Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Selasa, 17 November 2020, 16:00 WIB

Ini Rahasia Jenis Makanan Ikan Koi yang Bisa Mempercantik Warna Ikanmu!

Ini Rahasia Jenis Makanan Ikan Koi yang Bisa Mempercantik Warna Ikanmu!

Makanan ikan koi terbaik - unsplash

Makanan ikan koi menjadi faktor penting untuk pertumbuhannya. Ketahui makanan ikan koi terbaik dan cara memilih makanan ikan koi yang tepat berikut ini

Ikan koi adalah salah satu ikan hias cantik yang cukup digemari para pecinta ikan hias di Indonesia. Selain bisa dipelihara di kolam outdoor, ikan koi juga bisa kamu pelihara di dalam akuarium.

Namun karena ikan koi bisa bertumbuh dengan sangat besar, alangkah baiknya kamu persiapkan kolam ikan agar ia bisa hidup dengan lebih bebas.

Pertumbuhan ikan koi sendiri ini bisa cepat karena didukung dengan pemberian nutrisi dan makanan yang bergizi tinggi. Secara garis besarnya, makanan ikan koi ini terdiri dari makanan alami dan makanan buatan yang biasa kita temui.

Walaupun sebenarnya ikan koi ini termasuk ikan yang mudah untuk dipelihara, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan soal makanannya.

Kali ini, PetPi bakalan kasih tau makanan ikan koi terbaik yang bisa kamu berikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan koi dengan cepat.

Berikut ini adalah daftar makanan ikan koi alami dan beberapa tips tentang pakan ikan koi.

Makanan Ikan Koi Terbaik untuk Mempercepat Pertumbuhan

Makanan Ikan Koi Terbaik
Makanan ikan koi - unsplash

Pakain ikan koi paling bagus diberikan untuk bisa merangsang pertumbuhan ikan, meningkatkan warna ikan koi sekaligus juga menjaga kesehatan ikan koi tersebut.

Ikan koi juga mempunya fungsi metabolisme yang bagus disaat suhu mencapai 21 derajat celcius, itu mengapa nutrisi sangat penting dan dibutuhkan oleh ikan koi.

Cacing Sutera - Penambah Protein

Cacing sutera menjadi salah satu makanan ikan koi alami yang sangat bagus untuk diberikan ke ikan koi. Di dalam cacing sutra, terkandung nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan ikan koi itu sendiri.

Salah satu nutrisinya adalah protein yang memiliki asam amino sehingga ikan koi bisa menghasilkan sel telur dan sperma yang berkualitas.

Jika ikan koi kekurangan protein, maka bisa saja ikan koi yang kamu pelihara pertumbuhannya akan terhambat dan juga menyebabkan deformasi tulang belakang pada ikan koi.

Roti - Karbohidrat Tinggi

Seperti yang kita ketahui, roti memang mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat sendiri tentunya sangat baik untuk pembentukan energi yang digunakan sebagai metabolisme dari ikan koi. Kandungan ini bisa mempercepat pertumbuhan ikan koi lho.

Namun akan tetapi, dalam pemberian roti ke ikan koi jangan terlalu berlebihan, karena jika berlebihan dapat menyebabkan menurunnya kemampuan hati untuk menyimpan glikogen.

Jadi, pemberian roti bisa di mix dalam beberapa hari untuk sekedar memberikan pakan alternatif kepada ikan koi.

Ganggang - Memberikan Kecerahan Warna

Ganggang hijau mudah kita temukan, biasanya terdapat pada bagian dasar kolam ikan. Makanan ikan koi ini bisa menjadi alternatif pengganti pelet lho. Ganggang hijau terbukti mengandung banyak karoten yang bermanfaat untuk memberikan kecerahan pada warna ikan koi.

Akan tetapi, jangan memberikan makanan yang mengandung karoten berlebih. Karena jika konsentrasinya terlalu tinggi, maka akan menghasilkan pigmen putih pada ikan koi sehingga warna ikan koi malah berubah menjadi merah muda.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Udang Air Asin - Meningkatkan Metabolisme

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan koi ini adalah hewan omnivora. Berarti ikan ini sebenarnya bisa memakan apa saja yang kita berikan. Seperti halnya dengan manusia, makhluk hidup yang omnivora membutuhkan protein yang cukup pada makanan mereka.

Udang air asin ini adalah pilihan tepat karena memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Selama periode aktivitas yang tinggi, udang air asin ini bisa kita berikan ke ikan koi.

Misalnya, apabila ikan koi yang baru menetas pastinya membutuhkan protein tambahan untuk mendorong pertumbuhan mereka, sementara koi dewasa membutuhkannya di musim panas ketika metabolisme mereka sedang cepat dan sangat aktif.

Bayam dan Kangkung - Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sayuran seperti bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk makanan ikan koi. Dua macam sayuran ini mengandung pigmen warna merah yakni astaxanthin serta pigmen warna kuning yang bernama lutein.

Akan tetapi pigmen yang berwarna kuning ini jauh lebih tinggi pada jenis sayuran ini ketimbang pigmen yang berwarna merah.

Nah, selain itu kedua sayuran ini pun sangat disukai oleh ikan koi karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengandung serat yang tinggi berarti membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Apabila pencernaan ikan koi baik, maka kotoran akan berbentuk berbentuk pada dan besar. Namun jika koi kurang sehat, kotoran yang dihasilkan akan tampak seperti berlendir.

Sistem pencernaan koi yang buruk, akan mengganggu ikan koi dalam bertahan hidup. Hal itu akan menyebabkan nafsu makan ikan koi berkurang dan daya tahan tubuhnya akan semakin mudah terserang penyakit yang lain.

Tips Memilih Makanan Ikan Koi yang Tepat

Tips Memilih Makanan Ikan Koi
tips memilih makanan ikan koi - koi story

Jika kamu sudah mengetahui calon makanan untuk ikan koi kesayanganmu, kali ini PetPi akan sedikit menginformasikan tips memilih makanan koi yang tepat agar kamu tidak salah kasih. Berikut ini adalah 3 tips yang berguna untuk memilih makanan yang tepat bagi ikan koi.

Nutrisi yang Lengkap

Tips memilih makanan untuk ikan koi yang pertama adalah dengan memilih makanan yang mempunyai nutrisi yang lengkap. Jika kamu ingin memberi makannya dengan pelet, kamu harus mencari pelet yang mengandung nutrisi yang lengkap.

Hal ini untuk membantu ikan koi mendapatkan gizi yang seimbang untuk memenuhi nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan juga mineral.

Sesuaikan dengan Usia Ikan Koi

Jika kamu ingin membudidayakan ikan koi yang bagus, kamu harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri ikan koi berkualitas. Setelah itu kamu bisa memulai memberi pakan ikan koi sesuai dengan usianya.

Ikan koi yang baru saja menetas dengan ikan koi dewasa pastinya membutuhkan kandungan nutrisi yang berbeda.

Tidak hanya itu, selain harus memperhatikan kandungan nutrisinya, kamu juga harus memberikan makanan sesuai dengan takaran atau jumlah porsi yang diberikan kepada ikan koi.

Pastinya, ikan koi dewasa memiliki takaran yang lebih banyak dibandingkan anakan ikan koi.

Pilihlah Pakan Ikan Koi yang Berkualitas

Makanan ikan koi yang berkualitas sangat penting dan dibutuhkan saat kamu ingin beternak ikan air tawar ini. Ikan koi yang berkualitas pastinya juga memiliki warna yang cerah dan menyala. Oleh karena itu, pastikan pemilihan pakan ikan koi juga harus dari bahan-bahan yang berkualitas

Pilihlah makanan ikan koi yang bahannya diolah secara higienis sehingga menjamin nutrisi dan gizi yang diberikan memberikan dampak positif untuk ikan koi. Jangan lupa, kandungan protein adalah gizi yang seharusnya paling banyak diberikan untuk tumbuh kembangnya.

Tips Memberi Makan Ikan Koi

Makanan Ikan Koi Yang Bagus
Tips memberi makan ikan koi - unsplash

Bagian terbaik dalam memelihara ikan koi adalah pada saat memberi makanan. Melihat mereka muncul ke permukaan untuk menjemput makanan adalah momen yang bisa merelaksasikan pikiran kita.

Studi berpendapat, bahwa koi pun memiliki ingatan sekitar 3 menit untuk belajar dan mengetahui siapa yang memberikannya makan.

Nah kali ini PetPi akan kasih tips sedikit tentang bagaimana wajah kamu bisa dengan mudah dikenali oleh ikan koi milikmu. Yuk simak tips singkat berikut ini.

  1. Berikan makanan ikan koi empat kali dalam sehari. Beri mereka makan sebanyak yang ia bisa makan dalam waktu sekitar 5 menitan.
  2. Dikatakan diatas sebelumnya, bahwa berikan ikan koi makanan apa saja karena sejatinya ikan koi adalah makhluk omnivora. Hanya saja porsinya tidak boleh berlebihan ya!
  3. Hindari memberi makanan pada ikan koi sebelum hujan deras datang. Ikan membutuhkan lebih banyak oksigen saat mencerna makanannya. Saat hujan, kadar oksigen di udara menurun sehingga itu bisa saja memperburuk pencernaan ikan koi kesayanganmu.
  4. Koi yang sedang dalam masa pertumbuhan pastinya sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Mumpun koi kenal dengan wajah kamu sekarang, alangkah baiknya kamu yang memberikan makan rutin kepada ikan koi milikmu.
  5. Ikan koi kamu lebih suka makanan kaya karbohidrat pada awal musim semi dan akhir musim gugur. Sementara untuk protein, bisa kamu kasih makan di awal musim panas.
  6. Memberikan makan pada ikan koi tidak dianjurkan apabila pompa kolam kamu mengalami kerusakan dan membutuhkan oksigen untuk mencerna makanan darinya.

Itulah dia beberapa daftar makanan ikan koi terbaik yang bisa kamu berikan untuk mempercepat pertumbuhannya atau untuk memberikan manfaat warna yang cerah pada ikan koi.

Ada juga beberapa tips memberi makan ikan koi agar ikan koi mu semakin tumbuh pesat. Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa!

VIDEO: Ini Makanan Ikan Koi Yang Bagus Untuk Warna

Terbit: Rabu, 26 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Selasa, 17 November 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquariumadviser.com/what-to-feed-koi-fish/
  • https://koistory.com/koi-fish-feeding#:~:text=Koi%20fish%20eat%20just%20about,like%2C%20koi%20fish%20consider%20food.
  • https://pwmu.co/116687/11/05/tiga-tips-memilih-pakan-ikan-koi-yang-tepat1/
  • https://www.ikankoi.org/jenis-makanan-dan-cara-pemberian-pakan-ikan-koi-yang-bagus/

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar