Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 05 Agustus 2021, 16:00 WIB

7 Makanan Ikan Oscar yang Paling Direkomendasikan

7 Makanan Ikan Oscar yang Paling Direkomendasikan

makanan ikan oscar - ltk

Dalam pemberian makanan ikan oscar, haruslah sesuai dengan porsi dan ukuran tubuhnya. Berikut makanan untuk ikan oscar yang paling direkomendasikan

Halo, Sobat Pintar. Apakah kamu pernah mendengar tentang ikan oscar? Ikan yang dikenal memiliki warna cantik. Dalam perawatannya sendiri juga tidak bisa main-main, terlebih dalam urusan makanan ikan oscar. Ikan yang berasal dari Amazon, Brazil ini termasuk dalam ikan predator.

Namun, tidak agresif seperti ikan piranha. Dalam artikel ini, Petpi akan membahas beberapa rekomendasi jenis makanan untuk ikan oscar yang bisa sobat pintar berikan. Yuk, ikuti terus pembahasannya. 

Daftar Makanan untuk Ikan Oscar

Makanan Ikan Oscar
makanan ikan oscar - akuatik

Sebelum memelihara ikan oscar, kamu juga harus mengetahui makanan terbaik untuk ikan oscar yang berguna untuk pertumbuhannya. Makanan yang kamu berikan juga harus sesuai dengan kandungan gizi yang dibutuhkan. Berikut makanan terbaknya.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ikan Kecil

Memberikan ikan kecil sebagai variasi makan bagi ikan oscar juga dapat bertujuan mempertahankan insting berburunya. Sobat bisa melihat bagaimana ikan predator ini berburu seperti di alam tempat dia tinggal.

Namun, saat kalian memasukkan ikan kecil lebih hanya masukan tiga ekor, jangan terlalu banyak karena itu akan membawa dampak yang tidak baik. Seperti :

  • Ikan oscar bisa menjadi terlalu gemuk dan mengakibatkan si ikan tidak gesit.
  • Menyebabkan jumlah kotoran di aquarium jadi banyak dan dikhawatirkan akan menyebabkan penyakit atau racun.
  • Ikan kecil bisa saja membawa parasit atau penyakit dan menularkan ke ikan oscar kalian.
  • Tentunya akan menyebabkan pengeluaran kalian juga lebih besar karena nantinya ikan oscar kemungkinan tidak mau makan makanan yang lain.

2. Pelet

Pelet menjadi pilihan praktis bagi banyak pemelihara ikan untuk makanan ikan oscar peliharaannya, karena selain praktis dalam penyimpanannya dan juga lebih tahan lama. Pelet dapat ditemukan dengan mudah, dan untuk harga pelet sendiri jauh lebih terjangkau daripada pakan alami.

Walau bisa memberikan pelet apapun pada ikan oscar, namun ada baiknya bila sobat membeli pelet yang khusus.

3. Kelabang

Pasti banyak dari sobat yang takut dengan kelabang, karena memang kelabang kebanyakan berbahaya jika sampai kita terkena sengatnya.

Namun, siapa yang sangka jika kelabang dapat menjadi pakan yang baik untuk ikan oscar. Hewan yang satu ini ternyata memiliki kandungan yang bisa membuat warna ikan oscar menjadi lebih cerah.

4. Kutu Air

Biasanya kutu air diberikan sebagai makanan ikan oscar baby atau biasa disebut burayak (larva ikan), karena kutu air memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan menguatkan tulang burayak.

Bahkan daya tahan ikan pun juga akan meningkat sehingga tidak mudah sakit.

5. Ulat Hongkong

Pakan ikan oscar yang satu ini memang menjadi primadona bagi semua pecinta ikan, karena memang ulat Hongkong memiliki kandungan protein tinggi yang dapat mempercepat pertumbuhan dan membuat warna sisik ikan oscar lebih cerah.

6. Jangkrik

Serangga ini sangatlah populer untuk dijadikan pakan utama ikan, selain karena mudah dicari dan harganya yang ramah dikantong. Jangkrik memiliki kandungan gizi dan protein yang dibutuhkan oleh ikan oscar. Selain itu jangkrik juga memiliki manfaat sebagai penambah nafsu makan.

Petpi sarankan, sebelum sobat memberikan jangkrik kepada ikan oscar. Ada baiknya kaki-kaki jangkrik dipotong terlebih dahulu agar tidak membuat mulut ikan terluka.

7. Udang

Selain jangkrik, sobat juga dapat menjadikan udang sebagai makanan utama dari ikan oscar. Kandungan gizi dan protein yang tinggi tentu dapat membuat ikan menjadi sehat.

Lalu udang juga memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk mencerahkan warna ikan secara maksimal, selain itu ternyata udang mengandung hormon yang cukup tinggi sehingga dapat meregenerasi sel ikan.

Pemberian Makanan yang Tepat untuk Ikan Oscar

Makanan Ikan Oscar
waktu yang tepat untuk memberikan makanan ikan oscar - wide open pets

Pemberian makan pada ikan oscar juga tidak dapat asal-asalan, sobat. Kalian harus memberikan makanan dengan porsi yang tepat sesuai dengan ukuran ikan yang kalian miliki.

Berikut ini adalah cara pemberian makan yang tepat untuk ikan oscar: 

  • Pemberian makan pada ikan oscar kecil dan remaja

Jika sobat bingung membedakan mana ikan yang masih kecil dan sudah remaja, kalian cukup melihat dari ukuran tubuh si ikan.

Apabila panjangnya kurang dari 10 cm berarti ikan oscar tersebut masuk ikan kecil, jika sudah 10 cm atau lebih berarti masuk ikan remaja.

    • Aturan makan untuk ikan oscar kecil dan remaja

Untuk ikan oscar kecil, kalian dapat memberikan makan sehari maksimal tiga kali. Berikan dengan porsi yang sama di setiap waktunya.

Untuk ikan oscar remaja, pemberian makan dapat diberikan maksimal dua kali dalam sehari, dengan porsi yang sama pada setiap waktunya.

  • Pemberian makan pada ikan oscar dewasa

Ikan oscar dewasa adalah ikan oscar yang usianya sudah satu tahun, untuk pemberian makan ikan dewasa cukup sekali dalam sehari, bahkan ada juga yang memberikan makan ikan oscar hanya empat kali dalam satu minggu. Dengan tujuan agar ikan oscar dapat mencerna makanannya dengan baik dan benar.

Tujuan dari pemberian makan dengan porsi yang tepat adalah agar tidak adanya makanan yang sia-sia dan berakhir menjadi kotoran di dasar aquarium.

Karena apabila aquarium ikan kotor akibat makanan yang terbuang, itu dapat berubah menjadi racun dan berakibat ikan terkena penyakit lalu akhirnya mati. 

Pada dasarnya dalam pemberian makan ikan oscar, kalian tetap harus memperhatikan kualitas dari pakan yang diberikan, perhatikan juga komposisi pada saat pemberian pakan baik pakan yang hidup atau pakan alternatif.

Apabila makanan yang diberikan tidak dimakan dalam waktu 2 sampai 3 menit, segara angkat agar tidak mengotori akuarium. Itulah 7 rekomendasi makanan ikan oscar yang baik untuk tumbuh kembang ikan peliharaan sobat pintar di rumah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquapedia.id/makanan-ikan-oscar/
  • https://www.akuatik.id/makanan-ikan-oscar/#9_Pelet
  • https://www.hobinatang.com/2017/12/makanan-ikan-oscar-cepat-besar.html?m=1

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar