Hari ini: Kamis, 25 Februari 2021
Kamis, 17 Desember 2020, 19:30 WIB

Berkenalan dengan 23 Jenis-jenis Ikan Air Tawar Populer di Indonesia

Berkenalan dengan 23 Jenis-jenis Ikan Air Tawar Populer di Indonesia

jenis-jenis ikan air tawar - dreams time

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis ikan air tawar yang bisa dikonsumsi ataupun bisa dipelihara dan dibudidayakan. Berikut daftar ikan air tawar

Setidaknya ada sekitar setengah jenis-jenis ikan air tawar dari total populasi jenis ikan ada di dunia. Ini artinya, ikan tersebut hidup dan berenang di air yang berada di sungai, danau, dan lahan basah yang menyumbang kurang dari 3% pasokan air bumi.

Dari seluruh jenis tersebut, tentu ada yang populer di Indonesia, entah itu untuk dikonsumsi maupun dijadikan sebagai ikan air tawar penghias ruang tamu rumah di akuarium.

Menurut data yang diambil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, setidaknya Indonesia memiliki lebih dari 400 jenis ikan air tawar hias dan 1.100 jenis ikan air tawar konsumtif.

Deretan Jenis-jenis Ikan Air Tawar Paling Banyak Dikonsumsi Orang Indonesia

Dari banyaknya spesies ikan air tawar yang ada di Indonesia, tentu tidak semuanya bisa kamu ingat dengan mudah. Tapi, masih ada beberapa ikan air tawar populer di Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Penasaran? Yuk, simak daftar jenis-jenis ikan air tawar untuk hiasan dan konsumsi dari PetPi berikut ini!

Jenis-jenis Ikan Air Tawar Paling Umum Dikonsumsi

1. Ikan Bawal

Jenis Ikan Air Tawar Bawal
Ikan bawal - info ikan

Pada daftar pertama, kamu bisa menemukan ikan bawal sebagai ikan air tawar paling banyak dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jenis ikan ini diperkirakan berasal dari Hawai dan Brazil.

Ciri-ciri dan karakteristik dari ikan bawal hampir mirip seperti ikan piranha. Tidak heran kenapa banyak orang yang salah membedakan antara ikan bawal dengan piranha. Tapi, jangan khawatir, PetPi pernah membahas ciri-ciri ikan bawal lengkap juga, kok.

Harga dari ikan bawal dewasa segar berkisar di antara angka Rp40.000,- per 1kg. Harga yang cukup murah untuk ikan yang dagingnya enak, dan empuk.

Hati-hati kalau kamu mau makan ikan bawal, ya. Soalnya, ikan bawal punya banyak duri.

Baca Juga: 13 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dan Mudah Dipelihara di Akuarium

2. Ikan Belut

Belut Air Tawar
Ikan Belut - mas fikri

Belum merupakan salah satu jenis ikan yang karakteristik fisiknya menyerupai ular yang memanjang dan licin. Ada 3 jenis belut yang dibedakan berdasarkan ekosistem mereka, ada belum sawah, belut rawa, dan belut laut.

Kamu pikir belut itu ikan yang tidak bisa dimakan? Jangan salah, loh. Bagi kesehatan, belut adalah ikan yang sangat bermanfaat karena belum merupakan sumber protein & kalori, sumber zat besi & fosfor, serta sumber vitamin & arginin yang dibutuhkan tubuh.

Kamu bisa membeli ikan belut di pasar ikan terdekat dengan harga rata-rata Rp50.000,- per 500gram.

3. Ikan Betutu

Jenis Ikan Air Tawar Langka
Ikan betutu - wikiwand

Jika dilihat sekilas, ikan betutu tampak terlihat seperti ikan predator yang tidak bisa dikonsumsi oleh manusia. Tidak heran masih belum banyak orang yang mengkonsumsinya untuk kebutuhan di rumah. Padahal, ikan betutu punya banyak khasiat untuk kesehatan manusia, loh.

Khasiat tersebut diberikan oleh ikan betutu karena daging empuknya mengandung vitamin B1, B2, B6, E dan vitamin F yang bisa memperlambat proses penuaan.

Walaupun belum begitu terkenal untuk masakan rumah, harganya tetap mahal, loh. Setiap 1 kg ekor ikan betutu biasanya dijual dengan harga Rp150.000,- hingga Rp200.000,-.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Ikan Gabus

Jenis Ikan Air Tawar Murah
ikan gabus - suara

Sering mendengar ikan yang satu ini? Citranya sebagai ikan yang hidup di air tawar ini sering dianggap sebagai hama atau hewan pengganggu bila masuk ke dalam kolam ikan peliharaan manusia. Citra tersebut dikarenakan ikan gabus sering memangsa ikan-ikan kecil lainnya di dalam kolam.

Meskipun begitu, ikan dengan nama latin Channa Striata ini cukup banyak mengandung protein, loh. Bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan ikan bandeng, ikan mas, ikan kakap, dan ikan sarden.

Setiap 1 kg ikan gabus dijual dengan harga rata-rata Rp60.000,-.

5. Ikan Gurame

Ikan Air Tawar Indonesia
Ikan gurame - petpintar

Siapa lagi yang tidak kenal dengan ikan gurame? Ikan yang satu ini menjadi ikan favorit di kalangan masyarakat Indonesia sebagai santapan rumahan karena dagingnya yang sangar gurih dan tidak terlalu banyak duri.

Kepopulerannya ini menyerupai ikan mujair, dan lele, dimana ketiga ikan ini sangat mudah ditemukan dijual di berbagai kedai makan pinggir jalan.

Setiap 1 kg ikan gurame segar dan besar dijual dengan harga rata-rata Rp52.000,-.

Baca Juga: 6 Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah untuk Pemula, Siap Berbisnis!

6. Ikan Mas

Jenis Ikan Air Tawar
Ikan mas - klepoon

Mungkin sebagian dari kamu ada yang berpikir ikan dengan nama yang identik dengan ikan hias kenapa bisa masuk kategori ikan konsumsi. Jangan khawatir, ikan mas sangat aman dan lezat untuk dikonsumsi, kok.

Bahkan, karena banyaknya orang yang mencari ikan mas sebagai santapan rumahan, banyak juga orang-orang di Indonesia yang berbondong-bondong untuk membudidayakannya.

Setiap 1 kg ikan mas segar dan besar dijual dengan harga rata-rata Rp60.000,-. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan memasak ikan mas menjadi ikan pepes, ikan bakar, dan ikan goreng.

7. Ikan Lele

Ikan Air Tawar Khas Indonesia
Ikan lele - thiruvananthapuram

Pasti sering mendengar ikan lele, dong. Ikan yang satu ini memang sudah terkenal dan ada di kedai makan manapun di pinggir jalan.

Cita rasa masakan ikan lele sangat menggugah selera makan orang Indonesia, Dagingnya gurih, empuk dan cukup murah dibeli.

Setiap 1 kg ikan lele segar dijual dengan harga rata-rata Rp30.000,-.

8. Ikan Mujair

Jenis Ikan Air Tawar Paling Sering Dikonsumsi
Ikan mujair - grid

Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak dan gurih, harga per ekor ikan mujair masak dijual cukup murah.

Namun, kamu tidak bisa memakan ikan mujair terlalu sering mengingat kadar lemak buruk di dalamnya terlalu banyak.

9. Ikan Patin

Ikan Air Tawar
Ikan Patin - budidaya ikan patin pro

Ikan patin memiliki bentuk tubuh memanjang, warna putih perak dengan punggung sedikit kebiruan, kepala relatif kecil, serta tidak memiliki sisik. Habitat mereka berada di tepi sungai besar, muara sungai dan danau.

Jika kamu tertarik untuk memancing dan mencari ikan patin di sungai untuk dikonsumsi, sangat direkomendasikan untuk memancingnya di malam hari. Karena, ikan patin termasuk ke dalam golongan hewan nokturnal yang aktif di malam dan cenderung diam di siang hari.

Baca Juga: Sebelum Membelinya, Kenali Jenis-Jenis Ikan Arwana yang Bikin Mata kita Terpesona!

10. Ikan Tawes

Ikan Tawes
Ikan tawes - petpintar

Ikan air tawar selanjutnya yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah ikan tawes. Dia adalah jenis ikan yang masih berkerabat dengan ikan nilem yang hidup di perairan sungai. Mayoritas, mereka hidup di perairan yang cukup diam dan menggenang.

Sebagaimana jenis ikan air tawar lainnya, cara merawat dan memelihara ikan tawes tidak diperlukan tips khusus yang rumit dan mahal. Tidak heran banyak orang yang membudidayakannya untuk tujuan penjualan konsumtif.

11. Ikan Nila

Jenis Ikan Nila
Ikan nila - luwu utara

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini sebenarnya berasal dari Afrika, tepatnya dari afrika bagian timur, pada tahun 1969 ikan ini menjadi ikan peliharaan yang populer di Indonesia.

Namun terkadang, ikan-ikan ini menjadi hama di setiap sungai dan danau di Indonesia. Ciri-ciri ikan nila memiliki panjang total sekitar 30 cm jika sudah beranjak dewasa. Tubuhnya berwarna kehitaman serta sirip punggungnya berwarna agak kemerahan.

Ikan nila menjadi salah satu sumber protein hewani yang murah untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Faktor yang membuatnya murah adalah cara budidayanya yang mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Budidaya ikan nila hanya dilakukan di kolam-kolam atau tangki pembesaran. Ikan ini juga mengandung kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi, sementara asam lemak omega-3 yang rendah. Maka dari itu tidak disarankan bagi kamu penderita darah rendah untuk mengonsumsi ini ya.

12. Ikan Sidat

Jenis Ikan Mirip Belut
Ikan sidat - dictio

Banyak dari kalian yang mengira ikan sidat adalah jenis belut yang biasa kita tangkap di sawah atau di sungai. Ikan sidat dan belut adalah dua hewan yang berbeda.

Kelompok ikan ini memiliki tubuh yang ramping dan memanjang persis seperti belut. Sebenarnya ikan ini kebanyakan hidup di laut, namun ada juga ikan sidat yang hidup di air tawar.

Sidat juga dinilai sebagai jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan gizi yang jauh lebih banyak dibandingkan ikan salmon yang sudah sangat terkenal enak.

Bahkan kandungan gizinya baik dikonsumsi untuk mendukung perkembangan otak anak.

Jenis-jenis Ikan Air Tawar Hias Paling Populer Dipelihara

Selain 12 jenis-jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi, ada juga 11 ikan air tawar yang populer dipelihara. Mereka dipelihara karena dagingnya bentuknya yang unik dan cantik sehingga harganya di pasaran cukup mahal.

Berikut ini 11 jenis ikan air tawar yang wajib kamu pelihara di akuarium:

  1. Ikan Arwana
  2. Ikan Cupang
  3. Ikan Discus
  4. Ikan Gurame Padang
  5. Ikan Koi
  6. Ikan Koki
  7. Ikan Komet
  8. Ikan Lele Ekor Merah
  9. Ikan Louhan
  10. Ikan Oscar
  11. Ikan Guppy

Itu dia 23 jenis-jenis ikan air tawar paling banyak diminati orang Indonesia. Tertarik untuk memeliharanya? Ketahui cara perawatannya masing-masing pada setiap ikan yang sudah pernah PetPi bagikan di artikel lainnya, ya.

Yuk, tuliskan pendapat dan pilihan kamu pada kolom komentar di bawah dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu jika bermanfaat. Sampai jumpa di artikel lainnya ya!

Terbit: Jumat, 28 Agustus 2020, 10:00 WIB
Update pada: Kamis, 17 Desember 2020, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_freshwater_aquarium_fish_species
  • https://fishingnortheast.net/fishing-resources-links/what-how-tos/freshwater-fish-identification/
  • https://hewany.com/ikan-air-tawar/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_nila
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sidat
  • https://www.nationalgeographic.com/animals/fish/group/freshwater-fish/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar