Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Senin, 28 Juni 2021, 16:00 WIB

6 Cara Merawat Burung Parkit Dengan Tepat Agar Tidak Cepat Mati

6 Cara Merawat Burung Parkit Dengan Tepat Agar Tidak Cepat Mati

cara merawat burung parkit - the spruce pets

Cara merawat burung parkit harus rajin dan penuh disiplin agar kondisi burung tetap sehat dan berkualitas bagus. Berikut langkah-langkahnya

Sobat pintar, apakah kamu salah satu orang yang hobi memelihara burung? Nah, Petpi ada rekomendasi burung yang tepat dan menarik untuk kamu pelihara.

Salah satunya adalah burung parkit. Untuk masalah perawatannya, Petpi akan memberikan beberapa cara merawat burung parkit yang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah di rumah. 

Dengan memelihara burung parkit membuat kamu akan ada hiburan ketika sedang berada dirumah, apalagi di tengah pandemi Covid 19 sekarang ini aktivitas banyak dilakukan dari rumah saja membuat burung parkit bisa menjadi pilihan untuk menemani kesibukan.

Ada beberapa cara untuk merawatnya dengan baik dan tepat, simak ulasannya. 

Langkah - Langkah Cara Merawat Burung Parkit

Cara Merawat Burung Parkit
cara merawat burung parkit - world birds
Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menentukan Sangkar

Memilih dan menentukan sangkar pada burung parkit menjadi tugas utama yang harus kamu lakukan dengan tepat.

Karena tahap ini sangat penting untuk dilakukan, apabila kamu memilih kandang atau sangkar yang salah akan membuat kesulitan dalam merawatnya. Burung parkit ini sejenis dengan love bird, sehingga tidak butuh kandang yang terlalu besar. 

Pilih saja sangkar dengan ukuran 60 x 40 x 40 cm, karena bentuk ini bisa dibilang cukup ideal dan tepat untuk kamu pilih.

Mengenai bahannya sebenarnya ini bisa menentukan dari model dan ukuran yang tersedia, pada tahap ini kamu bisa mencoba kandang dengan bahan kayu atau dari besi untuk lebih tahan lama. 

Sebenarnya pada kandang itu tidak perlu khawatir, karena jenis burung ini tidak merusak kandang dan hanya sebatas tempat tinggal saja.

Apabila kamu memilih kandang yang terbuat dari bahan besi, pastikan yang memiliki perlindungan anti karat. 

2. Pastikan Burung Sehat

Kondisi burung menjadi jaminan utama untuk mendapatkan burung yang bagus, karena dengan sehat kamu bisa merawatnya untuk menjadi lebih lincah.

Jangan sampai kamu salah dalam memilihnya dan ketika beberapa hari burung langsung mati, sebab kondisi badannya yang tidak fit atau sehat. Oleh karena itu, kamu harus bisa benar-benar memastikannya. 

Sebelum memutuskan untuk membeli burung kamu harus bisa melihat dan memperhatikan cirinya. Biasanya burung yang sehat dan tidak sakit itu akan aktif bergerak dan tidak begitu diam, sehingga kamu bisa mendapatkannya.

Proses ini sangat penting, daripada kamu akan kecewa ketika memeliharanya nanti. 

Lebih tepatnya lagi ketika kamu membeli burung parkit untuk langsung memeriksa kondisinya langsung ke dokter hewan agar tidak ragu-ragu.

Dengan demikian kamu bisa menentukan perawatan yang tepat untuk melakukannya. 

3. Memilih Makanan 

Apabila ini pengalaman pertama kamu dalam memelihara burung parkit mungkin akan sedikit bingung untuk menentukan makanan yang tepat untuk diberikan.

Pada tahap ini beri asupan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh burung parkit, sehingga membuat kondisi burung akan selalu aktif, sehat, dan rajin berkicau ketika kamu peliharanya. 

Untuk memilih makanan ini ada beberapa jenis yang bisa kamu lakukan, tentunya kamu bisa memberikannya buah-buah, biji-bijian, dan sayuran.

Biasanya jenis burung ini akan sangat menyukai untuk buah pepaya, wortel, dan kenari. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih ketiga jenis makanan itu untuk memenuhi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh burung parkit. 

Apalagi ketiga jenis makanan tersebut akan sangat mudah ditemukan untuk dijadikan makanannya sehari-hari. Cara merawat burung parkit tidak begitu sulit untuk dilakukan, terpenting kamu memahaminya. 

4. Rajin Membersihkan Kandang

Kandang yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat burung mengalami beberapa gejala dan mengalami sakit.

Untuk itu kamu harus rutin dalam menjaga dan membersihkan kandangnya secara menyeluruh, sehingga kesehatan dari burung parkit tetap dalam kondisi yang prima dan tidak mudah mengalami sakit. 

Dengan kondisi kandang yang bersih tersebut membuat burung kamu akan terhindar dari bakteri, kuman, dan jamuran.

Lakukan hal ini seminggu dua kali atau tergantung dari kondisi kandangnya secara keseluruhan. Tidak lupa juga untuk membersihkan tempat makan dan minumnya juga agar tetap dalam kondisi optimal. 

Tahapan ini harus kamu lakukan secara konsisten, sehingga harus kamu lakukan dan jangan sampai kamu melewatkannya dengan jelas. 

5. Tidak Lupa Memandikannya Setiap Hari

Perlu dipahami bersama-sama kalau burung parkit itu di alam bebasnya selalu membersihkan dirinya setiap hari, karena itu bagian dari yang tindakan yang membuatnya bahagia.

Jika kamu memeliharanya kamu harus bisa selalu memandikannya setiap hari, sehingga akan membuat mereka nyaman dan merasakan kondisi yang mirip dengan habitat aslinya. 

Hal ini sendiri sering dilakukan oleh para master kicau mania dan merupakan salah satu cara merawat burung parkit biar gacor sehingga rajin berbunyi setiap harinya.

Untuk memandikannya sendiri tidak begitu sulit dan begitu mudah untuk dilakukan, prosesnya kamu bisa dengan membeli semprotan saja yang banyak dijual pada toko hewan.

Lebih baik untuk memandikannya ketika waktu pagi sebelum matahari terbit. Tindakan ini dapat kamu lakukan dengan sangat mudah dan cepat. 

Burung yang bahagia dengan mandi setiap hari akan membuat kondisinya akan selalu sehat dan tidak mudah sakit. Setelah kamu memandikannya itu, kamu harus menjemurnya di bawah matahari sekitar 30 menit atau maksimal 1 jam. 

6. Melatih Burung

Burung parkit itu termasuk jenis yang suka ditemani, sehingga kamu harus bisa meluangkan waktu untuk melatihnya setiap hari dengan maksimal 90 menit sehari.

Untuk durasi latihannya sendiri tidak menentu dan bisa disesuaikan dengan jadwal kalian, tetapi kamu harus melakukan hal ini.

Setelah menemukan jadwal yang tepat, mungkin kamu bisa melakukan dan terus melatihnya dengan latihan klik. 

Manfaat lainnya, kegiatan ini dapat menstimulasi mental pada burung parkit kamu agar cepat gacor dan salah satu langkah untuk bisa lebih akrab dengan kamu nantinya. 

Sobat pintar, itulah beberapa cara merawat burung parkit yang bisa kamu lakukan dan pastikan kamu merawatnya secara konsisten. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Burung-Parkit
  • https://trikmerawat.com/burung-parkit/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar