Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Selasa, 25 Mei 2021, 16:00 WIB

Penting! Ini Cara Kenali Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Penting! Ini Cara Kenali Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

perbedaan burung cucak ijo jantan dan betina - ocehan kenari

Perbedaan cucak ijo jantan dan betina penting diketahui bagi yang ingin membudidayakannya. Kenali sebelum kamu memulainya di artikel berikut ini

Sobat Pintar yang menyukai burung kicau, pasti kenal dengan burung Cucak Ijo. Burung yang satu ini memang dikenal akan kicauan yang sangat indah dan sering kali dijadikan lomba.

Bagi kamu yang ingin membudidayakan Cucak Ijo, Pepti sangat menyarankan untuk mengetahui perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina.

Mengenal Burung Cucak Ijo dan Cara Merawatnya

Perbedaan Cucak Ijo Jantan Dan Betina
Mengenal cucak ijo - the online zoo

Penyebaran burung Cucak Ijo sendiri cukup luas di Indonesia, di mana burung ini dapat ditemukan dengan mudah di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera.

Mereka juga hidup dalam kelompok dan sering terlihat di dalam hutan atau perkebunan. Burung Cucak Ijo sendiri juga dikenal dengan sebutan burung Cucak Daun karena warnanya hijau seperti daun.

Cucak Ijo juga jenis burung yang sangat mudah sekali dipelihara, karena burung ini sangat mudah beradaptasi di lingkungan baru.

Hanya saja, Petpi menyarankan untuk memberikan kandang yang sekiranya memang aman dan di dekatnya tidak ada predator seperti kucing. Burung ini juga dikenal rajin sekali berkicau, apalagi untuk jenis yang jantan.

Tapi perlu diperhatikan, jangan pernah mengganggu atau membuat burung Cucak Ijo kaget ketika sedang beristirahat. Karena ketika burung kaget, maka bisa menyebabkan stress bahkan kematian.

Hal terpenting saat merawat burung ini adalah dari asupan makanan yang bergizi dan seimbang.

Untuk pemberian makan Cucak Ijo sendiri dapat diberikan voer yang memang sudah terjamin kualitasnya.

Jika memang Cucak Ijo yang kamu miliki adalah dari alam bebas, memang tidak Petpi sarankan untuk diberikan. Karena pada habitatnya, burung cantik ini tidak memakan voer.

Selain itu, pemberian buah-buahan seperti pisang, apel, pepaya, anggur atau tomat juga sangatlah penting. Sobat Pintar juga bisa memberikan pakan seperti kroto, ulat hongkong atau jangkrik untuk melengkapi kebutuhan protein burung Cucak Ijo kesayangan.

Namun, untuk pemberian pakan tambahan diluar buah-buahan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan agar burung tidak kelebihan protein.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Ijo Jantan Dan Betina
perbedaan cucak ijo jantan dan betina - the online zoo

Cucak Ijo sendiri memiliki karakteristik yang mudah untuk dijinakan. Terlebih lagi burung ini juga dikenal memiliki warna hijau yang sangat cantik.

Untuk Sobat Pintar yang ingin beternak burung ini, memang ada baiknya mengetahui perbedaan antara jantan dan betinanya. Berikut ini adalah perbedaan burung Cucak Ijo jantan dan betina:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bagian lingkar mata

Keunikan dari burung Cucak Ijo ini sendiri adalah dari bagian lingkar matanya. Di mana pada bagian mata burung Cucak Ijo terdapat corak yang memudahkan Sobat Pintar untuk mengenali mana yang jantan dan betina.

Untuk Cucak Ijo jantan, bagian lingkar matanya berwarna kuning dan jelas sekali. Sedangkan betinanya memiliki lingkar mata yang berwarna putih.

2. Warna pupil mata

Burung yang juga memiliki nama lain Cucak Daun ini sendiri jika diperhatikan pupil matanya antara jantan dan betina sangatlah berbeda.

Untuk bola mata Cucak Ijo jantan akan berwarna hitam pekat atau hitam jernih, sedangkan untuk yang betisnya jika diperhatikan pada bagian pupilnya agak kecoklatan.

3. Paruh

Untuk membedakan mana Cucak Ijo jantan dan betina, perhatikanlah bagian bawah paruh burung tersebut.

Untuk Cucak Ijo jantan pada bagian bawah paruhnya terlihat berwarna coklat, sedangkan untuk yang betina bagian bawah paruh memiliki warna putih bersih.

Untuk bagian paruh ini harus diperhatikan dengan benar, karena perbedaannya sangat tipis sekali.

4. Supit Urang

Supit urang adalah bagian tubuh dari burung yang terletak di tulang ekor, di mana pada bagian ini juga bisa dijadikan acuan untuk membedakan mana burung Cucak Ijo jantan dan betina.

Untuk burung Cucak Ijo jantan pada bagian supit urangnya akan terasa kaku dan keras apabila disentuh. Sedangkan untuk yang betina sendiri akan terasa lebih lembek dan renggang.

Namun, membedakan jantan dan betina dari Cucak Ijo dengan cara ini sendiri terbilang sulit dilakukan oleh seorang pemula. Karena Sobat Pintar harus mengetahui bagaimana cara memegang yang benar agar burung tetap nyaman dan juga tidak kesakitan.

Latihan menjadi kunci untuk menggunakan cara ini agar tahu mana Cucak Ijo betina maupun jantan.

5. Bagian leher

Perbedaan Cucok Ijo jantan dan betina selanjutnya adalah melihat bagian lehernya. Untuk cara membedakan yang satu ini sendiri adalah yang paling mudah.

Sobat Pintar bisa membedakan dari warna lehernya, di mana untuk Cucak Ijo betina pada bagian lehernya berwarna kuning atau putih kehijauan. Sedangkan untuk yang jantan akan berwarna hitam pekat.

Tapi perbedaan warna leher ini sendiri hanya dapat dilihat ketika burung Cucak Ijo sudah menginjak usia 4 hingga 6 bulan.

Jadi, jika Sobat Pintar masih memiliki anakan burung ini, ada baiknya menggunakan metode lain seperti melihat warna pupil atau lingkar mata.

6. Bagian kaki

Semua jenis burung, pada bagian kakinya sudah pasti akan bersisik. Tak terkecuali untuk burung Cucak Ijo ini.

Pada Cucak Ijo yang sudah masuk umur remaja, maka pada bagian sisik kakinya akan ada perbedaan yang sangat terlihat. Di mana untuk yang jantan, sisik pada kaki terdapat bintik-bintik hitam sedangkan untuk yang betina tidak memiliki bintik hitam tersebut.

Kesimpulan

Untuk lebih jelas cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina, lihatlah tabel berikut ini:

Tabel Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Perbedaan

Cucak Ijo Jantan

Cucak Ijo Betina

Lingkar mata

Berwarna kuning

Berwarna putih

Warna Pupil Mata

Hitam pekat atau jernih

Cenderung kecoklatan

Bagian bawah paruh

Berwarna coklat

Berwarna putih

Supit urang

Kaku dan keras

Lembek dan renggang

Bagian leher

Berwarna hitam pekat

Berwarna kuning atau putih kehijauan

Bagian kaki

Terdapat bintik-bintik hitam

Tidak ada bintik hitam

Sobat Pintar, itulah perbedaan Cucak Ijo jantan dan betina yang harus diperhatikan. Di mana mana ini sangatlah penting jika memang sobat pintar ingin membudidayakan jenis burung kicau yang satu ini.

Memilih indukan yang berkualitas sangatlah diperlukan agar mendapatkan anakan Cucak Ijo yang juga berkualitas dan sehat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://burungid.com/cara-membedakan-cucak-ijo-jantan-dan-betina/
  • https://kacer.co.id/makanan-burung-cucak-ijo/
  • https://www.jalaksuren.net/perbedaan-cucak-ijo-jantan-dan-betina/#:~:text=Perbedaan%20cucak%20ijo%20jantan%20dan%20betina%20bisa%20dilihat,betina%20akan%20memiliki%20lingkar%20mata%20yang%20berwarna%20putih.

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar