Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Rabu, 17 Februari 2021, 19:30 WIB

Inilah Manfaat Burung Dara atau Merpati, Bukan Hanya untuk Adu Balap Saja!

Inilah Manfaat Burung Dara atau Merpati, Bukan Hanya untuk Adu Balap Saja!

manfaat burung dara - insider

Selain adu balap, ada beragam manfaat burung dara atau merpati bagi kesehatan tubuh, kehidupan manusia, dan lingkungan. Penasaran ada apa saja manfaatnya?

Berbicara mengenai burung dara alias burung merpati, tentu lekat sekali dengan kehidupan manusia. Jenis burung ini sudah dikenal memiliki hubungan erat dengan manusia sejak 1.500-an tahun silam.

Dara atau merpati merupakan jenis burung yang tergolong ke dalam famili Columbidae. Melansir laman Britannica, ada sekitar 250 spesies burung merpati yang tersebar di seluruh dunia.

Adapun sekitar dua pertiga dari spesies burung merpati tersebut mendiami wilayah beriklim tropis, seperti kawasan Asia Tenggara, Australia, hingga Kepulauan Pasifik.

Tergolong jinak dan mudah beradaptasi dengan manusia, ada banyak manfaat burung dara yang telah dirasakan manusia. Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

Nah, untuk ulasan selengkapnya bisa kamu langsung simak saja pada ulasan yang sudah PetPi rangkum seperti berikut ini.

Inilah Beberapa Manfaat Burung Dara atau Merpati untuk Kehidupan Manusia

Manfaat Burung Dara
Ini manfaat burung dara - ichef

Burung dara atau merpati banyak dipelihara oleh berbagai kalangan, baik itu yang berada di dalam kandang atau dibiarkan bebas di kandang terbuka.

Keistimewaan burung merpati apabila dibanding jenis burung kebanyakan adalah banyaknya manfaat yang bisa dirasakan untuk kehidupan manusia.

Mulai dijadikan sebagai hewan hias peliharaan, diikutsertakan pada kontes adu balap, keperluan komunikasi untuk berkirim surat, bahan makanan, dan pemanfaatan lainnya.

Untuk menjelaskan masing-masing manfaat burung dara atau merpati tersebut, PetPi sudah rangkum pada poin-poin sebagai berikut.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Manfaat Burung Merpati untuk Hewan Peliharaan

Sebagai hewan peliharaan, burung dara atau merpati tergolong cukup mudah untuk dirawat. Hal ini sama halnya seperti cara merawat burung perkutut yang juga tergolong famili Columbidae.

Selain burung merpati yang Sobat PetPi kenal pada umumnya, ternyata ada berbagai jenis burung merpati hias (fancy pigeon) yang bentuk fisiknya unik dan enak dipandang.

Misalnya seperti jenis merpati king, merpati mondain, merpati maltese, merpati kipas, dan lainnya.

Burung merpati pun juga sering dijadikan sebagai simbol perayaan, seperti burung merpati putih yang sering dipakai pada pernikahan dan seremoni sebagai lambang kedamaian alias "dove of peace".

2. Manfaat Burung Merpati Pos untuk Mengirim Surat

Sudah lebih dari 1.500-an tahun lalu, burung merpati dimanfaatkan manusia sebagai sarana komunikasi.

Pada era modern seperti pada masa perang, hal ini pula dikenal sebagai merpati pos atau homing pigeon. Bagaimana merpati pos dapat mengetahui lokasi tujuannya?

Menurut laman Britannica, merpati pos (Columba livia) memiliki sekelompok neuron yang membantu burung memproses perubahan arah, intensitas, dan polaritas medan magnet di sekitarnya.

Kepekaan pada burung merpati ini memungkinkan mereka menentukan arah tujuan dan ketinggian menggunakan medan magnet Bumi, lho.

3. Manfaat Burung Dara untuk Adu Balap

Memiliki daya jelajah jauh, kecerdasan untuk menentukan arah tujuan, serta kecepatan terbang yang tinggi membuat burung dara atau merpati juga diikutsertakan dalam kontes adu balap.

Burung merpati balap alias racing pigeon pun memiliki kalangan penggemar sendiri yang mana rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk hobi unik satu ini.

Tidak mengherankan pula kalau burung merpati balap menjadi peringkat teratas sebagai burung termahal di dunia yang tembus hingga 20 miliaran rupiah, lho.

Rekor ini dipegang oleh Armando, merpati balap asal peternak Belgia yang dibeli oleh berhasil dijual pada Maret 2019 lalu oleh pembeli asal Tiongkok.

4. Manfaat Burung Dara untuk Bahan Makanan

Manfaat burung dara lainnya adalah sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari produk hewani.

Menurut U.S. Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram daging burung dara terdapat kandungan nutrisi 17,5 gram protein, 142 kalori, 7,5 gram lemak, 13 mg kalsium, dan 4,51 mg zat besi.

Sebagaimana sumber pangan unggas lainnya, protein dalam daging burung dara bermanfaat dalam membantu tubuh memperbaiki dan mengganti sel yang rusak.

Kandungan mineral, seperti zat besi pula dapat membantu penyimpanan energi dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitas. Manfaat burung dara lainnya bagi kesehatan manusia antara lain:

  • Mengoptimalkan fungsi hati dan ginjal;
  • Mengurangi tekanan darah;
  • Meningkatkan kemampuan memori;
  • Mengatur kadar gula darah; dan
  • Meningkatkan kecerdasan otak.

5. Manfaat Telur Burung Dara yang Kaya Khasiat

Manfaat Telur Burung Dara
manfaat telur burung dara - wikipedia

Sebagaimana hewan unggas lain, seperti ayam, bebek, atau burung puyuh, telur burung dara juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia, lho.

Dilansir melalui laman Michelin Guide, telur burung dara juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan mahal dan mewah yang disajikan pada kalangan bangsawan.

Bahkan telur burung dara juga dijadikan salah satu bahan dalam hidangan Buddha Jumps Over the Wall, yang juga berisi bahan makanan mahal lain seperti abalon, sirip hiu, dan gelembung ikan (fish maw).

Ada berbagai manfaat telur burung dara yang bisa dirasakan. Terlebih ahli pengobatan Tiongkok pula memberi julukan “animal ginseng” alias ginseng yang berasal dari hewan.

Menurut sebuah buku dari Dinasti Qing yang berisi tentang makanan dan kesehatan, menjelaskan manfaat telur burung dara yang memiliki efek menenangkan, mengeluarkan racun tubuh, memelihara ginjal, dan beragam khasiat lainnya.

Untuk wanita, telur burung dara juga dipercaya dapat meningkatkan aliran energi dalam tubuh dan memperbaiki kondisi kulit, lho.

Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisinya? Melansir dari laman Nutritionix, empat buah telur burung dara (29 gram) terdapat 160 kalori, 9 gram lemak, 2 gram protein, 5mg kolesterol, 20 mg sodium, dan 100 mg potasium.

Jika dibandingkan dengan telur ayam, kandungan kalori dan lemak telur burung dara memang lebih tinggi. Walaupun begitu, kandungan kolesterolnya tergolong sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

6. Manfaat Kotoran Burung Dara untuk Pupuk Kandang

Jika kamu memelihara burung dara atau merpati, mungkin akan risih dengan kotorannya yang banyak dan menumpuk. Tapi jangan salah, kotoran ini ternyata mengandung segudang manfaat, lho.

Kotoran burung dara dimanfaatkan sebagai pupuk kandang yang bernutrisi untuk tanah dan tanaman.

Menurut laman Compost This, sebaiknya gunakan kotoran dari burung peliharaan. Hal ini dikarenakan kotoran dari burung liar berpotensi mengandung patogen dan penyakit berbahaya.

Untuk menjadikannya sebagai pupuk, kotoran burung dara perlu melalui serangkaian proses untuk mengurangi kadar alkali tinggi yang terkandung di dalamnya.

Dikarenakan kandungan alkali tinggi ini dapat merusak akar dan batang tanaman apabila tidak diolah dan diberikan secara langsung.

Jenis-Jenis Burung Merpati Hias yang Unik dan Harganya untuk Peliharaan

Jenis Burung Dara
Jenis burung dara - pinimg

Tertarik untuk memelihara burung merpati, namun tidak cocok dengan jenis yang biasa? Nah, kamu bisa mencoba berbagai jenis merpati hias yang memiliki bentuk tubuh unik dan khas.

Jenis-jenis merpati hias ini banyak jadi buruan para kolektor dan menjadikan harganya relatif mahal untuk sebuah hewan peliharaan.

Beberapa jenis merpati hias dan harganya yang bisa kamu koleksi untuk memanjakan mata, antara lain:

  • Burung merpati king; berasal dari Amerika Serikat dengan ciri fisik memiliki tubuh bulat dan gemuk. Harga burung merpati king sekitar Rp500.000,- per pasang.
  • Burung merpati mondain; berasal dari Prancis dengan ciri fisik memiliki tubuh bulat, gemuk, berkaki pendek, dan dada hampir menyentuh tanah. Harga burung merpati mondain sekitar Rp800.000,- per pasang.
  • Burung merpati maltese; berasal dari Modena, kawasan Italia Utara dan Austria dengan memiliki ciri fisik leher dan kaki yang panjang. Harga merpati maltese sekitar Rp600.000,- per pasang.
  • Burung merpati kipas; berasal dari India dan Tiongkok dengan ciri mencolok berupa ekor yang selalu mengembang mirip kapas. Harga burung merpati kipas berkisar Rp700.000,-  hingga Rp1.000.000,- per pasang.
  • Burung merpati lahore; berasal dari kawasan Pakistan dengan pola warna hitam-putih dan bagian kaki berbulu mirip sepatu. Harga merpati lahore sekitar Rp650.000,- per pasang.
  • Burung merpati jacobin; berasal dari kawasan Asia, terutama India dengan ciri khas bulu di sekitar area kepala dan leher terangkat ke atas menyerupai mantel. Harga burung merpati jacobin sekitar Rp500.000,- per pasang.

Bagaimana, nih? Ternyata ada banyak manfaat burung dara atau merpati yang Sobat PetPi rasakan.

Entah dijadikan sebagai hewan peliharan, hias, kontes balap, atau dikonsumsi dagingnya tentu dapat kamu lakukan sesuai kebutuhan, ya. Semoga ulasan PetPi di atas bermanfaat dan sampai jumpa!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 01 November 2020, 10:00 WIB
Update pada: Rabu, 17 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171079/nutrients
  • https://guide.michelin.com/mo/en/macau-region/macau/article/dining-in/ingredient-pigeon-egg
  • https://www.britannica.com/animal/pigeon
  • https://www.compostthis.co.uk/pigeon-waste
  • https://www.nutritionix.com/food/dove-eggs
  • https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2013/apr/06/wood-pigeon-good-for-you

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar