Hari ini: Minggu, 16 Mei 2021
Sabtu, 05 September 2020, 19:00 WIB

Sebelum Ternak, Kenali Dulu 8 Ciri-ciri Ikan Bawal

Sebelum Ternak, Kenali Dulu 8 Ciri-ciri Ikan Bawal

Beternak ikan bawal dikenal sangat menguntungkan. Untuk kamu yang tertarik, sebaiknya kenali dulu ciri-ciri ikan bawal dan perbedaan antara jantan & betina.

Ikan bawal (bahasa latin: Colossoma Macropomum) adalah jenis ikan dari spesies keluarga Bramidae yang habitat aslinya berasal dari sungai Amazon Brazil.

Karena penyebarannya yang sangat cepat, ikan bawal bisa kamu temukan di berbagai tempat di dunia, termasuk di seluruh penjuru Indonesia.

Karena bentuk dan jenisnya yang masuk ke dalam kategori karnivora seperti ikan piranha, banyak orang yang tidak tahu apa jenis ikan apa yang ada di hadapan mereka. Karena memang ciri fisik dan karakteristik dari kedua ikan ini sangat mirip.

Akan tetapi, sebenarnya cukup mudah untuk kamu mengidentifikasi ikan bawal dari ciri fisik pada seluruh badannya.

Kebetulan, kali ini PetPir akan membagikan artikel ciri-ciri ikan bawal lengkap dengan gambarnya. Simak lebih lengkap artikel berikut ini.

8 Ciri-ciri Ikan Bawal Dilihat dari Fisik dan Cara Berenangnya

Ciri Ciri Ikan Bawal

Sebagai ikan yang banyak dicari dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, ikan bawal memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembudidaya untuk memeliharanya. Harga 1kg ikan bawal dijual mulai dari Rp55.000,- tergantung pasar.

Harga yang cukup menarik, bukan? Bagi kamu yang ingin membudidayakan ikan bawal juga, simak lebih lengkap apa saja ciri-ciri ikan bawal. Jangan sampai salah menduga ikan lainnya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ikan Bawal Memiliki Bentuk Badan Oval

Secara umum, cara mengidentifikasi ikan bawal bisa dimulai dari melihat bentuk badannya yang oval dan cenderung pipih. Oval dan pipihnya bentuk badan ini menjadikan perbandingan antara tinggi dan panjang ikan bawal 1:2.

Bila panjang badan ikan bawal sekitar 30cm, maka bisa dipastikan tinggi ikan bawal sekitar 15cm. Untuk kamu yang sering makan ikan bawal di warung nasi Padang mungkin akan lebih mudah membayangkan bagaimana perbandingan bentuk badan oval dan pipih ikan bawal.

2. Warna Merah pada Bagian Sirip

Setiap ikan bawal, baik jantan maupun betina sering kali ditemukan warna merah yang menghiasi sirip ekor, sirip perut, dan sirip anusnya. Berbeda dengan ikan piranha yang memiliki warna putih pada bagian sirip ekornya.

Pada umur tertentu, ikan bawal yang belum memasuki usia remaja/dewasa, kerap tidak ditemukan warna merah pada beberapa bagian sirip tersebut.

Jangan khawatir, masih ada cara lain untuk mencari ciri-ciri ikan bawal yang lebih akurat di bawah ini.

3. Warna Lebih Gelap dibandingkan Ikan Piranha

Selain warna merah pada bagian sirip, keseluruhan warna badan ikan bawal pun cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan ikan piranha.

Warna ikan bawal lebih gelap karena pada dasarnya ikan piranha memiliki warna merah silver yang lebih mencolok lengkap dengan corak bintik-bintik pada sekujur badannya.

4. Garis Hitam pada Bagian Sirip Ekor

Ikan bawal merupakan ikan yang memiliki 5 buah sirip dalam badannya, yaitu punggung, dada, anus, perut, dan ekor. Bila kamu perhatikan dengan seksama, maka kamu bisa menemukan adanya garis hitam yang lurus pada bagian pangkal sirip ekornya.

Ciri-ciri ikan bawal yang satu ini dinilai cukup akurat oleh kebanyakan penjual ikan di pinggir jalan dan pembudidaya yang sudah lama mengembangkan bisnis ikan bawal.

Ciri-Ciri Ikan Bawal Selanjutnya...

5. Kepala Kecil dan Gigi Tajam dengan Rahang yang Pendek

Sama halnya karakteristik dari kepala dan gigi antara ikan bawal dan ikan piranha. Kedua-duanya memiliki ukuran kepala yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran badannya.

Di dalamnya mulutnya, ada deretan gigi tajam yang digunakan untuk mencincang mangsanya.

Namun, sebenarnya rahang dari ikan bawal ini tidak sepanjang ikan piranha yang kerap kali membuat giginya selalu terlihat dengan jelas dan mengerikan.

Meski lebih pendek bukan berarti rahang bawal tidak kuat, loh.

6. Gerakannya Lambat

Sekarang, kamu saksikan ikan bawal kamu berenang bersamaan dengan ikan lainnya, seperti lele dan gurame.

Perhatikan dengan seksama, maka kamu akan mendapati gaya berenang ikan bawal akan jauh lebih lambat dibandingkan dengan ikan lainnya.

Hal ini dikarenakan oleh bentuk tubuhnya yang oval dan pipih membuat setiap gerakan renangnya tidak bisa lebih cepat.

7. Benih Ikan Bawal Masih Termasuk Omnivora, dan Berubah Jadi Karnivora Ketika Besar

Meski terkenal dengan ikan karnivora, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu bahwa sebetulnya antara ikan bawal dewasa dan benih ikan bawal kecil memiliki jenis makanan yang berbeda satu sama lain.

Saat masih berbentuk benih/kecil, ikan bawal cenderung akan menjadi hewan omnivora dengan makanan favoritnya berupa tumbuhan air, dan plankton.

Ketika besar, mereka akan berubah menjadi karnivora yang makanan favoritnya adalah ikan kecil, serangga air, dan udang kecil.

Tumbuh besarnya ikan bawal tersebut diikuti dengan tumbuh besar dan tajamnya gigi yang mereka miliki

8. Ukurannya Lebih Besar daripada Ikan Piranha yang Seumuran

Meski memiliki umur yang karakteristik yang hampir sama, jika dibandingkan dengan ikan piranha yang seumuran, maka ukuran ikan bawal akan terlihat lebih besar.

Hal ini terjadi bukan karena jenis makanan yang dikonsumsi antara kedua jenis ikan ini. Tapi, hal ini terjadi karena tingkat nafsu makan ikan bawal yang sangat tinggi.

Untuk satu jenis ikan bawal yang baru berumur 6-7 bulan saja, berat badan mereka bisa mencapai kurang lebih 500gram per ekor. Tidak heran kalau peternak ikan yang satu ini akan lebih sering panen dibandingkan dengan ikan lainnya yang memerlukan waktu lebih lama.

Bonus: Tips Membedakan Ikan Bawal Jantan dan Betina

Ciri Ikan Bawal

Mungkin, sesekali kamu perlu tahu bagaimana ciri-ciri dari perbedaan ikan jantan dan betina untuk bekal ilmu suatu ketika kamu ingin membudidayakan jadi lebih banyak dengan mengawinkannya. Perhatikan tips berikut ini untuk mengetahui perbedaan bawal jantan dan betina.

  • Ikan bawal jantan dewasa berenang lebih aktif dan gesit dibandingkan bawal betina.
  • Ikan bawal jantan memiliki sperma berwarna putih bila kamu pijat urut bagian perut ke arah kelamin.
  • Bentuk badan ikan bawal betina lebih gemuk dibandingkan bawal jantan.
  • Warna merah ikan bawal betina lebih cerah dan menyala dibanginkan bawal jantan.
Tabel Perbedaan Ikan Bawal Jantan dan Betina

Perbedaan

Bawal Jantan

Bawal Betina

Cara Berenang

Lebih aktif dan gesit

Lebih pasif

Metode Pijit

Memiliki sperma putih jika dipijit

Tidak memiliki sperma putih

Bentuk badan

Sedang

Lebih besar

Warna Tubuh

Warna kemerahan sedang

Warna kemerahan lebih cerah

Nah, itu dia tadi 8 ciri-ciri ikan bawal yang bisa kamu identifikasi sendiri dengan mudah. Sekarang, kamu memelihara ikan bawal untuk dijadikan bisnis ternak bawal. Semoga sukses bisnis bawal kamu, ya!

Oh iya, jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana cara memelihara ikan bawal dengan baik. Persiapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Maksimalkanlah pertumbuhan bawal agar berkembang besar lebih cepat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.net/pomfret/
  • https://faystory.wordpress.com/2017/11/14/karakteristik-ikan-bawal-colossoma-brachypomum/
  • https://hewanpedia.com/ikan-bawal-air-tawar-dan-fakta-mengenainya/
  • https://www.britannica.com/animal/pomfret-fish

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar

Pertanyaan yang sering ditanyakan seputar ciri ciri ikan bawal

Apa rasa ikan bawal?

Rasa ikan bawal sangat cocok dilidah manusia sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan bawal memiliki daging yang tebal tetapi tidak berbau amis, bertekstur halus dan juga berwarna kemerahan. Selain itu, ikan ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.