Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Senin, 16 November 2020, 16:00 WIB

Jangan Mudah Ditipu, Ini Cara Mudah Mengenali Ciri Ciri Ikan Koi Berkualitas Tinggi!

Jangan Mudah Ditipu, Ini Cara Mudah Mengenali Ciri Ciri Ikan Koi Berkualitas Tinggi!

Ciri-ciri ikan koi berkualitas - unsplash

Ciri-ciri ikan koi berkualitas adalah hal yang paling penting untuk memulai ternak ikan koi. Berikut ini adalah penjelasan ciri ciri ikan koi berkualitas

Di Indonesia, komoditas ikan hias masih besar peluangnya untuk jauh dikembangkan lebih besar. Mengingat Indonesia sendiri memang terkenal dengan negara bahari. Hal itu juga dipengaruhi oleh permintaan yang berlimpah dari pasar-pasar ikan hias di berbagai daerah.

Makin kesini permintaan ikan hias selalu meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Diantara jenis ikan hias yang ada di Indonesia, banyak sekali yang menyukai ikan koi yang berasal dari jepang ini. Buat kamu pecinta ikan hias terutama ikan koi, kamu harus memahami ciri fisik dan jenis ikan koi berkualitas dari Jepang ini.

Apalagi jika nantinya kamu ingin menternak ikan jenis ini. Kamu wajib mengetahui ciri ciri ikan koi asli berkualitas.

Dikarenakan harga ikan koi cukup mahal, untuk itu PetPi akan bantu kamu untuk mengenali karakteristik dari ikan koi ini agar kamu tidak tertipu saat membelinya. Berikut ini adalah ciri ciri ikan koi yang berkualitas asli dari Jepang.

Ciri Ciri Ikan Koi Asli Berkualitas

Ciri Ciri Ikan Koi Berkualitas Tinggi
Ciri ciri ikan koi berkualitas - unplash

Secara garis besarnya melihat ikan koi yang berkualitas adalah pekerjaan yang mudah-mudah susah. Penuh trik melihat ikan koi asli yang berkualitas ini.

Pada saat berenang bisa dilihat bentuk badannya, apabila bentuk badannya sempurna, itu akan secara langsung mempengaruhi gaya berenangnya.

Jangan terpengaruh dengan warna atau corak ikan koi yang sangat indah dan berwarna montok, tapi kamu juga harus memperhatikan siripnya yang lengkap atau tidak, jika tidak maka koi tersebut bisa dikatakan ikan koi yang tidak berkualitas.

Perlu di ingat juga bahwa ciri ciri ikan koi bertelur adalah memiliki perut yang buncit tentunya. Jangan di asumsikan jika perutnya buncit berarti ikan tersebut tidak normal, bisa saja memang ikan koi ini gemuk karena memang sedang bertelur.

Pastinya jika koi yang berkualitas adalah ikan koi yang dirawat dengan baik.

Nah, Berikut ini adalah ciri ciri mas koi yang berkualitas.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Garis Punggung Lurus dan Punggung Melengkung Normal

Apabila kamu memperhatikan dari atas, garis punggung ikan koi seharusnya terlihat lurus dan ketika bergerak meliuk saat berenang, punggungnya melengkung dengan wajar.

Jika kamu lihat dari samping, garis sebelah atas dan bawah badannya meliuk dengan lengkungan yang wajar.

Artinya, jika koi terbaik, sebelah atas badannya tidak boleh terlalu melengkung, namun sebelah bawah jangan sampai membentuk garis lurus.

Koi yang saat berenang membentuk lengkungan yang terlalu tajam maka menandakan bahwa koi tersebut tidak layak kamu beli.

Sirip Ikan Tumbuh Sempurna

Sirip yang cantik dan besarannya sesuai dengan badannya, menjadikan koi tampak sempurna di mata kita. Yang paling penting kamu memperhatikan sirip pada dadanya.

Sirip ini tidak boleh cacat, karena jika cacat berarti ia memiliki penyakit bawaan atau cacat bawan dari lahir.

Beberapa koi yang tidak bagus, memiliki sirip-sirip di tubuhnya yang kerdil. Sirip ekor dan punggungnya sering sekali ditemukan cacat. Begitu pula dengan sirip perutnya dan sirip pada buntutnya.

Usahakan memperhatikan sirip-sirip ini sebelum membeli ikan koi dalam jumlah yang banyak. Carilah sirip yang sempurna, karena sirip sempurna bisa jadi pertanda bahwa ikan ini sehat.

Kepala Ikan yang Berbentuk Sempurna

Ada beberapa wajah koi yang enak dilihat, namun ada beberapa juga pula yang tidak enak dilihat. Ada koi yang mempunyai hidung yang agak menonjol ke depan, ada lagi yang tidak mempunyai tonjolan.

Keduanya sih bisa saja dianggap tidak bagus, karena yang bagus adalah koi dengan bentuk hidung yang wajar-wajar saja. Namun juga tidak tenggelam dengan timbunan daging pada pipinya.

Begitu pula dengan bentuk rahangnya, jika rahang ikan koi bentuknya tidak waja, itu bisa saja diakibatkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang ikan koi pada saat masih kecil.

Cacat pada rahang ini sangat mempengaruhi pada kepala ikan koi yang tidak enak dipandang. Penyakit ini juga mempengaruhi bentuk mulut dan insang.

Warna Sisik yang Bercorak

Ciri ciri ikan koi berkualitas yang terakhir adalah dilihat dari sisiknya yang mempunyai corak yang menarik.

Warna dasar sisik dari ikan koi ini berwarna merah, hitam, kuning dan juga putih. Terkadang beberapa jenis ikan koi juga memiliki motif totol-totol pada tubuhnya sehingga menghasilkan warna yang cantik.

Ikan koi dikatakan bagus apabila ia mempunyai sifat aslinya yaitu bisa merubah warna sisiknya sesuai dengan tempat dimana ia hidup.

Ciri Ciri Ikan Koi Sakit

Ciri Ikan Koi Yang Bagus
Ciri-ciri ikan koi sakit - unsplash

Sebenarnya ikan koi itu sendiri sangat rentan terserang penyakit lho, oleh karena itu kamu harus memperhatikan kebersihan kolam atau akuarium tempat dimana koi itu hidup.

Terkadang juga perubahan cuaca yang ekstrim dapat mempengaruhi kondisi dari kesehatan ikan koi peliharaanmu, sehingga ikan koi mudah sekali terkena penyakit dari bakteri, parasit atau jamur yang tumbuh di sekitar kolam atau akuarium.

Berikut ciri ciri ikan koi sakit yang bisa kamu kenali.

  1. Ikan koi yang biasanya bergerak aktif kini menjadi lebih lambat dari biasanya atau cenderung pasif. Hal ini bisa menandakan bahwa ikan koi yang kamu pelihara sedang tidak sehat.
  2. Ciri ciri yang kedua adalah warna tubuh ikan koi terlihat pucat, dan muncul bercak-bercak kemerahan pada sisiknya. Hal itu bisa terlihat apabila ikan koi yang sakit kamu bandingkan warnanya dengan ikan koi yang sedang sehat.
  3. Sirip ekor koi menjadi rusak dan nampak layu. Terkadang kamu bisa melihat ujung sirip pada ikan koi terlihat layu dan terdapat bercak kemerahan. Hal itu menandakan bahwa ikan koi mu sedang terserang penyakit.

Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan dan Betina

Ciri Ciri Ikan Koi Betina Dan Jantan
ciri ciri ikan koi betina dan jantan - tfh magazine

Saat kamu ingin memulai beternak atau mengembangbiakkan ikan koi ini, kamu pastinya akan mencoba untuk mencari yang mana ikan koi jantan dan betina untuk dikawinkan. Tentunya pemilihan ini adalah dasar untuk kamu memulai beternak ikan koi di kolam.

Bentuk Tubuh

Saat ikan koi mulai mencapai umur yang matang, biasanya tubuh mereka mencapai sekitar 25 cm di usia sekitar 3 tahun. Walaupun kedua faktor ini bervariasi, namun kebanyakan koi yang sudah matang bisa membedakan mana jantan atau betina.

Setelah mereka dewasa, ikan koi betina cenderung lebih gemuk ketimbang ikan koi jantan. Hal ini dikarenakan ikan koi betina membawa telur pada perutnya sehingga nampak lebih bulat. Sayangnya perubahan ini hanya terlihat pada saat mereka dewasa.

Bentuk Sirip

Perbedaan yang bisa dilihat dari ikan ini adalah dari siripnya. Walaupun perbedaannya tipis sekali, ini bisa menjadi faktor penentu untuk menentukan mana yang jantan atau betina.

Pada bagian siripnya di umur remaja menuju dewasa, kamu bisa melihat sirip ikan koi jantan di samping dekat kepala cenderung lebih runcing dan solid.

Cairan Perut Ikan Koi

Ini adalah cara yang menurut PetPi cukup ekstrim, namun bisa kamu pakai untuk membedakan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina. Perbedaan ini terlihat dari cairan dalam perutnya yang keluar saat kita pencet.

Saat kamu memencet perut lalu ikan koi mengeluarkan cairan putih kental dari lubang anusnya, berarti bisa dipastikan ikan koi ini adalah berjenis kelamin jantan.

Sedangkan jika berjenis kelamin betina, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kotoran yang mempunyai tekstur kasar.

Itulah dia informasi mengenai ciri ciri ikan koi berkualitas dan sedikit informasi mengenai ikan koi yang sedang sakit. Jika kamu sudah memahaminya secara detail, kamu tentunya sudah bisa mempelajari sedikit demi sedikit karakteristik ikan ini.

Apalagi kamu juga mengetahui ciri-ciri ikan koi jantan dan betina, sehingga kamu dengan mudah bisa mulai mengembangbiakannaya. Dengan begitu kamu bisa memulai untuk menternak ikan koi untuk kebutuhan bisnis. Semoga bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Minggu, 23 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Senin, 16 November 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.com/koi-fish-male-female-8104.html
  • https://animals.net/koi/
  • https://jurnalmanajemen.com/ciri-ciri-ikan-mas/
  • https://lochnesswatergardens.com/blogs/pondblog/determining-the-sex-of-your-koi
  • https://sciencing.com/do-fish-reproduce-freshwater-ponds-6630942.html
  • https://www.jualkoi.id/ciri-fisik-dan-jenis-ikan-koi-asli-jepang/
  • https://www.totalpond.com/blog/koi-fish-fun-facts
  • https://zonaikan.wordpress.com/2012/06/30/ciri-ciri-ikan-koi-berkualitas/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar