Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Minggu, 17 Januari 2021, 16:00 WIB

Bikin Cantik! Ini 8 Jenis Udang Hias yang Cocok untuk Aquascape di Rumah Beserta Harganya

Bikin Cantik! Ini 8 Jenis Udang Hias yang Cocok untuk Aquascape di Rumah Beserta Harganya

jenis udang hias - amazon

Kamu merasa Akuarium di rumah kurang cantik? Jangan cuma ikan saja. Coba pelihara jenis udang hias berikut ini untuk menambah cantik tampilan akuariummu

Jika kamu ingin membuat Aquascape di rumah, pastinya kamu akan mendekor dengan berbagai macam tanaman dan pasir untuk membuatnya indah dipandang mata.

Bukan hanya tanaman saja, namun ada beberapa makhluk hidup lain yang bisa kamu isi untuk mempercantik akuarium Aquascape kamu.

Salah satu pelengkap yang bisa kamu tambahkan di tank Aquascape kamu adalah udang.

Bukan udang yang biasa kita makan, namun udang hias kecil yang berwarna-warni yang tujuannya mempercantik Aquascape kita.

Ada beberapa jenis udang air tawar yang cocok untuk Aquascape. Kamu hanya tinggal memilih jenis udang apa yang sekiranya bisa memperindahnya. Nah, kira-kira jenis udang hias apa saja yang bisa kamu gunakan?

Jangan khawatir, PetPi akan kasih tau kamu jenis udang hias beserta harganya yang cocok untuk kamu.

Jenis udang Hias

Sebelum kamu membelinya, kamu harus memperhatikan, apakah ada jenis ikan yang kamu taruh di tank aquascape yang bisa memakan udang hias kecil ini. Jika tidak, kamu baru bisa menaruh udang hias yang lucu dan cantik.

Berikut adalah daftar jenis udang hias aquascape yang cocok untuk tank kamu.

Udang Hias Red Cherry Shrimp

Udang Hias Cantik
Udang hias red cherry - shutterstock

Udang hias pertama yaitu jenis Red Cherry Shrimp yang berasal dari Taiwan. Udang ini merupakan udang yang paling populer dan banyak diminati oleh para pemilik Aquascape.

Jenis udang ini mampu bertahan di suhu air 18 - 28,5 derajat celcius, sehingga mmeiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Dari namanya kamu sudah bisa menebak jika udang ini mempunyai warna merah merekah yang transparan. Udang ini cenderung mudah soal perawatannya. Pastinya udang ini akan menambah kecantikan tank Aquascape yang kamu buat.

Harga udang Red Cherry Shrimp: Rp 1.000 - Rp 2.000 / ekor

Baca Juga: 13 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dan Mudah Dipelihara di Akuarium

Udang Hias Crystal Red and Black Shrimp

Udang Hias Terbaik
udang hias red crystal and black - aquatic arts

Salah satu udang hias terindah yang harus kamu miliki di akuarium adalah udang Crystal Red and black. Udang ini juga menjadi populer di kalangan pecinta Aquascape, karena memiliki warna yang indah.

Walaupun cantik, kamu harus berhati-hati dengan perawatan udang ini. Jenis ini sangat sensitif terhadap lingkungannya. Setidaknya kamu harus memiliki akuarium berukuran 5 galon untuk membuatnya lebih stabil.

Jika tidak, maka kamu harus bersiap bahwa udang ini akan mati secara mendadak.

Bukan hanya itu, masalah yang lain yang akan kamu temukan saat memelihara ikan ini adalah tidak bisa mentolerir perubahan air yang terdapat pada tank.

Perubahan sedikit saja sekitar 10% bisa membunuh mereka. Jadi walaupun cantik, kamu harus bisa merawatnya ya.

Harga udang Crystal Red and Black Shrimp: Rp 5.000 / ekor

Udang Hias Yellow Fire Shrimp

Jenis Udang Hias
udang hias yellow fire - amazon

Seperti namanya, udang ini memiliki tubuh yang sangat cantik yang dibalut dengan warna kuning transparan.

Udang ini cenderung lebih mudah dipelihara dibanding udang crystal red and black karena mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru.

Udang ini mampu bertahan dari suhu 22 - 29 derajat Celcius dengan kadar pH air sekitar 6 - 8 angka. Jika kamu ingin memiliki udang ini , PetPi punya rekomendasi settingan Aquascape yang bagus.

Udang ini lebih bagus jika kamu mengatur Aquascape dengan tanaman hijau dan substrat berwarna hitam, jadi kontras warna kuning ikan ini akan lebih terlihat

Harga udang Yellow Fire Shrimp: Rp 2.000 / ekor

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Udang Hias Blue Pearl Shrimp

Udang Hias Cocok Untuk Aquascape
udang hias blue pearl - pinterest

Siapa sih yang tidak terpesona dengan udang hias jenis ini. Bagaimana tidak indah, warna biru yang transparan membuat mata kita selalu terpesona dan refresh saat melihatnya di tank Aquascape kita.

Udang ini merupakan udang yang sangat cocok untuk Aquascape yang kamu miliki.

Selain warnanya yang membuat terpesona mata, udang ini juga digemari karena sifatnya yang tidak agresif.

Udang ini biasanya hanya memakan alga yang menempel pada tanaman, batu serta dinding akuarium. Seperti udang kuat lainnya, udang ini mampu bertahan hidup yang lebih baik pada suhu sekitar 20 - 26 derajat celcius.

Harga udang Blue Pearl Shrimp: Rp 2.000 / ekor

Udang Hias Cardinal Shrimp

Jenis Udang Hias Paling Cantik
udang hias cardinal - aquarium nexus

Kali ini kita akan melihat udang hias cantik yang berasal dari negara sendiri. Cardinal shrimp merupakan udang hias asli Indonesia yang berasal dari daerah Sulawesi.

Tidak kalah cantik dengan udang hias yang lainnya, warna dari Cardinal Shrimp ini berwarna merah namun agak kegelapan pada sekujur tubuhnya. Bintik putih yang ada menghiasi seluruh tubuhnya membuat udang hias ini nampak indah.

Udang ini tidak memerlukan perawatan khusus. Hanya dianjurkan pada aquascape yang kamu buat ditaruh dengan batu karang. Udang Cardinal menyukai batu karang untuk sekedar ia berjalan mengelilingi bebatuan tersebut.

Harga udang Cardinal Shrimp: Rp 6.000 / ekor

Baca Juga: Bukan Cuma Indah, Ini Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kehidupan Manusia

Udang Hias Red Nose Shrimp

Jenis Udang Hias
udang hias red nose - skfaquatics

Jenis udang hias yang selanjutnya berasal dari negara asia selatan yaitu India. Dari semua udang hias yang sudah kita tau di atas, udang ini mempunyai bentuk yang berbeda.

Dari namanya saja, kamu sudah tau kan bentuk udang ini?

Udang Red Nose ini memiliki hidung berwarna merah yang menyerupai cula sehingga membuat udang ini berbeda dengan udang hias lainnya.

Warna tubuhnya yang putih transparan membuat cantik dan indah saat dipandang, apalagi dipadukan dengan Aquascape yang kamu buat.

Udang ini mampu hidup di suhu air 20 0 28 derajat celcius serta pH air sekitar 6,5 - 7,5 sehingga sangat mudah untuk kamu merawat udang ini.

Harga udang Red Nose Shrimp: Rp 3.000 / ekor

Udang Hias Blue Diamond Shrimp

Jenis Udang Hias Tercantik
udang blue diamond shrimp - amazon

Udang yang satu ini masih ada hubungannya dengan red cherry shrimp nih Sobat. Hanya saja udang hias ini berwarna biru yang juga berasal dan dibudidayakan juga dari Taiwan.

Blue diamond shrimp sangat mudah untuk dirawat karena mampu beradaptasi dengan berbagai macam parameter air. Walaupun begitu, udang ini direkomendasikan ditaruh pada kadar pH air minimal 8 agar warnanya tetap cerah.

Untuk membudidayakan udang hias ini juga terbilang mudah. Taruh udang hias jantan dan betina ini di satu akuarium. Lalu diamkan sampai mereka kawin.

Biasanya udang betina akan membawa telur selama kurang lebih 30 hari samapi menetas.

Harga udang Blue Diamond Shrimp: Rp 3.000/ekor

Udang Hias Carbon Rili Shrimp

Jenis Udang Tercantik Di Dunia
udang carbon rilii shrimp - flip aquatics

Salah satu udang hias yang juga terkenal adalah udang Carbon Rili biasanya dikenal luas di masyarakat Indonesia sebagai udang Black Rili. Udang ini juga termasuk udang yang mampu dirawat karena mudah beradaptasi dengan berbagai macam jenis air.

Selain itu, udang ini juga hanya diberi makan sekitar 2-3 kali saja dalam seminggu. Ini untuk menghindari kematian pada uang hias jika diberikan makanan yang berlebih.

Bernama ilmiah neocaridina davidi, udang ini memiliki ciri khas tubuh berwarna hitam pada bagian depan, transparan dan mempunyai bintik-bintik hitam pada bagian belakang yang dilanjutkan warna hitam pada ekornya.

Usut punya usut, ternyata ikan ini masih satu kerabat dengan red cherry shrimp yang berasa dari Taiwan.

Harga udang Black / Carbon Rili Shrimp: Rp 1.900/ekor

Nah itulah dia beberapa jenis udang hias yang cocok untuk Aquascape yang kamu miliki. Bukan hanya ikan saja yang bisa kamu pelihara di tank Aquascape, namun udang juga bisa mempercantiknya lho.

Kamu bisa memilih udang hias yang memberikan warna kontras dengan tank Aquascape. Sekian dari PetPi, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Terbit: Jumat, 30 Oktober 2020, 16:00 WIB
Update pada: Minggu, 17 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquariumadviser.com/freshwater-aquarium-shrimp/
  • https://www.buildyouraquarium.com/freshwater-shrimp-species/
  • https://www.ikanesia.id/2020/04/jenis-jenis-udang-hias-air-tawar-yang.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar