Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Jumat, 11 Desember 2020, 16:00 WIB

Daftar Jenis Ikan Mas Koki Beserta Harganya yang Paling Cantik & Paling Populer

Daftar Jenis Ikan Mas Koki Beserta Harganya yang Paling Cantik & Paling Populer

Jenis ikan mas koki - unsplash

Kamu pecinta ikan hias? Lagi bingung mau pelihara ikan apa? Jangan salah pilih, Ini rekomendasi jenis ikan mas koki cantik yang wajib kamu pelihara

Ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan hias air tawar paling populer di Indonesia saat ini. Hampir semua pecinta ikan hias ingin memilikinya.

Karena bukan hanya tampilannya yang penuh warna dan cantik, namun faktor kemudahan dalam perawatannya yang membuat masyarakat Indonesia menggemari ikan hias yang satu ini.

Ikan mas koki juga memiliki beragam jenis dan warna yang menarik, mulai dari coraknya sampai ukuran tubuhnya yang beragam. Warna ikan mas koki juga tidak selalu orange, namun ada beberapa warna lain seperti putih, hitam, bahkan merah dan corak lainnya.

Biasanya pecinta ikan hias justru akan memilih ikan mas koki yang bentuknya cenderung aneh, karena jika ikannya dijual akan dihargai mahal karena bentuknya yang sedikit aneh.

Jika kamu tertarik memelihara atau membudidayakannya, kamu wajib tau dulu nih jenis ikan mas koki mana yang menjadi pilihanmu agar ikan mas koki tidak mati dalam masa perawatan.

Kali ini PetPi bakal kasih tau informasi tentang jenis ikan mas koki dan harganya untuk membantu kamu memilih ikan yang tepat. Yuk kita intip ikan mas koki hias yang punya tampilan lucu dan menggemaskan!

Jenis Ikan Mas Koki paling Populer

Zaman dahulu, jenis ikan mas koki tidak sebanyak sekarang. Jenis yang sekarang bisa jadi didapatkan karena para pecinta ikan hias membudidayakan dan mengawinkan silang dua ikan mas koki, sehingga menghasilkan ikan mas koki yang baru dan langka.

Setidaknya ada belasan ikan mas koki baru yang diciptakan dari hasil perkawinan silang ikan mas koki sebelumnya. Kira-kira apa saja nih ikan mas koki imut yang paling populer di Indonesia? Yuk ikutin terus informasinya.

Ikan Mas Koki Oranda

Ikan Mas Koki
Ikan mas koki oranda - pinimg

Salah satu jenis ikan mas koki yang paling sering dicari di dunia adalah Ikan mas koki Oranda. Ikan ini banyak dicari karena bentuknya yang sangat cantik serta memiliki bentuk kepala yang menyerupai dengan mahkota.

Jenis ikan ini banyak dicari oleh pecinta ikan hias di Indonesia karena memiliki harga yang tidak tergolong mahal, sehingga untuk pemula mudah untuk dipelihara.

Besar tubuh ikan mas koki Oranda jumbo bisa memiliki ukuran dua kali lipat dibandingkan jenis ikan mas koki pada umumnya. Banyak yang bilang ikan ini mirip dengan ikan mas koki Lionhead, namun perbedaannya terletak pada sirip punggung mereka.

Ikan jenis ini memiliki sirip punggung, sedangkan jenis lionhead tidak memiliki sirip punggung.

Baca Juga: Harus Dihindari! 7 Penyebab Ikan Mas Koki Mati yang Kamu Perlu Tahu

Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis Ikan Mas Koki
Ikan mas koki ranchu - twimg

Jenis ikan mas koki ini dikenal punya tampilan eksotis dan menggemaskan karena memiliki badan yang besar. Ciri khas yang terdapat pada ikan mas koki Ranchu ini ada pada bagian sirip ekornya.

Sirip ekornya berbeda dengan ikan mas koki lain yang menjuntai karena panjang, namun ikan jenis ini memiliki sirip yang lebih pendek.

Ikan mas koki Ranchu memiliki warna yang beragam, ada yang orange kemerahan, corak putih dan orange atau ada pula yang berwarna hitam. Banyak yang menyebutnya dengan sebutan ikan mas koki raja karena memiliki bentuk tubuh dan warna yang sangat indah.

Bagi pemula, kamu juga bisa memelihara ikan ini karena harganya yang terlalu mahal sekitar Rp 30.000 untuk satu ekornya.

Ikan Mas Koki Fantail

Jenis Ikan Mas Koki Cantik
Ikan mas koki fantail - aquasnack

Ikan mas koki yang satu ini bernama Fantail atau yang bisa disebut dengan ikan mas koki ekor kipas.

Banyak orang yang berpendapat bahwa ikan ini mirip dengan jenis ikan mas koki Ryukin, namun bedanya ia mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan telur dengan sirip punggung yang tinggi dan sirip ekor yang panjangnya bisa empat kali lipat dari panjang tubuhnya.

Oleh karena itu, banyak yang ingin mengoleksi jenis ikan mas koki ini karena keindahan ekornya yang menjuntai. Untungnya ikan jenis ini termasuk mudah untuk dibudidayakan karena bisa berkembang biak dengan cepat.

Ikan mas koki dewasa mempunyai panjang rata-rata sekitar 10-15 cm dengan warna yang didominasi oleh warna perak keemasan di bagian tubuhnya. Harga dari ikan mas koki ini dengan ukuran 3-5 cm berkisar Rp 30.000 saja. Murah bukan?

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Ikan Mas Koki LionHead

Jenis Ikan Mas Koki Termurah
Ikan mas koki lionhead - fine art america

Ikan Mas koki Lionhead menjadi salah satu ikan yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Ciri khas yang sangat unik membuatnya digemari oleh banyak orang.

Banyak memang yang berpikiran ikan ini mirip dengan ikan mas koki Ranchu, namun ada beberapa perbedaan seperti di bagian tubuhnya yang lebih lebar dan besar serta tubuhnya yang agak melengkung ke belakang.

Wajar saja ikan ini sering sekali dibilang mirip dengan ikan mas koki Ranchu, karena pada dasarnya ikan ini adalah keturunan dari hasil perkawinan silang antara ikan mas Ranchu dengan jenis lainnya.

Ukuran dewasa ikan ini bisa mencapai 10-16 cm dengan varian warna yang cukup beragam. Harga yang ditawarkan memang agak sedikit lebih mahal yaitu sekitar Rp 50.000 untuk ikan berukuran 5-7 cm.

Ikan Mas Koki Black Moor

Jenis Ikan Mas Koki Paling Eksotis
Ikan mas koki balck moor - azgardens

Jenis ikan mas koki hitam yang satu ini bernama Black Moor atau orang juga biasa menyebutnya dengan Black Telescope.

Ikan mas koki yang satu ini memiliki keunikan yang bisa dilihat dengan jelas, sesuai dengan namanya ikan ini mempunyai sisik yang hitam dengan sepasang mata yang menonjol.

Warna yang kontras dengan ikan mas koki lain, sudah pasti menarik perhatian bagi pecinta ikan hias untuk memilikinya.

Jenis ikan mas koki yang satu ini bisa tumbuh dewasa dengan panjang mencapai 15 cm. Ikan ini juga mudah dalam urusan perawatannya, karena kamu tinggal membelikan pellet untuk makanan sehari-harinya.

Salah satu alasan lain mengapa orang-orang tertarik dengan ikan ini yaitu karena masa hidupnya yang bisa bertahan cukup lama sekitar 6 - 25 tahun. Harganya pun cukup murah sekitar Rp 25.000 saja.

Baca Juga: 13 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dan Mudah Dipelihara di Akuarium

Ikan Mas Koki Ryukin

Jenis Ikan Mas Koki Cantik
Ikan mas koki Ryukin - bigcommerce

Nah, yang satu ini adalah ikan mas koki yang berasal dari Jepang lagi nih. Ikan Mas koki Ryukin adalah ikan mas koki hias yang terkenal dengan bentuknya yang lucu. Bahkan ikan ini termasuk jenis ikan mas koki kontes yang sering dipertandingkan untuk melihat kecantikannya lho.

Ciri khas dari ikan mas koki Ryukin ini memiliki tubuh yang pendek dan punuk serta sirip yang melebar. Karena terkenal dengan kecantikannya, ikan mas koki ini terbilang cukup mahal dan sangat sulit ditemukan di Indonesia.

Bahkan jika ingin membelinya, kita harus mengimpor ikan cantik ini dari luar negeri.

Ikan Mas Koki Celestial

Ikan Mas Koki Termahal
Ikan mas koki celestial - fish tank sand ponds

Ikan mas koki jenis ini termasuk yang jarang sekali kita temukan di Indonesia. Nama kerennya celestial goldfish yaitu ikan mas koki yang terkenal dengan penampilannya karena memiliki mata yang menonjol, tapi yang membuatnya lebih unik adalah tonjolan matanya yang menghadap ke atas bukan kesamping.

Ikan ini juga memiliki keunikan yang lain, jika kita perhatikan, ikan ini tidak memiliki sirip pada punggungnya.

Hal ini membuat jenis ikan mas koki ini tidak memiliki kemampuan berenang dan penglihatan yang baik. Nah, ternyata banyak sekali yang mengincar ikan ini untuk sekedar dipelihara karena keunikannya lho.

Nah itulah beberapa jenis ikan mas koki yang bisa kamu pelihara bagi pemula. Dengan rekomendasi di atas kamu sudah bisa memilih ikan mas koki yang lucu dan menggemaskan. Kira-kira ikan mas koki apa nih pilihan kamu?

Sebenarnya masih ada jenis ikan lain yang bisa kamu pelihara, tunggu update informasi terbaru dari PetPintar ya. Terima kasih

Terbit: Rabu, 02 September 2020, 10:30 WIB
Update pada: Jumat, 11 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewany.com/jenis-ikan-mas-koki/
  • https://www.infia.co/news/setelah-melihat-10-jenis-ikan-koki-ini-dijamin-pa_zZ6LiDak
  • https://www.tokopedia.com/blog/jenis-ikan-mas-koki-paling-populer/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar