Hari ini: Selasa, 19 Oktober 2021
Minggu, 13 Juni 2021, 20:30 WIB

Begini Cara Cari Tau Ciri-Ciri Burung Dara Balap yang Bagus dan Kencang

Begini Cara Cari Tau Ciri-Ciri Burung Dara Balap yang Bagus dan Kencang

ciri-ciri burung dara yang bagus - minute media

Jangan salah pilih burung saat adu kontes balap. Begini ternyata cara tau ciri-ciri burung dara yang bagus dan cepat untuk adu balap. Dijamin akurat!

Bagi pecinta burung dara, merawat dan memilih burung dara yang bagus menjadi sebuah kesenangan tersendiri karena bisa memiliki seekor burung yang bisa diikutkan lomba.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memilih burung dara yang bagus, mulai dari cara meraba, melihat dan merasakan burung tersebut berdasarkan pengalaman.

Mempunyai burung dara yang bagus berarti sudah siap untuk kamu ikutkan kontes seperti balap burung yang sedang tenar di kalangan masyarakat.

Nah banyak orang yang terkadang belum memahami bagaimana caranya untuk mengetahui ciri-ciri burung dara yang bagus untuk dijadikan balapan.

Kali ini PetPi akan kasih tau kamu cara mengetahui ciri burung dara yang cepat agar tidak salah pilih dalam membelinya. Penasaran apa saja ciri burung dara yang bagus untuk balapan? Yuk ikuti terus informasi dari PetPi berikut ini.

Ciri- Ciri Burung Dara yang Bagus dan Cepat

Ciri Burung Merpati Balap
ciri burung merpati balap - cnn next

Burung dara sebenarnya adalah burung merpati yang berubah penamaannya di suatu daerah. Burung dara adalah jenis burung merpati yang termasuk ke dalam famili Columbidae.

Pemilihan burung dara yang berkualitas sudah sering dibahas oleh kalangan pecinta burung, namun banyak yang berbeda pendapat mengenai ini. PetPi di sini berusaha menginformasikan yang terbaik untuk kamu pecinta burung dara.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Rongga Pernapasan

Atribut ini adalah hal terpenting pada saat memilih burung dara yang bagus. Seperti kebanyakan hewan lainnya, terdapat variasi di lubang hidung burung dara atau merpati balap yang akan di setiap ekornya.

Burung merpati yang memiliki sedikit selaput pada lubang hidung akan memiliki asupan oksigen yang lebih banyak saat terbang di ketinggian dengan kecepatan tinggi.

Burung yang seperti ini akan banyak di cari karena saat terbang pernapasannya terjaga dengan baik sehingga ia tidak cepat haus. Hal ini membuat stamina burung dara jauh lebih baik. Sebisa mungkin kamu mencari burung dara yang seperti ini ya.

Saluran udara

Saat udara dihirup melalui lubang hidung, maka udara akan melewati rahang atas. Kamu bisa melihat banyak peternak burung dara yang akan membuka rahang atas dan bawah untuk memeriksa apakah ada celah terbuka.

Jika tertutup, maka burung dara tidak terlalu bagus karena bisa menyebabkan penyakit pernapasan.

Cara seperti ini adalah cara kuno dan dianggap salah. Justru hal ini akan membuat burung dara merasa dipaksa saat melihat saluran pernapasan mereka.

Yang kamu harus lakukan sebenarnya adalah menutup rahang atas dan bawah dengan ibu jari, lalu jari telunjuk menahan lubang hidung yang ada di dekat telinga. Nah jika tidak ada suara gemertak, atau gerakan meronta dan hanya bisa mendengar napas dari dirinya berarti semua berfungsi dengan baik.

Mata

Ini adalah topik yang sangat sering dibahas oleh pecinta burung dara. Kamu benar-benar harus melihat faktor ini dengan baik.

Perhatikan bagian pupil pada mata burung dara. Pupil seharusnya wajib merespon matahari dengan cepat, saat terkena matahari pupil harusnya mengecil, dan begitu pula sebaliknya. 

Hal ini penting sekali, saat mata burung dara tidak normal, maka sudah pasti penglihatannya saat terbang juga tidak baik. Maka dari itu kamu harus memperhatikan bagian mata dari burung dara ini.

Selain itu kamu harus mencari ciri ciri burung dara yang kencang dari cincin lingkar yang menempel pada biji mata, karena ini juga akan menentukan kecepatan burung dara saat terbang.

Bentuk Kepala

Ciri-ciri burung dara yang bagus selanjutnya adalah mencari burung yang memiliki batok kepala yang besar.

Para pakar burung dara berpendapat bahwa burung dara yang memiliki kepala besar akan lebih pintar daripada yang kecil. Dengan anggapannya bahwa otak mereka akan lebih besar. 

Ada hal unik lagi jika berbicara tentang batok kepala dari burung dara. Carilah burung dara yang kemiringan pangkal hidungnya memiliki besar sudut 45 derajat sampai 60 derajat.

Selain kencang, ini juga jadi ciri ciri merpati cerdas yang bisa kamu temukan. Carilah juga bentuk wajah dari burung dara yang kelihatannya galak, sehingga bisa lebih gahar saat perlombaan nanti.

Sayap

Pemilihan sayap juga sangat penting untuk menentukan burung dara yang bagus atau tidak. Pilihlah sayap dari burung dara yang kuat dan lentur, atau yang kelihatannya memiliki otot pada sayapnya.

Setelah itu kamu bisa melihat pada bagian bulu sayapnya, apakah bulu sayapnya tebal dan tidak bergelombang?

Jika iya, kamu harus memperhatikan hal lain seperti tulang pada bulu sayapnya. Pilih tulang bulu pada sayap burung dara yang kuat dan tidak melengkung saat dipegang.

Pemilihan sayap sangat mempengaruhi kecepatan dan kekuatan burung dara saat mengikuti lomba untuk turnamen adu cepat, maka dari itu sangat penting untuk kamu memeriksa lebih jauh apakah sayapnya sudah menunjukan kualitas yang baik atau tidak.

Bagian Dada

Selanjutnya adalah pemilihan burung dara pada bagian dada, Burung dara yang bagus dan kencang biasanya memiliki dada yang seperti huruf V jika dilihat dari depan. Jangan sesekali memilih burung dara yang memiliki bentuk dada seperti huruf O karena biasanya burung tersebut tidak kencang.

Besar dan jarak pinggang burung dara juga sangat mempengaruhi kestabilan pada saat terbang.

Jarak pinggang yang renggang dari badan akan membuat burung tidak memiliki keseimbangan saat terbang di udara. Burung dara yang seperti ini akan cepat turun dan berbelok di separuh jalan.

Bentuk Ekor

Cari burung dara yang mempunyai ekor tebal dan panjang. Namun kamu harus melihat apakah tebal dan panjangnya cukup wajar, jika masih dalam batas normal. Kamu bisa memilih burung dara ini. 

Ciri burung dara yang bagus saat dipegang ekornya akan tampak melebar, berarti tandanya burung dara ini tidak cepat turun saat terbang di ketinggian. Hal ini bisa kamu jadikan kunci saat memilih burung dara yang bagus.

Mental yang Kuat

Selain dari bentuk tubuh dari burung dara, kemampuan mental yang baik akan menjadikan burung dara ini menjadi jawara saat balapan. Faktor anatomi diatas tidak akan bekerja jika tidak ada mental petarung yang baik. 

Fakta dilapangan sudah menunjukan hal seperti itu. Banyak burung dara yang memiliki ciri-ciri fisik burung dara yang bagus, namun saat terbang di ketinggian, burung dara tidak berani bermanuver.

Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mental dari burung dara tidak sebaik ciri fisiknya. Saat kamu memiliki ini, PetPi yakin burung dara yang kamu punya selangkah lagi bisa memenangkan perlombaan.

Sekian informasi dari PetPi mengenai ciri-ciri burung merpati atau yang biasa disebut dengan burung dara yang bagus dan kencang.

Hal-hal diatas dianggap cukup untuk kamu para pemula yang ingin memulai memelihara burung dara yang ingin dijadikan perlombaan balap. Semoga informasi ini bisa berguna untukmu ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Rabu, 14 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Minggu, 13 Juni 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://www.petsectors.com/essential-physical-attributes-racing-pigeons/
  • https://www.merpati.org/cara-memilih-merpati-bagus/
  • https://www.pigeonracingpigeon.com/whats-new/recognition-of-physical-attributes-of-racing-pigeons/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar