Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 14 Mei 2021, 16:00 WIB

4 Jenis Makanan Burung Merak Agar Kesehatannya Terjaga

4 Jenis Makanan Burung Merak Agar Kesehatannya Terjaga

makanan burung merak - the green dragonfly

Makanan burung merak banyak pilihannya yang bervariasi membuat sobat dapat dengan mudah menemukan dan memenuhinya. Berikut ini daftar makanannya!

Sobat pintar burung merak termasuk hewan yang dilindungi, karena populasinya semakin langka dan sangat sedikit di dunia ini. Hal ini disebabkan oleh perkembangan burung merak yang lambat.

Upaya untuk mengatasi persoalan tersebut, sudah mulai banyak penangkaran burung merak yang ada di Indonesia, dengan adanya penangkaran ini akan lebih mudah memantau makanan burung merak dan kondisinya.

Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan dan diperhatikan, karena burung merak bisa menyesuaikan dan bisa hidup pada beberapa musim.

Untuk urusan penampilan, burung merak memang tidak ada tandingannya dan sangat cantik. Pada kesempatan kali ini kami mencoba mengulas dan membahas mengenai makanan dari burung merak, simak ulasan lengkapnya.

Mengenal Jenis Makanan Burung Merak

Makanan Burung Merak
makanan burung merak - what do animals

Sebenarnya untuk dipahami bersama-sama kalau burung merak itu menyukai makanan yang kering yang dicampur dengan beberapa pilihan makanan.

Biasanya banyak peternak memberikan voer campur sayuran dan bekatul, karena ini termasuk dalam makanan favorit yang disukai oleh burung merak.

Pada kesempatan kali ini kami juga memberikan beberapa jenis pilihan makanan yang bisa sobat berikan pada burung merak kesayangan di rumah, simak penjelasannya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memberikan Biji-bijian

Hal ini yang bisa sobat pilih untuk memberikan makanan pada burung merak bisa dengan memilih dan memberikan biji-bijian.

Jenis makanan ini termasuk yang paling disukai oleh burung merak, karena terasa kering dan tidak basah. Apalagi di Indonesia ada banyak pilihan biji-bijian yang bisa sobat pilih dan dapatkan secara menyeluruh.

Dalam tahap ini sobat bisa memberikan padi, jagung, atau beberapa pilihan daun hijau yang memiliki karakteristik rasa yang manis.

Tentunya ini menjadi pilihan pakan yang menarik dan mudah untuk ditemui secara langsung. Dengan demikian sobat dapat memilih dan memberikan biji-bijan tersebut kepada peliharaan di rumah.

2. Cacing

Burung merak termasuk yang menyukai memakan cacing, hal ini bisa sobat pilih sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Apalagi untuk memenuhi kebutuhan cacing sendiri sangat mudah ditemukan dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Tentunya ini menjadi keunggulan tersendiri untuk sobat berikan.

Di Indonesia cacing termasuk mudah untuk didapatkan dan tidak begitu sulit untuk menemukannya, tetapi pastikan sobat memberikannya sebagai pakan tambahan saja.

Karena biasanya burung merak lebih menyukai beberapa bentuk makanan yang memiliki tekstur yang kering dan tidak begitu basah.

3. Jangkrik

Mungkin ini sudah menjadi bagian banyak orang yang memberikan pakan jangkrik untuk burung peliharaannya dirumah. Karena dalam jangkrik memiliki kandungan yang lengkap baik dari karbohidrat, protein, asam amino dan berbagai hal lainnya.

Beberapa kandungan inilah membuat banyak orang tertarik untuk memilih jangkrik sebagai makanan tambahan.

Apabila sobat menginginkan memberikan makanan burung merak, rasanya ini dapat menjadi pilihan yang bisa menjadi rekomendasi untuk sobat pilih.

Apalagi untuk memenuhi kebutuhan tersebut sangat mudah, karena ada banyak orang yang menjual jangkrik dan harga yang diberikan pun relatif murah dan sangat terjangkau.

4. Memberikan Voer

Jenis makanan ini sudah lama dipilih dan diperuntukan untuk burung, karena mengandung beberapa gizi dan nutrisi yang baik untuk burung.

Selain itu juga, kandungan dalam voer telah disesuaikan dengan kebutuhan jenis burung masing-masing. Rasa-rasanya ini bisa menjadi pilihan yang bisa sobat pilih untuk memberikan pakan sehari-hari.

Sobat pintar demikianlah penjelasan mengenai beberapa makanan burung merak yang bisa dipahami dan diketahui secara menyeluruh. Semoga informasi dan penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat nantinya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://blogmhariyanto.blogspot.com/2009/08/burung-merak-pavo-muticus.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Indian_peafowl
  • https://kicaumania.net/burung-merak/
  • https://mediaronggolawe.id/manfaat-yang-terkandung-dalam-jangkrik-buat-burung/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar