Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Minggu, 31 Januari 2021, 16:00 WIB

Murah Harganya! Ini 6 Manfaat Ikan Lele yang Punya Banyak Nutrisi Penting

Murah Harganya! Ini 6 Manfaat Ikan Lele yang Punya Banyak Nutrisi Penting

Manfaat ikan lele - south east agnet

Berbagai khasiat dan manfaat ikan lele bagi kehidupan manusia. Kaya nutrisi penting, seperti protein, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, sobat Pintar mungkin sudah umum dalam mengonsumsi daging ataupun telur ayam, kan?

Selain itu, protein hewani bisa kamu dapatkan melalui jenis ikan air tawar yang mudah ditemui di pasaran. Salah satunya adalah ikan lele, nih.

Lele yang termasuk ke dalam golongan catfish atau ikan berkumis ini memang paling mudah ditemukan sekaligus memiliki harga yang relatif terjangkau.

Apakah kamu salah satu orang yang suka mengonsumsi ikan lele? Nah, ternyata ada banyak rahasia sekaligus manfaat ikan lele bagi kehidupan manusia, lho.

Penasaran ada apa saja kandungan nutrisi sekaligus manfaat dari ikan lele? Selengkapnya sudah Pintar rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Ikan Lele?

Manfaat Ikan Lele Bagi Tubuh
Kandungan nutrisi ikan lele - akurat

Sebelum membahas berbagai manfaat ikan lele, mungkin beberapa di antara sobat Pintar penasaran mengenai apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada jenis ikan yang satu.

Melansir dari laman NutritionAdvance.com, ikan lele memang memiliki jumlah kalori yang sedikit, namun menawarkan nutrisi yang baik dengan sejumlah besar vitamin esensial.

Berdasarkan riset USDA Food and Nutrient Database, dalam 143 gram daging ikan lele terdapat sejumlah nutrisi, seperti:

  • Kalori: 150 kcal
  • Karbohidrat: 0 gram
  • Serat: 0 gram
  • Gula: 0 gram
  • Lemak: 4,08 gram
  • Lemak jenuh: 1,06 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 1,57 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram
  • Asam lemak omega-3: 600 miligram
  • Asam lemak omega-6: 330 miligram
  • Protein: 26,41 gram

Selain itu pun, ikan lele juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting bagi kebutuhan tubuh manusia. Sebut saja seperti vitamin D, B12, B1, B3, B5, B6, dan B2 dalam jumlah lumayan tinggi.

Ada pula jenis lainnya, seperti vitamin E, A, C, dan K dalam jumlah kecil. Sobat Pintar juga bisa mendapatkan asupan sejumlah mineral, seperti fosfor, selenium, kalium, magnesium, dan sebagainya.

Kumpulan Rahasia Manfaat Konsumsi Ikan Lele Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Ikan Lele Untuk Manusia
Rahasia manfaat ikan lele - biofreshblog

Sebagai negara maritim, konsumsi ikan untuk masyarakan di Indonesia terus meningkat tiap tahunnya.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, konsumsi ikan nasional pada 2019 mencapai angka sebesar 55,95 kg/kapita/tahun.

Bahkan untuk ikan lele pun menjadi komoditas yang paling banyak diproduksi, dengan total hingga 1,81 juta ton per tahun pada 2018 lalu, lho.

Dengan produksi yang berlimpah dan harganya yang relatif terjangkau, ikan lele pun sudah terbukti memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Mengandung Protein Tinggi

Protein menjadi salah satu sumber energi utama yang terdapat dalam asupan makanan sehari-hari.

Dalam satu porsi ikan lele, kurang lebih sebanyak 100 gram, dapat memberikan sekitar 32-39 persen dari kebutuhan protein harian dengan hanya 105 kalori saja.

Menjadi salah satu sumber makanan berprotein tinggi, ikan lele cocok buat kamu yang hendak melakukan program penurunan berat badan.

Selain itu fungsi dari protein sendiri adalah membangun dan memperbaiki jaringan dan otot dari tubuh. Sehingga ada pula manfaat ikan lele pasca operasi yang bisa kamu rasakan, nih.

2. Sumber Asam Lemak Omega-3

Manfaat Makan Ikan Lele
Sumber asam lemak omega 3 - blogger

Departemen Pertanian AS atau US Departemen of Agriculture (USDA) merekomendasikan konsumsi sebanyak 8 porsi ikan atau makanan laut lainnya per minggu.

Rekomendasi ini sendiri dibuat untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 yang umumnya banyak terdapat pada jenis makanan ini.

Walau masih kalah populer dengan jenis ikan berlemak tinggi, seperti salmon, namun ikan lele bisa menjadi alternatif dengan kandungan asal lemak omega-3 yang juga tergolong tinggi.

Secara khusus, asam lemak omega-3, seperti eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA) berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, jantung, mata, dan imunitas tubuh, lho.

3. Kaya Kandungan Vitamin B12 dan Lainnya

Buat sobat Pintar yang tengah mengandung, ada pula manfaat ikan lele untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin B12 dan jenis vitamin B lainnya.

Nutrisi ini memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh, terutama dalam pembentukan sel darah merah, kesehatan otak, dan produksi DNA.

Khususnya untuk beberapa golongan yang mengalami kekurangan vitamin B12, seperti bayi, ibu hamil, dan lansia, konsumsi ikan lele bisa jadi salah satu solusinya.

Dalam seporsi ikan lele, dapat memasok sekitar 69 persen dari asupan vitamin B12 yang direkomendasikan bagi tubugh tiap harinya, nih.

Sementara itu bagi kalangan lain, kandungan vitamin B12 ini juga dapat membantu mencegah anemia yang diakibatkan berkurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Vitamin B12 yang diperoleh sebagai salah satu khasiat ikan lele memiliki peran penting dalam membantu tubuh manusia memproduksi sel darah merah.

4. Memiliki Kandungan Vitamin D Alami

Manfaat Lele Untuk Kesehatan
Kandungan vitamin D yang tinggi - chowhound1

Sinar matahari pagi menjadi salah satu sumber alami bagi tubuh manusia untuk mendapatkan asupan vitamin D. Selain itu agak sulit untuk mencari sumber alami yang berasal dari makanan.

Nah uniknya, dengan mengonsumsi ikan lele kamu bisa mendapatkan sumber vitamin D yang cukup, lho.

Dalam 143 gram daging ikan lele bahkan mengandung 181 persen dari total kebutuhan vitamin D yang direkomendasikan bagi tubuh.

Vitamin D sendiri memiliki banyak peranan penting, seperti untuk menjaga kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Selain itu juga, vitamin D dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi beberapa penyakit kronis di masa mendatang.

5. Memiliki Kandungan Fosfor Berlimpah

Daging ikan lele nyatanya memiliki kandungan fosfor lebih tinggi 68 persen dibanding telur ayam yang mungkin lebih sering Sobat Pintar konsumsi tiap harinya.

Kandungan fosfor dalam ikan lele berfungsi untuk mengolah energi dari lemak, membantu metabolisme tubuh, menjaga kesehatan gigi dan gusi, hingga penyerapan kalsium.

Melihat berbagai fungsi tersebut, tentu khasiat ikan lele yang tinggi kandungan fosfor direkomendasikan untuk ibu hamil untuk pertumbuhan tulang janin.

6. Rendah Kandungan Logam Berat dan Merkuri

Lalu ada pula manfaat ikan lele untuk bayi, khususnya untuk yang berusia di atas enam bulan dan mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), nih.

Daging ikan lele bisa dijadikan sumber protein hewani tanpa perlu khawatir akan kandungan logam berat dan merkuri yang terkandung di dalamnya.

Pasalnya, ikan lele terutama yang dibudidayakan memiliki kandungan merkuri yang rendah dengan rata-rata kadar merkuri 0,024 PPM.

Kadar ini terbilang jauh lebih rendah apabila dibanding jenis ikan laut, seperti ikan makarel (0.050 PPM) dan ikan tuna (0.350 PPM).

Adakah Bahaya Ikan Lele yang Perlu Diwaspadai?

Bahaya Ikan Lele
Apakah ikan lele berbahaya? - tribun news

Di samping manfaat dan khasiat ikan lele yang bisa dirasakan bagi kehidupan manusia, ternyata ada beberapa bahaya makan ikan lele bagi kesehatan manusia.

Ikan lele sering dikaitkan dengan jenis ikan air tawar yang “jorok”. Hal ini dikarenakan bagi sebagian kalangan memelihara ikan lele konsumsi dengan teknik yang kurang higienis.

Misal memberikan pakan ikan lele dengan menggunakan sisa makanan atau kotoran hewan ternak lain, misalnya ayam atau kambing.

Selain itu juga, terkadang lokasi tambak ikan lele berdekatan dengan jamban buang air yang membuatnya rentan tercemar bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Teknik pengolahan ikan lele pun juga bisa menjadi sumber bahaya. Pecel lele yang populer dikonsumsi dan bisa ditemukan dengan mudah dapat memicu penyakit jantung.

Terutama apabila dalam proses pembuatan pecel menggunakan minyak bekas yang dipakai hingga berulang kali.

Demi mencegah timbulnya bahaya ikan lele yang tidak diinginkan, penting untuk mencari peternak budidaya ikan lele yang sudah menggunakan teknik modern dan higienis.

Ada baiknya juga, gunakan minyak goreng baru setiap kali mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Kamu juga bisa menggunakan teknik lain, misal direbus agar khasiat ikan lele tidak terbuang percuma.

Itulah dia khasiat dan manfaat ikan lele yang bisa Sobat Pintar rasakan dari salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia.

Dengan harganya yang murah dan mudah didapat, tentu bisa kamu masukkan ke dalam daftar menu makanan keluarga, nih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 06 September 2020, 19:00 WIB
Update pada: Minggu, 31 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung/kkp/DATA%20KKP/Bahan%20RO%20KKP%202018%20(final).pdf
  • https://www.healthline.com/nutrition/is-catfish-healthy
  • https://www.livestrong.com/article/445658-health-benefits-of-catfish/
  • https://www.nutritionadvance.com/catfish-nutrition-benefits/
  • https://www.sehatq.com/artikel/benarkah-bahaya-makan-ikan-lele-bisa-sebabkan-kanker-belum-tentu
  • https://www.sehatq.com/artikel/murah-dan-mudah-didapat-ini-manfaat-ikan-lele-bagi-kesehatan
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar