Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 11 Juni 2021, 16:00 WIB

Ingin Aquascape Terlihat Cantik dan Menawan? Berikut Ini Rekomendasi Tanamannya

Ingin Aquascape Terlihat Cantik dan Menawan? Berikut Ini Rekomendasi Tanamannya

jenis tanaman aquascape - shopify

Jenis tanaman aquascape akan menambah keindahan dan kecantikan pada aquarium yang dimiliki. Berikut rekomendasi tanaman aquascape untuk mempercantik

Sobat pintar, apakah Kamu penyuka aquascape? Mungkin Kamu sudah tidak asing dengan beberapa jenis tanaman aquascape. Karena tanaman pada aquascape menjadi pendukung terbaik untuk membuat semuanya terlihat indah dan menarik.

Apalagi tren aquascape sekarang ini sedang banyak dicari dan dilirik oleh beberapa lapisan masyarakat baik pemula maupun berpengalaman.

Jika Kamu tertarik untuk memulai dan menggeluti hobi memiliki aquascape, maka ada beberapa rekomendasi jenis tanaman aquascape yang bisa Kamu pilih.

Dengan begitu membuat aquascape Kamu akan terlihat indah dan memukau untuk dinikmati. Untuk informasi dan penjelasan lengkapnya, maka kami akan memberikan ulasan nya secara menyeluruh.

Rekomendasi Tanaman Aquascape

Hobi baru yang sedang banyak digeluti oleh masyarakat ini memberikan nuansa yang baru dan berbeda untuk dilihat secara langsung. Pada tahap ini Petpi akan memberikan penjelasan lengkap mengenai rekomendasi tanamannya.

Berikut ini Petpi akan memberikan beberapa informasi terhadap jenis tanamannya yang bisa kamu temukan baik di sawah, danau, sungai maupun tempat lainnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya dibawah.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tanaman Pakis Lidah

Jenis Tanaman Aquascape
Tanaman pakis lidah - serendipity wave

Salah satu tanaman yang banyak dicari dan dilirik adalah tanaman pakis lidah kolam (Leptochilus pteropus).

Jenis ini termasuk tanaman akuatik yang menarik untuk Kamu padukan pada aquascape milikmu. Dengan demikian mungkin tanaman satu ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Kamu pilih dan tanam pada aquascape Kamu tersebut.

Prosesnya tanaman ini tumbuh dari sebuah batang yang biasa disebut sebagai rimpang, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tanaman ini melalui akar dan daunnya.

Apabila Kamu ingin tanaman pakis lidah tumbuh dengan baik dan sehat mungkin Kamu bisa memberikan pencahayaan yang cukup dan tidak perlu membutuhkan karbon dioksida tambahan.

2. Tanaman Lilaeopsis

Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus
Tanaman liliaeopsis - raja pet shop

Apabila Kamu menginginkan aquascape yang terlihat ramai dan tidak sepi mungkin bisa mencoba untuk mengaplikasikan tanaman lilaeopsis.

Jenis ini bisa tumbuh hingga mencapai 5 cm, tetapi tentunya Kamu harus bisa merawatnya secara teratur. Karena apabila Kamu biarkan akan membuat kondisi aquascape Kamu membuat ikan-ikan kesulitan bergerak.

Untuk perawatannya sendiri tidak begitu sulit, tetapi memang harus rutin. Karena harus dilakukan pemotongan agar tanamannya tetap terlihat indah.

Biasanya jenis ini biasa digunakan sebagai karpet untuk kebutuhannya. Dengan demikian tanaman ini membuat aquascape Kamu akan terlihat hijau dan membuat mata Kamu akan menjadi lebih segar menyaksikannya.

3. Tanaman Anubias Nana

Tanaman Anubias Nana
tanaman anubias nana - ata galeri

Tentunya tanaman ini sudah tidak asing bagi pecinta tumbuhan air, karena pada tanaman ini proses untuk tumbuh nya tidak begitu lama dan bisa hidup dalam pencahayaan yang minim.

Apabila Kamu mengaplikasikan anubias nana ini, maka dalam kurun waktu yang dekat atau singkat bisa tumbuh besar sehingga membuat semuanya terlihat penuh dan menarik untuk dilihat secara menyeluruh.

Namun permasalahan pada tanaman aquascape low light ini adalah kamu harus melakukan perawatan secara menyeluruh dan jangan sampai pernah mengabaikannya.

Karena apabila kamu tidak memperhatikan nya tumbuhan ini akan lebih cepat tumbuh dan berkembang sehingga akan merusak ekosistem yang sudah terbentuk di dalamnya.

4. Tanaman Ludwigia Repens

Tanaman Ludwigia Repens
tanaman ludwigia repens - pinterest

Hal terpenting dalam memiliki aquascape adalah memperhatikan keseimbangan tumbuhan yang ada di dalamnya, sehingga membuat komposisinya akan terlihat menarik.

Jenis tanaman aquascape satu ini diperuntukan sebagai penyeimbang dari jenis tanaman lainnya. Karena ukurannya tidak terlalu besar yang membuat cocok diaplikasikan pada bagian depan.

Untuk melakukan perawatannya Kamu tidak begitu sulit, tetapi prosesnya Kamu tinggal memberikan penerangan yang cukup agar cahaya yang masuk akan baik.

Dengan demikian tanaman ini tidak mudah layu dan mengalami rontok. Hal inilah yang membuat Ludwigia Repens bisa menjadi rekomendasi terbaik yang bisa Kamu pilih dan aplikasikan.

5. Tanaman Bacopa SP Colorata

Tanaman Bacopa Sp Colorata
tanaman bacopa sp colorata - the gorbalsla

Jenis tanaman yang asalnya bermula dari bacopa pink ini termasuk yang paling beda dan mencolok diantara tanaman yang lainnya.

Apalagi jika aquascape Kamu lebih dominan dengan warna hijau, rasanya tanaman ini bisa menjadi pilihan lainnya. Terutama jika Kamu bisa meletakkannya pada posisi yang pas dan tepat diantara lainnya.

Membuat tanaman ini akan terlihat mempesona untuk dilihat secara menyeluruh, dengan demikian ini bisa menjadi referensi Kamu untuk kebutuhan tanaman pada akuatik tersebut.

Untuk proses perawatan dan pertumbuhannya, jenis tanaman ini harus tersedia pencahayaan yang baik dan sediakan karbon dioksida yang sedang di dalamnya.

6. Tanaman Aponogeton Ulvaceus

Tanaman Aponogeton Ulvaceus
Tanaman aponogeton ulvaceus - blogger

Tanaman yang berasal dari Madagaskar ini memberikan tampilan yang unik untuk bisa Kamu nikmati pada aquascape yang Kamu miliki tersebut.

Hal menarik dan unik dari tanaman ini adalah Kamu akan melihat bentuk daun yang terpelintir membuat semuanya terlihat indah dibandingkan dengan tumbuhan lainnya.

Apalagi dengan ukurannya yang bisa mencapai ukuran 60 cm, rasanya pas jika Kamu mempunyai aquascape yang memiliki ukuran yang tinggi.

Biasanya banyak orang meletakkan tanaman ini pada bagian belakang, sehingga membuat tampilannya terlihat lebih rimbun dan membuat aquascape Kamu berbeda dibandingkan dengan yang lainnya.

7. Tanaman Java Moss

Tanaman Java Moss
tanaman java moss - aquapedia

Apabila Kamu menginginkan jenis tanaman yang tidak begitu sulit untuk tumbuh, mungkin bisa mencoba mengaplikasikan tanaman java moss.

Karena jenis ini akan sangat mudah untuk tumbuh dan berkembang ditambah tanaman ini bisa bertahan hidup dalam kurun waktu yang relatif lebih lama, sehingga bisa menjadi alternatif pilihan untuk pemula.

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 (Karbon dioksida) ini akan lebih anggun jika Kamu meletakkannya pada bagian depan aquascape yang Kamu miliki tersebut, karena membuat suasana yang baru dan berbeda.

Jika sudah tumbuh, maka membuat efek-efek seperti rumput membuatnya jauh lebih segar.

Sobat pintar, itulah beberapa rekomendasi jenis tanaman aquascape yang bisa Kamu pilih untuk memperindah aquarium Kamu tersebut.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.99.co/blog/indonesia/tanaman-aquascape-pemula/
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200730120635-277-530579/11-jenis-tanaman-aquascape-untuk-mempercantik-akuarium
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/tanaman-aquascape-40358
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar