Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 01 Juli 2021, 16:00 WIB

6 Cara Merawat Ikan Discus yang Cantik Untuk Pemula

6 Cara Merawat Ikan Discus yang Cantik Untuk Pemula

cara merawat ikan discus - a-z animals

cara merawat ikan discus memang tidak mudah, tetapi apabila ingin merawatnya usahakan untuk disiplin dan terus memperhatikannya. Berikut cara merawatnya

Sobat pintar, ikan discus yang memiliki nama latin Symphysodon ini termasuk salah satu jenis dari ikan tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Brasil.

Ikan jenis ini termasuk salah satu ikan hias yang banyak dipilih oleh para penggemar untuk menghuni aquariumnya. Hal ini dipengaruhi oleh warna yang begitu unik dan bentuknya yang sangat menggemaskan. 

Tidak heran ikan discus banyak diminati oleh para penggemarnya. Nah, apakah kamu tahu cara merawat ikan discus?

Untuk para pemula sangat penting untuk memperhatikannya, karena apabila salah dalam melakukannya akan berdampak pada kematian nantinya. Sebab, dalam merawatnya itu tidak bisa dilakukan sembarangan, sehingga harus memahaminya. 

Cara Merawat Ikan Discus

Cara Merawat Ikan Discus
cara merawat ikan discus - fish keeping guide

Sebenarnya ada beberapa tahapan untuk kamu yang ingin pelihara ikan discus itu, prosesnya itu sangat singkat untuk kamu pahami menyeluruh.

Terpenting kamu mengetahui dasarnya terlebih dahulu agar dapat bisa merawatnya dengan baik dan ikan selalu sehat.

Jenis ikan ini memang banyak dibudidayakan di Indonesia, sehingga kamu harus memilih ikan yang berkualitas. 

Berikut ini Petpi akan memberikan beberapa tahapan untuk merawat ikan discus tersebut agar tetap sehat terus dan tahan lama, simak penjelasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Memperhatikan Suhu Air

Ikan discus adalah salah satu ikan hias air tawar yang bisa kamu campur dengan jenis ikan lainnya, tetapi harus dengan satu air yang sama dan suhunya jelas.

Hal terpenting kamu tidak mencampurkannya dengan ikan yang terlalu agresif, karena bisa menyebabkan ikan discus stres dan kesulitan untuk beradaptasi.

Selain itu, kamu wajib untuk menjaga suhu pada aquarium yang idealnya antara 28° C hingga 31° C. 

Apabila kamu memberikan kondisi air yang terlalu panas dan tidak mengukurnya terlebih dahulu, hal ini bisa menimbulkan kondisi ikan lemas yang berujung kematian mendadak.

Untuk tahap ini kamu harus benar-benar memperhatikannya dengan seksama agar terhindar dari ikan yang cepat mati, sehingga kamu harus mempersiapkan semuanya dengan menyeluruh terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, tahapan ini adalah langkah awal yang paling penting dalam memelihara ikan discus dan jangan sampai kamu sembarangan memindahkannya tanpa ada pengetahuan. 

2. Kualitas Air atau pH

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting mengenai pH air yang digunakan, apabila kamu salah dalam menentukannya ikan akan sulit untuk bertahan.

Pada bagian ini kamu harus mencari kualitas air yang mempunyai pH sekitar 6,5. Pada kondisi ini ikan discus akan bisa bertahan dan mampu beradaptasi dengan sangat cepat terhadap lingkungan barunya. 

Jangan sampai kamu memilih kualitas air yang mencapai pH nya diatas 7 dan jangan sampai juga menggunakan pH air pada ukuran takar dibawah 6.

Tindakan ini sangat penting untuk kamu lakukan agar ikan discus yang baru kamu miliki itu tidak cepat mati atau stres dengan lingkungan barunya itu, sehingga kamu harus benar-benar memperhatikannya. 

Biasanya pada beberapa toko ikan hias sudah menentukan kadar airnya, bahkan beberapa sudah menyediakannya. Apabila kamu tidak ingin repot, kamu juga bisa membeli airnya sehingga membuat ikan discus dapat langsung beradaptasi dengan cepat. 

3. Nilai dH atau Kesadahan Air

Cara merawat ikan discus memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan beberapa ikan lainnya, sehingga kamu harus bisa melihatnya.

Pada tahap ini kamu juga harus memperhatikan mengenai dH atau kesadahan airnya. Untuk penilaian kesadahan air yang tepat ada di antara angka 1-8 dH atau 30-70 mg/l CaCO3, angka tersebut dibuat agar menyerupai nilai dH dari perairan sungai amazon atau habitat aslinya. 

Hal ini penting untuk kamu pahami, apalagi ini pengalaman pertama kali dalam merawat ikan discus, sehingga tidak boleh sembarangan melakukannya.

Jika kamu tidak memahaminya, hal ini dapat menimbulkan kerugian di kemudian hari karena harga ikan ini tidaklah murah dan tentu kamu harus mampu merawatnya agar bisa menikmati keindahannya dalam aquarium kamu tersebut. 

4. Rutin Ganti Air

Mungkin bagian ini kamu harus benar-benar disiplin dalam melakukannya, karena apabila kamu melewatkannya akan berdampak pada kesehatan ikan discus.

Untuk airnya ini usahakan menggantinya setiap seminggu sekali dengan 50 persen dari kapasitasnya. Proses ini bertujuan untuk bisa mengurangi nitrat dan mengisi mineral yang baru pada air tersebut. 

Jika kamu tidak rutin mengganti air aquarium, tentu bisa menyebabkan ikan discus mati mendadak karena jenis ikan ini termasuk ikan yang sangat peka akan adanya perubahan pada kadar amonia.

Sehingga penting sekali bagi kamu untuk selalu memperhatikan penurunan yang ada, dampaknya apabila tidak menggantinya akan terlihat penurunan pada kualitas warna ikan discus menjadi kehitaman dan napas pada ikan tersebut akan semakin berat.

Oleh karena itu tindakan penggantian ini sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin dan berkala.

5. Tambahkan Kayu Apung

Untuk membuat aquarium seperti habitat alaminya, kamu bisa menambahkan kayu apung pada aquarium milikmu tersebut.

Dengan penambahan tersebut membuat ikan discus merasa sedang berada dirumahnya, karena kayu apung sendiri banyak ditemukan pada sungai Amazon, Brasil tersebut. 

Jika kamu menambahkannya akan ada banyak keuntungan yang akan didapatkan, mulai dari mempercantik akuarium, mampu menurunkan pH air, dan membuat air akan lebih lembut untuk ditinggali.

Tentunya kondisi ini akan membuat ikan betah dan tidak sulit untuk beradaptasi, karena layaknya berada dalam rumahnya sendiri. 

6. Pemberian Makan

Ikan discus termasuk yang memiliki jumlah pertumbuhan yang cepat dan menyukai kehidupan yang berkelompok. Sehingga apabila kamu hendak membelinya, usahakan untuk lebih dari satu dan jangan hanya 1 ekor saja.

Lalu, untuk pemberian pakannya sendiri, ikan jenis ini kamu cukup memberikannya 3 kali sehari saja sudah lebih dari cukup. 

Untuk makanannya sendiri bisa memberikan cacing beku dan berger (olahan makanan khusus ikan).

Jangan terlalu berlebihan, apabila ada sisanya langsung saring dan buang, karena makanan sisa yang tidak termakan hanya akan membuat racun dan memicu penyakit pada ikan. 

Sobat pintar, demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara merawat ikan discus yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jika kamu menemukan kesulitan dalam merawatnya janganlah ragu untuk segera bertanya kepada ahlinya. 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://trobosaqua.com/detail-berita/2020/01/15/124/12599/cara-bagus-rawat-discus
  • https://merahputih.com/post/read/tips-merawat-ikan-discus-bagi-pemula
  • https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16947838/sebelum-pelihara-ketahui-cara-merawat-ikan-discus-di-akuarium-dengan-benar-untuk-pemula?page=3

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar