Hari ini: Sabtu, 18 September 2021
Kamis, 04 Februari 2021, 19:30 WIB

Suka Makan Salmon? Berikut 14 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan!

Suka Makan Salmon? Berikut 14 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan!

Manfaat ikan salmon - petpintar

Mulai dari menurunkan resiko kanker, sampai penumbuh rambut, berikut 14 manfaat ikan salmon sangat bagus bagi kesehatan makhluk hidup.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang sangat nikmat untuk dikonsumsi, baik itu menjadi sop maupun sushi. Bahkan banyak orang Jepang yang mengkonsumsi sushi mentah setiap hari, loh.

Selain rasanya nikmat, ikan salmon juga memiliki nutrisi dan vitamin yang kompleks bagi tubuh manusia. Mulai dari kaya akan vitamin omega 3 yang membantu tumbuh kembang otak, hingga nutrisi lainnya yang mampu untuk merawat tubuh.

7 Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Ikan Salmon
manfaat ikan salmon - envato

Hampir semua jenis ikan memiliki manfaat bagi kesehatan manusia karena kaya akan protein dan nutrisi. Khususnya bagi ikan salmon, kandungan di dalam ikan salmon seperti omega 3, vitamin B12, protein sangat membantu tumbuh kembang manusia.

Jika kamu adalah salah satu penggemar ikan ini, sebaiknya baca artikel berikut untuk mengetahui sebenarnya apa saja manfaat ikan salmon.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Menurunkan Resiko Kanker dan Tekanan Darah

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kadar omega 3 paling tinggi. Menurut para ahli, 100 gram ikan salmon mengandung kurang lebih 2.3 gram omega 3.

Diantara jenis-jenis ikan pasifik lainnya, ikan salmon-lah yang mengandung kadar omega 3 paling tinggi.

Omega 3 yang dikandung oleh ikan salmon ini sangat penting untuk kesehatan, diantaranya menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit kanker, dan juga sebagai penunjang fungsi otak. Selain itu, omega 3 juga dipercaya sebagai obat untuk melawan depresi. 

2. Makanan Diet Paling Tepat

Buat kamu yang ingin diet namun tetap ingin mendapatkan protein, ikan salmon menjadi makanan yang cocok untuk kamu dikonsumsi selama masa diet. Hal ini dikarenakan ikan salmon menjadi salah satu sumber protein tanpa lemak yang ada.

Kalau kamu bandingkan, daging-daging darat seperti daging ayam dan daging sapi memang mengandung protein dengan kadar yang cukup signifikan. Namun, daging-daging tersebut juga mengandung banyak lemak yang nantinya akan membahayakan dan menghambat saluran darah.

Protein dari ikan salmon dapat menjadi alternatif yang baik bagi sumber protein tanpa lemak

3. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Selain kaya akan omega 3, ikan salmon juga dikatakan menjadi sumber vitamin B12. 178gram ikan salmon mengandung lebih dari 200% vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Vitamin B12 yang diserap oleh perut inilah yang membantu tumbuh kembang dan kerja dari otak manusia. Vitamin B12 yang diserap oleh darah ini pun menjadi penopang vitamin yang penting.

Menurut para ahli, vitamin B12 dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan juga kesehatan neurologis untuk manusia. Bahkan, kandungan pengaktif enzim bernama methionine synthase juga berfungsi untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

4. Tulang Kuat Karena Ikan Salmon

Selain dapat membantu fungsi otak dan menurunkan resiko terkena resiko kanker, ikan salmon juga dipercaya dapat membuat tulang lebih sehat dan kuat.

100gram ikan salmon mengandung kurang lebih 66% dari total rekomendasi vitamin D yang dibutuhkan oleh manusia per harinya. Para ahli pun berpendapat bahwa vitamin D yang dikandung oleh ikan salmon ini sangat dibutuhkan tubuh selain untuk kesehatan tulang dan menurunkan resiko osteoporosis, juga dapat membuat tulang lebih kuat.

Kandungan dalam vitamin D untuk menyerap kalsium lebih baik inilah yang berperan dalam kesehatan tulang. 

5. Kulit Lebih Cerah karena Ikan Salmon

Jika kamu suka ikan salmon, pasti kamu sangat menyukai makanan sushi. Fakta terbaru, ikan salmon juga cocok untuk kamu yang ingin memiliki wajah tampak lebih sehat dan juga cerah.

Menurut dokter, kandungan asam lemak dalam omega 3 yang dikandung oleh ikan salmon ini menjadi manfaat yang besar untuk kulit dalam membantu menyerap air lebih baik. Jika wajah dapat menyerap air lebih baik, artinya wajah akan lebih mudah menyerap nutrisi yang diaplikasikan pada wajah dan kulitmu.

Riset-riset pun mengatakan bahwa asam lemak yang dikandung oleh ikan salmon dapat membantu kulit untuk memproduksi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulitmu. Selain itu, kandungan asam lemak juga dipercaya dapat membantu tubuh untuk memproduksi minyak natural.

6. Menghangatkan Tubuh

Kalau kamu suka kedinginan, artinya ikan salmon adalah ikan yang sangat tepat bagi kamu. Para dokter berpendapat bahwa ikan salmon adalah ikan yang cocok untuk menghangatkanmu.

Dokter Saini berpendapat bahwa energi kompleks yang dikandung oleh ikan salmon dapat membuat tubuh jauh lebih hangat. Sebagai tambahan, cara memasak ikan salmon juga berpengaruh untuk menghangatkan tubuh.

Jika kamu memasak ikan salmon dengan irisan cabai, akan membuat tubuhmu semakin hangat. Kamu pun tidak akan kedinginan lagi. 

7. Ikan Salmon sebagai Penumbuh Rambut

Kalau kamu punya permasalahan dengan kerontokan rambut, ikan salmon adalah salah satu jawabannya. Omega 3 yang dikandung oleh ikan salmon dapat membantu untuk menjaga kesehatan rambut dan juga kulit kepala.

Setelah beberapa eksperimen mencari korelasi antara omega 3 dan kesehatan rambut, eksperimen tersebut pun mengatakan bahwa omega 3 tersebut dapat memberikan suplemen yang cocok.

Omega 3 dalam ikan salmon ini selain dapat menjaga kulit kepala, omega 3 juga berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut bagi kamu. Nah bagi kamu yang ingin memiliki kulit kepala yang sehat, konsumsi ikan salmon secara teratur mulai dari sekarang.

Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Berbagai Hewan

Manfaat Salmon Untuk Hewan
manfaat salmon untuk hewan - petpintar

Bagi manusia, ikan salmon memang makanan yang enak untuk dikonsumsi. Terlebih lagi ikan ini memang mengandung banyak protein yang berguna untuk tubuh kita.

Tidak hanya untuk manusia, ikan salmon pun memiliki berbagai macam khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan berbagai hewan, seperti anjing dan kucing.

Tertarik memberi makan ikan salmon pada hewan peliharaan kamu? Yuk, cek apa saja manfaat ikan salmon buat hewan berikut ini.

  1. Membuat bulu hewan peliharaan tetap sehat dan berkilau karena kandungan asam lemak di dalam salmon.
  2. Membantu sistem kekebalan tubuh berbagai jenis hewan peliharaan.
  3. Vitamin B12 dan B6 pada ikan salmon dapat membantu kucing dan anjing dari penyakit anemia, dan saraf.
  4. 1% minyak ikan salmon pada makanan post larva udang windu dapat memberikan pertumbuhan dan sintasan terbaik.
  5. Membantu mata hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tetap cantik.

Itulah dia berbagai macam manfaat ikan salmon bagi kesehatan manusia dan hewan. Bagi yang belum pernah mencoba mengkonsumsinya, sebaiknya mulai sekarang banyak-banyakin makan ikan salmon, deh. Ada banyak khasiat bagi tubuh kamu, loh.

Sesekali, berilah makan hewan peliharaan anjing dan kucing kamu juga dengan ikan salmon, ya. Biar mereka tetap tumbuh berkembang menjadi anjing/kucing yang pintar, cantik dan sehat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Sabtu, 22 Agustus 2020, 10:00 WIB
Update pada: Kamis, 04 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/g4905/health-benefits-of-salmon/?slide=3
  • https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#section1
  • https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-benefits-on-skin-and-hair#3.-May-guard-against-dry,-red,-or-itchy-skin
  • https://www.livestrong.com/article/426923-vitamin-b12-salmon/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/161618#deficiency
  • https://www.webmd.com/beauty/features/natural-skin-care-skinny-fats

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar