Hari ini: Kamis, 25 Februari 2021
Selasa, 05 Januari 2021, 10:00 WIB

10 Jenis Ikan Cupang Hias Kontes yang Cantik dan Elegan, Cocok Dipelihara di Rumah

10 Jenis Ikan Cupang Hias Kontes yang Cantik dan Elegan, Cocok Dipelihara di Rumah

jenis ikan cupang - pet central

Mau pelihara jenis cupang hias kontes di rumah sebagai hiasan? Kenali jenis, karakteristik, harga, dan gambarnya yang sudah dirangkum lengkap berikut ini.

Ikan cupang atau yang memiliki nama ilmiah Betta splendens merupakan jenis ikan hias air tawar yang populer di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di kawasan Asia Tenggara terdapat lebih dari 73 spesies ikan cupang yang tergolong ke dalam famili Osphronemidae. Ikan ini hidup di lingkungan air tawar yang tenang, seperti rawa-rawa hingga sawah.

Cupang juga dikenal sebagai fighting fish dikarenakan tingkah lakunya yang agresif dan suka menyerang, baik itu pada sesama jenis ikan cupang ataupun jenis ikan lainnya.

Bukan hanya jenis ikan cupang aduan saja, saat ini juga kian populer jenis cupang hias yang dinikmati dari keindahan bentuk ekor, warna, dan corak sisik yang dimilikinya, lho.

Apakah Sobat Pintar ingin memelihara jenis ikan cupang hias di rumah? Yuk, simak dulu ulasan jenis-jenis ikan cupang dan gambarnya seperti berikut ini.

Rekomendasi Jenis Ikan Cupang Hias yang Cocok Sebagai Hiasan di Rumah

Dibanding jenis ikan hias lain, cara memelihara ikan cupang tergolong mudah untuk pemula dan tidak memerlukan banyak tempat sekaligus biaya.

Ikan cupang banyak dipelihara dalam wadah atau akuarium kecil yang memiliki sedikit ornamen di dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar ekor cupang tidak terluka sekaligus meningkatkan daya tariknya.

Di kalangan penggemarnya, jenis cupang hias banyak dibedakan berdasarkan bentuk ekornya. Makin unik bentuknya, tentu akan semakin meningkatkan harga ikan cupang di pasaran.

1. Ikan Cupang Crowntail

Jenis Ikan Cupang Hias
Ikan cupang crowntail - pinterest

Bagi pecinta ikan hias di Indonesia, ikan cupang crowntail juga dikenal sebagai cupang serit. Dinamakan crowntail karena bagian ekor pada ikan cupang ini memiliki bentuk menyerupai mahkota.

Ikan cupang crowntail memiliki karakteristik yang sangat agresif, teritorial, dan lebih suka hidup menyendiri. Harganya yang lumayan membuatnya termasuk salah satu jenis ikan cupang hias termahal.

Baca Juga: Mengenal Ciri-Ciri Ikan Cupang Betina dari Penampilan Fisik dan Tingkah Lakunya

2. Ikan Cupang Veiltail

Ikan Cupang Hias
Ikan cupamg veiltail - ltk

Jenis ikan cupang veiltail termasuk jenis cupang hias yang mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau. Yang membedakan ikan cupang veiltail dengan jenis lain adalah kekuatan ekor.

Ikan cupang veiltail tidak memiliki ekor dan sirip yang mengembang. Melainkan tampak panjang dan menjuntai "lemah". Karakteristiknya juga kurang terlalu agresif, lho.

3. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Cantik
Ikan cupang plakat - shopify

Nama ikan cupang plakat berasal dari bahasa Thailand "pla kat" yang berarti ikan petarung. Hal ini dikarenakan cupang plakat lebih banyak dimanfaatkan sebagai jenis ikan cupang aduan.

Berbeda dengan jenis ikan cupang hias kontes, cupang plakat memiliki ekor dan sirip yang pendek. Walaupun begitu, ikan ini dikenal agresif serta memiliki tubuh kuat dan rahang bertenaga.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Cupang Terpopuler
ikan cupang half moon - tank facts

Berbicara mengenai jenis cupang terpopuler saat ini, ikan cupang halfmoon menjadi yang paling banyak diperbincangkan karena keindahan bentuk sirip dan ekornya.

Ikan cupang halfmoon memiliki sirip dan ekor yang seakan menyatu membentuk setengah lingkaran, mirip seperti bulan sabit.

5. Ikan Cupang Over-Halfmoon

Ikan Cupang Hias Terbaik
Ikan cupan over halfmoon - bangalore aquarium

Hampir serupa dengan cupang halfmoon, jenis ikan cupang over-halfmoon juga memiliki sirip dan ekor yang panjang, bulat, dan seakan menyatu.

Perbedaan keduanya adalah pada ukuran sirip dan ekor pada ikan cupang over-halfmoon yang bahkan bisa membentang melebihi setengah lingkaran, lho.

Baca Juga: Mau Ternak? Kenali Ciri-Ciri Ikan Cupang Sudah Bertelur yang Perlu Diperhatikan

6. Ikan Cupang HMPK

Jenis Ikan Cupang Biru
Ikan cupang hmpk - pinterest

HMPK merujuk pada singkatan Halfmoon Plakat, yang merupakan jenis ikan cupang yang merupakan hasil breeding atau persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon dan ikan cupang plakat.

Dikarenakan hasil campuran antara kedua jenis tersebut, maka tak heran apabila ikan cupang HMPK bisa dijadikan sebagai ikan cupang hias dan aduan.

7. Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Paling Diminati
ikan cupang slayer - detik

Ikan cupang slayer juga merupakan hasil breeding atau persilangan antara jenis ikan cupang halfmoon dan ikan cupang crowntail atau serit.

Jenis ikan cupang hias kontes ini banyak dijual di pasaran dan menjadi favorit banyak kalangan. Pola warnanya pun beragam, mulai dari jingga, kuning, merah, dan sebagainya.

8. Ikan Cupang Rosetail

Ikan Cupang Hias
Ikan cupang rose tail - redit

Keindahan pola sirip dan ekor ikan cupang rosetail membuat banyak kalangan terpana. Variasi dari jenis ikan cupang halfmoon ini memiliki bentuk sirip dan ekor mirip seperti kelopak bunga mawar.

Adapun jenis ikan cupang feathertail yang memiliki bentuk serupa, namun terdapat percabangan pada sirip dan ekornya. Jenis cupang hias ini tidak direkomendasikan untuk pemula.

9. Ikan Cupang Delta

Jenis Ikan Cupang Unik
Ikan cupang delta - betta source

Ikan cupang delta memiliki bentuk sirip dan ekor yang menyempit di bagian pangkal dan mulai melebar pada bagian ujung menyerupai bentuk segitiga.

Penamaan ikan cupang delta terinspirasi dari salah satu huruf alfabet Yunani, yakni delta. Ikan cupang delta juga terkenal agresif, sehingga lebih baik dipelihara secara sendiri-sendiri.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Cupang Lengkap, Mudah untuk Budidaya dan Bisnis

10. Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Langka
Ikan cupang double tail - the aquarium guide

Ikan cupang double tail merupakan salah satu jenis cupang langka yang diperoleh melalui mutasi genetik. Hal ini membuat ikan cupang ini memiliki ekor terbelah dua, lho.

Selain langka, ikan cupang double tail juga memiliki tingkat harapan hidup yang rendah dan rentan terserang penyakit.

Dalam budidaya, jenis cupang hias ini tidak direkomendasikan untuk dikawinkan dengan jenis lainnya.

Nah, demikianlah ulasan mengenai jenis cupang hias yang memiliki penampilan cantik dan elegan sehingga cocok dipelihara di rumah sebagai hiasan.

Memelihara ikan cupang pun tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak persiapan. Tinggal pilih saja, hendak memelihara jenis ikan cupang aduan atau ikan cupang hias kontes, nih.

Bagaimana kalau Sobat Pintar sendiri? Kira-kira tertarik untuk memelihara ikan cupang yang cantik ini? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.petloverscentre.com/types-of-betta-fish/
  • https://www.fishkeepingworld.com/types-of-betta-fish/
  • https://www.livescience.com/betta-fish.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar