Hari ini: Jumat, 16 April 2021
Senin, 08 Maret 2021, 20:00 WIB

Inilah 9 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Seharga Satu Motor!

Inilah 9 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Seharga Satu Motor!

Ikan Cupang Termahal - amazon

Penasaran dengan ikan cupang termahal di dunia yang harganya bisa sama dengan harga satu sepeda motor keluaran terbaru? Lihat daftar ikan cupangnya di sini!

Pelihara ikan cupang? Penasaran dengan ikan cupang termahal di dunia? Atau Sobat Pintar justru mengincarnya dan ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan?

Jika ditanya jenis ikan apa yang tengah digandrungi oleh masyarakat, mayoritas akan menjawab ikan cupang.

Ikan yang kerap dijadikan sebagai hewan aduan ini terkenal karena keindahan corak bulunya dan ketahanan tubuhnya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Meskipun mungil, ternyata ada banyak jenis ikan cupang termahal yang harganya bakal bikin dompetnya Sobat Pintar menangis! Apa saja?

Daftar Ikan Cupang Termahal 2021

Habitat asli ikan cupang berada di Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Vietnam, hingga Thailand.

Di antara penggemar, setidaknya ikan cupang bisa dibagi menjadi tiga kategori: aduan, hias, dan liar. Nah, yang harganya mahal biasanya ikan cupang hias yang memiliki corak cantik.

Sama seperti hewan lainnya, ikan cupang hias pun ada banyak sekali jenisnya. Setiap jenis memiliki keunikan masing-masing sehingga mampu meningkatkan harga jualnya.

Di antara banyaknya jenis ikan cupang yang ada di dunia, mana yang paling mahal di tahun 2021? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftarnya!

1. Ikan Cupang Giant

Jenis Ikan Cupang Termahal
ikan cupang giant - idn times

Kurang suka dengan ikan cupang yang berbentuk mungil? Mungkin ikan cupang giant akan cocok untukmu. Bagaimana tidak, ukurannya bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat ukuran ikan cupang biasa.

Keunggulan lain dari ikan cupang terbesar yang satu ini adalah kamu bisa mengawinkannya dengan cupang dari jenis lain untuk mendapatkan peranakan yang unik.

Harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan ikan cupang ini berada di kisaran Rp200 sampai Rp400 ribu.

2. Ikan Cupang Big Ear

Ikan Cupang Paling Mahal
ikan cupang big ear - idn times

Dari namanya, mungkin kamu sudah bisa menebak kalau ikan cupang big ear memiliki sirip depan yang besar sehingga terlihat seperti telinga gajah.

Ikan cupang yang satu ini merupakan cupang hasil persilangan yang dikembangkan oleh orang Indonesia. Harganya sendiri biasanya berkisar di angka Rp400 ribu tergantung pada kondisi ikannya.

3. Ikan Cupang Crowntail

Ikan Cupang Termahal Di Indonesia
ikan cupang crowntail - bukalapak

Bisa dibilang, ikan cupang crowntail merupakan cupang asli Indonesia. Alasannya, cupang ini dikembangbiakkan oleh peternak cupang Indonesia dan menjadi sumbangsih terhadap dunia percupangan

Orang pertama yang mengembangkan cupang jenis ini adalah Ahmad Yusuf pada tahun 1997.

Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya yang terlihat seperti jarum atau sisir yang bergerigi. Harga yang dilabelkan untuk ikan ini adalah Rp15 ribu sampai Rp300 ribu.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Paling Mahal
Ikan cupang slayer - youtube image

Berasal dari hasil kawin silang antara ikan cupang halfmoon dan serit, ikan cupang slayer adalah ikan cupang termahal lainnya yang bisa kamu dapatkan.

Oleh karena itu, wujud dari cupang yang satu ini cukup unik. Mereka mewarisi sirip lebar dan lembut dari halfmoon, tapi memiliki badan ramping ala cupang serit.

Untuk bisa memiliki ikan ini, kamu perlu merogoh kocek Rp 300 ribu-an. Cupang slayer yang berwarna terang seperti oranye, merah, atau biru metalik akan memiliki harga yang lebih mahal.

5. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Termahal Di Indonesia
Ikan cupang halfmoon - kompas

Selanjutnya ada ikan cupang halfmoon. Namanya diambil dari bentuk sirip ekornya yang menyerupai bentuk setengah bulan. Tidak hanya itu, siripnya juga lebar dan lentur.

Warna tubuhnya termasuk terang dan teduh jika dibandingkan dengan jenis ikan cupang lain yang cenderung berwarna gelap.

Sobat Pintar bisa mendapatkan ikan ini dengan harga antara Rp500 ribu hingga Rp3 juta, tergantung dari keindahan, ukuran, dan usianya. Untuk anakannya, harganya berkisar di angka Rp40 ribu-an.

Di Thailand, pernah ada cupang halfmoon yang terjual hingga Rp8 juta!

6. Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Paling Mahal Di Dunia
ikan cupang double tail - tokopedia

Sesuai dengan namanya, ikan cupang double tail memiliki ekor ganda alias ekornya terbelah dua. Hal ini menjadi daya tarik utama dari cupang mahal yang satu ini, apalagi dua ekornya bisa memiliki warna yang berbeda.

Ciri fisik lain yang bisa ditemukan pada ikan ini adalah pangkal sirip punggung dan sirip analnya berukuran sama rata. Oleh karena itu, tubuhnya akan terlihat simetris ketika siripnya mengembang sempurna.

Sama seperti ikan lain, harga ikan cupang ini cukup bervariasi. Double tail dipatok dengan harga Rp600 ribu hingga Rp1.5 juta. Untuk anakan bisa kamu dapatkan di harga Rp50 ribu.

Hanya saja, cupang yang satu ini termasuk rentan terhadap jamur dan rawan kematian dini, sehingga butuh perawatan ekstra,

7. Ikan Cupang Plakat

Jenis Ikan Cupang Termahal Di Dunia 2021
ikan cupang plakat - pikiran rakyat

Kalau kamu suka dengan ikan cupang yang berukuran besar dan gagah, ada ikan cupang plakat. Nama plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang memiliki makna tarung.

Mereka memiliki sirip dan ekor yang cenderung pendek dan tumpul. Warna sisiknya kebanyakan berwarna terang dan tidak mudah pudar walaupun sedang bertarung. Omong-omong, pergerakan cupang ini juga cukup agresif.

Harganya sendiri bervariasi tergantung usia, ukuran, warna corak, dan lain sebagainya. Kamu bisa menemukan ikan cupang plakat dengan range harga mulai dari satu sampai dua juta rupiah.

8. Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Paling Mahal 2021
ikan cupang fancy - slatic

Ikan cupang termahal selanjutnya adalah ikan cupang fancy yang juga berasal dari Thailand. Cupang ini memiliki ciri sirip yang pendek seperti ikan cupang plakat.

Bedanya, warna corak yang dimiliki lebih beragam dan cantik. Kombinasi warna tiga dimensinya akan memanjakan mata pemiliknya.

Secara umum, harga pasaran dari cupang ini berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp350 ribu. Anakannya saja paling murah harus ditebus dengan harga Rp100 ribu. Untuk ikan cupang fancy juara, harganya bahkan bisa mencapai angka 2 juta rupiah.

Bahkan di sebuah pelelangan di Thailand, pernah terjual ikan cupang fancy dengan harga Rp10 juta!

9. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Paling Mahal Dan Indah
ikan cupang kachen worachai - RRI

Di antara semua ikan cupang yang ada di daftar ini, ikan cupang kachen worachai inilah yang mahal. Bayangkan,harga ikan cupang kachen worachai ini mencapai Rp20 jutaan!

Bisa dibilang kalau inilah jenis ikan cupang termahal di dunia saat ini. Harga mahalnya didapat dari warna coraknya yang menyerupai bendera Thailand.

Kebetulan pemilik ikan ini juga orang Thailand yang bernama Kachen Worachai, sehingga namanya digunakan untuk menamai ikan cupang miliknya.

Itulah tadi beberapa daftar ikan cupang termahal di dunia. Kalau kamu punya budget untuk menebus harga ikan-ikan tersebut, kenapa tidak?

Akan tetapi, pastikan kamu tahu cara merawat ikan cupang dengan benar. Sobat Pintar tidak mau kan sudah keluar uang banyak tapi ikannya ternyata berumur pendek?

Semoga artikel ini bermanfaat!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-5259440/7-jenis-ikan-cupang-yang-mahal-nggak-bakal-rela-digoreng/
  • https://jogja.idntimes.com/science/discovery/izza-namira-1/ikan-cupang-paling-mahal-di-indonesia-regional-jogja/7
  • https://www.ayosurabaya.com/read/2021/02/04/7090/9-ikan-cupang-termahal-di-dunia

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar