Hari ini: Kamis, 04 Maret 2021
Sabtu, 19 Desember 2020, 10:00 WIB

Begini Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Umur Panjang

Begini Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Umur Panjang

cara merawat ikan arwana - robb report edit

Harganya fantastis membuat cara merawat ikan arwana perlu penanganan ekstra agar warnanya bagus dan berumur panjang. Penasaran apa saja langkah-langkahnya?

Bagi para kolektor ikan hias, memiliki ikan arwana sudah selayaknya perhiasan tak ternilai yang mana beberapa di antaranya rela menghabiskan dana dalam jumlah fantastis untuk memilikinya.

Walaupun tidak bisa kamu ajak berinteraksi layaknya anjing atau kucing, namun ikan arwana dinilai berdasarkan keeksotisan dan cerita rakyat yang konon katanya membawa keberuntungan, lho.

Nilai ini pun akan semakin mahal dikarenakan ikan arwana tergolong spesies yang terancam punah dan cukup sulit untuk dibudidayakan di luar habitat aslinya.

Maka dari itu perlu penanganan khusus agar tetap dapat menjaga kualitas ikan arwana dan membuatnya memiliki angka harapan hidup yang lama.

Kali ini PetPi akan mengulas beberapa tips dan cara merawat ikan arwana yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengetahui jenis-jenisnya, persiapan habitat, pemilihan pakan, hingga masalah kesehatannya.

Jenis-Jenis Ikan Arwana Terpopuler Beserta Harganya di Pasaran

Merawat Ikan Arwana
Jenis ikan arwana - Robb report edit

Arwana tergolong ke dalam jenis ikan hias yang spesial karena merupakan bagian dari famili ikan purba, yakni Osteoglossidae.

Jenis ikan hias ini mendiami wilayah perairan tawar Amerika Selatan, Asia Tenggara, hingga Australia. Arwana memiliki ciri fisik berupa badan memanjang yang sisik-sisik besar yang melapisi tubuhnya.

Karena bentuknya yang menyerupai naga, beberapa kalangan internasional juga menyebut ikan arwana sebagai "dragonfish" atau "shui long" dalam bahasa Mandarin.

Hal ini pula yang menjadikan ikan arwana menjadi salah satu hewan yang dipercaya membawa keberuntungan, sehingga akhirnya banyak orang ingin memilikinya.

Dari sekian banyak jenis yang tersebar di seluruh dunia, ada beberapa jenis ikan arwana yang umum dipelihara, seperti:

  • Ikan Arwana Silver/Brasil (Osteoglossum bicirrhosum); memiliki bentuk tubuh dan sirip memanjang dengan dominasi warna silver atau perak di semua bagian tubuhnya. Saat dewasa, ikan arwana silver dapat memiliki panjang hingga 100 cm. Harga ikan arwana silver tergolong paling terjangkau, yakni sekitar Rp2 juta per ekor.
  • Ikan Arwana Red/Super Red (Scleropages legendrei); merupakan jenis ikan arwana yang populer di kalangan kolektor karena warna merah menyala pada tubuhnya. Jenis ikan ini memiliki habitat asli, salah satunya di Sungai Kapuas, Indonesia. Harga ikan arwana super red mulai Rp2 jutaan hingga puluhan juta rupiah.
  • Ikan Arwana Red Tail Golden (Scleropages aureus); berasal dari perairan air tawar di kawasan Sumatera, seperti Pekanbaru, Riau, dan sekitarnya. Saat dewasa, ikan arwana red tail golden bisa berukuran 90 cm dan berwarna merah dengan corak keemasan. Harga ikan arwana red tail golden berkisar Rp4,5 juta per ekor.
  • Ikan Arwana Hijau (Scleropages formosus); menyebar di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Sesuai dengan namanya, memiliki warna hijau keemasan dengan panjang maksimal hingga 90 cm. Ciri khas lainnya adalah ukuran kepala relatif lebih besar dibanding jenis arwana lainnya. Harga ikan arwana hijau berkisar Rp4 jutaan di Indonesia.
  • Ikan Arwana Yellow Tail/Banjar (Scleropages macrocephalus); salah satu jenis ikan arwana asal Indonesia yang memiliki ciri unik, yakni bagian sirip dan ekor yang berwarna kuning hingga jingga. Panjang tubuhnya bisa mencapai 90 cm. Harga arwana banjar cukup terjangkau, yakni sekitar Rp2 jutaan.
  • Ikan Arwana Papua(Scleropages jardinii); selain di Papua, jenis ikan arwana ini juga dapat ditemukan di kawasan Australia. Dibanding jenis arwana lain, arwana papua memiliki warna kuning keemasan yang tampak kurang cerah. Walaupun begitu, harga arwana papua tergolong tinggi, yakni sekitar Rp4 jutaan.

Walau memiliki nama berbeda-beda, namun secara keseluruhan arwana merupakan jenis ikan predator yang mencari mangsanya di permukaan air.

Dengan karakteristiknya ini tentu cara merawat ikan arwana perlu penanganan khusus yang sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan asal mengetahuinya secara tepat, nih.

Kumpulan Cara Merawat Ikan Arwana Agar Warna Bagus dan Berumur Panjang

Sebagai pengetahuan Sobat Pintar, ikan arwana tergolong ke dalam jenis hewan peliharaan yang memiliki umur panjang, lho.

Dengan habitat yang sesuai dan asupan makanan yang tepat, umur ikan arwana peliharaan dapat mencapai 20 tahun. Lebih lama daripada anjing maupun kucing, kan?

Bahkan pada beberapa kasus yang belum terkonfirmasi, ikan arwana juga sanggup bertahan hidup hingga hampir 50 tahun.

Merawat arwana komitmen yang panjang untuk mencapai umur tersebut. Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut kumpulan tips merawat ikan arwana agar berwarna bagus dan umurnya panjang.

1. Mempersiapkan Akuarium untuk Arwana

Bukan hanya sebagai habitat tempat tinggalnya saja, Sobat Pintar juga bisa mempersiapkan akuarium arwana agar semakin memunculkan warna dan keindahannya, lho.

Selain itu adapun beberapa aspek keamanan dan kesehatan yang harus dipenuhi untuk keberlangsungan hidup ikan arwana di dalam akuarium, seperti:

  • Ikan arwana yang tergolong cukup besar membutuhkan akuarium dengan dimensi yang memungkinkan mereka bergerak bebas. Untuk jenis ikan arwana besar (arwana Amerika Selatan) membutuhkan akuarium berukuran 180 x 76 x 60 cm. Sementara untuk ikan arwana kecil (arwana Asia dan Australia) membutuhkan akuarium berukuran 120 x 60 x 60 cm.
  • Akuarium harus menggunakan material kaca tebal dikarenakan ikan arwana memiliki tenaga yang cukup untuk memecahkan kaca dengan ketebalan kurang dari 12 mm.
  • Sediakan penutup akuarium guna mencegah ikan arwana melompat akibat nalurinya untuk mencari mangsa di permukaan air. Lapisi penutup dengan material berupa jaring halus, agar jika arwana melompat tidak melukainya saat berbenturan dengan material keras.
  • Hindari penggunaan substrat atau dasaran akuarium berupa pasir atau batu, dikarenakan dapat menyebabkan penumpukan kotoran arwana yang berisiko beracun bagi mereka.
  • Hindari penggunaan tanaman dan dekorasi dalam air karena berisiko melukai sirip arwana yang dikenal memiliki pergerakan lincah dengan tubuhnya yang besar. Jika memungkinkan, beri hiasan berupa tanaman terapung guna mencegah perilaku melompatnya.
  • Sediakan dua jenis cahaya pada akuarium untuk arwana. Pertama viewing light berupa lampu LED untuk memberikan penerangan pada akuarium. Kedua tanning light yang berfungsi untuk memunculkan warna arwana, misal lampu LED berwarna ungu atau merah muda untuk jenis ikan arwana super red.
  • Gunakan air tawar untuk arwana dengan parameter berupa kandungan amonia (NH4) 0 ppm, nitrit (NO3) 0 ppm, dan nitrat (NO4) 40 ppm. Atur suhu air berkisar 30 derajat Celcius dan kadar pH air sekitar 6.0-7.0 atau sedikit asam untuk memunculkan warna arwana.
  • Persiapkan filter air yang mampu menyaring air akuarium dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan arwana tergolong jenis ikan besar yang menghasilkan banyak kotoran. Penting untuk menyaring kotoran karena adanya risiko beracun bagi kehidupan ikan.

Baca Juga: Sebelum Membelinya, Kenali Jenis-Jenis Ikan Arwana yang Bikin Mata kita Terpesona!

2. Pilih Makanan Arwana Sesuai Kebutuhannya

Arwana tergolong ke dalam hewan karnivora yang menjadikannya predator di alam liat. Pada habitat aslinya, ikan arwana memangsa ikan kecil dan serangga untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Sebagai hewan peliharaan, ada beberapa jenis makanan ikan arwana yang bisa diberikan. Pertama ada makanan berupa pelet yang dikhususkan untuk jenis ikan karnivora.

Kemudian ada makanan hidup atau sudah dibekukan, seperti ikan kecil, jangkrik, cacing, dan udang.

Beberapa tips merawat ikan arwana terutama dalam memberikan makannya adalah pastikan kamu menghindari serangga dengan cangkang tebal dan tajam, khususnya untuk arwana remaja.

Untuk porsi makan ikan arwana tiap harinya, kamu bisa memberikan 2-3 kali per hari untuk arwana anakan hingga remaja dan 1 kali per hari untuk arwana dewasa.

3. Rutin Memelihara Habitat Arwana

Pemeliharaan akuarium sebagai habitat arwana sangat penting guna menjaga kelangsungan hidupnya.

Seperti PetPi sebutkan dalam poin pertama, ikan arwana menghasilkan kotoran dalam jumlah besar sehingga rentan kondisi air menjadi tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Adapun kotoran tadi dapat menghasilkan beberapa zat, seperti amonia, nitrit, dan nitrat yang berbahaya dan berisiko beracun. Adapun tipe-tipe pemeliharaan untuk menjaga kondisi akuarium, di antaranya:

  • Harian: Pengecekan filter, temperatur air, dan kondisi akuarium beserta segala aksesorisnya.
  • Mingguan: Pengukuran pada kualitas air dan kandungan di dalamnya setidaknya seminggu sekali.
  • Bulanan: Ganti 10-20% air dalam akuarium dengan air baru per minggu jika dibutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa mengganti 25% dari total air setidaknya 2-4 minggu sekali.
INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Pisahkan Arwana dari Ikan Lain

Memelihara Ikan Arwana
cara memelihara ikan arwana - fishkeepingworld

Arwana khususnya yang sudah berusia dewasa selain memiliki ukuran tubuh besar, juga akan bersifat teritorial dan akan mudah terganggu apabila ada yang mengganggu wilayahnya.

Maka sebaiknya pisahkan ikan arwana dengan jenis ikan lain, termasuk untuk arwana sejenisnya karena dapat saling menyerang, lho.

Jika arwana hendak disandingkan dengan ikan lain, beberapa orang menyarankan jenis ikan berukuran lebih besar dibanding mereka.

Dan yang terpenting pilihlah ikan yang lebih besar dengan karakteristik jinak untuk tidak menggertak arwana, seperti ikan lele besar, bass merak, dan lainnya.

5. Perhatikan Kondisi Arwana Ideal

Setelah kamu memastikan hal-hal di atas terpenuhi saat kamu memelihara ikan arwana, seharusnya peliharaan kamu kini sedang dalam kondisi sehat dan ideal.

Beberapa ciri yang menandakan ikan arwana dalam kondisi ideal seperti, mata cerah, makan dengan penuh semangat, berenang ke permukaan air, dan warna cerah berkilau.

Selain kondisi habitat dan makanannya, kamu juga mesti memperhatikan faktor eksternal. Salah satunya adalah memelihara arwana di lokasi yang nyaman dan jauh dari kebisingan.

Dikarenakan dapat menyebabkan ikan arwana stres yang berujung pada timbulnya sejumlah penyakit.

Baca Juga: Mau Arwana Lebih Cepat Besar? Ini Daftar Makanan Ikan Arwana yang Paling Disukai

6. Meningkatkan Penampilan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana Agar Bagus Warnanya
cara merawat ikan arwana agar bagus warnanya - ecplaza

Ada beberapa metode yang berguna untuk menaikkan kualitas penampilan ikan arwana di dalam akuarium, di antaranya adalah tanning dan membuat arus buatan.

Tanning merupakan sebuah metode yang dilakukan untuk meningkatkan warna ikan arwana, terutama untuk jenis ikan arwana super red.

Untuk melakukan salah satu cara memelihara ikan arwana agar penampilannya menarik ini adalah dengan menggunakan tanning light yang dipersiapkan dalam akuarium sedari awal.

Gunakan juga background akuarium berwarna polos agar ikan arwana tampak jelas dan lebih sedap dipandang. Banyak kalangan memilih background hitam atau biru gelap.

Kamu bisa meletakkan tanning light di satu sisi bagian akuarium dengan cara menempelkannya langsung ke kaca akuarium.

Perawatan ikan arwana di segi penampilan juga bisa dilakukan dengan menambahkan arus buatan di dalam akuarium.

Hal ini bertujuan mengibarkan ekor dan sirip ikan arwana saat berenang dalam akuarium. Sehingga seakan-akan mereka memiliki ekor dan sirip yang terlihat panjang.

7. Ketahui Masalah Kesehatan Umum pada Arwana

Beberapa masalah kesehatan umum ditemui pada arwana, seperti busuk sirip, jamur, infeksi bakteri, dan penyakit bintik putih (ich).

Umumnya ikan arwana akan menunjukkan beberapa gejala, misal kehilangan nafsu makan, bercak di tubuh atau mulut, kelesuan, mata keruh, sirip berubah warna, kembung, dan berenang tak menentu.

Cara merawat ikan arwana dalam kondisi ini tentu akan cukup sulit ditangani oleh pemula. Segera minta bantuan pakar atau dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Budidaya Arwana Anakan

Melihat harga ikan arwana di pasaran yang dibanderol mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah, mungkin membuat kamu berpikiran untuk mulai melakukan budidaya, kan?

Di alam liar ikan arwana mulai akan bertelur sekitar Desember hingga Januari. Arwana betina akan meletakkan telurnya yang kemudian akan dibuahi dan dierami dalam rongga mulut oleh arwana jantan.

Arwana jantan akan mengerami telur kurang lebih selama 50 hari sebelum menetas. Setelah 5 minggu menetas, barulah arwana anakan akan keluar dari mulut induknya dan mencari makanannya sendiri.

Namun budidaya ikan arwana bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan mulai dari masa pemilihan indukan hingga cara merawat ikan arwana anakan perlu pengetahuan dan penanganan khusus, ya.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah tips dan cara merawat ikan arwana yang bisa kamu lakukan agar peliharaanmu ini dalam kondisi ideal, warnanya bagus, dan berumur panjang.

Harga ikan arwana yang tergolong mahal mungkin tidak cocok bagi semua kalangan orang. Tapi masih banyak juga jenis ikan hias yang bisa dipelihara dan punya nilai eksotis yang tidak kalah bagus, kok!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Rabu, 02 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Sabtu, 19 Desember 2020, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://modestfish.com/arowana/
  • https://www.fishkeepingworld.com/silver-arowana/
  • https://www.kompas.tv/article/97014/beberapa-tips-memelihara-ikan-arwana?page=all
  • https://www.petco.com/content/petco/PetcoStore/en_US/pet-services/resource-center/caresheets/arowana.html
  • https://www.petmd.com/news/lifestyle-entertainment/owning-most-expensive-pet-costs-more-money-34500

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar