Hari ini: Rabu, 01 Desember 2021
Rabu, 25 November 2020, 10:00 WIB

7 Penyebab Mata Kucing Belekan dan Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

7 Penyebab Mata Kucing Belekan dan Cara Mudah Mengobatinya di Rumah

mata kucing belekan - my pet needs that

Mata kucing belekan sering bikin pemilik khawatir. Lalu apa saja penyebab mata kucing belekan yang perlu diwaspadai? Lalu bagaimana cara aman mengobatinya?

Sebagaimana manusia dan hewan pada umumnya, mata pada kucing merupakan indera yang berfungsi untuk melihat keadaan di sekitarnya.

Mata pun cenderung lebih sensitif dibandingkan indera-indera lainnya, sehingga perlu perhatian khusus apabila kondisi abnormal terjadi padanya.

Nah, masalah mata belekan merupakan salah satu gejala yang umum ditimbulkan oleh berbagai jenis penyakit mata pada kucing peliharaan.

Namun di samping itu juga mata kucing belekan juga merupakan sebuah reaksi umum yang tidak perlu membuat Sobat Pintar panik dan khawatir dibuatnya.

Maka dari itu Sobat Pintar perlu mengetahui penyebab mata kucing belekan yang perlu diwaspadai berikut dengan cara mengobatinya yang sudah PetPi rangkum selengkapnya di bawah ini.

Adakah Jenis Mata Kucing Belekan yang Tidak Perlu Dikhawatirkan?

Jenis Mata Kucing Belekan
jenis mata kucing belekan - thrfun

Pada beberapa kondisi, mata kucing belekan sebenarnya tidak perlu kamu khawatirkan karena merupakan sebuah proses yang normal, lho.

Melansir laman Catster, dr. Beth Kimmith menjelaskan mata akan menghasilkan sejumlah debit bening yang pada beberapa kondisi akan berwarna sedikit kecoklatan dan berkerak.

Hal ini dapat ditemukan pada kucing yang baru saja tertidur. Mata anak kucing baru lahir belekan pun tergolong kondisi normal, di mana indera penglihatan mereka baru beradaptasi di dunia luar.

Masalah mata belekan juga seringkali ditemukan pada beberapa ras kucing brachycephalic atau kucing berhidung pendek dan mata besar, seperti kucing Persia, Himalaya, dan sejenisnya.

Bentuk wajahnya yang datar hingga cekung, tentu akan mempersulit turunnya air mata sehingga akan menumpuk di sekitarnya.

Mengenal Beberapa Penyebab Mata Kucing Belekan yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Mata Kucing Belekan
penyebab mata kucing belekan - ltmcdn

Pada beberapa kondisi, belekan ini perlu diwaspadai. Misalnya produksinya terlalu berlebih, berwarna kekuningan atau kehijauan, mata kucing belekan dan bernanah, hingga kucing belekan darah.

Melansir laman Pets WebMD, ada beberapa penyebab mata kucing belekan yang umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang dialami kucing. Penasaran ada apa saja?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1.  Infeksi Pernapasan Atas

Penyebab mata kucing belekan yang paling umum ditemui berasal dari infeksi pernapasan atas yang dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Kucing atau anak kucing yang belum melakukan vaksinasi, rentan akan virus dan bakteri, seperti feline calicivirus, pneumonitis, rhinotracheitis (herpesvirus), penyakit pernapasan akut, bakteri, dan protozoa.

Gejala yang ditimbulkan beragam, mulai dari ringan hingga parah. Mata belekan yang dialami dapat berupa kekuningan atau kehijauan dan tampak lengket.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau pink-eye ditandai dengan timbulnya peradangan berwarna merah mudah yang terjadi di sekitar area mata.

Penyakit mata pada kucing yang umum terjadi ini dapat menyerang salah satu atau kedua mata kucing.

Gejala konjungtivitis di antaranya adalah area mata memerah dan bengkak, lebih peka pada cahaya, dan terdapat belekan berwarna bening dan tebal.

Jika konjungtivitis diikuti gejala lain, seperti demam, diare, kesulitan bernapas, serta mata dan hidung berair sebaiknya kamu waspada akan feline infectious peritonitis (FIP) yang dapat berakibat fatal.

3. Gangguan Kornea

Kornea yang merupakan bagian terluar dan berbentuk cembung pada mata kucing juga rentan mengalami peradangan atau luka akibat cakaran atau bersentuhan dengan benda asing.

Alhasil kucing akan mengalami gangguan kornea yang ditandai dengan mata berkabut, mata berkedip berlebihan, peradangan, dan produksi air mata berlebih yang bisa jadi penyebab mata kucing belekan.

4. Uveitis

Uveitis merupakan salah satu bentuk peradangan yang terjadi di dalam struktur mata. Umumnya uveitis dapat diakibatkan oleh trauma, kanker, infeksi serius, hingga permasalahan sistem kekebalan tubuh.

Peradangan yang terjadi dalam struktur mata kucing juga dapat berakibat produksi air mata berlebih yang membuat timbulnya belekan di sekitar area mata.

5. Mata Berair (Epifora)

Mata berair (watery eyes) atau epifora ini dapat menimbulkan mata kucing belekan dengan karakteristik bening, tebal, dan tampak berair.

Kucing dengan mata berair dapat disebabkan karena saluran air mata terblokir, produksi air mata berlebih, reaksi alergi, konjungtivitis, dan penyebab lainnya.

6. Mata Kering (Keratoconjunctivitis sicca)

Masalah mata kering atau keratoconjunctivitis sicca juga bisa menjadi penyebab mata kucing belekan.

Hal ini dikarenakan produksi air mata yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, dapat menyebabkan timbulnya kotoran mata atau belekan dengan karakteristik lengkat dan kekuningan.

Mata kering juga dapat berakibat pada peradangan kornea dan mata memerah. Apabila tidak ditangani segera, masalah mata kering bisa berakibat kebutaan.

7. Alergi

Penyebab mata kucing belekan juga umum terjadi akibat alergi yang berasal dari benda-benda di sekitar tempat tinggalnya, misal debu, serbuk sari, hingga bahan kimia rumahan.

Selain ditandai dengan mata berair yang menyebabkan penumpukan kotoran, alergi juga bisa menimbulkan reaksi lain, seperti kucing bersin dan gatal-gatal.

Begini Cara Mengobati Mata Kucing Belekan di Rumah dengan Mudah

Cara Mengobati Kucing Belekan
cara mengobati kucing belekan - azureedge

Berbagai penyebab mata kucing belekan dapat dicegah dengan rutin melakukan vaksinasi, hindari kucing dalam kerumunan, dan selalu kondisi mata kucing apabila kondisinya tidak wajar.

Sebagai langkah pertama apabila Sobat Pintar menemukan kotoran pada mata kucing, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Gunakan bola kapas yang telah dibasahi dengan air dan usapkan kotoran mata ke arah luar. Selalu gunakan bola kapas bersih untuk tiap mata.
  • Jauhkan penggunaan obat tetes mata manusia untuk kucing. Gunakan obat mata kucing khusus yang sebaiknya diberikan dengan resep dokter.

Jika cara mengobati mata kucing di rumah belum membuahkan hasil, kamu bisa berkonsultasi ke dokter hewan. Terlebih jika masalah ini tidak lekas membaik setelah 24 jam dan disertai gejala lain.

Dokter hewan akan melakukan diagnosis untuk menentukan penyebab mata belekan dan tipe pengobatan yang sesuai.

Kucing mungkin akan mendapatkan pengobatan berupa antibiotik atau obat tetes mata. Pada beberapa kasus, tindakan bedah juga dapat dilakukan jika infeksi sudah dirasa cukup parah.

Selalu menjaga keindahan mata kucing peliharaan sudah sepatutnya menjadi kewajiban Sobat Pintar. Maka dari itu selalu jaga kebersihan kucing dan lingkungan di sekitarnya, ya!

Adakah di antara kamu yang memiliki pengalaman mata kucing belekan berikut cara mengatasinya? Yuk, jangan ragu untuk menuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/cats/eye-discharge-in-cats#1
  • https://www.catster.com/cat-health-care/cat-eye-discharge-whats-normal-and-whats-not
  • https://www.petcarerx.com/article/cat-eye-discharge-how-to-treat-different-types-of-feline-eye-issues/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar