Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Selasa, 01 Juni 2021, 16:00 WIB

Ini Dia 13 Ciri Ciri Ikan Nila yang Perlu Diketahui Para Mancing Mania!

Ini Dia 13 Ciri Ciri Ikan Nila yang Perlu Diketahui Para Mancing Mania!

ciri ciri ikan nila - ikan hias

Ciri ciri ikan nila yang tidak banyak diketahui oleh khalayak luas. Salah satu ikan yang mudah ditemukan di sunga ini mempunyai ciri-ciri berikut ini!

Sobat Pintar yang suka memancing pasti sudah kenal lama dengan ikan nila. Ikan yang satu ini ternyata bukanlah ikan asli dari Indonesia, di mana habitat aslinya adalah di Sungai Nil yang ada di Afrika bagian timur.

Ikan ini sendiri selain dikenal sebagai ikan air tawar juga terkenal dapat dikonsumsi oleh manusia. Namun, ternyata tidak banyak yang tahu bagaimana ciri ciri ikan nila yang sebenarnya jika kamu sedang memancing. 

Ikan nila juga dikenal sebagai jenis yang masuk dalam hama jika tidak dibudidayakan dengan baik. Hal ini sendiri dikarenakan ikan nila sangat cepat sekali berkembang biak.

Di mana jika tidak dijaga, maka bisa merusak tanaman air yang bermanfaat bagi manusia. Namun, jika memang ingin diternak maka sangat disarankan untuk membuat kolam atau tambak agar ikan tidak merusak tanaman lain. 

Ciri Ciri Ikan Nila yang Perlu Diketahui

Ciri Ciri Ikan Nila
ciri ciri ikan nila - blogger

Jika diperhatikan secara fisik, ikan nila dan ikan mujair terlihat sama. Padahal kenyataannya kedua jenis ikan ini mempunyai ciri ciri yang berbeda.

Di bawah ini Petpi akan memberikan penjelasan singkat akan ciri ciri dari ikan nila yang perlu untuk Sobat Pintar ketahui: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ukuran Sedang

Ciri pertama dari ikan nila ini dapat dilihat dari ukuran tubuhnya yang termasuk sedang, dimana biasanya ikan nila bisa mencapai ukuran 30 cm dari ujung ekor ke kepala.

Namun, ikan nila juga ada yang berukuran lebih kecil. Ukuran ini sendiri biasanya dipengaruhi oleh ketersediaan pangan di tempat tinggal ikan nila. 

2. Memiliki Duri di Tubuhnya

Ciri selanjutnya dari ikan nila ini adalah mempunyai duri yang ada di sekitar tubuhnya. Di mana duri-duri ini biasanya berada di area ekor serta siripnya.

Di mana duri ini sendiri bisa dikatakan sebagai pertahanan hidupnya agar bisa terbebas dari predator yang ada disekitar habitatnya mereka. 

3. Warna Tubuh Hitam Keabuan

Ciri lainnya dari ikan nila ini adalah dari warna tubuhnya yang kebanyakan adalah hitam, namun terkadang juga ada warna keabuan.

Selain itu, ketika ikan masih anakan maka akan terlihat garis-garis yang melintang pada seluruh tubuh nya. Di mana nantinya garis ini akan menghilang seiring ikan semakin dewasa dan warnanya akan lebih keabuan. 

4. Pemakan Segala

Ikan nila juga dikenal sebagai salah satu jenis hewan pemakan segala atau omnivora. Kebanyakan makanan ikan nila berupa gulma atau lumut.

Tapi tidak jarang juga mereka memakan hewan-hewan yang lebih kecil atau ikan yang lebih kecil.

5. Sangat Mudah Berkembang Biak

Ciri selanjutnya dari ikan nila sendiri juga sangat mudah sekali berkembang biak seperti yang sudah disinggung sebelumnya.

Di mana ikan nila akan menggali dasar tanah yang ada di dalam air dan meletakan telur tersebut dalam lubang yang nantikan akan dibuahi oleh pejantan.

Jika sudah, nantinya telur-telur tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut oleh induknya yang biasa dikenal juga dengan sebutan "Mouthbrooder" atau "Pengeram Mulut".

Hal ini sendiri dimaksudkan agar telur ikan nila selalu aman dari serangan predator lain. Telur ikan nila nantinya akan dijaga oleh induknya hingga menetas dan menjadi larva ikan yang aman dari pemangsa. 

Oleh sebab itu, karakteristik ikan nila ini juga termasuk sebagai parental care atau induk yang menjaga anak-anaknya.

6. Bisa Bertelur Sangat Banyak

Seekor ikan nila sendiri bisa bertelur dalam jumlah yang banyak, yaitu dapat mencapai 1.500 butir dalam sekali bertelur.

Tentu saja jumlah ini sangatlah banyak, di mana ukuran ikan sendiri tidaklah begitu besar. 

7. Bentuk Tubuh Pipih

Ciri lainnya dari ikan nila ini adalah bentuk tubuhnya pipih serta memanjang ke samping.

Jika diperhatikan, ada juga ikan nila yang memiliki warna orange dengan sisik yang berbentuk bulat-bulat. 

8. Matanya Menonjol

Ketika Sobat Pintar memperhatikan bentuk mata ikan nila, maka akan terlihat bahwa mata ikan yang satu ini menonjol dengan adanya lingkaran putih di tepiannya. 

9. Gurat Sisi Ikan

Ikan nila juga mempunyai gurat sisi ikan atau biasa disebut dengan nama linea lateralis. Fungsi dari gurat ini sendiri untuk memberikan keseimbangan pada ikan ketika berenang.

Di mana juga memiliki fungsi untuk mengetahui arus serta kedalaman air. 

10. Habitat Ikan Nila

Seperti yang sudah Petpi sebutkan tadi, bahwa ikan nila sendiri memiliki habitat di sungai. Tapi juga bisa hidup di area persawahan bahkan bisa bertahan hidup di air payau.

Tapi memang sangat mudah sekali menemukan ikan ini di sungai-sungai dengan kedalaman air yang tidak begitu dalam. 

11. Bertulang Belakang

Ciri ciri Ikan nila yang selanjutnya adalah ia juga masuk ke dalam jenis hewan bertulang belakang atau vertebrata.

Tulang belakang pada ikan nila sendiri terbilang sangat keras dan juga kokoh. 

12. Bersisik

Ikan nila juga memiliki sisik layaknya jenis ikan lain yang hidup di sungai. Di mana ukuran sisiknya cukup besar dan juga berlendir.

Lendir pada tubuh ikan nila ini sendiri berfungsi agar bisa lepas dari cengkraman predator yang ada pada habitatnya. 

13. Hewan Berdarah Dingin

Ciri lain dari ikan nila adalah ia masuk dalam golongan hewan berdarah dingin atau bisa disebut sebagai poikiloterm.

Hal ini membuat ikan nila dapat menyesuaikan suhu tubuhnya sesuai dengan habitat yang ditinggali. Maka tidak heran, bahwa ikan ini mampu bertahan di udara yang dingin maupun panas. 

Sobat Pintar, itulah ciri ciri ikan nila yang harus diketahui. Walaupun dikenal sebagai ikan yang layak dikonsumsi, ternyata ikan yang satu ini juga bisa ditemukan dengan mudah di alam liar.  

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://memancing.info/ciri-ciri-ikan-nila/
  • https://www.ciri-ciri.id/2018/03/ciri-ikan-nila.html
  • https://www.ikanhias.id/ciri-ciri-ikan-nila/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar