Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Rabu, 16 Juni 2021, 16:00 WIB

Mengenal Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina yang Mudah untuk Diketahui

Mengenal Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina yang Mudah untuk Diketahui

perbedaan jalak suren jantan dan betina - greeners

Perbedaan jalak suren jantan dan betina sangat mudah dilakukan apabila Kamu melihat bentuk fisik pada burung tersebut. Berikut cara mengetahui perbedaannya

Sobat pintar, apabila Kamu termasuk penghobi dan penggemar burung mungkin akan tertarik untuk memelihara burung jalak suren.

Namun jika Kamu belum terlalu memahaminya akan sulit untuk melihat perbedaan jalak suren jantan dan betina. Karena hewan ini termasuk monomorfik yang sangat sulit untuk mencari perbedaan terhadap jenis kelaminnya. 

Hal ini dipengaruhi oleh warna dan bentuk pada bagian fisiknya benar-benar terlihat sama, sehingga sangat sulit untuk bisa membedakannya.

Banyak orang yang memilih jenis burung ini, karena termasuk keluarga dari sturnidae yang mempunyai kicauan yang lantang dan bisa menjadi peliharaan untuk menjaga rumah. 

Jenis burung ini terkenal galak dan berani terhadap orang asing, apabila ada orang yang tidak kenal masuk akan membuat burung selalu berkicau dengan sangat berisik.

Penasaran untuk mencari perbedaan antara jantan dan betinanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Membedakan Jalak Suren Jantan Dan Betina
Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina - dictio

Mengenai perbedaannya pada kesempatan kali ini Petpi mencoba memberikan beberapa hal yang mudah untuk Kamu lihat dan pahami.

Untuk memahami lebih jauh pertanyaan tentang jalak suren jantan dan betina lebih bagus yang mana, Petpi akan memberikan penjelasan lengkap mengenai perbedaannya, yuk simak ulasan berikut ini. 

Karakteristik Jalak Suren Jantan 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bentuk Tubuh

Untuk bagian tubuhnya pada burung jantan akan terlihat lebih panjang dan lonjong, hal ini bisa Kamu lihat dan padukan dengan kedua burung yang berbeda.

Nantinya Kamu akan bisa melihat dan memastikan beberapa perbedaannya. Ciri jalak suren jantan yang bagus biasanya memiliki bentuk tubuh yang ramping, bulat, dan memanjang.

Dengan demikian bentuk tubuhnya bisa menjadi bagian yang bisa lihat dan pastikan secara menyeluruh.

2. Postur Tubuh 

Langkah selanjutnya Kamu bisa melihat ukuran atau postur tubuh burung jantannya, untuk jalak suren Kamu akan melihat ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan betina.

Biasanya untuk Kamu yang ingin mendapatkan jalak suren jantan pastikan Kamu bisa membandingkannya dengan ukuran burung jalak lainnya, dengan demikian akan permudah Kamu dalam memilihnya. 

3. Bentuk Paruh

Pada jalak suren jantan karakteristik berikutnya Kamu akan bisa melihat bentuk paruhnya yang lebih panjang dan terlihat lebih kokoh.

Pastikan Kamu bisa melihatnya secara lebih dekat, jika ingin memilikinya pastikan bisa menyaksikannya secara langsung. Dengan demikian membuat Kamu akan bisa lebih memahaminya secara menyeluruh. 

4. Warna Fisik

Hal yang paling mudah Kamu lihat mengenai warna pada bagian kulit atas matanya, biasanya pada jalak suren jantan Kamu akan melihat warna yang lebih cerah pada bagian tersebut.

Tentunya ini membuat Kamu yang pemula akan lebih mudah untuk melihat dan memahami beberapa perbedaannya secara akurat. 

5. Ekor Burung

Pada bagian ekor jalak suren jantan akan terlihat lebih panjang serta untuk bulu pada ekornya Kamu akan bisa melihatnya lebih menyatu.

Proses inilah yang membuat Kamu akan lebih mudah untuk menentukan perbedaannya dan mendapatkan burung yang diinginkan. 

6. Dubur Burung

Selain itu, bisa dipastikan bahwa pada area dubur jalak suren jantan akan terdapat lingkaran berwarna biru atau ungu gelap.

Agar lebih jelas kamu bisa berikan sedikit air pada dubur burung supaya warna tersebut lebih terlihat, tetapi cara ini hanya bisa dilakukan Ketika burung jalak suren memasuki usia birahi atau sekitar 1,5 tahun.

7. Jambul Kepala

Untuk jenis jantan pada burung ini Kamu akan melihat jambul kepalanya yang lebih panjang dan akan terlihat lebih mengembang jika Kamu melihatnya ketika melebar.

Kegiatan inilah yang membuat Kamu akan menemukan perbedaanya dengan menyaksikannya secara langsung dari dekat untuk memastikannya secara langsung. 

8. Suara Gacor

Jenis jantan memiliki suara yang lebih lantang dan menarik, karena memiliki variasi yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat burung jalak suren jantan lebih digemari oleh para pecinta burung tanah air.

Dengan mendengar suaranya saja, Kamu pasti sudah bisa menemukan perbedaan jalak suren jantan dan betina.

Karakteristik Jalak Suren Betina

1. Bentuk Kepala 

Pada bagian fisik jalak suren betina untuk bentuk kepalanya akan terlihat lebih ramping yang membuat Kamu bisa membedakan secara langsung.

Jika Kamu menginginkan jalak suren yang berjenis kelamin betina mungkin bisa memperhatikan bentuk kepalanya tersebut agar mendapatkan bentuk yang pas dan tepat sesuai keinginan. 

2. Ukuran Tubuhnya 

Untuk ukurannya sendiri, burung jalak suren betina akan terlihat lebih kecil apabila disandingkan dengan jalak suren jantan, hal inilah membuat Kamu bisa melihatnya dan membedakannya secara langsung.

Dengan demikian melalui ukurannya bisa Kamu lihat dan bedakan. 

3. Paruh Lebih Pendek

Dibandingkan dengan jalak suren jantan pada jalak suren betina akan terlihat paruh yang lebih pendek, sehingga Kamu bisa dengan mudah dalam memperhatikannya secara langsung. 

4. Warna Burung

Hal yang paling mencolok yang bisa Kamu lihat melalui beberapa warna yang ada pada burung tersebut. Pada jalak suren betina, untuk warna hitam dan putihnya akan terlihat warna yang kusam jika dibandingkan dengan jalak suren jantan.

Dengan demikian bentuk fisik ini bisa Kamu lihat dan saksikan secara langsung dengan jelas untuk bisa mendapatkan perbedaannya.

Tidak hanya itu saja untuk beberapa warnanya yang ada semuanya terlihat pucat dan kusam, sehingga Kamu bisa melihatnya secara menyeluruh. Dengan demikian warna pada jalak suren betina akan benar-benar berbeda.

5. Ekor Pendek

Untuk ukurannya sendiri pada jalak suren betina ekornya jauh lebih pendek dan terlihat lebih halus, perbedaan inilah yang bisa Kamu lihat dan saksikan mengenai ekornya tersebut. 

6. Tanda Dubur

Pada jalak suren betina tidak akan terlihat tanda lingkaran berwarna gelap yang ada pada dubur pejantan jalak suren, sehingga kamu tidak akan kesulitan Ketika memperhatikannya secara langsung. 

7. Jambul Kepala

Pada jalak suren betina Kamu bisa menyaksikan mengenai jambulnya yang pendek dan sangat mengembangnya jambulnya tidak akan mengembang. Berbeda dengan suren jantan yang akan melebar saat ia akan mengembang. 

8. Suara Melengking

Untuk suaranya sendiri jalak suren betina memiliki kekhasan pada nada yang begitu tinggi dan terdapat banyak dentuman-dentuman melengking yang bisa Kamu dengarkan dengan baik.

Itulah kenapa suara pada burung betina benar-benar akan menarik untuk kamu dengarkan.

Kesimpulan

Membedakan Jalak Suren
Membedakan Jalak Suren - PetPintar

Untuk lebih jelas dalam membedakan jenis kelamin jalak suren jantan dan betina, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Jalak Suren Jantan dan Betina

Perbedaan

Jalak Suren Jantan

Jalak Suren Betina

Ukuran tubuh

Postur lebih besar

Postur lebih Kecil

Bentuk kepala

Besar dan bulat

Ramping

Bentuk paruh

Paruh lebih panjang

Paruh lebih pendek

Corak warna

Hitam dan putih cerah

Hitam dan putih kusam

Bentuk ekor

Lebih panjang dan menyatu

Lebih pendek dan menyebar

Tanda dubur

Terdapat tanda gelap

Tidak ada

Bentuk jambul

Lebih panjang dan melebar

Lebih pendek dan tidak melebar

Suara

Gacor dan lantang

Tinggi dan melengking

Bentuk kaki

Lebih panjang dan kokoh

Lebih pendek dan rapuh

Sobat pintar, itulah beberapa perbedaan fisik yang bisa Kamu lihat mengenai perbedaan jalak suren jantan dan betina. Nah, sekarang kamu sudah gak bingung lagi kan?

Kalau kamu masih bingung dalam menentukan jenis kelaminnya, jangan ragu untuk bertanya kepada pemilik atau penjual burung jalak suren tersebut, ya!

Semoga beberapa penjelasan dan pembahasan tersebut bisa menjawab semua rasa penasaranmu serta memberikan Kamu referensi terbaik. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://okdogi.com/perbedaan-spesifik-jalak-suren-jantan-dan-betina/
  • https://www.burungmaster.co/ciri-khas-jalak-suren-jantan/
  • https://www.jalaksuren.net/ciri-ciri-jalak-suren-jantan/
  • https://www.pinhome.id/blog/cara-membedakan-jalak-suren-jantan-dan-betina-anakan/.

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar