Hari ini: Kamis, 28 Oktober 2021
Rabu, 25 November 2020, 16:30 WIB

Sebelum Membelinya, Kenali Jenis-Jenis Ikan Arwana yang Bikin Mata kita Terpesona!

Sebelum Membelinya, Kenali Jenis-Jenis Ikan Arwana yang Bikin Mata kita Terpesona!

Jenis ikan arwana - unsplash

Deretan jenis ikan arwana cantik dari berbagai negara yang bisa kamu pelihara di rumah. Berikut adalah jenis-jenis dan cara memilih arwana terbaik

Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan hias yang satu ini? Bagi pecinta ikan hias, ikan yang satu ini memang sudah menjadi primadona di Indonesia maupun di dunia internasional.

Coraknya yang unik dan warnanya yang mempunyai ciri khas yang menawan ini membuat siapapun yang melihatnya sudah pasti jatuh cinta dengan ikan ini.

Ikan air tawar bernama arowana atau yang biasa disebut dengan arwana ini memiliki nama ilmiah Osteoglossidae.

Jenis ikan hias ini memiliki berbagai ukuran yang bergantung pada jenis, tempat asal, dan habitat tempat tinggalnya.

Ada banyak sekali jenis ikan arwana di dunia ini, namun ada beberapa jenis yang bisa kamu pelihara karena ada jenis ikan arwana asli Indonesia yang bisa kamu temukan dengan mudah. Namun banyak juga jenis ikan arwana dari luar, seperti amerika selatan, australia maupun afrika.

Nah, buat kamu yang sedang ingin memelihara ikan arwana atau mau menambah koleksi arwana yang kamu punya, berikut ini PetPi kasih tau jenis ikan arwana cantik yang bisa kamu pelihara di rumah.

Jenis-jenis Ikan Arwana yang Bisa Dipelihara

Arwana merupakan ikan air tawar yang yang primitif dan mempunyai sifat predator, oleh karena itu ikan hias ini biasanya dipelihara sendiri di akuarium yang besar jika tubuhnya sudah mulai membesar.

Di habitat aslinya, ikan arwana juga sudah mulai menipis bahkan terancam punah, jika kamu ingin membudidayakannya, kamu bisa melihat jenis ikan arwana berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ikan Arwana Hijau

Jenis Ikan Arwana
Ikan arwana hijau - pinimg

Green Arowana atau arwana hijau merupakan jenis ikan hias yang berasal dari asia. Ikan yang dikenal sebagai arwana golden pino ini bisa kamu temukan di negara-negara asia tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, Vietnam dan Kamboja.

Warnanya yang unik berwarna hijau keemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memiliharanya.

Ikan ini bisa tumbuh hingga dewasa dengan ukuran panjang mencapai 90 cm.

Ciri khas dari jenis ikan arwana ini terlihat dari bagian kepalanya yang sedikit lebih besar dibanding ikan arwana asia lainnya. Arwana golden pino ini biasanya dihargai sekitar Rp 4 juta di pasar ikan hias Indonesia.

Ikan Arwana Papua

Jenis Ikan Arwana Papua
Ikan arwana papua - dictio

Sesuai dengan namanya, ikan arwana papua ini adalah jenis ikan arwana asli Indonesia. Namun banyak pakar yang berpendapat bahwa ikan ini juga ditemukan di Australia, sehingga banyak juga yang menyebutnya dengan ikan arwana Australia atau arwana Jardini. 

Tampilan arwana Jardini ini memang mirip sekali dengan ikan arwana asia, akan tetapi warna kuningnya agak sedikit keemasan, namun tetap tidak mencolok atau terlalu terang.

Ikan ini bisa tumbuh sekitar 90 cm panjangnya dengan berat mencapai sekitar 17 kilogram. Ikan ini bisa dijual dengan harga yang cukup murah bagi jika sudah mulai remaja dengan harga sekitar Rp 4 juta.

Ikan Arwana Brazil

Jenis Ikan Arwana Brazil
ikan arwana brazil - arwanawiki

Walaupun namanya ikan arwana brazil, namun jenis ikan arwana ini sering ditemukan di Indonesia karena harganya yang terjangkau.

Ukuran dari arwana ini bisa mencapai 1 meter dengan kemampuan yang unik dari ikan arwana silver lainnya yaitu melompat ke udara untuk menangkap mangsanya yang berada di luar air.

Ciri khas dari ikan arwana Brazil ini adalah bentuk tubuh dan sirip yang panjang dengan warna silver di semua bagian tubuhnya.

Arwana ini juga dapat tumbuh sekitar 50-100 cm apabila sudah dewasa. Jika kamu ingin memeliharanya, kamu cukup merogoh kocek yang cukup murah untuk satu arwana, yaitu Rp 2 juta per ekor.

Ikan Arwana Banjar

Jenis Ikan Arwana Paling Bagus
Ikan arwana banjar - ikan info

Sesuai dengan nama di salah satu wilayah Indonesia, kamu pasti sudah mengetahui arwana ini berasal dari mana kan? Jenis arwana asli Indonesia ini memiliki warna yang cukup bagus yaitu merah.

Namun warna merahnya tidak terlalu tampak seperti arwana merah pada umumnya. Panjang dari total ikan ini bisa mencapai 90 cm ketika sudah dewasa. 

Untuk memeliharanya dibutuhkan akuarium yang cukup besar karena ia cukup bergerak aktif.

Karakter yang paling menonjol adalah warna ikan arwana banjar yang mempunyai sirip oranye dan ekor berwarna kekuning-kuningan. Jenis ikan arwana ini dibanderol sekitar Rp 2 juta untuk satu ekor arwana banjar ini.

Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan Arwana Mahal
Ikan arwana red tail golden - surat kabar

Ikan arwana ini dikenal sebagai golden red yang berasal dari wilayah Indonesia bagian sumatera, tepatnya di Pekanbaru, Riau dan sekitarnya. Sifat naturalnya yang agresif dibanding ikan arwana lainnya, membuat ikan arwana ini memang sulit sekali ditangkap di habitat aslinya.

Dengan ciri khas warna gold kemerahan ini, jenis ikan arwana golden red tail bisa dijual sekitar Rp 4.5 juta lho.

Arwana jenis ini bisa berkembang sampai sekitar 90 cm apabila sudah berumur dewasa. Ikan jenis ini salah satu yang paling favorit di kalangan pecinta ikan hias arwana.

Ikan Arwana Platinum

Jenis Ikan Arwana
Ikan arwana platinum - cermati

Ikan arwana jenis ini adalah ikan arwana paling cantik di dunia, bahkan ikan ini menjadi jenis ikan arwana termahal di dunia yang pernah ada selama ini.

Sesuai dengan namanya, warna tubuh arwana yang platinum ini sangat memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Jika melihat dari dekat, warna platinumnya sangat cantik dan memanjakan mata.

Selain itu, bila kamu perhatikan lagi, ia memiliki corak putih yang sangat halus sehingga membuat warnanya sangat mengkilap di dalam air.

Dengan tampilan arwana yang cukup mengagumkan ini, tak heran jika platinum arwana ini dihargai sekitar Rp 5,7 Milyar lho!

Ikan Arwana Black Golden

Ikan Arwana Black Golden
ikan arwana black golden - pinterest

Selanjutnya ada jenis ikan arwana yang harganya juga cukup mahal yang pernah terjual. Ikan arwana black golden memiliki warna hitam di setiap sisiknya namun pada ujung sisik berwarna emas. 

Ikan ini banyak ditemukan di daerah Asia seperti Penang dan sekitaran wilayah Malaysia. Walaupun begitu, tetap tidak mudah untuk menemukan ikan Arwana Golden Black ini di rawa atau habitatnya. Maka dari itu ikan arwana ini dihargai sekitar Rp 18 jutaan.

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red
Ikan arwana super red - soji arwana

Kali ini kita akan bertemu dengan ikan arwana yang benar-benar sangat indah. Sesuai dengan namanya, ikan ini berwana merah menyala. Ikan arwana ini merupakan jenis ikan arwana yang berasal dari kawasan Asia.

Warna ikan ini sangat mencolok dan mencerminkan sifat yang atraktif dari warnanya. Di Indonesia banyak sekali kolektor yang menginginkan ikan arwana super red ini menjadi salah satu koleksinya karena warnanya yang indah.

Tak heran jika ikan arwana ini bisa dibanderol dengan harga yang fantastis yaitu, Rp 48 Juta!

Ikan Arwana Batik

Ikan Arwana Batik
ikan arwana batik - aquapedia

Di deretan jenis ikan arwana termahal yang terakhir adalah ikan arwana Batik yang berasal dari kawasan asia yaitu Myanmar. Ikan arwana ini memiliki corak yang sangat unik berbentuk pola kain batik. Maka dari itu arwana ini disebut sebagai arwana batik.

Aslinya tubuh dari ikan arwana ini berwarna perunggu yang berpadu dengan warna silver. Namun jika dilihat lebih detail lagi, ada sedikit corak batik yang memperindah ikan arwana ini.

Banyak yang mencari ikan arwana batik ini karena keunikannya yang berbeda dengan jenis ikan arwana lain, Maka dari itu ikan arwana ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 56 juta.

Cara Memilih Ikan Arwana Terbaik

Cara Memilih Ikan Arwana
Cara memilih ikan arwana terbaik - bahasikan

Sebenarnya langkah awal dari memilih arwana adalah dengan mengenali jenis dan anatomi fisik dari ikan arwana sendiri. Bagi para pemula, kamu harus membacanya untuk mengurangi resiko dalam memilih ikan arwana yang ingin kamu kembangkan atau kamu budidayakan. Berikut cara memilih jenis ikan arwana.

  1. Memilih sesuai dengan selera, budget dan pengalaman dalam memelihara arwana
  2. Memilih arwana sesuai dari ukuran dan tingkatan pengalaman memelihara arwana
  3. Memilih tempat rekomendasi untuk membeli arwana
  4. Pastikan fisik ikan arwana yang akan dibeli sehat dan tidak rusak.

Itulah dia beberapa informasi tentang jenis-jenis ikan arwana yang bisa kamu pahami sebelum mencoba untuk membudidayakannya. Karena jenis ikan arwana ini cukup mahal, kamu juga harus benar-benar menjaga perawatannya seperti menyiapkan akuarium yang sesuai dengan ukurannya.

Sekian informasi dari PetPi, semoga bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 20:00 WIB
Update pada: Rabu, 25 November 2020, 16:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://agromedia.net/lima-cara-mudah-memilih-ikan-arwana-si-raja-ikan-hias/
  • https://dody94.wordpress.com/2011/02/09/arwana-ikan-hias-berharga-fantastis/
  • https://sariagri.id/article/detail/56994/sepuluh-jenis-arwana-yang-memiliki-nilai-ekonomis-tinggi
  • https://www.ekor9.com/ikan-arwana-termahal/
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/07/12/ikan-arwana-si-raja-ikan-hias-yang-asli-indonesia
  • https://www.tokopedia.com/blog/jenis-ikan-arwana-tercantik-terpopuler/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar