Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 01 Juli 2021, 09:00 WIB

10 Jenis Makanan Untuk Burung Gelatik Agar Cepat Gacor dan Sehat

10 Jenis Makanan Untuk Burung Gelatik Agar Cepat Gacor dan Sehat

makanan burung gelatik - flickr

Makanan burung gelatik sebaiknya memiliki kualitas yang baik dan tinggi, agar burung Gelatik menjadi sehat dan memiliki suara yang merdu. Berikut jenisnya

Halo Sobat Pintar pecinta hewan peliharaan, mungkin banyak dari kalian yang masih asing dengan burung gelatik (Padda). Burung kicau kecil dengan paruh merah dan bulu bercorak abu-abu hitam nan indah ini ternyata masih satu ordo (Passeriformes) dengan burung pipit.

Nah, pada pembahasan kali ini PetPi akan menjelaskan tentang makanan burung gelatik biar cepat gacor serta bagaimana cara merawat burung imut tersebut lho.

Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita simak ulasan dibawah ini.

Makanan Alami dan Makanan Racikan Burung Gelatik

Makanan Burung Gelatik
makanan burung gelatik - freepik

Jika kamu ingin memelihara burung jenis ini, alangkah baiknya untuk mengetahui dulu apa saja makanannya agar ia dapat tumbuh dengan sehat dan aktif.

Sebetulnya pakan burung gelatik sendiri hampir sama dengan pakan burung kecil pada umumnya seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, voer dan lainnya.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan pilihan. yang diantaranya :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Millet

Millet merupakan bagian pada makanan tambahan yang harus diberikan setiap hari untuk burung gelatik. Milet putih memiliki sifat netral, sedangkan milet merah mempunyai fungsi dalam menjaga kestabilan birahi pada burung.

2. Biji Kenari

Merupakan makanan tambahan untuk membuat burung dapat gacor lebih lama. Memberikan biji kenari memberikan manfaat agar burung dapat memperbaiki suara yang awalnya serak dapat nyaring, serta dapat menambah stamina dan juga menyegarkan tubuh burung gelatik.

3. Biji Oat

Biji oat biasanya diberikan apabila burung sedang sakit, dimana memiliki kandungan kalori, karbohidrat, dan protein yang baik untuk burung.

Biji oat juga dapat membuat burung tidak stress, memperbaiki pertumbuhan pada bulu, menjaga pencernaan burung, mencegah iritasi pada kulit, mencegah kolesterol dan juga mempercepat pertumbuhan untuk anakan burung.

4. Jagung Manis

Jagung manis memiliki kandungan akan vitamin B dan C serta beta karoten dan juga cryptoxanthin yang berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta otot dari burung.

Sebelum memberikannya ke burung, hancurkan dahulu jagung dengan memakai mesin pembersih untuk biji-bijian yang mana juga dapat membuang kotoran dan bahan yang dapat memberikan bahaya pada pencernaan burung.

5. Buah-buahan yang Manis

Buah-buahan yang dimaksud seperti halnya mangga, pisang, pepaya dan lainnya, sebelum memberikannya kepada burung, maka hendaknya terlebih dahulu merendamnya dengan air garam dimana memiliki tujuan dalam membuang sisa toksin serta pestisida pada buah yang dibeli dari pasar, dan meniriskan nya terlebih dahulu.

Sisa dari air rendaman yang menempel di buah dapat menambah daya burung agar lebih aktif serta rajin berkicau.

6. Polen atau Serbuk Sari

Polen berasal dari tumbuhan serta bunga yang berbentuk serbuk maupun tepung, polen sendiri memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Polen biasanya dapat diberikan dengan cara mencampurnya dengan pakan biji atau juga di pisah.

7. Sayuran Segar

Sayuran segar memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kondisi pada tubuh burung agar tidak mudah terserang penyakit.

Sayur-sayuran seperti kangkung, wortel, tauge, seledri, sawi dan kacang panjang sangat disarankan untuk diberikan kepadanya.

Selain itu, pemberian jenis pakan ini terbilang mudah cukup dengan dicuci bersih kemudian potong-potong kecil halus agar mudah dimakan oleh si burung.

8. Biskuit Bayi

Berbagai macam makanan bayi contohnya seperti bubur bayi, sereal dan juga biskuit bayi dapat dijadikan sebagai pakan tambahan bagi burung gelatik.

Dimana kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dapat digunakan untuk burung gelatik yang kondisinya aktif dan juga rajin berbunyi.

Untuk memberikannya juga bervariasi dapat dicampurkan dengan air sampai menjadi bubur atau juga dapat langsung diberikan remahannya.

9. Nektar serta Air Gula

Nektar atau juga sari bunga merupakan suatu cairan yang memiliki rasa manis layaknya gula yang berada di dalam bunga maupun tumbuhan, nektar sendiri adalah makanan alami burung gelatik di alam liar. 

Jika kamu kesulitan mencarinya, pakan ini juga bisa didapat dalam bentuk serbuk dan dijual di pasar maupun sebuah kios burung.

Nektar juga dapat dibuat dengan cara mencampurkan air mineral serta gula dengan perbandingan 1:4. Agar hasilnya maksimal dapat diberikan ke burung 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

10. Voer

Jenis pakan praktis yang satu ini memiliki kandungan vitamin, mineral, dan protein yang memang khusus didesain agar burung kicauan cepat gacor.

Saat ini sudah banyak merek voer burung gelatik yang tersedia di pasar hewan maupun toko online terkemuka.

Sebelum membelinya, kamu juga bisa mencarinya terlebih dahulu di internet tentang merek voer gelatik yang memiliki penjualan dengan ulasan dan review paling bagus.

Cara Perawatan Harian Burung Gelatik Batu

Cara Merawat Burung Gelatik
cara merawat burung gelatik - istock photo

1. Mandi Serta Menjemur Burung Di Pagi Hari

Disaat pagi hari, biasanya sangkar dari burung gelatik akan dikeluarkan kemudian akan digantangkan atau juga disimpan di tempat yang akan terkena sinar matahari pagi secara langsung dengan waktu sekitar 15 menit.

Setelah itu, burung hendaknya dimandikan, caranya yaitu dengan menyemprot burung menggunakan hand sprayer atau juga dengan memberikan bak mandi untuk burung pada sangkarnya, kemudian burung akan dijemur lagi sekitar 1 jam kurang.

2. Memberikan Pakan yang Bervariasi

Seperti halnya dalam perawatan burung pada lainnya, burung gelatik hendaknya diberikan pakan yang kaya akan nutrisi tinggi, yang mana kamu dapat dengan meraciknya sendiri.

Pertama siapkan terlebih dahulu bahannya seperti voer halus, 1 sachet sereal bayi atau bubur bayi, kacang tanah yang telah dihaluskan serta tepung jangkrik ½ sendok teh.

Kemudian campurkan seluruh bahan-bahan tadi ke dalam satu wadah, dan kemudian diaduk hingga tercampur rata yang kemudian siap disajikan untuk burung.

Makanan yang diracik oleh Sobat Pintar dapat untuk disajikan sebagai pengganti dari voer yang biasanya diberikan untuk burung gelatik.

Akan tetapi Sobat Pintar perlu memperhatikan walaupun burung telah diberikan pakan racikan akan tetapi berilah pakan tambahan seperti serangga guna melengkapi nutrisi yang tepat dan seimbang.

3. Lakukan Pemasteran

Dikala sore hari, burung hendaknya di kerodong agar burung mendapatkan ketenangan dan juga dapat beristirahat. Maka dari itu Sobat Pintar bisa melakukan pemasteran menggunakan suara burung melalui mp3 atau smartphone.

Apabila telah memberikan pemasteran bagi burung, maka perlu membiarkan burung untuk beristirahat sampai keesokan pagi.

Itulah beberapa makanan burung gelatik beserta jenisnya yang telah PetPi jabarkan bagi para Sobat Pintar cara perawatan untuk burung gelatik yang mungkin dapat menjadi suatu referensi bagi Sobat Pintar apabila hendak memelihara burung gelatik ini.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://tanipedia.co.id/9-makanan-tambahan-untuk-burung-gelatik/
  • https://www.jalaksuren.net/cara-perawatan-harian-burung-gelatik-batu-agar-cepat-berbunyi/
  • https://www.jalaksuren.net/jenis-burung-gelatik/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar