Hari ini: Senin, 05 Desember 2022
Sabtu, 16 April 2022, 15:00 WIB

5 Jenis Makanan Burung Emprit yang Wajib Diberikan Agar Bunyinya Gacor

5 Jenis Makanan Burung Emprit yang Wajib Diberikan Agar Bunyinya Gacor

makanan burung emprit - damar info

Makanan burung emprit yang wajib diberikan adalah biji-bijian, makanan lain hanya sebagai pelengkap untuk memenuhi nutrisi. Berikut daftar makanannya!

Sobat Pintar, pernahkah mendengar burung Emprit? Burung yang satu ini sendiri salah satu jenis yang paling dibenci oleh para petani. Burung yang juga dikenal sebagai burung pipit ini ternyata salah satu jenis hama bagi petani padi.

Di mana memang jenis burung ini sering kali memakan padi yang akan panen. Tapi, siapa sangka bahwa burung itu pun bisa menjadi burung peliharaan yang sangat digemari. 

Kicauan burung Emprit sendiri dikenal sangat nyaring dan indah. Suara kicauannya juga sangat menenangkan, mengingat bahwa burung ini sering kali bernyanyi pada pagi hari.

Jenis burung Emprit memang terbilang masih banyak di alam, tapi tidak memungkiri bahwa ada yang memeliharanya. Tentu saja, untuk memeliharanya Sobat Pintar harus mengetahui jenis makanan burung Emprit berikut ini

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Makanan Burung Emprit yang Paling Disukai

Makanan Burung Emprit
makanan burung emprit - kumparan

Burung yang juga dikenal dengan nama burung Pipit ini memang sering dijadikan peliharaan, mengingat bahwa jenis burung ini termasuk mudah untuk dirawat.

Tentu saja, dalam merawatnya Sobat Pintar tidak boleh sembarangan memberi makan. Di mana berikut ini adalah jenis makanan burung Emprit: 

1. Biji-bijian

Seperti yang sudah Petpi singgung tadi, bahwa burung Emprit pada dasarnya adalah jenis burung hama yang sering memakan padi-padian.

Jadi, sudah jelas bahwa burung ini memakan biji-bijian sebagai pakan utama. Sobat Pintar yang memelihara burung Emprit ini sudah pasti harus memberikan biji-bijian berkualitas. 

Sobat Pintar dapat membelikan biji-bijian yang toko pakan hewan dengan membaca terlebih dahulu kandungan apa yang ada di dalamnya.

Usahakan bahwa pakan yang diberikan dari variasi millet dan juga biji kenari. Kedua jenis biji-bijian tersebut sangat disukai oleh burung Emprit, di mana kamu harus memberikannya tiap hari. 

Namun, bagi kamu yang merawat burung Emprit, Petpi sarankan untuk tidak memberikan bulir beras. Hal ini sendiri karena bulir beras termasuk besar-besar dan ini bisa membahayakan burung karena bisa tersedak.

Jika memang ingin memberikan beras, ada baiknya membuat bulir menjadi kecil-kecil dengan cara menumbuknya. 

2. Buah-buahan

Burung Emprit bisa saja Sobat Pintar berikan buah-buahan sebagai makanan tambahan seperti pisang atau pepaya yang masih segar.

Tapi perlu Sobat Pintar ingat, ketika ingin memberikan makanan tambahan ini, burung Emprit harus sudah dibiasakan.

Karena makan utama mereka adalah biji-bijian, jadi ada baiknya diberikan sedikit saja dalam seminggu. 

3. Beri-berian

Makanan burung pipit selain buah-buahan yang juga disukai olehnya di alam liar adalah berbagai jenis beri-berian.

Mulai dari strawberi, blackberi, blueberi, cranberi, dan raspberi merupakan beberapa jenis beri yang biasanya ia makan.

Ada sebagian dari burung pipit yang menolak jenis pakan ini karena belum terbiasa, maka dari itu kamu harus memberikannya secara bertahap ya.

Apabila kamu ingin memberikannya beri-berian, jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu kemudian potong-potong kecil.

4. Sayur-sayuran

Tidak hanya beri-berian saja, burung emprit itu ternyata juga senang memakan berbagai macam sayur-sayuran segar, lho.

Sayuran seperti bayam, brokoli, kentang, peterseli, selada, selada mustard, seledri, tomat, dan wortel adalah jenis pakan favoritnya.

Karena mengandung serat yang bagus untuk tubuhnya, kamu bisa mulai memberikan sayuran sebagai makanan pendampingnya.

Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua jenis burung ini menyukai pakan burung pipit ini, jadi jangan dipaksakan ya.

5. Serangga kecil

Sama seperti pemberian buah-buahan segar, untuk pakan burung emprit dari serangga kecil seperti ulat atau telur semut juga tidak bisa Sobat Pintar paksakan.

Petpi sangat menyarankan untuk memberikan secara bertahap hingga burung terbiasa dengan jenis pakan tambahan yang satu ini. 

Karena memang ini hanyalah makanan tambahan yang diberikan untuk memenuhi nutrisi burung Emprit. Pemberiannya pun tidak bisa dilakukan setiap hari serta jumlahnya pun tidak bisa terlalu banyak.

Petpi sarankan untuk tidak memaksa burung Emprit yang memang tidak doyan serangga kecil sebagai pakannya. 

Burung Emprit atau Burung Pipit memang dikenal sebagai unggas yang sangat aktif, sehingga Sobat Pintar harus memberikan makan sesuai dengan kebutuhannya.

Jika, Sobat Pintar ingin memberikan pakan biji-bijian dari petshop, sangat Petpi sarankan untuk melihat tanggal kadaluarsa dan juga kandungannya. Hal ini sangatlah penting agar burung selalu sehat. 

Sobat Pintar yang juga ingin memelihara burung ini sendiri juga harus memperhatikan kebersihan kandang selain dari makanan burung Emprit yang diberikan.

Karena kebersihan akan memberikan kenyamanan bagi burung dan juga kesehatannya akan selalu terjaga. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Terbit: Senin, 10 Mei 2021, 16:00 WIB
Update pada: Sabtu, 16 April 2022, 15:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Estrildidae
  • https://gelatikblog.wordpress.com/2015/06/08/pemberian-makanan-pada-burung/
  • https://majalahlovebird.net/makanan-burung-pipit/
  • https://mbkchallenge.org/jenis-makanan-burung-pipit/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar