Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Sabtu, 13 Februari 2021, 18:00 WIB

Rahasia Makanan Ikan Louhan Berkualitas Agar Cepat Jenong dan Merah Warnanya

Rahasia Makanan Ikan Louhan Berkualitas Agar Cepat Jenong dan Merah Warnanya

makanan ikan louhan - flower horn farming

Mau ikan louhan sehat, cepat jenong, dan merah? Yuk, simak rahasia merek pelet dan makanan ikan louhan alami yang sehat untuk warna dan jenong berikut ini.

Ikan louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang harganya relatif mahal, hampir sama seperti ikan arwana maupun ikan koi.

Ada beberapa ciri ikan louhan yang khas dan menjadi salah satu faktor penentu harganya, mulai corak warna dominan, motif hitam yang membentuk pola, hingga jenong pada bagian kepala.

Selain itu pula harga ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor jenis ikan louhan sendiri. Misalnya ikan louhan super red dragon dan ikan louhan kamfa yang bahkan harganya tembus Rp3-3.5 jutaan, lho.

Nah, untuk menaikkan harga sebuah ikan louhan tidak jarang beberapa pemilik memilih beberapa jenis makanan ikan louhan biar cepat jenong dan merah warnanya.

Apa sajakah makanan tersebut dan bagaimana cara pemberiannya? Daripada makin penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya yang sudah PetPi rangkum berikut ini.

Rekomendasi Makanan Ikan Louhan Berkualitas Biar Cepat Jenong dan Merah

Makanan Ikan Louhan
Makanan ikan louhan terbaik - my aquarium club

Dalam urusan makanan, ikan louhan cenderung memiliki nafsu makan yang besar di mana mereka akan melahap makanan apapun yang kamu berikan ke dalam akuarium.

Melansir laman FishKeepingWorld.com, ikan louhan merupakan jenis ikan omnivora yang membuat asupan makanan yang diberikan bisa berupa paduan hewan dan tumbuhan.

Demi mendapatkan ikan louhan yang cepat jenong dan merah warnanya, Sobat Pintar memerlukan setidaknya dua nutrisi penting, yakni kombinasi protein dan lemak.

Sebagaimana ikan hias peliharaan lain, louhan dapat mengonsumsi pelet sebagai pakan utamanya. Selain itu ada juga makanan ikan louhan alami, baik dalam keadaan hidup ataupun beku.

Dengan tersedianya variasi tersebut, kamu bisa memadukan berbagai jenis makanan ikan louhan terbaik seperti yang sudah PetPi rangkum di bawah ini, nih.

Pilihan Merek Pelet Ikan Louhan Terbaik dan Harganya

Merk Pelet Ikan Louhan Terbaik
merk pelet ikan louhan terbaik - the spruce pets

Sebagai pengganti makanan ikan louhan sekaligus pakan harian, kamu bisa memberikan pelet khusus ikan louhan yang umumnya juga memiliki kandungan protein tinggi, baik yang berasal dari hewan atau tumbuh-tumbuhan.

Pelet ikan louhan terbaik ini diformulasi khusus, misalnya pelet ikan louhan untuk warna lebih cerah dan corak menarik. Ada pula pelet ikan louhan untuk jenong lebih besar dan cepat tumbuhnya, lho.

Beberapa merek dan harga makanan ikan louhan ini yang terbilang mudah ditemukan di toko perlengkapan hewan dan ecommerce antara lain sebagai berikut.

  • Okiko Platinum Head Huncher; merupakan jenis pelet ikan louhan yang mengambang dan bisa membuat cepat jenong. Harga makanan ikan louhan impor dari Thailand ini mulai Rp35 ribuan.
  • Topka Platinum Head Huncher; menawarkan makanan ikan louhan yang tinggi kaya akan kandungan protein untuk perkembangan jenong. Merek topka diklaim impor dari Taiwan ini punya kisaran harga mulai Rp20 ribuan.
  • Akari Premium Red Louhan; merupakan jenis pelet yang sudah banyak dikenal di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Pelet akari mampu meningkatkan kualitas warna dan pola mutiara pada ikan louhan. Harga pelet ikan louhan ini mulai dari Rp60 ribuan.
  • Lucky88; merupakan jenis pakan ikan louhan lokal yang memiliki banyak manfaat, mulai dari memperbesar jenong, meningkatkan warna dan pola mutiara, serta mempertebal tubuh louhan. Harga pelet Lucky88 mulai dari Rp85 ribuan.
  • Black Hikari UN; memiliki kandungan lengkap mulai dari protein, vitamin, dan mineral. Pelet Black Hikari UN juga dapat membuat ikan louhan lebih aktif dan memperbesar jenong. Harga pakan ini berkisar Rp145 ribuan.
  • Tetra Louhan; selain untuk ikan louhan, pelet Tetra juga tersedia untuk jenis ikan hias lainnya. Tetra Louhan diklaim dapat menaikkan warna dan corak mutiara ikan louhan. Harga pelet ikan hias ini relatif terjangkau, mulai dari Rp75 ribuan per kemasan.

Pilihan Makanan Ikan Louhan Alami Kondisi Hidup atau Beku

Beberapa pemelihara ikan louhan juga memberikan makanan alami berupa cacing, serangga, ikan kecil, hingga udang sebagai pakan hariannya.

Jenis makanan ini dapat diberikan dalam kondisi hidup, misalnya serangga yang perlu kamu perhatikan asal muasalnya, tingkat kebersihan, hingga kontaminasi pestisida di dalamnya.

Ada pula jenis makanan beku, misalnya berupa cacing yang perlu kamu persiapkan terlebih dulu sebelum diberikan untuk ikan louhan.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Cacing-Cacingan

Pertama ada berbagai jenis cacing, mulai dari cacing merah, cacing sutra, dan cacing beku yang bisa kamu jadikan sebagai makanan ikan louhan agar cepat jenong dan merah warnanya.

Cacing pun sebenarnya bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mencarinya di sekitar daerah tempat tinggalmu, misal pada tanah yang gembur dan lembab.

Selain itu kamu juga bisa membeli pakan cacing di toko perlengkapan ikan hias, baik dalam keadaan hidup maupun sudah dibekukan sebelumnya.

Untuk pemberian cacing beku untuk ikan louhan, sebaiknya cairkan terlebih dahulu hingga lembut sehingga dapat dengan mudah dilahapnya.

2. Jangkrik

Kemudian Sobat Pintar juga bisa memberikan makanan hidup berupa serangga, salah satunya adalah jangkrik yang mudah ditemukan di toko hewan atau perlengkapan burung.

Sebagaimana jenis pakan serangga pada umumnya, jangkrik memiliki kandungan protein dan lemak tinggi untuk merangsang pertumbuhan jenong, sirip, hingga ekor ikan louhan.

Sebelum memberikan jangkrik pada ikan louhan, sebaiknya kamu membuang terlebih dulu bagian tajam. Mulai dari sayap hingga kaki belakang jangkrik agar tidak membuat louhan tersedak, ya.

3. Ulat Hong Kong

Beberapa sumber menyarankan untuk memberikan kelabang untuk membuat ikan louhan semakin merah warnanya. Namun jenis pakan ini cukup berbahaya, baik untuk ikan atau pemiliknya.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan ulat hong kong yang umumnya juga digunakan sebagai pakan burung dan hewan peliharaan lainnya.

Ulat hong kong untuk louhan sendiri mengandung nutrisi berupa protein dan lemak yang tinggi, selayaknya jenis serangga kebanyakan.

4. Ikan dan Udang

Mungkin jenis makanan ikan louhan biar cepat jenong dan merah ini agak sulit dan harganya relatif mahal, namun menurut beberapa kalangan efektif untuk mendapatkan hasilnya.

Di sini kamu bisa memberikan pakan berupa ikan laut, ikan kecil, hingga krustasea seperti udang dan kepiting yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Salah satunya adalah karotenoid, yakni suatu zat pigmen antioksidan dalam makanan yang mampu meningkatkan kecerahan warna pada ikan louhan, terutama warna merah, jingga, dan kuning.

5. Pelet Khusus Ikan Louhan

Sebagai pelengkap daftar makanan di atas, kamu juga bisa memberikan pelet khusus ikan louhan yang umumnya juga memiliki kandungan tumbuh-tumbuhan di dalamnya.

Walaupun begitu ada pula beberapa pelet ikan louhan terbaik yang diformulasi khusus untuk mempercepat proses jenong dan meningkatkan kecerahan warnanya.

Beberapa merek makanan ikan louhan ini, seperti pelet Okiko Platinum Head Huncher dan pelet Tetra Louhan sangat mudah ditemukan dan harganya berkisar antara Rp25-75 ribuan saja.

Bagaimana Cara Memberikan Makanan Ikan Louhan Kecil Hingga Dewasa?

PetPi lansir dari laman FishKeepingWorld.com, cara memberikan makanan ikan louhan dewasa bisa dilakukan setidaknya 2-3 kali per hari, tergantung dari nafsu makan masing-masing.

Jika porsi makanan yang kamu berikan sesuai, ikan louhan akan mudah menghabiskannya dalam 5 menit. Walaupun masih tersisa, kamu bisa menguranginya di waktu makan berikutnya.

Sementara untuk pemberian makanan ikan louhan kecil atau anakan, sebaiknya diberikan pelet yang sesuai dengan besar mulutnya.

Seiring bertambahnya usia, kamu bisa memberikan pakan alami dengan ukuran yang juga disesuaikan.

Tips Tambahan dan Cara Memelihara Ikan Louhan yang Patut Diketahui

Cara Memelihara Ikan Louhan
Cara memelihara ikan louhan - tfh magazine

Kini Sobat Pintar sudah paham apa saja pilihan makanan ikan louhan biar cepat jenong dan merah, kan? Memang, ikan louhan dikenal cukup sehat dan tidak memerlukan suplemen tambahan.

Walaupun begitu tetap saja ada beberapa tips memelihara ikan louhan selain dari makanannya yang perlu kamu ketahui dan bisa dipraktekkan sendiri, misalnya:

  • Ikan louhan membutuhkan akuarium berukuran sekitar 80-120 liter air apabila dipelihara sendiri, sedangkan dua kali lipat apabila dipelihara sepasang dalam satu akuarium.
  • Akuarium ikan louhan harus memiliki sistem sirkulasi air yang baik agar kualitasnya tetap baik.
  • Suhu air untuk tempat hidup ikan louhan sebaiknya berkisar 26-30 derajat Celcius dengan kadar keasaman antara 6.5-7.8 pH.
  • Jagalah kebersihan akuarium dengan rutin membersihkan sisa makanan agar tidak menjadi racun dan lakukan pergantian air setidaknya dua minggu sekali.
  • Selalu ajak ikan louhan berinteraksi untuk memunculkan sifat agresif, misal dengan menghadapkan ikan cermin atau meletakkannya bersebelahan dengan ikan louhan lain.

Demikianlah beberapa jenis makanan louhan terbaik dan berkualitas yang bisa menjadikannya cepat jenong dan warnanya merah cerah.

Jikalau Sobat Pintar memiliki tips lain atau ada yang hendak ditanyakan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Rabu, 11 November 2020, 10:00 WIB
Update pada: Sabtu, 13 Februari 2021, 18:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.com/getting-jaguar-cichlid-eat-prepared-food-6253.html
  • https://www.fishkeepingworld.com/flowerhorn-cichlid/
  • https://www.ikanesia.id/2020/02/11-daftar-pelet-ikan-louhan-yang-bagus.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar