Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Sabtu, 15 Mei 2021, 16:00 WIB

Beberapa Penyebab Burung Katarak yang Harus Kamu Waspadai

Beberapa Penyebab Burung Katarak yang Harus Kamu Waspadai

penyebab burung katarak - hewanesia

Penyebab burung katarak ada beberapa hal yang mengakibatkannya seperti itu, terpenting sobat harus memahaminya terlebih dahulu. Berikut ulasannya!

Penggemar atau pecinta burung rasanya tidak ingin burung kesayangannya mengalami sakit, terutama pada matanya. Karena akan membuat burung akan kesulitan beraktivitas dan biasanya berakhir pada kematian.

Sebenarnya ada beberapa penyebab burung katarak yang harus diperhatikan dan dipahami oleh para pecinta burung.

Pada artikel kali ini PetPi akan mengulas dan membahas beberapa penyebab dari burung yang mengalami katarak tersebut. Apalagi untuk yang baru dan mulai memelihara burung penting sekali untuk memperhatikannya secara menyeluruh.

Berikut ini beberapa penyebab yang harus dipahami dan dicegah, simak penjelasan lengkapnya.

Penyebab Burung Mengalami Katarak

Penyebab Burung Katarak
penyebab burung katarak - hewanesia

Penyakit katarak yang menjangkiti burung terdapat bercak putih dan menyebabkan kebutaan apabila terus dibiarkan akan mempengaruhi kesehatannya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada beberapa penyebab yang harus diantisipasi. Berikut ini ada beberapa penyebab yang membuat burung mengalami katarak.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Proses Penjemuran

Hal ini perlu untuk dipahami, kalau menjemur burung itu menjadi kebutuhan penting untuk menjaga kondisi dan kesehatannya.

Tetapi apabila dilakukan secara berlebihan akan berdampak pada kondisi penglihatan. Salah satu yang paling sering terjadi burung mengalami katarak atau kebutaan.

Permasalahan ini muncul akibat adanya sinar UV atau ultraviolet yang berlebihan dan membuat kondisi mata pada si burung tidak mampu untuk menghindarinya.

Untuk keamanan dan tidak membuat burung mengalami katarak proses penjemuran dilakukan maksimal 2 jam saja. Semuanya bisa dimulai dari jam 8 pagi sampai 10 pagi.

2. Lampu Terlalu Terang

Burung termasuk hewan yang sensitif akan sinar lampu yang berlebihan, karena akan mempengaruhi kesehatan matanya. Dalam tahap ini apabila sobat memelihara burung untuk memperhatikan lokasi kandangnya.

Lebih baik untuk meletakkan kandang pada tempat yang tidak begitu terang atau gelap, sehingga kesehatan matanya tetap aman.

Apabila sobat nekat untuk meletakan pada kondisi lampu yang begitu terang dan berlebihan siap-siap saja mata pada burung akan mengalami katarak.

Oleh karena itu, sobat harus memperhatikannya dan tidak sembarangan dalam merawatnya. Karena kesehatan pada burung kesayangan menjadi prioritas penting dan harus meminimalisir penyebab burung katarak.

3. Pemberian Ekstra Makanan

Tidak ada salahnya memberikan ekstra makanan pada burung, karena memberikan dampak positif dalam perkembangannya.

Terpenting sobat tidak memberikan ekstra makanan yang terlalu berlebihan dan berharap kondisi prima dari si burung jika diberikan terus menerus. Padahal kegiatan tersebut sangat salah dan berakhir fatal.

Hindari memberikan ulat hongkong atau jerman secara berlebihan, karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan matanya. Untuk memastikan takaran yang pas dan tepat lebih baik sobat bisa menakarnya sendiri-sendiri.

Lebih baik untuk memberikannya seminggu sekali atau dua kali, terpenting jangan terlalu berlebihan.

Kasus ini sering terjadi pada beberapa burung kicau, seperti burung kacer, murai, dan cendet jika terlalu berlebihan memberikan ulat.

4. Gigitan Serangga

Penyebab mata burung mengalami katarak bisa juga disebabkan oleh gigitan serangga, seperti nyamuk, semut atau serangga kecil jenis lainnya.

Apabila sobat ingin memberikan makanan kroto lebih baik dalam kondisi bersih dari semut merahnya. Karena gigitan semut pada mata akan menyebabkan katarak.

Tidak hanya itu saja, sobat perlu memperhatikan kondisi kebersihan kandang agar terhindar dari hewan lainnya terutama adanya serangga yang mengganggu.

Sobat pintar, demikianlah penjelasan mengenai penyebab burung katarak yang bisa sobat pahami dan ketahui secara menyeluruh. Semoga informasi bermanfaat dan berguna untuk sobat nantinya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://burungbatam.blogspot.com/2017/02/penyebab-mata-katarak-pada-burung-kicau.html
  • http://gubukkicau.blogspot.com/2015/12/penyebab-katarak-pada-burung.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar