Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Sabtu, 19 Juni 2021, 16:00 WIB

Biar Gacor Terus, Ini 6 Jenis Makanan Burung Prenjak Terbaik

Biar Gacor Terus, Ini 6 Jenis Makanan Burung Prenjak Terbaik

makanan burung prenjak - pinterest

Makanan burung prenjak haruslah dengan kualitas yang baik, agar burung Prenjak menjadi sehat dan memiliki suara yang merdu. Berikut rekomendasi makanannya

Halo Sobat pintar, Pecinta burung pastinya sudah tidak asing dengan nama burung prenjak kan?

Nah, pada artikel kali ini Petpi akan mengulas tentang makanan burung Prenjak apa saja yang baik untuk jenis burung ini dan mari kita bahas sedikit tentang cara pemeliharaan burung Prenjak.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan, kita kenalan sebentar yuk dengan burung ini dan dari mana asalnya.

Jenis Burung Prenjak di Indonesia

Jenis Burung Prenjak
jenis burung prenjak - pinterest

Burung Prenjak, burung dengan ukuran tubuh yang mungil ini memiliki besar tubuh kira-kira 10 cm sampai dengan 15 cm, dari 27 jenis yang tersebar di Asia dan Afrika.

Indonesia sendiri memiliki 7 jenis, diantaranya adalah :

  • Burung Prenjak Jawa
    Prenjak Jawa atau ciblek adalah burung Prenjak yang paling sering ditemukan. Ukuran tubuhnya hanya 12 cm dan memiliki corak tubuh yang bervariasi kuning, hitam dan putih.
  • Burung Prenjak Tebu
    Prenjak tebu sering ditemukan dikala panen tanaman tebu akan dimulai, memiliki tubuh ramping dengan warna khas kuning pada dada. Warna kuning dan suara yang merdu membuat Prenjak ini disukai oleh kolektor.
  • Burung Prenjak Sawah
    Prenjak sawah biasa disebut juga dengan nama prenjak padi atau klik, ukuran tubuhnya sedang sekitar 15 cm dan berwarna kecoklatan. Namun, ternyata jenis prenjak ini kurang disukai kicau mania karena kicauannya yang monoton.
  • Burung Prenjak Lumut
    Prenjak lumut memiliki kekhasannya tersendiri, dengan suara yang melengking dan tidak monoton membuat prenjak ini menjadi incaran pecinta burung kicau.
  • Burung Prenjak Alang-alang
    Prenjak alang-alang termasuk yang memiliki ukuran kecil dibanding prenjak lainnya. Ciri dari burung ini adalah suaranya yang rapat walau terkadang juga bisa panjang.
  • Burung Prenjak Emas
    Dengan warna tubuh yang mencolok tidak akan membuat sobat salah mengenalinya, Prenjak emas memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan warna punggung dan sayap berwarna hijau zaitun.
  • Burung Prenjak Kepala Merah
    Prenjak klawu kepala merah termasuk yang paling populer diantara prenjak yang lain, selain karena warnanya, prenjak kepala merah memiliki suara yang stabil, panjang, merdu dan jelas.
  • Burung Prenjak Gunung
    Prenjak gunung memiliki ciri yang hampir sama dengan prenjak Jawa, yang membedakannya adalah warna abu-abu pada paruh dan ukurannya yang lebih besar.

Masing-masing dari jenis burung Prenjak tersebut memiliki keunikan yang dapat memikat para kolektor burung kicau. Karena selain tubuhnya yang mungil, burung Prenjak juga dikenal sebagai burung kicau dengan suara yang merdu.

Cara Merawat Burung Prenjak

Cara Merawat Burung Prenjak
cara merawat burung prenjak - daum

Biasanya para pecinta burung kicau, memelihara burung Prenjak ini secara berpasangan.

Burung Prenjak jantan dan betina, alasannya karena burung jantan dan betina memiliki suara khas masing-masing, sehingga disaat keduanya berkicau akan menghasilkan kicauan yang harmonis dan juga indah.

Untuk menghasilkan suara burung yang indah, tentu pemilik harus melakukan perawatan yang baik dan benar, baik dari pakan dan juga kesehatan.

Sobat pintar pasti juga ingin mengetahuinya, yuk simak poin-poin dibawah ini :

  • Perhatikan Pakannya
    Pastikan jika pakan yang sobat berikan memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh burung Prenjak, dengan memperhatikan pakannya diharap burung Prenjak akan menjadi sehat dan mengeluarkan suara kicau yang bagus.
  • Berikan Makanan Tambahan
    Pemberian makanan tambahan ini ditujukan agar burung Prenjak bisa mendapatkan tambahan nutrisi dan vitamin tidak hanya dari makanan utamanya. Makanan tambahan yang biasanya diberikan adalah ulat hongkong dan jangkrik.
  • Perhatikan Cara Memandikannya
    Memandikan burung Prenjak bertujuan agar burung selalu segar dan terbebas dari kutu, mandi juga ada salah satu cara agar burung Prenjak tetap sehat dan bersih.
  • Perhatikan Cara Menjemurnya
    Waktu yang paling baik untuk menjemur burung Prenjak adalah pukul 7 pagi hingga pukul 10 pagi. Selalu pastikan mereka mendapatkan sinar matahari yang cukup, karena sinar matahari pagi memiliki manfaat yang baik.

Rekomendasi Jenis Makanan Burung Prenjak Terbaik

Makanan Burung Prenjak
makanan burung prenjak - flickr

Selain perawatan yang baik dan benar, tentu pemberian makanan yang berkualitas juga menjadi faktor penting agar burung Prenjak dapat menghasilkan suara kicauan yang baik.

Berikut ini adalah makanan burung Prenjak yang disarankan oleh para pecinta burung kicau, khususnya burung Prenjak.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong bukanlah makanan utama bagi Prenjak, tapi dibutuhkan sebagai makanan tambahan. Apabila ingin memberikan ulat hongkong, pastikan ulat yang diberikan yang berwarna putih dan ulatnya di potong-potong terlebih dahulu dan buang kepalanya.

2. Kroto

Kroto adalah makanan alami burung Prenjak, namun ternyata memberikan kroto terlalu sering pada prenjak juga tidak baik. Jadi, disarankan untuk memberikan kroto 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu.

3. Voer

Voer adalah makanan andalan bagi para pecinta burung kicau, khususnya burung Prenjak. Voer ciblek menjadi makanan wajib dikarenakan memiliki kandungan nutrisi yang memang dibuat khusus untuk burung Prenjak.

Walau biasanya, bila menangkap Prenjak langsung dari alam mereka tidak akan mau memakannya.

4. Jangkrik

Jangkrik selalu jadi pilihan pakan untuk para pecinta burung kicau, karena jangkrik memiliki nutrisi yang lengkap. Jumlah protein yang dimiliki jangkring termasuk tinggi dibandingkan dengan pakan lainnya dan dapat menambah stamina.

5. Buah mengkudu

Buah yang satu ini ternyata sangat baik untuk penambah stamina Prenjak, namun dalam pemberian mengkudu tidak bisa asal.

Pastikan jika buah mengkudu tersebut matang, sedikit empuk. Bersihkan buah, potong-potong, rebus hingga matang, lalu saring air rebusannya.

Pemberiaan air pada burung Prenjak tidak boleh setiap hari, tapi saat-saat tertentu saja. Misal saat sakit atau menjelang kompetisi.

6. Jahe

Di dalam jahe terdapat kandungan antitusif yang dianggap dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih plong, karena masalah utama pada burung kicau biasanya adalah suara yang serak, tidak jernih dan infeksi pada tenggorokan.

Burung Prenjak termasuk yang susah dijinakkan apabila sobat menangkap langsung dari alam. Cara menjinakkan burung Prenjak adalah sebagai berikut :

  • Taruh burung Prenjak ditempat yang sering sobat pakai untuk beraktivitas.
  • Rajinlah memandikan dan menjemurnya sendiri, agar dia mengenali siapa pemiliknya.
  • Rajinlah mengelus punggungnya dengan lembut.
  • Berilah makanan favoritnya, seperti kroto.
  • Saat malam, tutup kandangnya dengan kerodong agar prenjak dapat istirahat dengan nyaman.
  • Selalu bersihkan kandangnya, agar prenjak sehat dan nyaman dengan tempat tinggalnya.

Burung Prenjak juga termasuk burung yang mudah sekali stres, khususnya burung Prenjak muda. Jangan letakkan burung Prenjak muda pada tempat yang ramai,karena itu akan membuatnya stres, tidak mau makan dan bisa mati.

Sobat pintar, pastikan makanan burung Prenjak disimpan pada tempat yang baik. Untuk makanan berupa serangga, rawat serangga-serangga tersebut dengan baik agar burung Prenjak kamu juga menjadi sehat dan menghasilkan suara kicau yang bagus.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewanee.com/burung-prenjak/
  • https://okdogi.com/pakan-ciblek/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar