Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 24 Juni 2021, 16:00 WIB

Kenali 8 Makanan Ikan Gabus yang Bikin Cepat Besar dan Cepat Panen

Kenali 8 Makanan Ikan Gabus yang Bikin Cepat Besar dan Cepat Panen

makanan ikan gabus - youtube image

Makanan ikan gabus yang bisa memaksimalkan pertumbuhan ikan agar cepat besar sehingga ikan akan lebih menguntungkan saat kamu panen. Berikut ini jenisnya

Sobat pintar, mungkin sebagian dari sobat pernah melihat ikan gabus. Ya, ikan yang satu ini sering kali dijadikan konsumsi karena khasiatnya yang dipercaya mampu menyembuhkan luka dengan cepat.

Sehingga tidak heran ikan gabus menjadi salah satu komoditi pasar yang menarik. Lalu, jika ingin membudidayakannya, apa saja makanan ikan gabus yang tepat? Ikuti ulasan dari Petpi ini, ya. 

Jenis Makanan Ikan Gabus yang Dapat Diberikan

Makanan Ikan Gabus Bergizi
makanan ikan gabus - greenbiz

Apabila sobat pintar memang ingin membudidayakan ikan gabus, maka sudah pasti harus mengetahui terlebih dahulu jenis makanan apa saja yang bisa diberikan.

Di bawah ini Petpi merangkum beberapa jenis makanan ikan gabus agar cepat besar. Berikut jenisnya: 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pelet

Jenis makanan untuk ikan gabus yang pertama adalah pelet yang biasanya bisa sobat pintar dapatkan di toko ikan. Pelet ini sendiri memang sering diberikan kepada ikan gabus peliharaan baik yang di aquarium maupun di kolam budidaya.

Selain harganya yang terjangkau, pelet juga lebih mudah dalam pemberiannya serta sudah mengandung kebutuhan ikan gabus yang lengkap.

Namun, pemberian pelet untuk ikan gabus sendiri harus diperhatikan dari segi kandungan yang ada. 

Ikan gabus sendiri membutuhkan protein yang tinggi, di mana dalam pelet harus mengandung lebih dari 30% protein. Sehingga dalam pelet tersebut harus mengandung tepung ikan, tepung darah, kepala udang, ampas tahu dan lain sebagainya.

Walaupun pelet umum diberikan kepada ikan gabus, tapi jenis pakan ini harus dicampur dengan makanan tambahan agar nutrisinya bisa terpenuhi. 

2. Ikan Kecil

Apabila ikan gabus dibudidayakan di kolam alam, maka pemberian ikan-ikan kecil yang juga hidup di kolam tersebut mungkin tidak perlu terlalu dipusingkan.

Tapi jika Kamu membudidayakan ikan gabus dalam kolam terpal ataupun kolam semen, bisa Kamu berikan ikan-ikan kecil yang masih segar untuk menjadi pakan ikan gabus. 

Ada beberapa ikan kecil yang bisa Kamu berikan dengan harga yang terbilang murah, yaitu seperti ikan wader, bibit ikan nila ataupun jenis ikan tawar dengan ukuran kecil yang bisa dimakan ikan gabus dengan mudah.

Kelebihan dari pemberian pakan alami dari ikan ini akan membuat ikan gabus menjadi sangat cepat besar serta ikan sangat lahap untuk memakannya. 

3. Cacing Sutera

Jenis makanan ikan gabus selanjutnya yang bisa dijadikan makanan utama adalah cacing sutera (Tubifex Sp). Cacing jenis ini sendiri mengandung kadar protein yang cukup tinggi.

Jika bibit ikan gabus diberikan jenis pakan dari cacing sutera ini, maka ukuran ikan akan cepat besar. Hanya saja, jenis pakan terbilang mahal.

Jika hanya diberikan untuk bibit ikan gabus, pakan ini sangatlah efektif. Tapi jika diberikan kepada ikan gabus yang sudah dewasa, maka pakan ini tentu saja akan memberatkan sobat dari segi biaya.

Sehingga ada baiknya jika ingin memberikan cacing sutera kepada ikan gabus dewasa, lebih baik dijadikan pakan tambahan. 

4. Ikan Rucah 

Jenis makanan selanjutnya yang bisa diberikan kepada ikan gabus adalah ikan rucah. Ikan yang satu ini adalah salah satu jenis ikan kecil yang sering kali ditangkap nelayan.

Biasanya ikan ini tidak dijual dengan harga mahal, karena memang tidak banyak yang mengkonsumsi jenis ikan rucah ini. Namun, bagi sobat yang ingin mendapatkan ikan rucah sangatlah mudah. 

Kebanyakan ikan rucah dijual di pelelangan ikan yang harganya sendiri tidak terlalu mahal. Pemberian ikan rucah ini paling disarankan karena protein hewaninya sangatlah tinggi, sehingga mampu membuat ikan gabus cepat besar.

Cara memberikannya adalah sama seperti sobat pintar memberikan jenis pakan dari pelet. Cukup disebarkan saja ke kolam ikan gabus. 

5. Keong Sawah

Keong sawah juga menjadi salah satu jenis makanan untuk ikan gabus yang sering diberikan. Keong sawah sendiri berhabitat di sawah dan memang merupakan makanan ikan gabus di alam liar.

Keong ini sangat cocok dijadikan sebagai pakan tambahan untuk ikan gabus anakan maupun dewasa, karena mengandung protein tinggi yang mampu memaksimalkan pertumbuhan ikan gabus. 

Cara memberikan keong sawah untuk ikan gabus sangatlah mudah, di mana sobat dapat mengumpulkan keong sawah dalam jumlah yang banyak lalu potong kecil-kecil atau haluskan.

Setelah itu sobat pintar dapat menyebarkannya saja ke kolam ikan gabus. 

6. Udang

Jika sobat pintar ingin memberikan pakan tambahan kepada ikan gabus agar mendapatkan nutrisi tambahan, maka sobat dapat memilih udang.

Hewan kecil yang satu ini sangatlah disukai oleh ikan gabus, karena pada habitat aslinya udang adalah makanan dari ikan yang satu ini . Tapi, harga udang yang mahal tentu harus menjadi pertimbangan terlebih dahulu. 

7. Cacing Tanah

Karena habitat ikan gabus yang kebanyakan hidup di rawa ataupun sungai berlumpur, maka tidak heran jika cacing tanah menjadi salah satu pakan tambahan yang sangat disarankan.

Dalam cacing terdapat kandungan protein tinggi yang mampu membuat tubuh ikan gabus cepat besar. Di mana jenis pakan ini juga sangat mudah didapatkan. 

Pemberian pakan cacing tanah untuk ikan gabus sendiri bisa sobat lakukan dengan memotong-motong kecil cacing terlebih dahulu. Lalu, berikutnya bisa sobat sebarkan ke kolam ikan gabus.

Pemberian cacing tanah sendiri bukanlah sebagai pakan utama, yaitu sebagai pakan tambahan yang akan membantu ikan gabus mendapatkan asupan protein yang cukup. 

8. Siput

Selain keong, siput yang kebanyakan hidup di tanah pun bisa menjadi makanan untuk ikan gabus. Di mana siput sendiri mengandung nutrisi yang mampu membuat ikan gabus dapat tumbuh dengan cepat.

Cara memberikannya sama dengan keong sawah, di mana siput dipotong-potong terlebih dahulu baru diberikan kepada ikan gabus. 

Sobat pintar, itulah beberapa jenis makanan ikan gabus yang dapat diberikan. Di mana jenis makanan tersebut memang mengandung protein tinggi, karena ikan gabus sendiri membutuhkan nutrisi tersebut agar bisa lebih cepat besar. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.bertani.co.id/makanan-ikan-gabus/
  • https://www.hewan.id/ikan/makanan-ikan-gabus.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar