Hari ini: Kamis, 26 Mei 2022
Senin, 09 Mei 2022, 11:00 WIB

Penyebab Ikan Channa Loncat Dari Akuarium & Cara Mencegahnya

Penyebab Ikan Channa Loncat Dari Akuarium & Cara Mencegahnya

penyebab ikan channa lompat dari akuarium - pinterest

Ikan channa sering melompat dari akuarium? Mungkin harus memperhatikan beberapa hal. Berikut penyebab ikan channa lompat dari akuarium yang harus kamu tau

Sobat Pintar, salah satu penyebab ikan channa loncat dari akuarium biasanya karena ikan merasa stres. Tetapi, untuk seorang pemula hal tersebut umumnya menjadi hal yang lucu. Memang perilaku dan tingkah dari ikan channa selalu menarik perhatian untuk kamu pecinta ikan hias.

Oleh karena itu, ikan channa banyak digemari masyarakat. 

Pada dasarnya ikan channa mempunyai kemampuan untuk melompat. Maka dari itu, seringkali ia loncat keluar dari akuarium. Berhubungan dengan ikan channa yang meloncat ini, seperti pada pembahasan di atas, sebetulnya ada beberapa hal yang menyebabkannya. 

Lantas, kenapa ikan channa melompat dari akuarium? Untuk lebih jelasnya, yuk mari kita simak ulasan PetPi berikut.

Penyebab Kenapa Ikan Channa Loncat dari Akuarium

Penyebab Ikan Channa Lompat Dari Akuarium
penyebab ikan channa lompat dari akuarium - fish laboratory

Dikutip dari berbagai sumber, ikan channa melompat keluar merupakan sebuah tindakan yang ia senangi atau sudah menjadi kebiasaan yang selalu ia lakukan.

Namun, ada juga fakta yang ditemukan bahwa tindakan ini juga disebabkan oleh kesehatan dirinya dan juga beberapa hal negatif yang ada di akuariumnya, seperti:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Kondisi Air Kurang Bagus

Salah satu penyebab ikan channa melompat keluar akuarium yaitu kondisi di dalam air yang kurang bagus, apalagi jika kamu jarang membersihkannya. Karena apabila kamu tidak sering membersihkannya, maka terjadi penumpukan amonia. 

Nah, ketika kadar amonia di akuarium sudah sangat tinggi maka ikan yang ada di dalamnya akan berusaha untuk memperoleh air yang bersih apapun caranya, sehingga mereka akan lebih memilih untuk melompat dari akuarium. 

Tidak hanya kadar amonia yang terlalu tinggi, tentu saja jika ada perubahan suhu dan pH yang sangat ekstrim juga bisa mengakibatkan ikan channa akan berusaha semaksimal mungkin untuk keluar dari situasi tersebut. 

2. Mengalami Stres

Penyebab kenapa ikan channa loncat dari aquarium selanjutnya adalah karena ia sedang stres. Bukan hanya karena wadah yang kamu sediakan sangat kecil saja, tetapi stres bisa juga disebabkan oleh ikan channa yang biasa hidup bergerombol dan akhirnya ia harus hidup sendiri di dalam akuarium. 

Untuk ikan channa yang dulunya berasal dari alam bebas, mungkin pada akhirnya mereka akan mati akibat stres karena tidak dapat melompat meskipun ia aktif berenang.

Umumnya, ikan yang biasa hidup di alam liar harus diadaptasikan dahulu secara perlahan, sebelum akhirnya dapat dimasukkan ke dalam akuarium. 

3. Akuarium Terlalu Sempit

Sobat Pintar mungkin pernah mendengar jika ikan channa bisa hidup dalam akuarium dengan ukuran yang sempit, namun hal tersebut tidak benar. Pada kenyataannya, inilah kebenaran mengenai ukuran akuarium ikan channa yang benar.

Singkatnya, ukuran akuarium ikan channa seharusnya wajib minimal 5 galon, tetapi ada baiknya lebih besar. 

Apabila akuarium kamu tidak seluas itu, maka tingkat amonia bukan hanya akan melonjak sangat tinggi, tetapi ikan channa kamu juga dapat cepat jenuh dengan lingkungannya.

Sehingga, agar ikan channa tidak cepat bosan hingga lompat dari akuarium, pastikan saat mengisi akuarium isilah dengan dekorasi tanamannya juga ya. 

4. Buruknya Siklus Tidur

Ikan channa juga mirip seperti manusia, ia mempunyai siklus tidur yang wajib diikuti setiap harinya. Apabila ia tidak dapat mengikuti siklusnya dengan baik, maka ia bisa menjadi frustasi, agresif dan gelisah atau cemas berlebih. 

Saat ikan channa mengalami kecemasan dan tidak memahami siklus tidur atau istirahatnya, maka hal tersebut dapat membingungkannya sehingga hal ini akan membuatnya lebih memilih untuk meloncat keluar dari akuarium. 

5. Melihat Hal Menarik di Luar Akuarium

Alasan ikan channa loncat dari akuarium berikutnya disebabkan oleh ada beberapa hal di luar yang menarik perhatiannya. Contohnya, apabila ia melihat ada lalat di dinding akuarium, ikan channa milik kamu mungkin saja ingin mencoba untuk melompat keluar lalu menangkap lalat tersebut. 

Walaupun ini merupakan perilaku yang sangat jarang terjadi pada ikan channa, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut bisa jadi akan ia lakukan, bukan? Terlebih lagi, ia merupakan ikan yang ingin mencoba apapun bila hal tersebut menarik untuk nya. 

6. Dilanda Kelaparan

Ketika pakan yang kamu berikan pada ikan channa kurang, hal tersebut dapat menjadikannya melompat keluar akuarium, lho. Karena ketika lapar, ikan channa cenderung akan mencari makan di sekitar akuarium, mulai dari bawah sampai permukaan air. 

Kemudian jika dalam beberapa hari ia juga tak kunjung mendapatkannya, maka biasanya ia akan melompat keluar. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus punya jadwal rutin dalam memberikannya pakan. Namun, kalau dirasa berat, kamu juga bisa pasang alat pemberi makan otomatis pada akuarium kamu.

7. Hanya Ingin Melompat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ikan channa di alam bebas itu merupakan perenang yang aktif dan sangat suka untuk melompat-lompat di udara. Dimana hal ini tentu saja akan berbeda dengan kehidupannya di dalam akuarium yang tidak memungkinkannya untuk meloncat.

Apabila tidak ditemukan kesalahan dengan keadaan ikan channa, mulai dari kualitas air, lebar akuarium dan pakan yang cukup, tetapi ikan channa milik kamu masih terlihat melompat keluar dari akuarium, maka kemungkinan besar ia melakukannya hanya untuk bersenang-senang saja. 

Cara Mencegah Ikan Channa Loncat dari Akuarium

Cara Mengatasi Ikan Channa Lompat
cara mengatasi ikan channa lompat - nakama aquatics

Apabila Sobat Pintar baru pertama kali memelihara jenis ikan ini harus memperhatikan beberapa hal berikut agar channa kamu tidak sering meloncat keluar aquarium, yaitu: 

1. Saat Memasukkan Ikan

Ketika akuarium sudah siap, jangan langsung memasukan ikan channa ke dalam akuarium. Apungkan ikan channa selama 15 hingga 30 menit di dalam akuarium, supaya ikan channa tidak kaget untuk beradaptasi. Sesudah itu, tempatkan ikan channa dalam ember dan masukan secara perlahan. 

2. Saat Memberikan Makan

Untuk pemberian makannya, ketika pertama kali ia masuk dalam akuarium, ada baiknya jangan langsung memberikannya makan tetapi berikan ia makan 1 hari setelah kedatangannya dengan menggunakan pakan yang sama seperti yang diberikan pemilik sebelumnya apabila kamu membelinya. 

3. Saat Membersihkan Akuarium

Selanjutnya adalah pembersihan akuarium yang harus kamu lakukan secara rutin agar menjaga kesehatan dari ikan channa. Untuk pemeliharaan airnya sendiri, dianjurkan untuk diganti sebanyak 20% dari total air. Jangan lupa untuk memakai air yang telah diendapkan, ya. 

4. Saat Mencampur Ikan

Selain itu, ketika kamu ingin mencampurkan atau menyatukan ikan channa baru ke dalam satu akuarium. Ada baiknya jangan langsung disatukan terlebih dahulu, apalagi bila akuarium tersebut sangat kecil, karena bisa menimbulkan perkelahian.

Meskipun perkelahiannya tidak begitu agresif seperti ikan channa dewasa. Tetapi, tidak ada salahnya untuk tidak menggabungkannya terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa penyebab ikan channa loncat dari akuarium yang wajib kamu ketahui. Mulai saat ini kamu bisa merawatnya dengan lebih baik lagi mengikuti informasi di atas, ya Sobat Pintar! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.quora.com/Mengapa-ikan-dalam-akuarium-sering-melompat-keluar-apakah-tekanan-air-di-akuarium-lebih-besar-daripada-di-alam-bebas
  • https://nakamaaquatics.id/archives/3109/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti burung, amfibi dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar