Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Kamis, 20 Mei 2021, 16:00 WIB

3 Jenis Makanan Burung Trucukan yang Paling Digemari

3 Jenis Makanan Burung Trucukan yang Paling Digemari

makanan burung trucukan - flickr

Makanan burung trucukan sangat mudah untuk ditemukan dan diberikan, sehingga mudah untuk membuat burung kesayangan berkicau. Berikut daftar makanannya!

Sobat pintar burung trucukan termasuk salah satu hewan peliharaan yang menarik dan disukai oleh banyak orang, karena harga yang murah dan mudah jinak.

Apalagi makanan burung trucukan termasuk mudah ditemui dan didapatkan. Burung ini termasuk jenis omnivora, sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari dan memilih makanannya sehari-hari. 

Burung kicau yang satu ini juga memiliki karakter kicauan yang sangat merdu yang membuat para penyuka burung akan jatuh hati pada burung yang satu ini.

Terutama jika sobat melihat burung trucukan yang bisa berbunyi sambil mengepakan sayapnya, hal ini sangat menarik dan membuat sobat akan terkesima dengan performa tersebut.

Nah untuk menghasilkan suara yang menarik, burung trucukan harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang tinggi.

Penasaran apa saja makanan yang paling disukainya? Yuk kita bahas makanan burung trucukan yang penuh gizi.

Jenis Makanan Trucukan

Jenis Makanan Burung Trucukan
makanan burung trucukan - ams birds

Sebenarnya ada beberapa pilihan makanan favorit dan disukai oleh burung trucukan, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan lengkapnya.

Karena beberapa makanan yang disukai sangat mudah untuk didapatkan dan ditemui secara menyeluruh. Berikut ini beberapa jenis makanannya, simak penjelasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Burung lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Sayuran Campur Buah-Buahan

Jika sobat ingin untuk burung yang dimiliki tersebut lebih cepat untuk berkicau, maka rutin untuk memberikannya sayuran yang segar, mungkin ini bisa menjadi rekomendasi terbaik.

Selain itu, jenis makanan ini juga tergolong aman dan baik bagi burung trucukan anakan maupun dewasa.

Untuk pilihan sayurannya sobat bisa memilih memberikan oyong atau sayuran gambas. Dalam tahap ini membuat burung trucukan yang sobat pelihara akan lebih cerewet. 

Tidak lupa juga untuk memberikan dan memperhatikan burung trucukan sobat dengan memberikannya buah-buahan yang menyegarkan.

Karena dalam buah-buahan memiliki kandungan yang jelas terutama untuk menjaga stamina pada burung dan membuat kondisinya lebih sehat dari biasanya, sobat bisa memberikan pepaya, mangga, dan pisang. 

2. Makanan Voer

Voer merupakan jenis makanan yang paling mudah dicari dan ditemukan, karena ini termasuk makanan instan yang memenuhi berbagai kebutuhan burung trucukan.

Salah satu merk voer trucukan biar cepat gacor yang paling banyak dipakai oleh para pecinta burung adalah voer topsong yang berwarna kuning.

Merk yang satu ini sangat mudah kamu temukan baik di pasar burung dan juga toko online terpercaya, lho.

Biasanya banyak orang memberikan makanan jenis ini, karena tidak sempat untuk memperhatikan sepenuhnya. Tentunya ini bisa menjadi pilihan yang mudah dan praktis. 

Apalagi voer juga merupakan makanan burung trucukan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi sobat bisa memberikan voer yang dicampur dengan telur rebus atau tepung daging yang membuat burung trucukan sobat lebih semangat untuk berkicau.

Tidak ada salahnya memberikan voer asal dibarengi dengan pakan lainnya. 

3. Memberikan Beberapa Serangga

Apabila sobat menginginkan untuk burung trucukan di rumah lebih cepat untuk berkicau dan cerewet, maka sobat bisa memberikannya serangga. Karena makanan jenis ini bisa ditemukan dengan mudah dan bisa sobat berikan setiap hari.

Selain itu, serangga juga merupakan makanan burung trucukan di alam liar. Sehingga akan lebih mudah bagi kamu dalam memberikannya.

Jika sobat ingin cepat berkicau, maka kedua makanan antara buah-buahan dan serangga harus dipadukan dan pilih salah satunya. 

Jika tidak diberikan sama sekali membuat burung trucukan sobat akan malas dan tidak ingin untuk berkicau, karena tidak dipenuhi keinginannya. Sobat bisa memilih memberikan jangkrik atau memberikan ulat hongkong.

Untuk pemberiannya sobat bisa memberikannya 2 ekor setiap pagi dan sore, lalu untuk memenuhi berbagai nutrisinya bisa memberikan ulat kroto. 

Hal ini menjadi pilihan yang menarik dan tepat supaya burung trucukan sobat akan lebih cepat untuk berkicau secara mudah dan merdu.

Terpenting sobat memahami dan melengkapi semuanya dengan berbagai kebutuhan yang jelas dan lengkap. Dengan demikian sobat dapat memenuhi dan memberikan kebutuhan burung peliharaan sobat tersebut. 

Sobat pintar itulah penjelasan lengkap mengenai makanan burung trucukan yang bisa dipilih dan diberikan supaya burung peliharaan sobat lebih cerewet dalam berkicau. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk sobat nantinya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Burung terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hargaburung.id/makanan-burung-trucukan/
  • https://omkicau.com/2016/05/26/beberapa-jenis-pakan-agar-burung-trucukan-makin-rajin-berbunyi-dan-ngeropel/
  • https://www.youtube.com/watch?v=3LN9RClivu8&ab_channel=RODAKICAU

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar