Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Jumat, 02 Juli 2021, 16:00 WIB

6 Ciri-Ciri Burung Perkutut Jantan yang Bisa Kamu Ketahui

6 Ciri-Ciri Burung Perkutut Jantan yang Bisa Kamu Ketahui

ciri ciri burung perkutut jantan - Wikipedia

Cara Mengetahui ciri-ciri burung perkutut jantan itu memang tidak begitu sulit untuk melakukannya, terpenting kamu memahami teorinya. Berikut tanda-tandanya

Sobat pintar, memelihara burung itu termasuk hobi yang mengasyikkan ya, karena setiap hari kamu akan mendengar suaranya yang merdu dan tidak begitu repot.

Apalagi untuk kamu yang sering bersantai dirumah, suara yang khas itu akan membuat kamu lebih rileks. Terutama untuk kamu hobi pelihara burung perkutut, suara yang merdu dan indah biasanya berasal dari burung jantan. 

Ciri-ciri burung perkutut jantan memang terbilang sulit untuk dibedakan antara satu dengan yang lainnya, karena jantan dan betina memiliki fisik yang hampir sama.

Apabila kamu tidak memperhatikannya secara jelas, tentu akan sulit sekali menemukan bedanya. Tetapi, jika kamu melihatnya secara mendetail pasti kamu akan tahu letak perbedaannya.

Oleh karena itu biar gak makin penasaran, yuk mari kita bahas sama-sama topik berikut ini.

Perbedaan Burung Perkutut Jantan dan Betina

Ciri Ciri Burung Perkutut Jantan
ciri ciri burung perkutut jantan - pixabay

Ada beberapa cara dalam membedakan antara jantan dan betina pada burung perkutut yang bisa kamu pahami secara menyeluruh pada ulasan kali ini.

Untuk lebih mudah dalam melakukan pengamatan perbedaan terkait burung perkutut jantan dan betina, ada baiknya kamu membaca ulasan ini sampai habis.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara burung perkutut jantan dan betina yang telah kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya, yaitu :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bagian Atas Paruh

Langkah pertama untuk mengetahui perbedaan antara perkutut betina dan jantan bisa kamu temukan dengan melihat bagian putih pada atas paruhnya.

Untuk burung perkutut yang mempunyai warna putih sampai bagian pelipis, bisa jadi itu termasuk burung jantan. Namun, apabila kamu tidak menemukannya itu jenis burung perkutut betina. 

Tidak hanya kamu itu saja, kamu akan melihat beberapa bagian lainnya untuk bisa menandakannya secara keseluruhan.

Pada tahap ini kamu menemukan bagian yang terang jika kamu mengamati buku pada kepala burung perkutut tersebut. Untuk jenis betina warnanya akan jauh lebih pudar dan tidak begitu cerah apabila kamu melihatnya. 

2. Bentuk Fisik

Apabila kamu melihat secara jelas, maka akan terlihat perbedaannya. Pada burung perkutut jantan bentuk fisik pada tubuhnya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan betina.

Tetapi untuk melakukan tindakan ini ketika burung sudah sedikit lebih besar, jika masih kecil akan sulit dan susah untuk mendapatkan perbedaan dari bentuknya tersebut keseluruhan. 

Hal ini sangat penting untuk mengamatinya secara langsung, karena apabila melalui foto atau video akan kesusahan menentukannya.

Untuk kamu yang tidak ingin kecewa, lebih baik untuk mencari burung perkutut yang bisa kamu lihat langsung ke lokasinya. Karena memang harus pengamatan yang lebih mendalam agar mendapatkan burung perkutut yang jantan. 

3. Supit Udang 

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan supit udang pada burung perkutut tersebut, hal ini merupakan cara yang paling akurat dalam melihat ciri perkutut jantan anakan maupun dewasa.

Melalui tindakan ini kamu akan dapat melihat perbedaannya dengan sangat jelas. Meskipun begitu, memang kamu tetap harus merabanya secara hati-hati dengan lembut agar bisa merasakan perbedaannya. 

Supit udang untuk burung perkutut jantan umumnya akan lebih keras serta rapat, akan tetapi jika bagian tersebut terasa renggang dan lunak maka kemungkinan besar burung tersebut adalah betina.

Pastikan kamu melihat supit pada burungnya, jika panjang dan letaknya sejajar termasuk sempurna. Namun terkadang ada juga jenis burung perkutut jantan yang supitnya panjang sebelah, hal ini memang harus diperhatikan. 

Meskipun memiliki karakter yang mempunyai suara yang relatif bagus, tetapi untuk para penggemar jenis burung yang mempunyai supit panjang sebelah kurang banyak diminati. Nah, ciri-ciri burung perkutut jantan yang bagus ini harus kamu pahami. 

4. Bagian Ekor dan Paruh 

Burung perkutut betina dan jantan memang sangat sulit untuk membedakannya, memang untuk para penggemar yang tidak ingin salah dalam menentukannya harus melihat langsung.

Terutama juga harus melihat bagian ekor dan paruhnya tersebut. Bila burung betina pada bagian ekor nya relatif lebih pendek dan ujung tulangnya terdapat tempat untuk menaruh telur. 

Mengenai paruhnya pun burung betina itu pendek serta memiliki karakter yang lurus dan tipis, hal ini berbeda pada burung perkutut jantan. Pada bagian itu kamu akan melihat paruh yang panjang, tebal, dan melengkung serta ekornya relatif lebih panjang.

Untuk menemukannya, kamu harus cek ke lokasi dan butuh waktu yang tidak sedikit agar mendapatkan jenis kelamin jantan secara pasti.

5. Suara

Kenapa para penggemar burung perkutut mencari jenis kelamin jantan? karena, burung jantan mempunyai karakter suara bekur dan gacor yang merdu serta lebih keras.

Kekhasan inilah yang membuat banyak orang berburu untuk mendapatkan jenis jantan itu. Perbedaan ini sangat jelas, sebab burung perkutut betina itu lantunan suara yang dikeluarkan tidak begitu besar. 

Cara untuk melakukannya kamu harus membawa burung pada lokasi yang tidak terlalu berisik dan dengarkan suaranya. Melalui kegiatan itu kamu akan mendapatkan hasilnya dan menemukan perbedaannya.

Oleh karena itu, apabila kamu ingin burung jantan harus hati-hati dan jangan sampai terkecoh penawaran para pedagang burung. 

6. Bentuk Kepala 

Perkutut berkelamin betina biasanya memiliki bentuk kepala bulat yang tidak begitu besar, sedangkan perkutut berkelamin jantan mempunyai bentuk kepala yang terlihat lebih besar, lonjong dan datar.

Pada tahap ini untuk kamu bisa melihatnya sepintas secara fisik untuk menemukan burung perkutut berjenis kelamin jantan tersebut. 

Pada bagian bentuk fisiknya ini untuk permudah kamu melihatnya agar tidak salah dalam melihat dan menemukannya. Proses ini akan lebih sederhana jika kamu tidak ingin salah dalam melihat bentuk burungnya itu.

Tindakan ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa mendapatkan burung perkutut jantan secara mudah. 

Kesimpulan

Agar kamu lebih jelas dalam membedakan perkutut jantan dan betina secara umum, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Perkutut Jantan dan Betina

Perbedaan

Perkutut Jantan

Perkutut Betina

Supit udang

Lebih keras dan rapat

Lebih lunak dan renggang

Bentuk paruh

Panjang, tebal, dan melengkung

Lebih pendek, tipis dan lurus

Suara

Bekur, gacor dan keras

Lembut dan pelan

Bentuk kepala

Lonjong dan datar

Bulat 

Bentuk fisik

Lebih besar

Lebih kecil

Bagian ekor

Relatif lebih panjang

Lebih pendek

Corak paruh

Berwarna putih sampai bagian pelipis

Tidak sampai bagian pelipis

Nah, apakah sekarang kamu sudah mengetahui ciri-ciri burung perkutut jantan? Beberapa poin di atas mungkin akan membantu kamu untuk mendapatkan burung perkutut yang tepat dan sesuai keinginan. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://agrotek.id/hewan/cara-membedakan-burung-perkutut-jantan-dan-betina/
  • https://burungnya.com/cara-membedakan-perkutut-jantan-dan-betina-dari-fisik-dan-cara-kawin/
  • https://hewanpedia.com/6-cara-untuk-membedakan-burung-perkutut-jantan-dan-betina/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar