkan toksin ketika melawan raptor (burung pemangsa), ular, bahkan manusia.

Selain itu, burung ini juga tidak pernah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh manusia, karena kandungan yang ada di dalam tubuhnya terdapat bahan kimia beracun yang sangat berbahaya.

Burung Elang Emas

Elang Berbahaya Di Dunia
Elang emas - Pixabay

Kamu pasti tahu jika Elang emas (Aquila Chrysaetos) menjadi hewan pemburu yang luar biasa untuk memangsa hewan kecil dan bahkan manusia. Elang juga dianggap bisa menghancurkan mata dan sumsum tulang belakang manusia ketika mencoba untuk menghalangi hewan yang ingin dimangsanya.

Hanya menggunakan paruhnya yang tajam, ia bisa membunuh dengan mudah dan cepat. Salah satu jenis burung paling mematikan di dunia yang terakhir ini hampir bisa ditemukan di seluruh benua, kecuali Antartika.

Selain berbahaya, Golden Eagle juga dikenal sebagai penerbang cepat yang handal karena ia bisa terbang dengan sangat cepat dengan stabil hingga mencapai kecepatan 320 km/jam, lho.

Sobat Pintar, pasti kamu gak nyangka kan dengan daftar burung paling berbahaya di dunia di atas? Maka dari itu, apabila kamu melihatnya lebih baik menghindar saja dan jangan mengganggunya, ya. Hal ini dilakukan agar kamu aman dari serangan mematikannya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.brilio.net/binatang/10-burung-paling-mematikan-di-dunia-ada-yang-bisa-membunuh-manusia-170809y.html
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/genady-althaf-jauhar/jenis-burung-yang-paling-berbahaya-c1c2/full/6
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar