Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Selasa, 12 April 2022, 11:00 WIB

8 Cara Memanggil Kucing Yang Hilang Agar Kembali Pulang

8 Cara Memanggil Kucing Yang Hilang Agar Kembali Pulang

cara memanggil kucing hilang - pixabay

Kamu kehilangan kucing kesayangan? Ini dia 8 Tips atau cara untuk memanggil kucing yang hilang dengan cepat. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Sobat Pintar, tiba-tiba kucing kesayanganmu hilang? Lalu, tidak tahu cara memanggil kucing yang hilang? Tentu saja ini menjadi salah satu mimpi buruk untuk kamu. Karena, akan lumayan sulit untuk mencari kucing ini jika ia sudah keluar dari rumah.

Apabila beruntung, kucing kesayanganmu bisa kembali dengan selamat, namun bila tidak, pastinya kamu sangat sedih. 

Sebagai pemilik kucing, tentunya kamu tidak inginkan kucing kesayanganmu hilang selamanya? Tidak perlu khawatir, para ahli dari belahan dunia sudah mempunyai sejumlah tips untuk memanggil dan menemukan kucing yang hilang dengan efektif.

Tetapi, sebelumnya kamu harus tahu alasan mengapa kucing mu keluar dari rumah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kenapa Kucing Bisa Menghilang?

Cara Memanggil Kucing
cara memanggil kucing - pixabay

Sebelum kamu mengetahui cara memanggil kucing hilang, lebih baik kamu ketahui lebih dulu alasan kenapa kucing itu pergi dari rumah. Biasanya beberapa alasannya adalah: 

  • Terkena stres
  • Kurang mendapatkan kasih sayang 
  • Tidak dirawat dengan baik 
  • Bosan karena jarang diajak bermain
  • Ada persaingan dengan kucing lain 
  • Mengalami sakit parah 
  • Sedang mencari betina 

Apabila semua alasan di atas merujuk pada kucing peliharaanmu tersebut, maka kamu bisa langsung mencarinya ke beberapa tempat di dalam dan luar rumah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk memanggilnya. 

Bagaimana Cara Memanggil Kucing Yang Hilang?

Setelah kamu mengetahui alasan kenapa kucing bisa menghilang, ini saatnya kamu mengetahui cara memanggilnya. Oleh karena itu agar anabul kembali pulang, segera lakukan 8 cara berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Panggil dengan Nada Lembut

Biasanya seekor kucing yang sedang tersesat ini dalam kondisi ketakutan dan kemungkinan besar tidak berani untuk meninggalkan tempat persembunyiannya walaupun kamu memanggil nama nya. Saat hal tersebut terjadi, maka kamu bisa memanggil kucing dengan nada yang lembut dan pelan supaya ia tidak ketakutan. 

Memanggilnya dengan nada yang lembut, membuat kucing merasa percaya dengan kamu dan akhirnya ia akan keluar dari persembunyiannya. 

2. Panggil Namanya di Seluruh Ruangan

Sering terjadi kucing yang hilang bukan disebabkan kabur dari rumah. Bisa jadi kucing itu bersembunyi di salah satu ruangan yang ada di rumahmu. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh panik jika tidak menemukannya ya! 

Dikutip dari badan Missing Animal Response Network (MARN), cara memanggil kucing yang bersembunyi adalah dengan mencarinya sambil memanggil-manggil namanya pada sudut-sudut ruangan di rumah. 

Sebab kucing acapkali merasa stres saat lingkungan di sekitarnya berisik. Oleh karena itu, kucing lebih memilih untuk bersembunyi pada sudut. 

3. Panggil Kucing di Rumah Tetangga yang Memiliki Hewan Peliharaan

Menurut survei tahun 2017 oleh MARN mengungkapkan kucing tidak mungkin berada lebih dari 50 meter dari rumah mereka. Oleh karena itu, bila kamu tidak dapat menemukan hewan, carilah di tetanggamu, terutama di rumah yang memiliki hewan peliharaan.

Beberapa kucing mempunyai tuntutan sosial yang tinggi. Jadi jangan heran bila ia keluar untuk mengunjungi temannya di luar rumahmu. Apalagi jika hewan peliharaan kamu telah mengenal tetangga mu atau kamu mengajaknya bermain di sana. 

4. Pelan-pelan Dengarkan Meongan Kucing

Biasanya kucing yang terjebak, kelaparan atau terluka akan mengeong. Itu merupakan cara nya agar ada yang menolongnya. 

Saat kamu melakukan pencarian, kamu bisa melakukannya secara perlahan sambil mendengarkan dimana suara meongan kucing. 

Apabila kamu sudah yakin meongan tersebut dari kucing peliharaanmu, segera respon dengan memanggil namanya agar mereka tahu bahwa kamu sedang mencarinya.

5. Pancing dengan Kardus atau Box

Cara Memanggil Kucing Hilang
cara memanggil kucing hilang - tractive

Ini adalah fakta yang terkenal jika kucing senang dengan kardus. PetMD melaporkan bahwa wadah berbentuk kotak sederhana dapat memberi nya ketenangan pikiran saat kucing mu takut atau sedang menyesuaikan diri. 

Kamu dapat menggunakan rasa cinta kucing kardus pada kardusnya untuk memikat nya dan akhirnya kucing keluar dari tempat persembunyiannya. 

Kamu bisa meletakkan kardus yang berlubang di depan rumah. Jangan lupa untuk meletakkan kain yang nyaman di dalamnya untuk tidur dan juga beri makan dan minum di dalamnya agar mereka bisa lebih terprovokasi. 

Apabila kucing benar-benar bersembunyi di lingkungan rumah, gunakan metode ini supaya kucing kamu kembali kerumah. 

6. Jauhkan Jalanan dari Binatang Lain

Saat kamu sedang mencari kucing yang hilang, kamu harus menyingkirkan binatang lain dari jalanan. Sebab bisa jadi alasan mengapa kucing kesayangan mu hilang yaitu sedang di kerja oleh hewan lain yang ada di sekitar rumahmu. 

Jika kamu tahu pemilik dari hewan tersebut, kamu bisa memintanya untuk memasukan hewan tersebut ketika kamu ingin mencari kucingmu. Setelah binatang itu pergi dari area jalanan, segera panggil kucing kamu kembali dengan harapan mereka mendengarnya dan kembali pulang.

7. Panggil Kucing Pada Malam Hari

Menemukan kucing yang menghilang pada siang hari sepertinya ide yang bagus. Kamu dapat melihat ke seluruh sudut rumah dengan jelas, sehingga kemungkinan besar kamu akan menemukannya. 

Namun, metode ini ternyata salah. Faktanya, waktu yang tepat untuk mencarinya yaitu pada malam yang sunyi dan sepi. Mengapa demikian? 

PetMD melaporkan bahwa kucing bukan jenis hewan yang bisa mengeluarkan suara keras saat bergerak, sehingga kamu membutuhkan suasana yang tenang untuk dengan jelas mendengar suaranya. Kucing juga termasuk hewan nokturnal. 

Langkah tambahan tentang cara memanggil kucing agar pulang ini adalah menyiapkan makanan kucing kalengan. Apabila kamu merasakan kehadiran mereka tetapi kucing tidak mendekat, buka kalengnya. Suara itu membuat kucing tertarik untuk keluar dari tempatnya bersembunyi. 

8. Cari ke Rumah Lama Jika Kamu Pindah Rumah

Kamu baru saja pindah rumah? Dalam hal ini, kamu mungkin kehilangan kucing  karena ia kembali ke rumah lama mu. Ini sangat umum jika kucing mu baru mengenal lingkungan  baru. 

Jadi cobalah memperluas area pencarian mu ke lingkungan rumah lama. Tidak apa-apa untuk bertanya kepada tetanggamu atau mengunjungi tempat favorit kucing mu. Siapapun yang mengenal kucing akan merindukan lingkungan dan berjalan-jalan di sana.

Itulah sejumlah cara memanggil kucing yang hilang atau bersembunyi dengan mudah agar cepat pulang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya, Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menemukan-kucing-hilang/
  • https://www.idntimes.com/science/experiment/izza-namira-1/cara-menemukan-kucing-hilang-dengan-cepat-secara-ilmiah/7
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar