Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Rabu, 30 Desember 2020, 16:00 WIB

Gak Nyangka, Ini Jenis Jenis Ikan Louhan Terbaik Beserta Harganya yang Mahal!

Gak Nyangka, Ini Jenis Jenis Ikan Louhan Terbaik Beserta Harganya yang Mahal!

Jenis ikan louhan - unsplash

Buat kamu yang tertarik memelihara ikan louhan, kamu wajib lihat dulu jenis ikan louhan terbaik yang cantik ini beserta harganya sebelum membelinya

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak pecinta ikan hias ini yang memang menjadikannya sebagai pajangan di akuarium rumahnya.

Beberapa orang mempercayai bahwa memelihara ikan louhan akan membawa keberuntungan bagi seisi rumah.

Di luar sana, ikan ini terkenal dengan nama flowerhorn karena warna sisik pada tubuhnya yang menyerupai bunga yang berwarna cerah dan unik.

Selain menjadi pajangan di akuarium, ternyata juga banyak beberapa pecinta ikan ini tertarik untuk membudidayakannya. Semakin unik bentuk dan warnanya, ikan ini bisa menjadi pundi-pundi uang yang berlebih saat membudidayakannya.

Nah, menurut kamu kira-kira jenis jenis ikan louhan apa saja sih yang harganya mahal dan bentuknya menarik?

Berikut ini PetPi akan kasih tau kamu daftar jenis ikan louhan terbaik yang paling banyak dicari orang. Yuk simak informasinya!

Daftar Jenis Ikan Louhan yang Banyak Diminati

Ciri yang paling menjadi daya tarik dari ikan ini adalah dari kepalanya. Kebanyakan orang biang “jenong” louhan. Semakin Jenong kepala louhan, maka harganya akan semakin mahal.

Jadi buat kamu yang memang ingin memelihara dan membudidayakanya, kamu mending lihat dulu nih jenis ikan louhan berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Ikan Louhan Super Red Dragon

Ikan Louhan Supe Red Dragon
ikan louhan super red dragon - yt image

Ikan Louhan Super Red Dragon atau yang biasa disingkat dengan SRD adalah jenis ikan louhan lokal yang banyak diminati oleh pecinta ikan louhan di Indonesia.

Warnanya yang cantik serta jenongnya yang unik membuat ikan ini punya daya tarik tersendiri. Jenis ikan louhan ini bisa dibilang lebih besar dibanding jenis ikan louhan lainnya.

Ciri khas yang bisa dilihat dari ikan ini adalah dari tubuhnya yang mempunyai dua bagian warna tubuh yang berbeda.

Kebanyakan kepala dan jenong ikan louhan ini berwarna merah tua, sedangkan bagian tubuhnya sampai ke ekor cenderung berwarna silver nyala.

Untuk harga 1 ekor louhan yang masih anakan ini berkisar Rp 400.000 dan untuk louhan dewasa super red dragon ini bisa dibanderol dengan harga Rp 3.000.0000 per ekor.

Ikan Louhan Kamfa

Jenis Ikan Louhan Terbaik
Ikan louhan kamfa - sell your fish

Kamfa adalah salah satu jenis ikan louhan yang berasal dari negara-negara di asia tenggara. Namun di Indonesia sendiri, ikan louhan ini sudah dibudidayakan sehingga banyak yang mengenalnya sebagai ikan louhan lokal khas Indonesia.

Ciri khas yang bisa dibedakan dengan ikan louhan lainnya adalah dari warna tubuhnya yang mempunyai corak warna dominan merah cerah yang terdapat bintik-bintik silver dari ujung kepala sampai ke ekornya.

Ciri lainnya, ikan ini mempunyai warna mata putih atau kekuning-kuningan yang cenderung lebih cekung. Harga yang dibanderol untuk anakan ikan louhan kamfa ini berkisar Rp 850.000 per ekor, sedangkan untuk ikan louhan kamfa dewasa bisa mencapai Rp 3.500.000 per ekornya.

Ikan Louhan Cencu

Jenis Ikan Louhan Paling Bagus
Ikan louhan cencu - blogger

Jenis ikan louhan lokal yang gak kalah bagusnya adalah ikan louhan Cencu. Ikan ini mempunyai pola bintik pada tubuhnya dan cenderung berwarna merah muda.

Maka dari itu banyak yang menjuluki ikan louhan ini sebagai ikan louhan mutiara. Ikan louhan ini cukup banyak dicari bagi pemula karena bentuknya yang unik dan harganya yang cukup murah.

Terdapat dua warna yang berada di tubuhnya, yaitu warna merah dan emas. Dari bagian kepala hingga bagian tengah tubuhnya kebanyakan ikan ini berwarna merah muda, namun dari tengah tubuhnya ke ujung ekor berwarna emas.

Harga untuk satu ekor anakan ikan louhan cencu berkisar Rp 200.000 saja, sedangkan yang dewasa hanya dibanderol sekitar Rp 750.000.

Ikan Louhan Golden Base

Jenis Ikan Louhan Terbaik
Ikan louhan golden base - shopee

Dari namanya saja, kamu sudah bisa menebak bahwa ikan louhan ini berwarna emas kan? Yap, warna tubuh dari ikan ini cukup khas dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya.

Salah satu ciri khasnya adalah warnanya yang kuning kemerah-merahan pada sebagian besar tubuhnya. Ikan louhan golden base juga tidak memiliki bintik hitam yang sudah biasa kita temukan di spesies ikan louhan lainnya.

Jenis ini cukup menarik perhatian bagi para pecinta ikan louhan, karena bentuk dan warnanya yang unik membuat penjual biasanya mematok harga yang lumayan mahal.

Untuk satu ekor anakan ikan louhan Golden base bisa dihargai dengan Rp 120.000, atau yang sudah dewasa kamu membelinya dengan harga sekitar Rp 1.000.000.

Ikan Louhan Bonsai

Ikan Louhan Bonsai
Ikan louhan bonsai - yt image

Jenis ikan louhan ini merupakan jenis ikan louhan yang dipelihara untuk orang-orang tertentu.

Bagaimana tidak, karena bentuknya yang unik seperti anakan, ikan ini tergolong adalah ikan yang cukup langka, sehingga cukup wajar apabila harganya cukup mahal. Ikan louhan ini memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki louhan lainnya.

Ciri khas dari ikan ini adalah wajah jenong yang ia miliki berwarna beragam. Kebanyakan dari ikan ini memiliki warna yang beragam seperti warna merah silver, kuning dan juga berwarna hijau.

Ikan ini pernah menjadi jenis ikan louhan termahal yang pernah dibanderol mencapai 150 juta.

Ikan Louhan Super Red Texas

Ikan Louhan Terbaik
Ikan louhan super red texas - dictio

Jangan terkecoh dengan namanya. Ikan ini bukan berasal dari Texas Amerika Serikat, melainkan dari Thailand. Nama ikan ini sendiri lahir karena ada perkawinan silang dari jenis ikan louhan texas cichlid dengan ikan louhan golden red.

Dari persilangan itu menghasilkan perpaduan warna yang sangat cantik sesuai dengan induknya. Ikan ini memiliki warna merah merona dihiasi dengan bintik putih yang merata di seluruh tubuhnya.

Ada pepatah yang berkata “tidak ada gading yang tak retak”. Pepatah ini menggambarkan kondisi tubuh dari ikan louhan ini, dimana setiap makhluk hidup tidak ada yang sempurna secara fisik. Seperti yang kita lihat, warna dari ikan louhan super red texas ini sangat cantik tapi tidak dengan jenong yang terdapat di kepalanya.

Ikan louhan jenis super red texas ini tidak memiliki jenong yang besar seperti pada ikan louhan lainnya meski sudah berusia dewasa. Harga satu ikan louhan ini mencapai 2 jutaan untuk ikan louhan dewasa.

Ikan Louhan Strom

Jenis Ikan Louhan Cantik
Ikan louhan strom - dictio

Jenis ikan louhan yang satu ini memang masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Ikan louhan jenis ini memang berasal dari luar Indonesia yaitu dari Thailand. Pembudidayaannya pun belum menyeluruh sehingga banyak pecinta ikan hias di Indonesia yang mengetahuinya.

Banyak orang yang tertarik dengan jenis ikan louhan ini karena bentuk fisiknya yang cantik apalagi ikan ini memiliki ciri khas. Ciri khas yang paling mencolok adalah 3 corak warna yang berbeda pada tubuhnya yaitu warna, merah, biru dan silver.

Untuk di pasar ikan hias Thailand, ikan ini dibanderol dengan harga sekitar 2,5 jutaan untuk ikan louhan dewasa sedangkan untuk ikan louhan anakan seharga 650 ribuan.

Asal Usul Jenong Pada Louhan

Asal Usul Jenong Louhan
asal usul jenong ikan louhan - pinterest

Jenong pada ikan louhan menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang menyukainya.

Pada awal ikan louhan mulai digemari banyak orang, jenong pada louhan tidak terlalu besar dan kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah tulang kepala.

Namun kini semuanya hampir semua louhan memiliki jenis jenong yang besar. Bukan hanya yang jantan saja, namun ada beberapa ikan louhan betina yang juga memiliki jenong di kepalanya.

Berikut ini adalah jenis jenong yang biasanya dikategorikan untuk perlombaan ikan louhan.

  • Bentuk Jenong terbaik: menyerupai bola jika dilihat dari samping dan dari depan.
  • Bentuk Jenong bagus: seperti kepala angsa, agak menonjol ke depan dan memanjang ke samping.
  • Bentuk Jenong yang tidak bagus: Posisi jenong tidak simetris antara terlalu lebar atau malah kurang menonjol ke depan.

Itulah dia beberapa jenis ikan louhan yang sering diminati oleh pecinta ikan hias di Indonesia. Buat kamu para pemula yang ingin mencoba memelihara atau membudidayakan ikan louhan, sebaiknya kamu memilih jenis ikan louhan yang murah terlebih dahulu sambil kamu belajar cara merawat ikan louhan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!I

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Terbit: Selasa, 22 September 2020, 19:30 WIB
Update pada: Rabu, 30 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Flowerhorn_cichlid#King_Kong_Parrots_and_Red_Ingots
  • https://hot.liputan6.com/read/4129910/5-jenis-ikan-louhan-lokal-terbaik-beserta-harganya-tak-kalah-dari-impor
  • https://steemit.com/esteem/@hehey/type-of-louhan
  • https://sukaikan.com/harga-ikan-louhan/#6_Ikan_Louhan_Rainbow_King

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar