Hari ini: Rabu, 03 Maret 2021
Selasa, 16 Februari 2021, 10:15 WIB

5 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina yang Perlu Kamu Ketahui

5 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan pleci jantan dan betina - harga burung

Bukan hal yang sulit untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Ini 5 perbedaan burung pleci jantan dan betina yang bisa kamu lihat dengan mudah

Bagi kamu yang memelihara burung Pleci atau Zosterops pasti harus tahu apa saja perbedaan Pleci jantan dan betina, baik untuk diternakkan maupun dilombakan.

Burung Pleci belakangan ini sangat diminati oleh para penggemar burung kicau.

Burung yang memiliki tanda khas berbentuk lingkaran putih di matanya seperti kacamata ini harganya juga cukup terjangkau dengan kualitas yang sangat baik.

Karena mudah mengeluarkan kicauan yang merdu, banyak yang menyenangi Pleci sebagai peliharaan atau dilombakan.

Daftar Perbedaan Pleci Jantan dan Betina yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan Pleci Jantan Dan Betina
perbedaan pleci jantan dan betina - tribun news

Sebenarnya, burung Pleci termasuk salah satu burung yang mudah dibedakan jenis kelaminnya. Terutama jika kamu cukup jeli dalam memperhatikan karakteristik fisik dan perilakunya.

Bagi Sobat Pintar yang ingin memelihara burung Pleci untuk dilombakan, sangat penting untuk memelihara yang jantan karena merekalah yang mengeluarkan suara lebih merdu dan gacor atau sering berkicau.

Nah, beberapa gambar Pleci jantan dan betina sering terlihat di internet, namun jika ingin membedakannya sendiri secara langsung, maka kamu harus mengenali perbedaannya.

Berikut ini akan kita bahas mengenai ciri-ciri utama yang bisa membantu kamu membedakan jenis kelamin burung Pleci.

1. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh merupakan ciri yang paling mudah dikenali. Sayangnya, baik Pleci jantan maupun betina memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip.

Maka dari itu kamu harus sangat memperhatikannya. Pleci jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dan besar.

Kemudian, bentuk tubuhnya juga terlihat lebih padat dengan bentuk kepala yang sedikit bulat dan besar dengan bentuk paruh yang kasar.

Sedangkan Pleci betina memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang agak bulat atau terkesan besar dan berisi (alias montok). Pleci betina memiliki tubuh yang pendek dibandingkan jantan.

Kepala Pleci betina terlihat lebih kecil dan sedikit ramping. Di bagian paruh terlihat mulus dan tidak kasar.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Burung Pleci Agar Gacor dan Ngeplong, Bisa Juara Kontes!

2. Karakteristik fisik

Selain bentuk dan ukuran tubuh, ada beberapa karakteristik fisik lain yang bisa dikenali. Misalnya dari ekor, di mana Pleci jantan memiliki ekor yang lebih panjang daripada betina.

Ekor Pleci jantan memiliki ujung yang runcing dan terlihat seperti huruf “V” atau bercabang dua.

Sementara, ekor Pleci betina memiliki ekor yang lebih pendek, yang akan terlihat apabila berdampingan. Kemudian, ujung ekor Pleci betina rata, tidak seperti jantan.

Sering disebut sebagai burung kacamata, burung Pleci memiliki ciri khas lingkaran putih di mata. Rata-rata Pleci jantan memiliki lingkaran yang tebal dan sedikit putus-putus.

Sedangkan Pleci betina memiliki klep atau pola lingkaran mata dengan pola tebal namun tidak terputus-putus.

Bentuk paruh jantan dan betina juga berbeda. Pleci jantan memiliki paruh yang cenderung pendek dan terkesan tebal. Semenara betina terlihat memanjang dan tidak terlalu tebal.

Yang lainnya adalah bagian dubur atau pen. Pleci jantan mempunyai dubur yang memanjang dan terdapat banyak bulu di sekitarnya.

Pada Pleci betina, dubur atau pen memiliki bentuk yang cenderung kecil. Tidak seperti jantan, dubur Pleci betina tidak terdapat banyak bulu untuk memudahkan penetrasi saat masa kawin.

3. Warna bulu

Selain burung yang memiliki kicau yang cantik, burung Pleci juga memiliki warna yang cukup menarik dan indah.

Antara Pleci jantan dan betina terdapat perbedaan di bagian warna bulu. Pada Pleci jantan warna bulu akan terlihat lebih mencolok. Warna bulu Pleci jantan juga terlihat lebih cerah dan menawan.

Sedangkan Pleci betina memiliki warna bulu yang terkesan kusam. Sehingga terkesan tidak menawan dan kurang menarik.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG BURUNG?
Cari info Burung terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Perilaku

Kita juga bisa membedakan beberapa ciri pleci jantan muda dan betina muda melalui tingkah laku atau perilakunya.

Pada Pleci jantan biasanya memiliki pergerakan yang lebih lincah dan cukup agresif. Mereka umumnya suka berkelahi dengan sesama Pleci lainnya jika diletakkan dalam satu kandang.

Sementara Pleci betina cenderung lebih pendiam. Pergerakan tenang dan tidak seagresif Pleci jantan.

Apabila Pleci betina diletakkan di dalam kandang bersama-sama dengan Pleci lain, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda berkelahi atau beradu.

Kamu juga bisa membedakan Pleci jantan dan betina dengan menggunakan cara menyemprotkan air ke mereka.

Semprotkan air dengan perlahan ke bagian kepala Pleci saat masih berada di kandang.

Jika saat disemprot air burung tersebut memperlihatkan jambulnya serta bagian pupil matanya mengecil, maka burung tersebut adalah Pleci jantan.

Sedangkan Pleci betina saat disemprot air tidak akan menunjukkan tanda-tanda seperti Pleci jantan tersebut.

5. Suara kicauan

Suara kicauan merupakan faktor pembeda yang cukup krusial, terutama jika kamu adalah penggemar burung kicau yang sudah terbiasa mendengarkan kicauan burung.

Kamu akan bisa membedakan mana kicauan burung yang merdu dan baik. Orang-orang yang melombakan burung Pleci biasanya mengincar Pleci jantan.

Pleci jantan memiliki suara kicau yang terdengar lebih nyaring dan mengkristal dibandingkan Pleci betina yang terdengar lebih lirih dan tidak terlalu jernih.

Namun perlu diingat, dalam membedakan suara kicau Pleci jantan dan betina dibutuhkan ketelitian dan kejelian ekstra.

Semakin kamu terbiasa dan berpengalaman dalam merawat burung Pleci, maka kamu akan bisa membedakan suara keduanya dengan lebih mudah.

Untuk pemula, disarankan untuk meminta bantuan penggemar burung kicau yang sudah senior atau berpengalaman.

Tentu sebaiknya kamu juga sambil mengasah kemampuan untuk mendengarkan, sehingga ke depannya kamu bisa mengetahui mana Pleci jantan dan betina sendiri.

Harga Burung Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Harga Burung Pleci Berdasarkan Harga
perbedaan harga burung pleci berdasarkan harga - hobi burung

Bukan hanya dari sisi fisik dan karakteristiknya saja nih Sobat! Namun kamu bisa membedakan burung pleci berjenis kelamin jantan dan betina dengan cara melihat harga burung pleci dari penjualnya.

Walaupun tidak cukup akurat, namun bisa jadi alternatif paling gampang untuk kamu menemukan perbedaannya.

Jika kamu mendapatkan burung pleci dengan harga yang murah namun penjualnya bilang ini burung pleci jantan, kamu jangan langsung percaya dulu ya.

Burung pleci jantan biasanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan burung pleci betina.

Kenapa burung pleci jantan lebih mahal? Karena biasanya burung pleci jantan sering ikut dalam kegiatan lomba antar burung kicau yang sering diselenggarakan.

Suaranya yang gacor tidak bisa mengalahkan suara burung pleci betina untuk dijadikan kontes.

Burung pleci jantan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 200.000 - Rp 350.000 tergantung dengan suara yang dihasilkan. Semakin bagus suaranya, semakin mahal burung pleci jantan tersebut.

Bahkan burung pleci yang sudah memenangkan kontes, harganya bisa lebih tinggi 3x lipat dari harga biasa lho.

Nah, sedangkan burung pleci berjenis kelamin betina hanya dihargai kurang dari setengah harga burung pleci jantan. Harganya berkisar dari mulai Rp 75.000 - 150.000 saja.

Memang jarang sekali burung pleci betina jarang mengeluarkan suara yang bagus, itu kenapa burung ini dibanderol dengan harga yang cukup murah.

Demikian ciri-ciri utama yang bisa menjadi perbedaan Pleci jantan dan betina. Mengetahui ciri-ciri di atas sangat penting bagi kamu penggemar burung kicau yang ingin memeliharanya.

Terutama jika kamu memelihara burung tersebut untuk tujuan berternak atau melombakannya. Sebab kamu tidak mau menanggung risikonya apabila salah membeli atau mendapatkan jenis kelamin Pleci yang tidak sesuai.

Terbit: Rabu, 02 Desember 2020, 19:30 WIB
Update pada: Selasa, 16 Februari 2021, 10:15 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://kicau.net/cara-membedakan-pleci-jantan-dan-betina/
  • https://www.birdsofeden.co.za/the-cape-white-eye_article_op_view_id_234
  • https://www.hewan.id/pleci/cara-membedakan-pleci-jantan-dan-betina.html
  • https://www.jalaksuren.net/cara-membedakan-pleci-jantan-dan-betina/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar