Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Sabtu, 26 Desember 2020, 10:00 WIB

Mau Rajin Bunyi dan Gacor? Ini Makanan Burung Perkutut Berkualitas yang Perlu Diketahui

Mau Rajin Bunyi dan Gacor? Ini Makanan Burung Perkutut Berkualitas yang Perlu Diketahui

makanan burung perkutut - nparks

Bingung pilih pakan perkutut berkualitas dan sehat? Yuk, simak ulasan makanan burung perkutut agar rajin bunyi dan gacor yang murah serta mudah didapatkan.

Siapa di antara Sobat PetPi yang memelihara burung perkutut? Jenis burung ini bisa dikatakan populer dan banyak dipelihara, dikarenakan harganya relatif murah dan biaya perawatannya terjangkau.

Walaupun tidak sepopuler jenis burung kicau lain, seperti burung pleci atau lovebird, namun burung perkutut juga memiliki suara khas yang dicintai beberapa kalangan.

Untuk menghasilkan burung perkutut yang rajin bunyi dan suaranya gacor, tentu kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar, nih.

Salah satu cara merawat burung perkutut adalah dengan memilih pakan terbaik dan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan peliharaanmu yang satu ini.

Masih bingung bagaimana caranya? Tidak perlu ke mana-mana, berikut PetPi ulas rekomendasi makanan burung perkutut berkualitas yang sebaiknya perlu kamu perhatikan.

Apa Saja Jenis Makanan Burung Perkutut di Alam Liar?

Makanan Burung Perkutut
Makanan burung perkutut - ams birds cornell

Burung perkutut (Geopelia striata) ini di kalangan pecinta burung luar negeri dikenal sebagai zebra dove. Hal ini dikarenakan pola bulunya yang berselang-seling (hitam-abu), mirip seperti zebra.

Melansir laman ThaiNationalParks.com, burung perkutut menyebar dari wilayah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, hingga Filipina.

Selain di kawasan Asia Tenggara, jenis burung yang satu ini juga bisa ditemukan di Australia, Hawaii, Tahiti, Kaledonia Baru, Kepulauan Chagos, Mauritius, dan daerah lainnya.

Lalu apa sajakah makanan burung perkutut di alam liar? Secara umum keluarga burung merpati ini memperoleh makanan dari berbagai jenis biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Tak jarang pula burung perkutut juga memperoleh makanan dengan serangga dan invertebrata kecil.

Untuk jenis burung perkutut yang kini umum dipelihara pun, kurang lebih dapat memperoleh asupan makanan yang hampir sama seperti yang mereka dapatkan di alam liar.

Pakan perkutut lokal, perkutut Bangkok, perkutut Majapahit, perkutut Katuranggan, dan jenis burung perkutut lainnya yang pasti perlu diperhatikan kandungan nutrisinya agar kondisi mereka tetap sehat, rajin bunyi, dan gacor suaranya.

Rekomendasi Makanan Burung Perkutut Berkualitas Agar Sehat dan Cepat Gacor

Makanan Burung Perkutut Biar Gacor
rekomendasi makanan burung perkutut - besgroup

Memberikan makanan burung perkutut yang baik dan berkualitas tentu sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemilik untuk memastikan peliharaan tetap sehat dan bugar.

Selain memberikan asupan makanan sesuai kebutuhan, Sobat PetPi juga bisa memberikan beberapa makanan tambahan agar membuat perkutut rajin bunyi dan cepat gacor, lho.

Lalu makanan perkutut apa saja yang direkomendasikan? Selengkapnya bisa kamu simak berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Merek Pakan Pabrikan

Saat ini pemilik burung tidak perlu repot dalam memilih makanan yang sesuai, pasalnya sudah banyak merek pakan perkutut yang bagus dan cukup direkomendasikan.

Adapun beberapa merek makanan burung perkutut pabrikan yang cukup populer, di antaranya seperti:

  • Fancy Bird Food;
  • Sae Kong;
  • Gold Coin Perkutut Royal;
  • Fancy Love & Care Perkutut;
  • Platonic Pakan Perkutut;
  • Alam Sakti Perkutut Plus; dan
  • Madura Kong.

Makanan burung pabrikan biasanya dapat berupa kombinasi biji-bijian dan pelet (voer). Seperti dilansir dari VCAHospitals.com, tipe makanan burung ini idealnya mencukupi 50 persen kebutuhan harian, lho.

Terlebih makanan burung perkutut berkualitas ini mudah didapatkan, baik di pet shop, toko perlengkapan burung, hingga marketplace.

2. Kombinasi Biji-Bijian Alami

Sebagai jenis burung pemakan biji-bijian, sudah seharusnya menjadikan jenis makanan ini sebagai asupan utama burung perkutut peliharaan, lho.

Jika kamu menghendaki membuat makanan burung perkutut berkualitas yang berupa kombinasi biji-bijian alami, kamu bisa menggunakan beberapa bahan, seperti:

  • Milet; berfungsi sebagai asupan energi utama bagi burung perkutut.
  • Jewawut; berfungsi untuk membantu induk perkutut saat sedang mengerami telur karena mengandung protein tinggi.
  • Ketan hitam; berfungsi sebagai penghangat tubuh burung perkutut.
  • Kacang hijau; berfungsi sebagai sumber energi dan protein tinggi.
  • Beras merah; berfungsi untuk menambah tingkat birahi burung perkutut saat perkawinan, selain itu juga mengandung vitamin E dan vitamin B kompleks.
  • Gabah; berfungsi mencegah burung perkutut kelebihan berat badan berkat kandungan serat yang tinggi.
  • Sorgum; berfungsi sebagai asupan energi dan tenaga burung perkutut.
  • Enceng-enceng; berfungsi melancarkan fungsi pernapasan dan menghangatkan tubuh.
  • Kencur; berfungsi melegakan tenggorokkan, menjaga pita suara, dan melancarkan pencernaan sehingga burung perkutut rajin bunyi serta gacor.
  • Godem; berfungsi sebagai penghangat tubuh dan membuat perkutut rajin bunyi.
  • Biji kenari; berfungsi menyegarkan tubuh, menambah stamina, dan mengatasi suara serak berkat kandungan protein, lemak, dan hidrat di dalamnya.
  • Biji sawi; berfungsi sebagai penghangat tubuh serta mengandung banyak kandungan nutrisi penting.

3. Racikan Pakan Perkutut

Jika menginginkan burung cepat gacor dan rajin bunyi, kamu juga bisa membuat racikan pakan perkutut dengan bahan utama biji-bijian, terutama milet.

Sebagai tambahannya, kamu bisa menambahkan jahe, merica, dan kencur yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan, menjaga pita suara, dan melancarkan sistem pencernaan.

Ada pula bahan lain seperti minyak ikan atau telur ayam kampung untuk stamina. Serta madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung perkutut.

Untuk membuat racikan pakan burung perkutut ini terbilang mudah. Kamu cukup haluskan semua bahan tambahan dan campurkan dengan milet hingga merata.

Jikalau mendapatkan racikan milet dalam keadaan lengket, kamu bisa menyangrai hingga biji-biji milet terpisah dan dinginkan sebelum diberikan pada burung.

4. Buah dan Sayuran

Selain itu, beberapa pemilik burung perkutut juga mengombinasikan jenis makanan di atas dengan buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Beberapa tipe buah dan sayuran bisa dijadikan sebagai pendamping makanan burung perkutut, seperti pisang, pepaya, dan sawi.

Dalam memberikan makanan berupa buah dan sayuran, jangan lupa terlebih dulu untuk mencuci bersih untuk menghindari bahaya bahan kimia, seperti pestisida.

Berikan buah dan sayuran dalam porsi terbatas dan tidak rutin, misal dua kali seminggu. Hal ini dilakukan agar burung perkutut tidak mudah beralih dari makanan utamanya.

5. Suplemen Tambahan

Dalam cara merawat burung perkutut di kalangan pencintanya, ada pula yang memberikan suplemen dan vitamin tambahan guna "memancing" mereka rajin bunyi dan suaranya gacor.

Beberapa pemilik burung perkutut memilih untuk memberikan ramuan jamu tradisional dari bahan alami, yang bisa Sobat PetPi racik sendiri di rumah.

Ada pula pemberian vitamin tambahan yang bertujuan membantu tumbuh kembangnya. Misal vitamin untuk meningkatkan hormon testosteron yang jadi pemicu suara gacor pada burung, lho.

Selain itu ada pula vitamin yang juga mengandung mineral, seperti kalsium yang dapat membantu burung perkutut saat mengerami telurnya.

6. Tulang Sotong

Perkutut bisa dibilang memiliki kebutuhan yang sama seperti makanan burung merpati karena punya hubungan kekerabatan dekat, yakni berasal dari famili Columbidae.

Salah satu makanan perkutut agar rajin bunyi lainnya adalah tulang sotong yang akan mempermudah burung dalam mencerna biji-bijian dalam sistem pencernaan mereka.

Tulang sotong dapat ditumbuk halus dan dicampurkan dalam pakan perkutut harian. Selain tulang sotong, kamu juga bisa menggantinya dengan kulit telur atau grit.

Selain itu tulang sotong juga berfungsi sebagai asupan mineral bagi burung perkutut, seperti kalsium, sodium klorida, magnesium, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat.

7. Air Minum

Terakhir dan yang tidak kalah penting dari makanan burung perkutut adalah ketersediaan air minum guna melancarkan sistem pencernaan sekaligus membuatnya tetap terhidrasi dengan baik.

Air minum yang bersih harus tersedia sepanjang waktu di dalam kandangnya. Ganti air dalam wadah apabila sudah dirasa cukup kotor dan tidak layak minum lagi.

Selain itu, menjaga kebersihan wadah makan dan minum juga perlu diperhatikan. Sebaiknya buang sisa makanan yang tidak termakan dan cuci wadah setidaknya seminggu sekali secara rutin.

Bagaimana Cara Memberi Makanan Pada Burung Perkutut Anakan?

Cara Member Makan Burung Perkutut
Cara memberi makan burung perkutut - fine art america

Kalau di atas merupakan rekomendasi makanan untuk burung dewasa, lalu bagaimana dengan pakan burung perkutut anakan?

Untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya, perkutut anakan yang baru lahir hingga berusia beberapa hari bisa diberikan makanan yang lembut, misal berupa voer yang diencerkan.

Pemberiannya pun bisa menggunakan batang lidi atau sedotan plastik yang sudah diberikan untuk mempermudah prosesnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan burung perkutut berkualitas yang bisa Sobat PetPi terapkan agar jadi rajin bunyi dan suaranya gacor.

Semoga informasi yang sudah diulas di atas bermanfaat dan jangan lupa berikan komentar apabila kamu memiliki tips lain dalam memelihara burung perkutut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 04 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Sabtu, 26 Desember 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://blogs.thatpetplace.com/thatbirdblog/2009/07/13/introducing-the-zebra-dove/#.X2MqCD_iuUk
  • https://vcahospitals.com/know-your-pet/pigeons-and-doves-feeding
  • https://www.thainationalparks.com/species/zebra-dove
  • https://www.youtube.com/watch?v=G0Y7VqnT62U

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar